ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Sunrise di Pangalengan

4 min read

Sunrise di Pangalengan. Assalamualaikum wr, wb..

Halo temen-temen kali ini saya mau berbagi pengalaman saya berburu sunrise di Pangalengan.

Ada yang belum pernah ke Pangalengan?

Ada beberapa tempat indah yang musti kalian kunjungi di antaranya :

Hutan pinus Rahong, Kampung Singkur, Penangkaran Rusa, Situ Cilenca, Perkebunan Teh Cukul Bukit Gunung Nini, Curug Bangku.

Pangalengan memang kota yang lumayan banyak tempat indah nya.

Mungkin beberapa dari kalian belum sempat menjelajahinya.

Jangan khawatir saya akan berbagi cerita tentang pengalaman saya berburu sunrise di Situ Cilenca Pangalengan.

Pantengin aja ya!

Berangkat Dini Hari

pixabay

Awalnya sama sekali tidak ada niatan kami untuk ke Pangalengan.

Karena kami sedang begadang penuh semaleman.

Pada jam 3 dini hari tiba-tiba abo (Temen saya) mengajak kami untuk berburu sunrise ke Pangalengan.

Waktu itu yang sedang begadang lumayan banyak sekitar 6 orang.

Maklum kami semua pecinta fotografi pemandangan alam.

Makannya sering mengejar Matahari kesana kemari.

Setelah ajakan abo kami semua setuju untuk berangkat ke pangalengan.

Setelah adzan shubuh berkumandang kami langsung bergegas siap siap untuk segera berangkat.

Kami berangkat 2 motor dan ada 4 orang yang ikut.

Saya, Abo, Jafar dan Jene. yang 2 orang lagi tidak ikut.

Mereka memilih untuk tidur, karena memang kami belum tidur semaleman.

Kami ber empat memang mood nya aja sedang bagus jadi mau kondisi belum tidur kayak gini pun kami tetap kuy kuy ae wkwk.

On The Way

pixabay

Setelah adzan kami langsung gas dengan kecepatan rata-rata 60km/jam.

Karena mengingat jarak dari tempat kami lumayan jauh.

Harus menempuh jarak sekitar 2 jam waktu normal atau siang hari.

Berhubung kami berangkat dini hari, mudah mudahan kami bisa sampai Situ Cilenca tepat waktu.

Untuk berburu sunrise pastikan kalian sudah mempersiapkan peralatan tempurnya temen-temen seperti

  • Kamera DSLR / HP yang kamera nya cukup bagus.
  • Properti foto model seperti topi koboy.
  • Konsep konsep fotografi sunrise supaya gambar yang di hasilkan tidak sia-sia.

Cuaca Pagi Hari Pangalengan

pixabay

Cuaca pagi hari di Pangalengan sangat dingin.

Suhu dingin ini di akibatkan karena daerah Pangalengan merupakan dataran tinggi.

Saking dinginnya temen-temen, tangan saya sampai mati rasa loh.

Saya saran untuk memakai baju yang tebal, mantel, jaket, dan kalian wajib memakai sarung tangan.

Supaya tangan kalian tidak mati rasa seperti saya. Hahaha

Hiasan perkebunan teh indah di pagi hari … Kabut sudah mulai turun dan cuaca semakin dingin. 

Matahari semakin naik perlahan, kami semakin kencang mengemudikan kendaraan tapi kami juga tetap berhati-hati.

Akhirnya setelah satu jam perjalanan, kami sampai di Cilenca.

Situ Cilenca

www.sky-adventure.com

Situ Cilenca. Situ Cileunca merupakan salah satu dari sekian banyak tempat wisata di daerah Bandung Selatan.

Memang kebanyakan orang pasti berpikir bahwa wisata Bandung Selatan hanya sebatas Ciwidey dengan Kawah Putihnya.

Namun, Danau Cileunca juga sangat direkomendasikan untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

Keindahan alam, dan berbagai aktivitas air serta petualangan bisa wisatawan lakukan di situ Cileunca.

Harga Tiket Situ Cileunca

Untuk dapat menikmati suasana alam Pangalengan di Danau Cileunca, wisatawan bisa membeli tiket yang sangat murah. Berikut harga tiket masuk situ Cileunca.

Harga Tiket Situ Cileunca
DewasaRp5.000
AnakRp2.500
Mobil/BusRp4.000
Motor & PengendaraRp12.000

Harga tiket di atas bisa berubah sewaktu-waktu.

Karena kami pun tidak membayar tiket kemarin haha.

Pintu masuk loket nya saja kami tidak merasa melewatinya, jadi kami bingung juga waktu itu harus bayar kemana.

Yah akhirnya ke enakan deh gak bayar wkwk.

Mungkin karena kami dateng terlalu pagi kali ya haha.

Danau Terselimut Kabut

Keindahan Situ CIlenca
ig : fauziajis.me

Setelah satu jam perjalanan kami sampai di situ cilenca.

Kami sampai sekitar jam 05:50 WIB.

Kami pikir kami sudah terlambat, karena target kami itu harusnya jam 05:30.

Sempat berpikir bahwa sia-sia kami ngebut di jalan tapi tetap saja datang nya kesiangan.

Tapi ternyata matahari baru saja naik.

Dan moment sunrise pun baru saja di mulai.

Landscape Perfect

Indahnya CIlenca
ig : fauziajis.me

Keindahan sinar cahaya matahari menyentuh lapisan ozon membuat ribuan frequensi cahaya yang sangat indah.

Indah nya Cilenca
ig : fauzidaily

Kami langsung bergegas mengeluarkan semua perlengkapan foto.

Kamera, topi, kamera HP, model langsung berpose, keseruan baru saja di mulai.

Spot spot terbaik mulai terlihat seiring bertambah naik nya Matahari kabut tebal semakin terklihat jelas.

Hamparan danau luas di selimuti kabut menjadi unsur keindahan tersendiri.

Ini merupakan pertama kali nya kami mendapat moment yang sangat indah seperti sekarang.

Khusus nya saya sendiri, saya sangat merasa puas.

Tidak sia-sia saya bela belain tidak tidur semaleman hanya untuk mendapat pemandangan yang sangat indah ini.

Sungguh takan terganti dengan apa pun.

Money can’t  buy history

Keindahan Cilenca
ig : fauziajis.me

Money cant buy history.

 

Waktu kecil kebanyakan main

Sampai lupa waktunya makan

Sudah gede kebanyakan cari uang buat makan

Sampai lupa waktu main.

Nah bagi kalian nih yang kerja terus, jangan lupa main ya ! wkwk

Beberapa spot kami dapatkan di Cilenca. Kami sampai bingung karena tidak bisa menjelajahi semua spot nya.

Karena mengikuti dengan waktu naik nya Matahari.

Akhir nya kami berbagi spot supaya bisa dapat semua spot nya.

Ada yang di jembatan, ada yang di danau sebelah timur, dan sebelah barat.

Danau yang terbilang cukup luas untuk di jelajahi.

Kami hanya baru menjelajah sedikit saja.

Tetapi kami cukup puas.

Keindahan Cilenca
ig : fauziajis.me

Teknik Abal-Abal

Ada beberapa teknik pengambilan gambar yang mungkin bisa saya bagikan tips supaya kalian bisa mendapat angel yang bagus, di antaranya :

  1. Silhouette/ mode siluet : Yaitu kalian mengambil objek dengan memfokuskan kamera pada cahaya matahari.
  2. Mode Refleksi : Yaitu kalian ambil gambar dengan fokus pada model atau objek di atas air, akan terlihat refleksi dari objek tersebut atau semacam bayangan.
  3. Lansdcaps : Yaitu kalian fokus terhadap keindahan alam, dan ada objek di dalam nya supaya komposisi gambar semakin terasa berisi.
  4. Potraits : Untuk mode ini sebaiknya kalian membawa model yang profesional.

Ada beberapa macam teknik yang bisa kalian gunakan sebenarnya, itu hanya sebagian yang bisa saya sebutkan.

Kalau kalian masih awam seperti saya dalam masalah fotografi kalian bisa ajak temen kalian yang sudah mahir.

Itupun jika kalian ingin hasil yang memuaskan.

Tetapi kalau kalian hanya ingin bersenang-senang menghabiskan waktu luang.

Cukup bersama teman-teman yang ada saja.

Karena terkadang ada beberapa orang yang sudah mempunyai bakat fotografi yang secara teknik tidak pernah belajar seperti saya Hehehe.

Penutup

Nah temen-temen mungkin cuma itu aja yang bisa saya share tentang pengalaman saya berburu sunrise ini.

Semoga sedikit nya ada hal yang bisa bermanfaat bagi kalian yang telah membaca artikel ini.

Sampai jumpa di artikel saya yang lain

See you..

Pesan dan Kesan

Pesan

1. Jangan malas untuk olahraga.

2. Jangan takut untuk keluar dari zone nyaman.

3. Jangan malu bertanya.

4. Jangan lupa abadikan setiap moment nya.

5. Jangan lupa bersyukur.

Kesan

1. Mendapat pengalaman baru.

2. Mendapat stok foto yang berlebih haha.

3. Melihat keindahan Curug dari atas bukit.

4. Senang berbagi tempat-tempat terbaik di muka bumi.

ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Perjalanan Menuju Sintesa

ujio
6 min read

Camping Di Puncak Guha

ujio
6 min read

Spot Tersembunyi Di Ciwidey

ujio
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *