ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Cara Mengonversikan Word ke Excel

6 min read

Word ke excel

Halo teman-teman imujio. Kali ini akan membahas artikel tentang konversi file dari word ke excel. Mungkin beberapa dari kalian ada yang tidak tahu bagaimana caranya. Langsung saja baca artikel ini sampai selesai ya!

Cara Mengonversikan Word ke Excel

Word ke excel
cdn.guidingtech.com

Microsoft Office Merupakan sebuah paket software pengolah document yang terdiri dari beberapa software, diantaranya:

  1. Microsoft Word.
  2. Microsoft Excel.
  3. Microsoft Powerpoint.
  4. Microsoft OneNote.
  5. Microsoft Visio.
  6. Microsoft Publisher, dan lainnya.

Paket software ini merupakan program milik Microsoft Corporation. Paket software ini sudah menjadi salah satu software yang HARUS diinstall dicomputer atau laptop yang baru saja dibeli. Hal itu karena banyak kelebihan yang dapat dipakai oleh masyarakat dari penggunaan Microsoft Office ini, mulai dari memudahkan pekerjaan kantor, dan membantu siswa yang sedang mengerjakan tugas sekolah.

Salah satu kelebihan Microsoft Office ketimbang macam-macam software office lainnya adalah pada sinkronisasi antar tiap software

Pengguna yang hendak memakai data dari Microsoft Publisher, bisa ditampilkan di Microsoft Word tanpa harus menjalankan teknik “copy paste”.

Microsoft Excel merupakan software untuk mengolah data berupa angka yang diubah menjadi grafik, kurva, tabel, dan bentuk grafis lainnya.

Untuk memindahkan sebuah tabel data atau daftar dari Word ke Excel, Kalian hanya perlu mengatur format dokumen dengan benar di Word, maka seluruh dokumen kalian bisa diimpor ke dalam Excel dengan beberapa klik saja.kalian tidak perlu memindahkan satu per satu potongan data ke dalam sel spreadsheet (lembar kerja) Excel.

Mengonversikan Tabel Word ke Excel

1. Buat sebuah tabel di Word lalu isikan data ke dalamnya: Untuk daftar data di Word, kalian bisa mengubahnya menjadi format tabel lalu menyalin tabel tersebut ke Excel. Jika data Anda sudah dalam format tabel, lewatkan ke langkah berikutnya:

  • Pertama pilih semua teks yang mau kalian konversikan ke dalam tabel.
  • Klik tab Insert lalu klik tombol Table.
  • Pilih Convert Text to Table.
  • Masukkan jumlah baris per baris data di dalam kolom Number of columns. Jika ada baris kosong di antara masing-masing baris data, tambahkan satu ke total kolom.
  • Klik &nbsp OK.

    Word Ke Excel Table
    imujio

2. Periksa format tabel: Word akan membuat tabel berdasarkan pengaturan kalian. Periksa untuk memastikan tabel sudah benar.

Table
imujio.com

3. Klik tombol kecil+yang muncul di sudut kiri atas tabel: Tombol ini akan muncul ketika kalian melayangkan mouse ke atas tabel. Mengklik tombol ini akan memilih semua data dalam tabel.

Tabel word ke excel
imujio.com

4. Tekan Ctrl+C untuk menyalin data. Kalian juga bisa klik tombol Copy di tab Home.

Copy
imujio

5. Buka Excel: Setelah data disalin, kalian bisa membuka Excel. Jika kalian ingin menempatkan data tersebut dalam lembar kerja yang sudah ada, buka lembar kerja tersebut. Tempatkan kursor di sel yang ingin dijadikan sel kiri-atas tabel.

buka excel
imujio.com

6. Tekan Ctrl+V untuk memasukan atau menempelkan data: Masing-masing sel-sel dari tabel Word akan ditempatkan ke dalam sel terpisah di spreadsheet Excel.

excel
imujio.com

7. Pisahkan setiap kolom yang tersisa: Tergantung pada jenis data yang kalian impor, mungkin akan ada beberapa format tambahan yang perlu kalian lakukan. Sebagai contoh, jika kalian mengimpor alamat kota, kode negara, dan kode pos yang ada dalam satu sel, kalian bisa membaginya otomatis di Excel.

  • Pertama klik judul kolom yang ingin dibagi. Langkah ini akan memilih seluruh kolom.
  • Kemudian pilih tab Data lalu klik tombol Text to Columns.
  • Klik Next >lalu pilih Comma di kolom Delimiters. Jika kalian menggunakan contoh di atas, langkah ini akan memisahkan kota dari kode negara dan kode pos.
  • Klik Finish untuk menyimpan perubahan.
  • Pilih kolom yang masih harus dibagi, lalu ulangi proses ini. Pilih Space dan bukan Comma sebagai pembatasnya. Langkah ini akan memisahkan kode negara dari kode pos.

