Sholawat Nariyah

Sholawat Nariyah – Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bismillahi Alhamdulillah La haula wala quata illa billah.

Allahumma shali’ala sayyidina Muhammadin Shalallahu’alaihi wa salam wa ala ali sayyidina Muhammadin Shalallahu’alaihi wa salam wa umatihi ajmain.

Membaca shalawat merupakan salah satu bentuk kecintaan kita sebagai Muslim kepada Nabi Muhammad SAW dan juga merupakan sebuah harapan untuk mendapatkan syafaat dari baginda Nabi Muhammad SAW.

Pada kali artikel kali ini kita akan membahas salah satu shalawat yang sudah cukup populer pada kalangan Muslim di seluruh dunia yaitu shalawat nariyah.

Sholawat Nariyah

Sholawat Nariyah

Shalawat ini disusun oleh salah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW, yaitu Syekh Nariyah.

M. Kamaluddin yaitu seorang penulis dari buku “Rahasia Dahsyat Shalawat Keajaiban Lafadz Rasulullah SAW” menjelaskan “Syekh Nariyah banyak menekuni bidang ketauhidan. Dia melihat kerja keras Nabi SAW dalam menyampaikan wahyu, mengajarkan tentang Islam, amal shaleh dan akhlakul karimah.

Suatu malam Syekh Nariyah membaca shalawatnya untuk Nabi SAW sebanyak 4.444 kali. Ia mendoakan keselamatan dan kesejahteraan untuk Rasulullah SAW. Setelah membaca, Allah SWT memberikah karomah padanya.”

Pada suatu hari Syekh Nariyah diceritakan dalam suatu majelis, bahwa ia meminta kepada Nabi Muhammad SAW agar dimasukkan ke dalam surga pertama kali bersama Nabi SAW. Dan permintaan beliau tersebut mendapatkan respon yang baik dari Nabi Muhammad SAW.

Baginda Nabi Muhammad SAW sendiri sangat berperan sebagai wasilah untuk melancarkan doa umatnya yang bershalawat kepadanya.

Oleh karena itu, hingga saat ini banyak dari kalangan Muslim di seluruh dunia yang membaca shalawat ini seperti yang dilakukan oleh Syekh Nariyah sendiri.

Baca juga:

Sholawat Gusdur

Bacaan Sholawat Nariyah (Arab, Latin Dan Terjemahannya)

Bacaan Sholawat Nariyah (Arab, Latin Dan Terjemahannya)

Berikut lirik bacaan lengkap sholawat nariyah:

*اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامًّا*

*عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِيْ تُنْحَلُ بِهَ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ*

*وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِيْمِ*

*وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ*

*وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ عَدَدَ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ*

“Allahumma shali shalaatan kaamilatan wasallim salaaman taamman*
‘alaa sayyidina muhammadinil ladzii tanhallu bihil ‘uqodu*
wa tanfariju bihil kurabu wa tuqdhaa bihil hawaa-iju.
Wa tunaalu bihir-raghaa-ibu wa husnul khowaatimi wa yustasqal ghamaamu bi wajhihil kariimi*
wa ‘alaa aalihii wa shohbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi ‘adadi kulli ma’luumin laka.”

Artinya:

“Wahai Allah, limpahkanlah rahmat dan salam yang sempurna kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan dilepaskan dari segala kesusahan, tunaikan segala macam hajat, dan tercapai segala macam keinginan dan husnul khotimah. Dicurahkan air hujan (rahmat) dengan berkah pribadinya yang mulia. Semoga rahmat dan salam yang sempurna itu juga tetap tercurah kepada para keluarga dan sahabat beliau, setiap kedipan mata dan hembusan nafas, sebanyak bilangan yang diketahui oleh Engkau.”

Baca juga:

Sholawat Nahdliyah

Keutamaan Sholawat Nariyah

Keutamaan Sholawat Nariyah

Setiap sholawat yang dibaca memiliki khasiat atau keutamaannya masing-masing bagi kahidupan seseorang yang membacanya.

Begitu juga dengan sholawat nariyah, berikut beberapa keutamaan yang ada di dalam sholawat ini:

  • Menghilangkan kesedihan dan meringankan masalah

Sholawat nariyah mampu menjadi penawar kesedihan yang ada di dalam hati, serta meringankan masalah yang sedang di alami bagi yang membaca serta mengamalkannya.

Sebagaimana yang dijelaskan dalam hadist riwayat Ibnu Mundah dan Jabi. Raslulullah SAW bersabda yang artinya :

Artinya: “Siapa membaca salawat kepadaku sehari 100 kali (dalam riwayat lain): Siapa membaca salawat kepadaku 100 kali maka Allah akan menjabahi 100 kali hajatnya; 70 hajatnya di akhirat dan 30 di dunia. Dan hadits Rasulullah yang mengatakan; Perbanyaklah salawat kepadaku karena dapat memecahkan masalah dan menghilangkan kesedihan.”

  • Pembuka rezeki yang tidak akan pernah terputus

Sholawat nariyah juga sering kita dengar  dan dibacakan di masjid-masjid ketika menjelang waktu shalat tiba.

Bahkan sering dianjurkan juga, ketika berada di dalam masjid ketika sedang tidak melakukan kegiatan apa-apa, alangkah baiknya diluangkan waktu untuk membaca sholawat nariyah.

Dikarenakan saat seseorang rutin membaca sholawat nariyah tersebut, maka Allah SWT akan mengangkat derajatnya dan membukakan pintu rezeki yang tidak akan pernah terputus.

  • Mempermudah segala urusan

Setiap orang pasti memiliki urusannya masing-masing yang harus diselesaikan, begitu juga banyak orang yang mengeluh ketika sedang menghadapi urusan yang menurutnya sulit untuk diselesaikan.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk membaca sholawat nariyah, karena salah satu keutamaannya adalah Allah SWT akan mempermudah serta membantu segala urusan yang sedang dialami oleh seseorang yang membaca shoalwat nariyah tersebut.

  • Sebagai doa dikabulkannya hajat

Bagi seseorang yang rutin atau sering membaca serta mengamalkan sholawat nariyah juga bisa menjadi doa untuk dikabulkannya hajat atau keinginnya.

Sebaimana yang dijelaskan dalam sebuah hadist, sebagai berikut:

سمعَ رسولُ اللَّهِ صلَّى اللَّهُ عليهِ وسلَّمَ رجلًا يَدعو في صلاتِهِ لم يُمجِّدِ اللَّهَ تعالى ولم يُصلِّ علَى النَّبيِّ صلَّى اللَّهُ عليهِ وسلَّمَ فقالَ رسولُ اللَّهِ صلَّى اللَّهُ عليهِ وسلَّمَ عجِلَ هذا ثمَّ دعاهُ فقالَ لَهُ أو لغيرِهِ إذا صلَّى أحدُكُم فليَبدَأ بتَمجيدِ ربِّهِ جلَّ وعزَّ والثَّناءِ علَيهِ ثمَّ يصلِّي علَى النَّبيِّ صلَّى اللَّهُ عليهِ وسلَّمَ ثمَّ يَدعو بَعدُ بما شاءَ

Artinya: “Apabila salah seorang di antara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah shalawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki.”

(HR Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi).

  • Dilindungi dari penyakit dan marabahaya

Dan salah satu keutamaan bagi yang sering membaca serta mengamalkan sholawat nariyah juga adalah akan dilindungi dari penyakit dan juga marabahaya yang akan menimpanya.

Baca juga:

Sholawat Qulub

Cara Mengamalkan Sholawat Nariyah Beserta Manfaatnya

Cara Mengamalkan Sholawat Nariyah Beserta Manfaatnya

Ada beberapa manfaat yang bisa didapat dalam setiap mengamalkan sholawat ini jika dilakukan benar.

Ada tata cara yang bisa dilakukan dalam mengamalkan sholawat nariyah yang terdapat dalam buku yang berjudul “Terjemahan Yaasiin Fadhilah Berikut Doa-doa” yang diutaran oleh M.Syafii dalam buku tersebut. Sebagai berikut:

  1. Bisa membaca sholawat nariyah sebanyak 4444 kali, ketika merasa kesusahan karena kehilangan barang. Maka insyaAllah barang tersebut bisa cepat kembali.

Namun, jika barang tersebut ternyata diambil atau dicuri oleh orang lain dan tidak dikembalikan, maka orang itu akan mendapatkan musibah atas kehendak Allah SWT.

Selesai menunaikan amalan tersebut, alangkah baiknya jika berdoa seperti berikut:

“Ya Allah dengan berkah sholawat nariyah ini, saya mohon Engkau mengembalikan barang saya.”

Doa tersebut bisa dibaca sebanyak 11 kali dengan niat yang sungguh-sungguh.

  1. Membaca sholawat nariyah sebanyak 444 kali dapat melancarkan rezeki, serta memudahkan dalam tercapainya hajat, dan juga bisa mencegah atau menjauhkan diri dari gangguang hal-hal yang buruk.
  2. Sholawat nariyah juga bermanfaat untuk mempermudah pekerjaan, menghilangkan segala macam kesulitan, meluhurkan pangkat serta memperbaiki budi pekerti, menerangkan hati dan juga menghindari diri dari malapetaka atau hal yang buruk.

Manfaat tersebut bisa didapatkan dengan cara membaca sholawat nariyah sebanyak 40 kali setiap hari.

  1. Membaca sholawat nariyah sebanyak 21 kali setiap selesai melaksanakan sholat subuh dan magrib, bermanfaat untuk menjaga diri dari musibah dan malapetaka apapun.
  2. Atau bisa membaca sholawat nariyah sebanyak 11 kali setelah sholat 5 waktu, bermanfaat untuk menjaga diri dari bala atau musibah lahir dan batin.

Penutup

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai sholawat nariyah pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply