ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Sistem Operasi Windows, Sejarah, Perkembangan, dan Macam-Macam Windows [Lengkap]

8 min read

Sistem Operasi Microsoft

Halo teman-teman imujio. kali ini kita akan membahas sistem operasi windows. Untuk kalian yang penasaran mau tahu apa saja sih sistem nya. Mari kita pelajari dalam artikel ini, baca sampai habis ya!

Sistem Operasi Windows

Sistem Operasi Microsoft
pixabay

Mengenal Sistem Oprerasi Microsoft Sebelum Windows

Microsoft Disk Operating System atau yang kita kenal MS-DOS, merupakan sebuah sistem operasi yang sangat banyak digunakan oleh komputer IBM-PC atau yang kompatibel dengannya.

Microsoft membuat MS-DOS sebagai sebuah sistem operasi. sebelum pada akhirnya menghentikan dukungan MS-DOS secara perlahan ketika mereka akan membuat sebuah sistem operasi berbasis antarmuka grafis (dikenal juga dengan sebutan GUI) yang disebut sebagai Microsoft Windows.

Pada tahun 1981. MS-DOS dirilis pertama kali, dan seiring dengan waktu, Microsoft pun meluncurkan versi yang lebih baru dari MS-DOS. Beberapa kali Microsoft meluncurkan versi baru MS-DOS dari tahun 1981 hingga akhirnya pada tahun 2000. Microsoft menghentikan dukungan pada MS-DOS.

MS-DOS merupakan salah satu kunci keberhasilan Microsoft dalam memproduksi software/perangkat lunak, dari sebuah perusahaan kecil pembuat bahasa pemrograman saat didirikan hingga menjadi sebuah perusahaan perangkat lunak yang seolah menguasai dunia.

Perkembangan MS DOS

MS DOS
media.wired.com
  1. Versi 1.xx: ni adalah versi awal di mana MS-DOS pertama kali diluncurkan oleh Microsoft. Isinya, tentu saja sangat primitif dan hanya berisi kerangka dasar saja: tidak ada tampilan grafik untuk mengelola berkas, tidak mendukung jaringan
  2. Versi 2.xx: Pada awal tahun 1983, IBM meluncurkan IBM PC XT (Extended Technology), sebagai perbaikan dari versi IBM PC 5150. versi ini lengkap dengan sebuah hard disk 10M, interface masukan/keluaran berjenis serial (RS-232 atau lebih dikenal dengan antarmuka COM), RAM dengan kapasitas 128K, sebuah floppy disk drive double-side 360K dan tiga buah slot ekspansi.
  3. Versi 3.xx: BM meluncurkan IBM PC-AT (Advanced Technology) pada musim panas 1984. komputer IBM PC AT ini menggunakan mikroprosesor Intel 80286 (16-bit) berkecepatan 6 MHz, memori RAM berkapasitas 256K, sebuah disket drive 1.2M 5¼ inci, sebuah hard disk 20M, dan kartu video berwarna (standar CGA).
  4. Versi 4.xx: di rilis pada tahun 1988, sistem operasi dengan tampilan grafis mulai menjamur. Microsoft kemudian membuat sebuah program shell yang memiliki tampilan seperti DOS Executive milik Windows versi 1.0. dengan nama DOS Shell,
  5. Versi 5.xx: Karena pasar yang sebelumnya dikuasai IBM ini telah dimakan sedikit demi sedikit oleh para kompetitornya. IBM jadi tidak membuat gebrakan-gebrakan baru dalam industri mikrokomputer,
  6. Versi 6.xx: pada tahun 1993 MS-DOS versi 6.0 ini dirilis. Versi ini menambahkan beberapa utilitas tambahan, seperti Antivirus (MSAV.EXE), Virus Protection (VSAFE.COM) yang diadopsi dari Central Point PC-Tools
  7. Versi 7.xx: Beberapa bulan sebelum Microsoft meluncurkan Windows 9. MS-DOS versi 7.0 ini, sebuah versi Windows yang benar-benar independen dari MS-DOS.

Sistem Operasi Microsoft Windows

Microsoft
cdn.vox-cdn.com

Seperti yang sudah kita ketahui Windows memang termasuk kedalam bagian dari sistem operasi komputer pribadi yang kemudian dikembangkan oleh Tim Microsoft yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis grafik (graphical user interface).

