ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Sholawat Munjiyat

3 min read

kangjeng nabi

Sholawat Munjiyat- Kita semua pasti sudah mengetahui bahwa sholawat adalah satu dzikir yang sangat di anjurkan untuk kita amalkan secara istiqomah oleh siapa pun.

Memperbanyak sholawat memang selalu diyakini bisa mempermudah terkabulnya hajat kita. Bahkan Allah SWT memerintahkan kita untuk bersholawat kepada Rasul kita yakni Nabi Besar Muhammad SAW.

Bersholawat kepada Rasulullah bisa kita amalkan dengan hanya mengucap kalimat shallalu ala Muhammad, sholawat tersebut disebut dengan sholawat jibril termasuk sholawat yang ter pendek, akan tetapi memiliki khasiat yang sangat besar.

Kali ini kita akan membahas sholawat munjiyat, sholawat untuk penyelamatan kita dari musibah dan kesulitan di dunia. Simak penjelasan nya di bawah ini.

Sholawat Munjiyat

Shalawat-Munjiyat 1
pecihitam.org

Ada banyak sekali sholawat yang dikenal, baik yang diajarkan langsung oleh Rasulullah, atau yang dibuat sendiri oleh para sahabat atas bukti kecintaan kepada Rasulullah SAW.

Salah satunya yaitu sholawat munjiat, yaitu sholawat yang artinya penyelamat. Sholawat ini sejarahnya ketika salah seorang ulama sufi dari tariqat Asy-Syadzili yang bernama Syaikh Musa Adh-Dharir bermimpi di suatu malam bertemu dengan Rasulullah SAW dan diberi amalan Sholawat tersebut.

Berikut kronologinya:

Riwayat Sholawat Munjiat1

Artinya:

Berkata sebagian orang arif: “Aku berada di kapal, lalu badai berembus kencang, hampir membuat kami tenggelam, kemudian aku tertidur dan melihat Nabi dalam mimpi dan bersabda:

“Katakan kepada mereka bacalah doa Allahumma sholli ala Muhammad sholatan tunjina biha min jami’il ahwali wal afat, wa taqdhi lana biha jami’al hajat wa tuthahhiruna biha aqshol ghayat min jami’il khoirati fil hayati wa ba’dal mamat

Kemudian aku terbangun dan kami ucapkan sholawat tersebut, kemudian angin pun terdiam atas izin Allah SWT” [Abdurrahman bin Abdissalam Ash-Shafuri, Nudhah al-Majalis wa Muntakhab an-Nafais, Hal 284]

Dalam kitab al-Fajr al-Munir fi as-Shalat ala al-Basyir wa an-Nadzir di sebutkan lebih jelas bahwa seorang arif yang dimaksud adalah seorang pemuka tarekat Syadziliyah yakni Syekh As-Shalih Musa Ad-Dlarir.

Baca Juga: Sholawat Ibrahimiyah

Tulisan Arab Sholawat Munjiyat

sholawat nabi
tstatic.net

Berikut ini adalah tulisan arab sholawat munjiyat:

Sholawat Munjiyat

Sholawat ini pada umumnya dibaca ketika hendak memulai doa-doa, terlebih khusus ketika bacaan doa tahlil. Sudah sangat masyhur bahwa doa yang di awali sholawat ini akan cepat terkabulkan, tentunya atas se izin Allah SWT.

Selain itu, sholawat ini juga dianjurkan untuk dibaca sebagai dzikir setelah melaksanakan sholat hajat, dengan harapan hajat yang kita inginkan akan segera terpenuhi.

Dibanyak pesantren, sholawat ini banyak tercantum dalam wirid-wirid dan hizib-hizib yang sering diamalkan para santri, ini menunjukan bahwa fadhilah sholawat ini sangat dahsyat.

Namun akan lebih afdhal jika dalam mengamalkan sholawat munjiyat ini setelah kita mendapat ijazah dari seorang mujiz (guru) supaya kadar bacaan yang kita amalkan lebih efektif.

Tujuan membaca sholawat adalah agar di akhirat kita mendapat syafaat Nabi Muhammad SAW.