Mengonversikan Daftar

Pahami Bagaimana Document Word Akan dikonversikan

buka excel
imujio.com

Untuk mengimpor file document ke Excel digunakan karakter-karakter tertentu untuk menentukan data apa yang akan masuk ke sel-sel di lembar kerja Excel. Dengan melakukan beberapa langkah format sebelum mengimpor, kalian bisa mengontrol tampilan lembar kerja dan meminimalkan jumlah format manual yang harus dilakukan.

Hal ini sangat berguna jika kalian mengimpor sebuah daftar panjang dari document Word ke Excel. Cara ini bekerja maksimal bila di daftar terdapat beberapa entri, yang masing-masingnya memakai format serupa (daftar alamat, nomor telepon, alamat surel, dll.).

Pastikan Tidak Ada Kesalahan Format Apapun Pada Document

excel
imujio.com

Sebelum memulai proses konversi, pastikan setiap entri telah kalian format dengan cara yang sama. kalian harus memperbaiki kesalahan tanda baca atau menata setiap entri yang tidak sesuai. Hal ini untuk memastikan proses transfer data berjalan lancar.

Tampilkan Karakter Format di Document Word

Dengan menampilkan karakter format yang biasanya tersembunyi, kalian bisa menentukan cara terbaik untuk memisahkan setiap entri. Kalian bisa menampilkan karakter format dengan klik tombol Show atau Hide Paragraph Marks di tab Home, atau dengan menekan Ctrl+⇧ Shift+*.

Kebanyakan daftar memiliki satu tanda paragraf di akhir setiap baris, atau di akhir baris, atau di baris kosong antarentri. kalian akan memakai tanda ini untuk memasukkan karakter pembeda sel-sel di Excel.

Ganti Tanda Paragraf Antarentri Untuk Menghapus Spasi Ekstra

Excel akan memakai spasi antarentri untuk menentukan baris, namun kalian harus menghapusnya saat ini untuk membantu proses format. Jangan khawatir, kalian akan segera menambahkannya kembali.

Langkah ini bekerja maksimal jika kalian memiliki satu tanda paragraf di akhir entri dan satu tanda di spasi antarentri (dua spasi berturut-turut).

  • Tekan Ctrl+H untuk membuka jendela Find and Replace.
  • Ketik [ ^p ^p ] ke kolom Find. Ini adalah kode untuk dua tanda paragraf berturut-turut. Jika setiap entri adalah satu baris tunggal dan tidak ada baris kosong di antaranya, gunakan hanya satu [ ^p. ]
  • Masukkan karakter pembatas ke kolom Replace. Pastikan bahwa karakter ini bukanlah karakter yang ada dalam dokumen, seperti ~.
  • Klik Replace All. Kalian akan melihat bahwa entri-entri ini menggabungkan diri sendiri, namun biarkan saja selama karakter pembatas berada di tempat yang tepat (di antara setiap entri)

Pisahkan Setiap Entri ke Kolom-Kolom Terpisah

Kini entri-entri muncul dalam baris terpisah. Kalian harus menentukan data yang akan muncul di masing-masing kolom. Sebagai contoh, jika setiap entri di baris pertama adalah nama, di baris kedua adalah alamat jalan, dan di baris ketiga adalah negara dan kode pos, lakukan hal berikut:

  • Pertama tekan Ctrl+H untuk membuka jendela Find and Replace.
  • Lalu hapus salah satu tanda [ ^p ] di kolom Find.
  • Kemudian ganti karakter di kolom Replace dengan sebuah koma ,.
  • Klik Replace All. Ini akan menggantikan simbol paragraf yang tersisa dengan koma pemisah, yang akan memisahkan setiap baris ke sebuah kolom.

Ganti karakter pembatas untuk menyelesaikan proses format

Setelah Kalian menyelesaikan dua langkah Find and Replace di atas, daftar kini tidak lagi terlihat seperti sebuah daftar. Semuanya akan berada di baris yang sama dan memiliki koma di antara setiap bagian data. Langkah Find and Replace akan mengembalikan data kembali menjadi bentuk daftar tapi tetap memiliki koma yang mendefinisikan kolom-kolom.

  • Pertama tekan Ctrl+H untuk membuka jendela Find and Replace.
  • Lalu masukkan ~(atau karakter apa pun yang kalian pilih di awal) ke kolom Find.
  • Kemudian masukkan ^pke kolom Replace.
  • Klik Replace All. Ini akan membuat seluruh entri kembali ke grup individu yang dipisahkan dengan koma.

Simpan berkas sebagai berkas teks biasa

Format entri telah selesai dan kalian bisa menyimpan dokumen ini sebagai berkas teks. Hal ini dilakukan agar Excel bisa membaca dan mengurai data kalian sehingga tampil di kolom-kolom yang tepat. Langkahnya:

  • Pertama kalian klik tab Filedan pilih Save As.
  • Klik menu drop-down(buka-bawah) Save as type dan pilih Plain Text.
  • Namai berkas lalu klik Save.
  • Jika jendela File Conversion muncul, klik &nbsp OK.

Buka berkas di Excel

Karena berkas telah disimpan dalam teks biasa, kalian dapat membukanya di Excel. Langkahnya:

  • Pertama kalian klik tab File dan pilih Open.
  • Kemudian klik menu buka-bawah All Files Excel dan pilih Text Files.
  • Klik Next >di jendela Text Import Wizard.
  • Pilih Comma dalam daftar Delimiter. kalian bisa melihat bagaimana entri-entri akan dipisahkan di pratinjau di bagian bawah. Klik Next >.
  • Selanjutnya pilih format data untuk masing-masing kolom, dan klik Finish.

Word ke Excel Via Online

Cara mengubah file Word ke Excel secara online via internet. Mungkin, kalian malas untuk melakukan hal-hal seperti yang saya bahas di atas. Nah, ternyata ada beberapa situs yang menyediakan jasa konversi file ke format lain yang diinginkan.

Salah satunya adalah jasa konversi file Word menjadi Excel, sama halnya ketika kalian hendak melakukan beberapa cara mengubah file JPG ke PDF di Android. Bagaimana sih cara-caranya? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama kalian buka situs https://convertio.co/id/xls-doc/ di browser computer, laptop, atau Android kalian.
  2. Kemudian Pilih file Word yang hendak dikonversi menjadi file Excel
  3. Tunggu proses konversi hingga selesai.
  4. Setelah selesai, kalian bisa mendownload file hasil konversi tersebut ke dalam perangkat kalian. Atau kalian bisa mengupload file hasil konversi tersebut ke penyimpanan cloud, kalian bisa memakai Dropbox atau Google Drive sebagai layanan penyimpanan cloudnya.

Cara Mengonversikan Excel ke Word

excel ke word
dailysocial.com

Memasukan Bagan Excel ke Dalam Word

Cara merubah Excel ke Word, pertama kita membutuhkan data dalam satu tabel, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pada Microsoft Excel, klik bagan atau tabel yang hendak disalin, lalu tekan tombol Ctrl + C pada keyboard.
  2. Pada Word, kalian tekan Ctrl + V untuk menempelkan bagan.
  3. Pilih opsi tempel kalian. Di sudut kanan bawah tabel, klik tombol “Paste Options” untuk melihat macam-macam opsi tempel yang berbeda.

Tidak seperti menempel data Excel, saat menempelkan bagan, ada enam pilihan Paste Options yang bisa Anda pilih. kalian bisa merubah pilihan data bagan, begitu juga pilihan formatnya. Apa saja keenam pilihan tersebut?

  1. Keep Source Formatting and Link to Excel untuk membuat data dalam tabel atau.
  2. Match Destination Table Style and Link to Excel untuk membuka berkas Excel dari bagan atau tabel yang kalian salin ke Word.
  3. Paste as Picture untuk menempelkan tabel sebagai gambar statis yang tidak akan diperbarui saat data dalam tabel di file Excel dirubah.
  4. Keep Source Formatting untuk memakai gaya tabel bawaan dari Microsoft Excel.
  5. Use Destination Theme untuk memakai (mengikuti) gaya tabel dari Microsoft Word.
  6. Keep Text Only untuk menempel konten dari Excel tanpa format apapun. Jika kalian memilih ini, tiap baris akan menjadi paragraf tersendiri, dengan tab yang memisahkan data dan kolom.

Menyalin dan Menempel Data Excel ke dalam Word

Word ke excel
cdn.guidingtech.com

Jika kalian hendak menyalin data Excel ke dalam Word (datanya saja, bukan dengan tabelnya) kalian bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pada Excel, klik dan seret untuk memilih data yang ingin kalian masukkan ke dalam dokumen Word.
  • Kemudian, tekan tombol Ctrl + C pada keyboard. Untuk memilih semua data dalam bagan, tekan dulu Ctrl + A, lalu tekan Ctrl + C.
  • Cara lain yang bisa kalian lakukan adalah dengan klik menu Edit > Copy

Sekarang beralih ke jendela Microsoft Word.

  • Kalian tempel data dari Excel tersebut. Pada dokumen Word,
  • gerakkan kursor menuju lokasi tabel yang diinginkan,
  • dan kemudian tekan Ctrl + V (Paste). Tabel ini “ditempel” ke dalam dokumen Word.

Cara lain yang bisa kalian lakukan adalah dengan klik menu Edit > Paste. Pilih opsi tempel kalian. Di sudut kanan bawah tabel, klik tombol “Paste Options” untuk melihat macam-macam opsi tempel yang berbeda. Jika tidak ada tombol Paste Options, itu berarti itu belum aktif. Untuk mengaktifkannya caranya:

  • Pertama Buka File
  • Klik Options
  • Pilih Advanced.
  • Di bawah bagian “Cut, Copy, and Paste”, silakan kalian centang “Show Paste Options”.
  • Lalu, klik OK.

Penutup

Sekian artikel saya kali ini seputar cara mengkonversi Word ke Excel. Semoga artikel saya kali ini bisa menjadi inspirasi dan bisa mempermudah pekerjaan kalian. Itu saja yang bisa saya tulis dalam artikel kali ini semoga bisa membantu kalian. Terima kasih

ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *