Sholawat Nuridzati

Artikel kali ini akan membahas tentang sholawat nuridzati atau sholawat an-Nuuridzati. Seperti biasanya membaca sholawat adalah kewajiban bagi setiap Muslim dan merupakan bentuk kecintaan kepada baginda Nabi Rasulullah saw. Dan akan mendapatkan keutamaan serta syafa’at bagi setiap pengamalnya.

Hal tersebut sudah sangat didukung dengan adanya dalil-dalil baik dalam Al-Qur’an maupun As-Sunnah atau hadist lainnya. Tidak heran banyak dari kita yang berlomba-lomba dalam memperbanyak sholawat kepada baginda Nabi Muhammad saw.

Dalam Al Qur’an, Allah SWT berfirman:

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.” (QS.Al-Ahzab : 56) .

Sholawat Nuridzati

Sholawat Nuridzati

Lafadz dari sholawat nuridzati sendiri sudah disusun oleh seorang ulama besar yaitu Imam Abu al-Hasan Asy-Syadzili yang merupakan pendiri thoriqot Syadziliyah.

Kata beliau Syekh Imam Syadzili berkata “ bahwa membaca shalawat satu kali nilainya sama dengan 100.000 membaca shalawat yang lainnya”. Dikarenakan shalawat yang satu ini fadhilah atau keutamaannya sangat luar biasa besarnya.

Shalawat nuridzati juga sering disebut sebagai shalawat perisai atau shalawat untuk membentengi diri dari bahaya, penyakit, sengkala jodoh, kesempitan rizki, kesempitan hidup, dan membuka pintu kebaikan, serta memperkuat iman dan taqwa bagi pengamalnya.

Sholawat nuridzati pun sangat ampuh untuk mententramkan hati seseorang yang sedang gelisah atau gundah gulana. Dan juga sangat berpahala di sisi Allah swt.

Dalam kitab Irsyadul Ibad. Al Hafizh As Syarji berpendapat :

“Bahwa membaca sholawat adalah amaliyah dzikir yang paling mudah namun besar pahalanya. Ia tidak mengenal penyakit hati dan tidak pula diharuskan “Khudhuurul Qalbi” yaitu meresapkan bacaan sholawat itu di dalam hati.

Seseorang yang membaca sholawat disertai dengan rasa angkuh, pamer, ujub ataupun riya tetap ia mendapatkan pahala, demikian pula membaca sholawat tanpa menghadirkan maknanya dalam hati, ia barengi dengan tertawa atau apa saja tetap Allah memberikan ampun kepadanya.

Sedangkan bagi orang yang membaca sholawat dengan meresapkan maknanya dalam hati, maka tidak bisa dibayangkan betapa besar pahalanya kecuali Allah sendiri mengetahuinya.”

Baca juga: Sholawat Busyro

Bacaan Sholawat Nuridzati (Arab, latin, dan Terjemahnya)

Bacaan Sholawat Nuridzati (Arab, latin, dan Terjemahnya)

اَللّٰهُمَّ صَلِّى وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلىٰ سّيِّدِنَا مُحَمَّدِ نِالنُّوْرِ الذَّاتِى وَالسِّرِّ السَّارِى فِى سَائِرِ الْأَسْمَاءِ وَالصِّفَاتِ وَعَلىٰ اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allahumma Sholli Wa Sallim Wa Baarik ‘Ala Sayyidinaa Muhammadin-Nuridzaati Wassirris Saari Fii Saairil Asmaai Washifaati Wa ‘Ala Aalihi Wa Shohbihi Wa Sallim.

Artinya: “Ya Allah tambahkanlah kesejahteraan, keselamatan serta keberkahanMU kepada junjungan kami Baginda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa salam, yang merupakan cahaya Dzat (Allah) dan juga rahasia yang mengalir pada seluruh nama dan seluruh sifat, dan tambahkanlah pula kesejahteraan, keselamatan dan keberkahan kepada keluarga dan para sahabatnya.”

Keutamaan Sholawat Nuridzati Serta Cara Mengamalkannya

Dalam bershalawat bagi setiap Muslim selain untuk mendapatkan syafa’at dari Rasulullah saw, juga akan mendapatkan atau meraih keutamaan-keutamaan dari shalawat yang dibacanya tersebut.

Berikut keutamaan-keutamaan yang didapat dari membaca shalawat nuridzati :

Melancarkan rezeki serta barokah

Bacalah shalawat nuridzati ini sebanyak 3 kali setelah melaksanakan sholat lima waktu dan diusahakan dapat dilakukan secara istiqomah atau terus menerus. Insyaallah akan memperlancar rezeki dan juga barokah.

Membentengi diri atau sebagai perisai diri dari segala marabahaya

Shalawat nuridzati juga dapat membentengi diri atau melindungi diri dari segala bahaya, seperti sihir, kerasukan, dan kejahatan lainnya.

Memberikan kemudahan dalam permasalahan hidup

Baca shalawat nuridzati sebanyak 3 kali setelah sholat fardhu secara istiqomah.

Baca juga: Sholawat Tarhim

Dapat menyembuhkan penyakit

Pertama niatkan diri dalam hati untuk memohon kesembuhan penyakit yang diderita kepada Allah swt, dan setelah itu bacalah sholawat nuridzati pada segelas air putih.

Minimal baca sebanyak 3 kali, dan paling bagusnya adalah 41 kali tergantung kemantapan hati kita sendiri. Setelah itu tiupkan kepada gelas tersebut lalu di minum.

Lakukan hal tersebut berulangkali hingga nampak sebuah perubahannya, dan lakukan dengan penuh keyakinan bahwa Allah pasti akan memberikan kesembuhan.

Dapat menangkal gangguan syetan atau jin pada anak kecil

Sholawat nuridzati juga sering disebut sebagai shalawat perisai, yakni untuk melindungi atau membentengi diri dari segala marabahaya. Salah satunya yaitu untuk menangkal gangguan syetan atau jin atau sihir terhadap anak kecil.

Caranya adalah, tulislah sholawat nuridzati pada kertas putih dengan tinta minyak misik ja’faron atau minyak mawar, setelah itu lipat dengan bentuk segi empat dan dibungkus dengan kain putih lalu dikalungkan pada anak tersebut.

Namun sebelum menulis sholawat tersebut, diharuskan untuk sholat hajat 2 rakaat terlebih dahulu, dan ketika menulisnyapun diri kita diharuskan dalam keadaan suci serta menghadap ke kiblat.

Baca juga: Sholawat Asyghil

Penutup

Demikian artikel tentang Sholawat Nuridzati telah kami tulis untuk kalian semua, semoga bermanfaat. Sekian dan Terima kasih.

Leave a Reply