 Tulisan Latin dan Terjemah Sholawat Munjiyat

Nabi Muhammad kalighrafi

Berikut ini tulisan latin dan terjemah sholawat munjiyat:

Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammad sholatan tunjina biha min jami’il ahwali wal afat, wa taqdhi lana biha jami’al hajat wa tuthahhiruna biha aqshol ghayat min jami’il khoirati fil hayati wa ba’dal mamat.

Artinya:

“Ya Allah limpahkan lah rahmat kepada junjungan Alam kami Nabi Muhammad, yang dengan sholawat itu Engkay akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan, dan dari semua cobaan, dengan sholawat itu Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan, dengan sholawat itu Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi, dengan sholawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati.”

Fadhilah Sholawat Munjiyat

hayu
tstatic.net

Dalam kitab Khozinatul Asror Syeikh Muhammad Haqqi an Nazili menyebutkan bahwa sholawat ini telah terbukti dalam menghilangkan berbagai macam kesusahan dan mewujudkan segala hajat yang kita inginkan.

Beliau melanjutkan bahwa gurunya berkata sholawat munjiyat itu seperti gudang diantara gudang-gudangnya keagungan Arsy.

Bahkan beliau melanjutkan bahwa sholawat munjiyat ini sangat cepat untuk mengabulkan doa, karena sholawat ini lebih cepat diijabahnya dari pada kilat yang menyambar dan seperti kayu iksir yang agung.

Berikut ini beberapa keutamaan dan fadhilah dari sholawat ini, insyaAllah jika kita rutin mengamalkan sholawat ini kita akan mendapatkan dengan se izin Allah SWT.

  • Keinginan Cepat Terkabul

Barangsiapa membaca sholawat ini sebanyak 500x dalam sehari, maka insyaAllah dengan izin Allah keinginan kita akan dikabulkan terutama yang berkeinginan banyak rezeki (kaya) dan dipercepat mempunyai keturunan.

  • Memudahkan Hajat Seseorang

Imam Jazuli dan Syeikh Al-Buni menerangkan bahwa siapa yang berhajat baik hajat dunia atau akhirat, maka bacalah sholawat ini sebanyak 1000x pada malam hari maka insyaAllah hajatnya akan Allah kabulkan.

  • Membuka Pintu Rezeki

Berkata Imam As-Suyuti: “Sesungguhnya hadits ini shohih, dan banyak bersholawat kepada Nabi itu bisa mempermudah jalan rezeki serta banyak keberkahan, dan dapat menghilangkan kesedihan-kesedihan dan untuk memenuhi beberapa hajat.”

Cara Mengamalkan Sholawat Munjiyat

Dalam riwayat lain ada yang menambahkan

Adapun tata cara dan khasiatnya adalah sebagai berikut:

  1. Orang yang memperbanyak bacaan sholawat ini ketika wabah tha’un merajalela akan diselamatkan dari bahayanya.
  2. Dibaca 1000 kali di tengah malam, insyaAllah akan menanggulangi bencana wabah penyakit dan hal lain yang menakutkan.
  3. Baca sebanyak 500 kali insyaAllah hajatnya akan cepat tercapai.
  4. Bacalah sebanyak 300 kali maka ia akan sembuh dari penyakit yang dideritanya, terjaga dari perbuatan dosa serta akan didoakan oleh para malaikat.
  5. Siapa yang membaca 41 kali, insyaAllah anak itu akan menjadi anak yang alim, shaleh, dan bermanfaat.
  6. Siapa yang membacanya sebanyak 40 kali, kesusahan akan dihilangkan, urusan akan dimudahkan, diangkat derajat, dan akan disayangi semua orang.
  7. Orang yang membaca 11 kali setelah selesai shalat wajib, lalu berdoa tentang apa yang diinginkan maka insyaAllah doa tersebut akan dikabulkan.
  8. Baca ketika hendak bepergian.

Dari berbagai khasiat di atas, jadi alangkah baiknya jika sholawat ini dibaca setiap waktu untuk mengantisipasi datangnya berbagai cobaan yang datang tanpa dugaan.

Penutup

Nah itulah artikel lengkap tentang sholawat munjiyat telah saya tuliskan secara lengkap untuk kalian semua. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih. 🙂

ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Aamiin Ya Robbal Alamin

ujio
4 min read

Sholawat Nuril Anwar

ujio
2 min read

Sholawat Syifa

ujio
2 min read

One Reply to “Sholawat Munjiyat”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *