ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Tulisan Arab Assalamualaikum, Arti, Adab dan Kaligrafi

9 min read

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Tulisan Arab Assalamualaikum- Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Bagaimana keadaan kalian teman-teman? Semoga selalu berada dalam kesehatan, terutama sehat jasmani dan rohani tentunya.

Kali ini kami akan membahas seputar tulisan arab “Assalamualaikum” yang merupakan kalimat yang sangat fenomenal dengan makna yang kalau kita pahami lebih dalam, makna nya sangatlah dalam dan begitu berarti bagi semua umat muslim di dunia.

Baik langsung saja mari kita bahas dalam pembahasan di bawah ini.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
islamcendekia.com

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh tulisan Dalam Bahasa Arabnya yaitu: ~السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ~ adalah kalimat lengkap dari ungkapan kata assalamualaikum. kalimat ini mempunyai arti yakni “Semoga Allah Melimpahkan keselamatan, Rahmat dan Keberkahan kepadamu.”

Sementara, arti Assalamualaikum dalam bahasa Inggris yaitu: May the peace, mercy, and blessings of Allah be upon you.

Arti Assalamualaikum dan Waalaikumsalam

Tulisan Arab Assalamualaikum 1
ibnuilyas.com

Setelah tahu bagaimana bentuk sempurna dari tulisan arab assalamualaikum diatas, selanjutnya mari kita pelajari lebih lanjut arti dari tulisan arab assalamualaikum tersebut.

Imam Nawawi menjelaskan dalam sebuah kitab karya nya yang bernama Al-Adzkar, bahwa ada 3 kategori salam yang boleh kita pakai sebagai kalimat untuk menyapa dan sebagai doa dari kita terhadap sesama Muslim lainnya.

Berikut daftarnya:

  1. Assalamualaikum : Assalamualaikum artinya yaitu Semoga Keselamatan terlimpah kepadamu.
  2. Assalamualaikum Warahmatullah: Assalamualaikum warahmatullah artinya adalah Semoga Allah melimpahkan keselematan dan rahmat-Nya kepadamu. Atau semoga keselamatan dan rahmat Allah terlimpah untukmu.
  3. Assalamualaikum~Warahmatullahi~Wabarakatuh: maknanya kurang lebih yaitu “Semoga kepadamu Allah melimpahkan keselamatan, rahmat, dan keberkahanNya”. Atau bisa juga artinya “Semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahannya terlimpah untukmu”.

Jawaban dari salam yaitu Waalaikumsalam (Warahmatullahi) (Wabarakatuh) “Dan kepadamu juga keselamatan, rahmat Allah dan keberkahanNya terlimpah.”

Tulisan Arab Assalamualiakum

Tulisan Arab Assalamualaikum
salamadian.com

Berikut adalah tulisan assalamualaikum secara lengkap dalam teks dan juga bahasa arab:

  • Tulisan assalamualaikum dan waalaikumsalam lengkap dalam bahasa Indonesia yaitu: Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
  • Sedangkan Tulisan Dalam Bahasa Bahasa Arab yaitu:  السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Arti tulisan arab assalamualaikum perkata: 

  • Salam ( السلام ) Artinya keselamatan.
  • ‘Alaikum ( عليكم ): ‘ala (علي) artinya untuk atau atas dan kum (كم) yang berarti kalian.
  • Wa (و) Artinya dan.
  • Rahmatullah (رحمةالله ) Artinya rahmat Allah.
  • Barakatuh (بركاته) artinya keberkahan-Nya.

Baca juga ya: Tulisan Arab Alhamdulillah 🙂

Tulisan Arab Wa’alaikumsalam dan Artinya

Tulisan Arab Waalaikumsalam
ytimg.com

Perlu kalian tahu bahwa untuk menjawab salam juga ada tingkatan-tingkatannya sebagaimana memberi salam. Untuk menjawab salam kita harus menjawab dengan perkataan yang lebih baik atau lebih panjang dari sang pemberi salam, sebagaimana Allah memerintahkan dalam Al-Qur’an dalam QS An-Nisa ayat 86.

Inti dari ayat tersebut yaitu jika kita diberi penghormatan atau salam dengan sesuatu penghormatan, maka kita di sarankan untuk membalas penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau minimal dengan yang serupa.

Untuk tulisan arab wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh sendiri yaitu:

“وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ”

“Dan semoga kepada kamu (atau kalian) keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahannya terlimpah.”

Adapun untuk tingkatan-tingkatan menjawab salam adalah sebagai berikut:

  1. وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ
  2. وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ
  3. وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh arti dalam bahasa ingris yaitu: “May the peace, mercy, and blessings of Allah be with you too.”

Sebelumnya kami juga sudah membahas tuntas arti syafakillah dan tulisan arab bismillahihirrahmanirrahim. Jangan lupa untuk membacanya juga ya! 🙂

Tulisan Arab Wassalamu’alaikum dan Artinya

wassalamualaikum
blogspot.com

Sudah kita ketahui bersama bahwa kalimat wassalamu’alaikum diucapkan ketika kita mau menutup pembicaraan dengan orang lain, dan menutup pidato. Biasanya ketika kita mengisi sebuah acara, maka ketika penutupan salam yang diucapkan adalah kalimat wassalamu’alaikum. Bisa juga ketika menulis sebuah surat, buletin dan lain sebagainya.

Untuk bentuk tuisan arab wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh dan artinya adalah sebagai berikut:

“وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ”

Yang artinya “Dan semoga juga kepadamu keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahannya terlimpah. atau semoga Allah melimpahkan keselamatan, rahmat dan keberkahan kepadamu.

Makna Ucapan Salam

Makna Ucapan Salam
ytimg.com

Ada beberapa makna yang terkandung dalam tulisan arab assalamualaikum. Berikut diantaranya:

  • Semua Makhluk Bergantung Kepada Allah SWT: Artinya yaitu sebuah bentuk keberserahan diri manusia kepada Allah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu yang terjadi di Alam Semesta ini.
  • Bentuk Saling Mencintai dan Saling Menghormati: Artinya ketika memberi salam berarti kita sedang mendo’akan orang lain dan saling berkaitan dengan diri kita sendiri untuk memperoleh kebaikan dan keselamatan baik itu dunia maupun akhirat.
  • Memberikan Rasa Aman: Artinya ketika seseorang memberi salam, secara tidak langsung sebetulnya dia memberikan janji bahwa kita aman dari segala perlakuan negatifnya.

Keselamatan dan Asma Allah

Kata “Salam” merupakan salah satu akar dari kata ISLAM, artinya adalah damai, menebarkan kedamaian, dan keselamatan. Kata “Salam” juga termasuk ke dalam nama indah Allah SWT dalam Asmaul Husna.

Sebagaimana Rasulullah SAW pernah menjelaskan dalam sabdanya yang diriwayatkan oleh Al-Bazzar dan Baihaqi berikut point-pointnya:

  1. “As-Salam termasuk kedalam asma Allah Ta’ala yang diletakkan Allah di bumi, maka sebarkanlah.
  2. Apabila orang muslim melewati sekelompok orang, lalu ia memberi salam kepada mereka, maka ia mempunyai kelebihan satu derajat diatas mereka dengan mengingatkan salam kepada mereka.
  3. Jika mereka tidak menjawabnya, maka ia dijawab oleh yang lebih baik dari mereka yaitu para malaikat.

Salam adalah salah satu nama dari Asma Allah, maka kalimat “Assalaamu ‘alaik” bermakna “Allah bersamamu” atau bisa juga “engkau dalam penjagaan Allah SWT”, sehingga pada kondisi ini keselamatan akan selalu menyertai kita.

Sejarah Salam

Sejarah Salam
blogspot.com

Ucapan salam itu sudah ada sejak sebelum Nabi Adam as diturunkan ke dunia. Jadi sudah begitu lama sekali.

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, “Allah telah menciptakan Nabi Adam alaihi salam dengan bentuk yang panjang tingginya nya 60 dziro (+/- 30 m). Tatkala Nabi Adam alaihi salam sudah tercipta, Allah berfirman: “Pergilah dan berilah ucapan salam kepada para malaikat yang duduk, dan perhatikan penghormatan apa yang mereka berikan kepadamu.

Karena itu merupakan penghormatan kepadamu dan kepada anak cucumu (kelak)”. Lalu Nabi Adam alaihi salam mengucapkan kalimat “Assalamualaikum”, lalu para malaikat pun menjawab “Assalamualaika wa rahmatullah”. Kata warahmatullah yang ditambahkan para malaikat berarti “Semoga Allah memberi rahmat kepadamu”. (Hadits Riwayat. Muttafaqun ‘Alaih).

Berdasarkan hadits diatas bahwa sudah jelas kalimat salam atau assalamualaikum sudah ada semenjak nabi adam diciptakan bahkan sebelum nabi adam diciptakan.

Wallahu a’lam.

Baca juga dong: Tulisan Arab Syahadat dan Arti Syahadat

Cara Pengucapan dan Penulisan Salam

Pengucapan Salam

Cara pengucapan salam jika kita mengacu pada tulisan Arab ‘Assalamu’alaikum’. Disana ada huruf aSSalamu‘Alaikum. (Huruf SS dan ‘a) Hurus ‘Sin’ mempunyai tasydid dan ada huruf ‘ain bukan alif pada kata sesudah “mu”.

Alangkah baiknya kita mengucap kalimat salam dengan baik dan benar. Jangan sampai memplesetkannya menjadi. Mlikum, Mikum, atau Ikum, karena itu akan merubah makna dari salam tersebut.

Penulisan Salam yang Benar

Penulisan salam yang paling benar tentu saja dengan menuliskannya secara lengkap, seperti 3 salam yang dijelaskan sebelumnya, yakni

  1. Assalamu’alaikum.
  2. Assalamu’alaikum Warahmatullahi.
  3. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Seandainya pun disingkat. Mungkin kata yang paling aman adalah kata ‘As- Salam’.

Adab Mengucapkan Salam

Adab Mengucapkan Salam
okeinfo.net

Selain kita dianjurkanya mengucapkan salam terhadap sesama muslim, ada juga adab-adab salam yang harus kita perhatikan agar sempurna salamnya dan tidak salah dalam mengamalkanya. Berikut ini diantaranya:

  • Hendaklah mengucapkan salam dengan sempurna.
  • Memulai salam terlebih dahulu.
  • Mengulangi salam ketika berjumpa lagi meskipun hanya sesaat.
  • Tidak mengucapkan salam kepada nasrani & yahudi terlebih dahulu.
  • Membalas salam dengan yang lebih baik atau semisalnya.

Jika Non-Muslim Mengucapkan Salam

Para ulama sepakat tentang larangan mengucapkan salam pada orang non-muslim. Adapun ketika mereka mengucapkan salam dengan “Assalamualaikum” maka kita balas dengan kata “wa’alaikum” Sebagaimana dijelaskan dalam sebuat Hadits.

~ إِذَا سَلَّمَ عَلَيْكُمْ أَهْلُ الْكِتَابِ فَقُولُوا وَعَلَيْكُمْ ~

Yang makna dari hadits tersebut kurang lebih yaitu apabila ada seorang ahli kitab dari kalangan Yahudi dan Nashrani dan memberi salam kepada kita, maka kita boleh membalas dengan ucapan ‘wa’alaikum’. Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim.

Catatan: ada beberapa pendapat lain perihal menjawab salam dari non-muslim.

Hukum Menjawab Salam

Hukum Menjawab Salam
islampos.com

Hukum memberikan salam kepada saudara muslim lainya adalah sunnah, namun hukum menjawabnya adalah fardhu ‘ain (wajib) jika kita dalam kondisi sendirian.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sedangkan jika salam yang diucapkan kepada suatu rombongan atau sebuah kelompok, maka hukum menjawabnya adalah fardhu kifayah. Jika salah satu anggota kelompok tersebut sesudah menjawabnya maka hal itu sudah cukup.

Dari Ali bin Abi Thalib, Nabi Saw bersabda yang artinya kurang lebih demikian: “Sudah mencukupi untuk suatu rombongan jika melewati seseorang, kemudian salah satu darinya mengucapkan salam.” (HR. Ahmad dan Baihaqi)

Fenomena Singkatan Assalamualaikum

Kalian pasti pernah menerima sebuah pesan singkat atau chat Whatsapp yang didalamnya diawali dengan salam, hanya saja salamnya berupa singkatan seperti misalnya “Asw” atau “Aslm“ atau “mikum”. Pernah bukan? Atau bahkan ada yang sedikit lebih panjang, misalnya “Ass Wr Wb” atau “Aslmwrwb”.

Nah, lalu kemudian kalian pasti pernah menerima pesan dengan salam yang disingkat dengan kata “Ass“? Saya rasa bahwa singkatan yang ini merupakan paling umum dan paling sering digunakan.

Namun, tahukah kalian bahwa itu merupakan singkatan yang tidak enak jika dibaca, apalagi jika kita mengerti artinya.

Dalam bahasa inggris sendiri arti dari kata Ass tersebut sangatlah tidak bagus, kata “Ass” itu artinya:

  • “Ass” yang pertama, kb. (animal) yang berarti keledai.
  • Kedua, orang yang bodoh.
  • Dan ketiga, Vlug atau pan*at.

Nah jauh sekali ya sama arti assalamualaikum yang sebenarnya. Seperti yang kita tahu bahwa ucapan salam yang sebenarnya itu berarti kita mendoakan, lalu bagaimana dengan ucapan salam yang disingkat “Ass”? jadinya malah menghina yaa. Hmm.

Yuk mari kita sama-sama perbaiki diri, jangan lupa ingatkan juga teman-teman kita agar mereka lebih berhati-hati lagi. Jangan sampai kita ingin mendoakan keselamatan tapi malah kita mendoakan keburukan.

Memang jika dipikir-pikir kalimat salam disingkat itu lebih gampang dan lebih cepat diketik. Tapi jika artinya beda? Lebih baik tidak!

Solusinya jika kita ingin memberi salam tapi karena buru-buru atau karena malas mengetik, lebih baik cukup salam pakai bahasa Indonesia saja. Seperti selamat pagi atau met pagi, ini lebih baik daripada harus memakai kalimat assalamualaikum yang disingkat.

Sekali lagi tentunya paling baik dengan dengan mengetik lengkap.

Pendapat Tentang Singkatan Assalamualaikum

Pendapat Tentang Singkatan Assalamualaikum
mastekno.com

Mengenai penulisan singkatan assalamualaikum ini ada pendapat berbeda. Berikut ini pendapat tersebut:

Melarang

Melarang menggunakan singkatan pada kalimat salam, salah satu alasannya yaitu karena dinilai merubah kandungan makna dari salam itu sendiri. Selain itu beberapa kata tersebut memiliki arti yang lain jika diartikan ke dalam beberapa bahasa lain. Seperti singkatan “Ass” yang dalam bahasa Inggris artinya adalah pan*at, dan sebagainya.

Boleh  

Boleh disingkat tapi hanya sekedar pada tulisan saja, bukan bacaan. Selama singkatan itu bisa dipahami dan sama sekali tidak berubah makna. Seperti “Assalamualaikum wr wb”, pada kondisi ini si pembaca sms ataupun pesan dalam hatinya tidak mungkin membaca wr wb secara langsung.

Dalam kasus ini artinya si pembaca sendiri sudah paham arti dari “wr wb” tersebut, sehingga ketika dia membaca maka bacaannya yaitu “Warahmatullahi wabarakatuh”.

Hadits – Hadits Yang Berkaitan Dengan Salam

Hadits - Hadits Yang Berkaitan Dengan Salam
bincangsyariah.com

Berikut ini beberapa hadits yang berkenaan dengan tulisan arab Assalamualaikum:

Amar bin Yasir mengatakan ada tiga perkara yang apabila seseorang memiliki ketiga-tiganya, maka akan sempurna imannya yaitu:

  • Bersikap adil pada diri sendiri,
  • Mengucapkan salam pada setiap orang, dan
  • Berinfak ketika kondisi pas-pasan.

Diriwayatkan oleh Bukhari secara mu’allaq yaitu tanpa sanad.

Abu Hurairah R.A menjelaskan Rasulullah SAW pernah bersabda yaitu:

  • Yang muda hendaklah memberi salam pada yang tua,
  • Orang yang berkendaraan hendaklah memberi salam pada orang yang berjalan.
  • Orang yang berjalan memberi salam kepada orang yang duduk.
  • Rombongan yang sedikit memberi salam kepada rombongan yang lebih banyak.

Abu Hurairah R.A juga menjelaskan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Apakah kamu mau jika aku tunjukkan pada satu perkara jika kamu kerjakan perkara itu maka kamu akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kamu” (HR. Muslim).

Abdullah bin ‘Amr menjelaskan ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah SAW:

“Amalan islam apa yang paling baik?” Rasulullah SAW menjawab “Memberi makan kepada orang yang butuh dan mengucapkan salam kepada orang yang engkau kenali dan kepada orang yang tidak engkau kenali” Hadits Riwayat Imam Bukhari no. 6236.

Abu Umammah RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

”Orang yang lebih dekat kepada Allah SWT adalah yang lebih dahulu memberi Salam.” (Musnad Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi),

Abdullah bin Mas’ud RA menjelaskan Bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Salam merupakan salah satu Asma Allah SWT yang telah Allah turunkan ke bumi, maka tebarkanlah salam. Ketika seseorang memberi salam kepada yang lain, derajatnya ditinggikan dihadapan Allah. Jika jama’ah suatu majlis tidak menjawab ucapan salamnya maka makhluk yang lebih baik dari merekalah yaitu para malaikat yang menjawab ucapan salam”. Musnad Al Bazar, Al Mu’jam Al Kabir oleh Tabrani.

Kaligrafi Assalamualaikum

Berikut ini beberapa gambar kaligrafi png tulisan arab Assalamualaikum:

Kaligrafi Assalamualaikum
afifbenzumaen.com
Kaligrafi Assalamualaikum 1
ilma95.net
Kaligrafi Assalamualaikum 2
kufistudio.files.wordpress.com
pinimg.com
Kaligrafi Assalamualaikum 5
larutadelsorigens.cat
Kaligrafi Assalamualaikum 6
slatic.ne

Kaligrafi Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Berikut ini beberapa gambar kaligrafi png tulisan arab Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh:

Kaligrafi Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh 
blogspot.com
Kaligrafi Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh 1
blogspot.com
Kaligrafi Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh 2
pinimg.com
Kaligrafi Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh 3
ning.com

Penutup

Nah teman teman demikianlah pembahasan kita mengenai tulisan arab assalamualaikum telah kami bahas secara lengkap. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kalian semua. Terimakasih

ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah

ujio
4 min read

Arti Fii Amanillah

ujio
6 min read

Bacaan Istighfar

ujio
7 min read

One Reply to “Tulisan Arab Assalamualaikum, Arti, Adab dan Kaligrafi”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *