Wisata Kuliner Pacitan

via instagram @hima.world

Kalau ngobrolin wisata kuliner, pasti banyak yang menganggap, bahwa Jogja adalah surganya kuliner. Padahal mah, di kota lain juga ada kuliner-kuliner asyik loh dibandingkan dengan kota Jogja. Sebut saja kota Pacitan yang memiliki wisata kuliner yang wajib kamu coba!

Salah satunya adalah kuliner yang ada di kota Pacitan. Kuliner-kuliner yang disuguhkan kota ini juga asyik-asyik, dan nggak monoton pastinya.

Cuman, nggak semua wisata kuliner Pacitan terekspos, beda banget dong sama Jogja. Sehingga, kalau kamu pengen banget wisata kuliner ke berbagai daerah di Indonesia, coba deh buat wisata kuliner Pacitan. Dijamin bakal ketagihan.

Nah, di kota ini, ada berbagai surga kuliner yang belum begitu banyak diketahui oleh orang-orang.

Jadi, buat kamu yang sudah berencana akan menjelajah kuliner, memasukkan wisata kuliner Pacitan ke delam list yang akan kamu kunjungi adalah sesuatu yang tepat loh.

Biar lebih yakin, yuk simak beberapa wisata kuliner Pacitan yang bisa banget kamu jadikan sebagai referensi ketika ke Pacitan.

Wisata kuliner Pacitan Terbaik

Ketika berkunjung ke daerah lain, hal wajib yang harus kamu lakukan adalah mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Kamu setuju dong dengan statement ini.

Secara, memang sih, banyak makanan daerah yang sudah mulai dijajakan di kota lain, missal, ada Soto Makassar yang dijual di daerah lain, Jogja misalnya.

Tentu, menikmati soto Makassar langsung dari kota asalnya menjadi kebahagiaan tersendiri. Hal ini sama dengan ketika kamu mencicipi kuliner dari Pacitan di tempat lain.

Jadi, yuk mulai buat jadwal ke Pacitan, dan agendakan buat wisata kuliner di Pacitan. Rasakan sendiri kenikmatan kuliner-kulinernya yang asli nagih banget.

Nasi Thiwul

Nasi Thiwul Pacitan
via instagram @hima.world

Wisata kuliner Pacitan pertama yang bener-bener wajib banget nih buat kamu rasakan kelezatannya adalah nasi tiwul.

Ternyata, nasi tiwul bukan hanya ada di Jogja ya sis. Ada daerah lain yang juga menjadikan nasi tiwul sebagai makanan khasnya, seperti Pacitan dan juga Wonogiri.

Tentu, antara nasi tiwul khas Jogja atau Gunung Kidul berbeda dengan nasi tiwul yang ditawarkan di Pacitan.

Secara umum, nasi tiwul ini mempunyai warna yang ‘agak cokelat’ ya. Dibuat dari gaplek ataupun singkong yang sudah dikeringkan, dan oleh masyarakat zaman dulu dijadikan sebagai makanan pokok yang dapat menggantikan nasi. Cita rasanya lezat sih.

Dan jauh lebih sehat dibandingkan dengan nasi putih biasa ya, karena kalorinya juga rendah.

Nah, kalau di Pacitan, nasi tiwul ini akan disantap dengan sambal terasi yang lezat, atau paling tidak sambal bawang, yang kemudian disajikan bersama lalapan.

Kalau ke Pacitan, kamu bisa menemukan pedagang nasi tiwul dengan mudah. Dan salah satu nasi tiwul yang recommended banget adalah Lesehan Bukit Indah.

Yang lokasinya ada di sekitar kawasan Sedeng, ataupun daerah baratnya kota Pacitan. Di lesehan ini, kamu akan menyantap seporsi nasi tiwul dengan urap, ikan laut yang digoreng, ataupun sambal.

Bebas milih deh, sesuai dengan selera aja. Kalau masalah kelezatannya mah, nggak usah ditanya lagi.

Soto Pacitan

Soto Pacitan
via instagram @masclink_kulineran

Indonesia itu unik banget loh. Karena hampir tiap daerah punya makanan khasnya masing-masing. Dan bahkan, sampai punya soto masing-masing. Asli, ini keren banget loh.

Mungkin, selama ini kamu hanya tahu ada soto Makassar, ataupun soto kudus ya. Padahal sebenarnya masih banyak jenis soto lainnya, salah satunya ya soto Pacitan ini.

Soto yang ditawarkan di kota ini nggak beda jauh sih dengan sotopada umumnya. Perbedaannya hanya pada adanya penambahan isi di dalam seporsi sotonya.

Soto Pacitan ini akan disajikan bersamaan dengan kecambah, kacang goreng, kecap, seledri, dan juga bawang goreng.

Kebayang dong gimana nikmatnya soto Pacitan ini. Apalagi ada kacang gorengnya, pasti bakalan nambah nikmat, karena ada permainan tekstur di dalamnya.

Wisata Kuliner Pacitan Sale Anggur

Wisata Kuliner Pacitan Sale Anggur
via instagram @bajuanak.murahbagus

Wisata kuliner Pacitan yang berikutnya adalah Sale Anggur. Jadi, wisata kuliner Pacitan yang satu ini adalah sejenis makanan yang sering banget dijadikan sebagai cemilan dan juga oleh-oleh oleh para wisatawan di kota ini.

Sale Anggur ini nggak beda jauh sih dengan sale biasa. Hal yang menjadikannya berbeda hanya pada proses pengemasan. Kenapa sih dikatakan sebagai Sale Anggur. Nah, mungkin sekilas kamu bertanya-tanya ya.

Maka jawabannya adalah ‘karena salenya dikemas di dalam kemasan berbentuk anggur’. Hehehe. Jadi, sale di kota ini dibuat dengan bahan pokok berupa pisang awak yang kemudian dipotong-potong tipis, lalu dijemur.

Ketika selesai proses penjemuran, akan dikemas. Yakni dengan memadatkan pisang sampai bentuknya bulat.

Nah, supaya makin menarik, dikemaslah dengan kemasan warna warni, bercorak bulat-bulat yang menyerupai anggur. Uniknya nih, sale anggur di Pacitan ini diproses sama sekali nggak pakai bahan pengawet loh, tapi bisa tahan selama lima bulanan. Keren nggak tuh.

Dan ternyata nih, makin lama kamu santap, rasanya bakalan makin nikmat, karena tambah lebgit dan tambah manis. Mantap. Untuk menemukan wisata kuliner Pacitan yang satu ini gampang kok. Karena kamu bisa menemukannya di toko oleh-oleh yang ada di Pacitan.

Baca juga: Wisata Kuliner Wonogiri

Wisata Kuliner Pacitan Sego Godhong Jati

Wisata Kuliner Pacitan Sego Godhong Jati
via instagram @ichwan.noor

Wisata kuliner Pacitan yang selanjutnya ada Sego Godhog Jati nih. Kuliner lezat satu ini merupakan kudapan istimewa yang telah dibungkus pakai daun jati.

Kalau dulu mah, menemukan makanan yang dikemas dengan menggunakan daun masih gampang banget ditemukan. Sekarang mah susah. Padahal, makanan yang dibungkus dengan daun itu cita rasanya nikmat banget loh.

Karena ada sensasi yang beda aja gitu. Nah, kalau kamu ingin menyantap kudapan yang kayak dulu-dulu, nggak ada salahnya sih buat mencicipi kuliner Pacitan satu ini.

Jadi, isian dari nasi godhog ini ada urap, kering tempe atau tumis tempe, ikan asin, peyek, atau serundeng. Ngeliat isiannya aja bisa bikin ngiler ya.

Sebelum menyantap hidangan nikmat ini, kamu bakalan mencium aroma yang khas, dan nikmat banget asli. Aroma ini memberikan rasa yang bener-bener nikmat loh. Nyesel deh kalau nggak nyobain sego godgog.

Singkong Keju

via instagram @ragil.food

Wisata kuliner Pacitan yang terakhir adalah singkong keju. Wisata kuliner Pacitan yang satu ini sudah bisa kamu temukan nyaris di seluruh daerah yang ada di Indonesia ya.

Mungkin selama ini kamu hanya tahu, bahwa singkong keju adalah makanan kekinian, padahal mah nggak. Karena kuliner singkong keju ini merupakan salah satu kuliner khas Pacitan loh.

Jadi, begitu selesai menjelajah, coba deh buat mencicipi singkong keju ini. Kenikmatan dan rasanya yang nagih bukan karena aneka bumbunya loh, melainkan dari singkongnya sendiri, sehingga rasanya bakalan nagih banget.

Kalau ke Pacitan, kamu bakalan menemukan aneka rasa singkong keju, seperti disiram dengan aneka bubu ataupun gula semut. Dijamin bakalan ketagihan deh.

Jadi, itulah dia beberapa wisata kuliner Pacitan yang bener-bener wajib banget kamu nikmati kelezatannya. Semua kuliner Pacitan di atas gampang kok ditemukan. Yuk buat jadwal ke Pacitan dan rasakan kenikmatan di setiap gigitan kulinernya.

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More

Kebudayaan Pacitan

Kebudayaan Pacitan – Indonesia merupakan salah satu Negara yang kaya akan keberagaman. Mulai dari agama, suku, bangsa, hingga…
Read More

Kalori Tubuh Perhari

Setiap orang mempunyai kebutuhan kalorinya masing-masing, dengan kebutuhan yang berbeda-beda. Hanya saja, selama ini masih banyak yang ‘abai’…
sholawat
Read More

Lirik Sholawat Adfaita

Lirik Sholawat Adfaita- Berikut akan kami tuliskan untuk kalian semua lirik sholawat adfaita lengkap, mulai dari teks latin, teks…
Lirik Assubhubada
Read More

Lirik Assubhubada

Lirik Assubhubada- Berikut ini akan kami uraikan lirik sholawat Assubhubada. Sholawat ini merupakan sebuah karya puisi yang indah…