Sejarah Singkat Microsoft Windows

Pada tahun 1985 Windows pertama kali diperkenalkan. Setelah puluhan tahun kemudian, banyak hal yang telah berubah, namun beberapa juga tetap dipertahankan.

Sejarah awalnya dimulai dari DosShell for DOS 6 buatan Microsoft dan kemudian mereka ingin Microsoft bersaing dengan berkembang pesatnya penjualan Apple Macintosh yang menggunakan GUI, Microsoft menciptakan Windows 1.0

Nama windows 1.0 ini berasal dari karyawan Microsoft yang latah. yang selalu menyebut nama aplikasi tersebut sebagai Program Windows (Jendela Program).

Windows versi 2 merupakan versi Windows pertama yang bisa diinstal program. Satu-satunya program yang bisa ditambahkan saat itu adalah Microsoft Word versi 1.

Windows versi 3 menjanjikan aplikasi tambahan yang lebih banyak, kelengkapan penggunaan, dan kecantikan user interface atau antarmuka serta mudahnya konfigurasi.

Windows versi 3.1 merupakan versi Windows yang dapat mengoptimalkan penggunaannya pada prosesor 32-bit Intel 80386 ke atas.

Windows versi 3.11 merupakan versi Windows terakhir sebelum masuk ke era Start Menu. Windows 3.11 pun merupakan versi Windows pertama dari yang sebelumnya tidak mendukung networking/jaringan.

Versi Hibrida bisa dijalankan tanpa MS-DOS. Versi Hibrida tersebut biasanya menginstalasi dirinya sendiri dengan DOS 7. Berbeda dengan Windows versi 16-bit yang merupakan shell yang harus diinstalasi melalui DOS terlebih dahulu. Aplikasinya pun berbeda.

Untuk lebih mengenal sejarah Windows dari versi awal hingga versi saat ini, mari simak sejenak sejarah Windows berikut di bawah ini:

Perkembangan Sistem Operasi Microsoft Windows

Perkembangan Microsoft
Computerworld.com

Microsoft Inc, yaitu merupakan salah satu perusahaan software komputer terbesar di dunia yang mengembangkan salah satu operating system Windows.

Sebagai operating system yang paling banyak digunakan di dunia, sudah tentu perkembangan windows ini sangat menarik untuk kita ikuti, karena dari tahun ke tahun, selalu ada pengembangan yang diterapkan demi kepuasan para penggunanya.

Windows 1.0

Windows 1.0
blog.dimensidata.com

Versi pertama yang di keluarkan Microsoft Windows, dikenal dengan sebutan Windows 1.0, Versi pertama ini dirilis pada tanggal 20 November 1985.

Pada awalnya Windows versi 1.0 ini hendak dinamakan dengan Interface Manager, akan tetapi Rowland Hanson, yang selaku kepala bagian pemasaran di Microsoft Corporation, meyakinkan para petinggi Microsoft bahwa nama “Windows” akan lebih “memikat” konsumen.

Karena ini merupakan versi pertama jadi versi ini masih memiliki banyak kekurangan dalam beberapa fungsionalitas, sehingga kurang populer di pasaran.

Masalah dan kelemahan Windows 1.0 ini sama dengan MS-DOS. Windows 1.0 bukanlah sebuah sistem operasi yang lengkap, versi ini hanya memperluas kemampuan MS-DOS dengan sedikit tambahan antarmuka grafis.

Windows 2.x

Windows 2.x
blog.dimensidata.com

Pada tanggal 9 Desember 1987 Microsoft akhirnya mengeluarkan Windows versi ke 2, dan menjadi sedikit lebih populer dibandingkan dengan pendahulunya.

Karena kedekatannya dengan aplikasi grafis buatan Microsoft, seperti Microsoft Excel for Windows dan Microsoft Word for Windows. Menjadikan versi ini lebih populer dari yang pertama.

Aplikasi-aplikasi dari MS-DOS juga bisa kita jalankan di Windows, lalu kemudian kita akan memasuki Windows untuk melakukan operasinya, dan akan keluar dengan sendirinya saat aplikasi tersebut ditutup.

Saat Aldus PageMaker muncul dalam versi untuk Windows. Microsoft Windows akhirnya memperoleh peningkatan signifikan, yang sebelumnya hanya dapat berjalan di atas Macintosh.

Beberapa ahli sejarahwan komputer mencatat ini sebagai kemunculan sebuah aplikasi yang laku secara signifikan selain buatan Microsoft sebagai awal kesuksesan Microsoft Windows.

Windows rilisan kedua ini menggunakan model memori modus real, yang hanya mampu mengakses memori hingga 1 megabita saja. Dalam konfigurasi seperti itu, sistem ini dapat membuka aplikasi multitasking lainnya, seperti DESQview, yang berjalan dalam modus terproteksi.

Windows 3.0

windows 3.0
blog.dimensidata.com

Sistem ini bisa berjalan di dalam tiga modus, yaitu:

  1. Modus real,
  2. Modus standar, dan
  3. Modus 386 Enhanced,

Sistem ini juga kompatibel dengan prosesor-prosesor keluarga Intel dari Intel 8086/8088, 80286, hingga 80386. Windows 3.0 akan mencoba untuk mendeteksi modus mana yang akan digunakan, meski pengguna bisa memaksa agar Windows bekerja dalam modus tertentu saja dengan menggunakan switch-switch tertentu saat menjalankannya.

  • win /s: memaksa Windows untuk bekerja di dalam modus standar
  • win /r: memaksa Windows untuk bekerja di dalam modus real
  • win /3: memaksa Windows untuk bekerja di dalam modus 386 Enhanced.

Versi 3.0 ini juga merupakan versi pertama Windows yang bisa berjalan di dalam modus terproteksi, meskipun kernel 386 enhanced mode merupakan versi kernel yang ditingkatkan dari kernel modus terproteksi di dalam Windows/386.

Karena adanya fitur kompatibilitas ke belakang, Sistem aplikasi Windows 3.0 ini harus dikompilasi dengan prosesor 16-bit, sehingga sama sekali tidak menggunakan kemampuan mikroprosesor Intel 80386, yang notabene adalah prosesor 32-bit.

Os/2

Os 2
ps-2.kev009.com

IBM OS/2. OS/2. berhasil dikembangkan berkat Kerja sama Micorosft dan IBM dalam meneruskan sistem DOS. Sistem ini dapat menggunakan semua kemampuan yang ditawarkan oleh mikroprosesor Intel 80286 dan mampu mengakses memori hingga 16 Megabyte.

Pada tahun 1987 OS/2 1.0 dirilis , yang memiliki fitur swapping dan multitasking, selain tentunya mengizinkan aplikasi MS-DOS untuk berjalan di atasnya.

Windows 3.1

Windows 3.1
networkencyclopedia.com

Sistem Windows 3.1 ini adalah peningkatan dari kekurangan Windows 3.0. Sistem ini mempunyai kemampuan untuk menampilkan font TrueType Fonts, yang dikembangkan secara bersama-sama dengan Apple), dan juga terdapat di dalamnya banyak sekali perbaikan terhadap bug dan dukungan terhadap multimedia.

Windows NT

Windows NT
upload.wikimedia.org

Versi ini merupakan versi sistem operasi windows pertama yang dibuat dengan menggunakan kernel hidrida, yang sebelumnya hanya menggunakan kernel monolithic saja.

Windows 95

Windows 95
o.aolcdn.com

Pada tanggal 24 Agustus 1995. Microsoft memiliki dua keuntungan dari peluncuran ini:

  1. Mustahil bagi para pengguna untuk menjalankan Windows 95 pada sistem operasi DOS bukan buatan Microsoft yang jauh lebih murah
  2. Meskipun jejak-jejak DOS tidak pernah dicabut dari sistem operasi tersebut, malahan versi tersebut menancapkan sebuah versi DOS untuk dimuat sebagai bagian dari proses booting.

Dukungan USB di dalam Windows 95 pun juga jauh lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya.

Windows 95 ini memiliki beberapa versi diantaranya:

  1. Windows 95
  2. Windows 95 A
  3. Windows 95 B
  4. Windows 95 B USB / Windows 95 OSR2.1
  5. Windows 95 C / Windows 95 OSR2.5
  6. Explorer 4.0

Windowws NT 4.0

Windows NT 4
i.ytimg.com

NT 4.0 dan Windows 95 memiliki antarmuka yang sama, tetapi menggunakan kernel yang sama dengan Windows NT, sehingga lebih stabil. Windows NT 4.0 ini juga memiliki beberapa versi diantaranya:

  1. Windows NT 4.0 Workstation
  2. Windows NT 4.0 Server
  3. Windows NT 4.0 Terminal Server
  4. Windows NT 4.0 Server, Enterprise Edition

Windows 98

Windows 98
i.ytimg.com

Microsoft merilis sebuah sistem operasi Windows baru pada 25 Juni 1998, yang dikenal sebagai Windows 98. Windows 98 secara umum jauh lebih stabil dan dapat diandalkan dibandingkan dengan pendahulunya, Windows 95.

Menurut banyak orang, Windows 98 merupakan sebuah versi Windows 9x yang paling stabil di antara semua versi Windows 9x lainnya. Karena banyak masalah kekurangan di dalam sistem Windows yang lama telah diperbaiki

Windows 2000

Windows 2000
virtuallyfun.com

Windows sistem ini dirilis Pada tanggal 17 Februari tahun 2000. Windows 2000 ini menargetkan market pasar workstation dan server.

Windows 2000 ini memiliki beberapa edisi diantara:

  1. WIndows 2000 Propesional
  2. WIndows 2000 Server
  3. Windows 2000 Advanced Server
  4. Windows 2000 Datacenter Server
  5. Windows 2000 Advanced Server Limited Edition
  6. Windows 2000 Datacenter Server Limited Edition

Windows ME

Windows ME
akashkhan1129.weebly.com

Microsoft memperkenalkan Windows Millennium Edition pada bulan September 2000. Versi ini memiliki kelebihan yaitu fitur “System Restore,” yang dimana fitur ini mengizinkan para penggunanya untuk mengembalikan keadaan sistem pada saat sistem operasi mengalami kegagalan.

Versi ini memiliki dukungan multimedia dan Internet yang lebih baik.

Windows XP

Windows XP
clarin.com

Microsoft memperkenalkan Windows XP pada tahun 2001. Windows XP ini memiliki beberapa versi diantaranya:

  1. Windows XP Home Edition, yang tujuannya untuk pasar desktop dan laptop rumahan.
  2. Windows XP Home Edition N, Versi ini tidak memiliki Windows Media Player.
  3. Windows XP Professional, tujuannya untuk para power user dan pebisnis.
  4. Windows XP Professional N, sama seperti Professional Edition, hanya saja sistem ini tidak memiliki Windows Media Player, karena peraturan Uni Eropa tidak mengizinkannya.
  5. Windows XP Media Center Edition (MCE), pada bulan November 2002 versi ini dirilis, dan versi ini adalah Windows XP Home Edition yang tujuannya untuk desktop dan laptop dengan penekanan pada hiburan rumah.
  6. Windows XP Media Center Edition 2003
  7. Windows XP Media Center Edition 2004
  8. Windows XP Media Center Edition 2005.

Windows Vista

Windows Vista
b00merang.weebly.com

Pada tanggal 30 November 2006 versi terbaru dari Windows disebut dengan Windows Vista dirilis. Setelah meraih kesuksesan besar dengan Windows XP, Microsoft tidak lantas berhenti begitu saja mengembangkan Windows. Versi ini dirilis bagi kalangan bisnis sementara untuk kalangan pengguna rumahan dirilis pada tanggal 30 Januari 2007.

Windows 7

Windows 7
wikimedia.org

Microsoft memperkenalkan untuk pertama kalinya ke publik Windows 7 versi PreBeta (build 6801). Pada tanggal 28 Oktober 2008 di Los Angeles, California.

Jenis Jenis Windows 7 Berdasarkan License

  • Retail
  • Oem
  • MSDN
  • Volume Lincense

Jenis Jenis Windows 7 Berdasarkan Edisi

  • Starter
  • Home Basic
  • Home Premium
  • Professional
  • Enterprise
  • Ultimate

Jenis Jenis Windows 7 Berdasarkan Versi Realese

  • Pre-Alpha
  • Alpha
  • Beta
  • RC [Realease Candidate]
  • RTM [Realese to Manufacturing or Realease to Marketing]

Windows 8

Windows 8
i.ytimg.com

Microsoft meluncurkan Windows 8 Consumer Preview pada tanggal 29 Februari 2012 versi beta dari Windows 8, build 8250.

Windows 8 (build 9200) dirilis dengan nomor build 6.2.9200.16384 Pada tanggal 1 Agustus 2012. Pada 25 Oktober 2012 Microsoft mengadakan acara peluncuran, dan meluncurkan Windows 8 untuk publik keesokan harinya.

Pengembangan Windows 8 sebenarnya sudah dimulai sebelum Windows 7 diluncurkan pada tahun 2009.

Pada tanggal 13 bulan 09 tahun 2011, build 8102 (Windows 8 Developer Preview) dirilis ke publik. Build ini baru terbuka secara penuh pertama kali dan lengkap dengan Start Screen baru, antarmuka pengguna Metro dan sejumlah contoh aplikasi buatan para karyawan magang di Microsoft.

Untuk pertama kalinya sejak Windows 95, tombol Start tidak lagi muncul di taskbar, meski layar Start-nya masih harus dibuka dengan mengklik sudut kiri bawah layar dan tombol Start di kotak Charm.

Windows 10

Windows 10
tr3.cbsistatic.com

Juli 2015 Windows 10 ini dirilis. Versi ini tetap dipertahankan tombol Start dengan desktop yang lebih seimbang. Windows 10 ini mempunyai tampilan yang elegan dan minimalis sehingga membuat para pengguna nyaman dalam menggunakannya.

Dengan berbagai kelebihan dari Windows 10 ini yang kemudian akhirnya menarik dan memukau dan membuat banyak pengguna kemudian berbondong-bondong melakukan upgrade dari sistem operasi lama mereka ke Windows 10.

Windows 10 ini memiliki beberapa versi diantaranya:

  1. Windows 10 Home
  2. Windows 10 Pro
  3. Windows 10 Enterprise
  4. Windows 10 Education
  5. Windows 10 Enterprise LTSB

Sistem ini juga dilengkapi dengan sistem update otomatis yang menjadi keluhan sebagian penggunanya karena tidak ada konpigurasi untuk konfirmasi, nah cara untuk Mematikan Windows Update otomatis nya bisa kalian lihat di artikel saya sebelum ini.

Sistem Operasi Windows Terbaru

Windows 10x
redmondmag.com

Pada zaman ini, Windows 10 merupakan sistem operasi (OS) terkini yang banyak dipakai di seluruh dunia. Microsoft sebagai pengembangnya akan terus menelurkan inovasi melalui software yang diciptakannya.

Microsoft baru saja merilis sistem operasi (OS) terbarunya bernama Windows 10X. Dengan nama demikian, mungkin ada di antara kalian yang menganggap bahwa Windows 10X merupakan penerus dari sistem operasi Windows 10 yang saat ini banyak ditemui di komputer desktop atau laptop.

Windows 10X bukanlah penerus dari Windows 10 biasa yang saat ini banyak digunakan di laptop dankomputer desktop. Windows 10X ini berbeda dengan Windows 10 biasa, versi ini dikhususkan untuk perangkat komputer mobile seperti tablet atau laptop dengan layar ganda.

Pihak Microsoft menjelaskan: “Navigasi dan fungsionalitas PC Windows 10X akan terasa seperti anggota alami dari keluarga Windows 10. Akan tetapi versi 10X ini menyertakan beberapa kemajuan dalam teknologi inti Windows yang mengoptimalkannya untuk postur yang fleksibel dan lebih banyak menggunakan ponsel,”

Rencananya Windows 10X akan tersedia mulai musim gugur 2020 mendatang. Ini akan mencakup Microsoft Surface dan perangkat dari beberapa mitra ekosistem Windows termasuk Dell, Asus, Lenovo dan HP. Gelombang pertama perangkat akan hadir dalam berbagai variasi ukuran, desain, spesifikasi, dan didukung oleh Intel.

Pihak Microsoft juga menambahkan bahwa Windows 10X dirancang untuk komputer layar ganda baru dan bukan sebagai peningkatan OS.

“Kami juga terus berinvestasi dalam meningkatkan pengalaman Windows 10 di desktop dan laptop, sementara Windows 10X akan memungkinkan kelas PC baru yang akan melengkapi dan hidup berdampingan dengan PC Windows 10 saat ini,” Tambah Microsoft

Berdasarkan konfirmasi pihak microsoft sendiri berarti sudah jelas bahwa sistem operasi windows yang terbaru saat ini masih Windows 10.

Penutup

Demikianlah ulasan artikel mengenai sistem operasi windows. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

 

ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Pengertian Microsoft Access

ujio
6 min read

Pengertian Pengolahan Data

ujio
8 min read

One Reply to “Sistem Operasi Windows, Sejarah, Perkembangan, dan Macam-Macam Windows [Lengkap]”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *