Sholawat Fatih

  • 3 min read
  • Jul 01, 2021

Sebagai umat muslim, sudahkah mengetahui keistimewaan dan manfaat dari amalan sholawat fatih atau sholawat kepada Nabi Muhammad SAW? Akan sangat rugi bilamana umat muslim jarang mengamalkan Sholawat Nabi.

Bagaimana tidak, Sholawat Nabi merupakan salah satu dari banyak anjuran ibadah yang disukai oleh Allah SWT.

Namun di era sekarang banyak fenomena lantunan lagu yang berpotensi mengganti posisi lantunan sholawat. Melalui perkembangan zaman, banyak di antara umat muslim menyukai lagu-lagu dari luar negeri.

Beberapa di antaranya adalah lagu-lagu dari Negara Barat dan lagu-lagu dari Negara Asia Timur seperti Korea.

Padahal, dari segi manfaat jelas bahwa amalan sholawat dapat membuahkan pahala bagi umat muslim yang mengamalkannya.

Anjuran Sholawat

Selain itu, mengamalkan Sholawat Nabi juga merupakan kegiatan positif yang dapat menghindarkan kita dari perbuatan gelap (maksiat).

Bahkan dalam Firman-Nya surat Al-Ahzab, Allah telah menganjurkan umat muslim untuk mengamalkan Sholawat Nabi berikut ini:

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Innallāha wa malā`ikatahụ yuṣallụna ‘alan-nabiyy, yā ayyuhallażīna āmanụ ṣallụ ‘alaihi wa sallimụ taslīmā

Artinya: “Sungguh Allah dan Malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW. Wahai orang[1] orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk nabi. Ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab:56).

Bagaimana? Masih juga belum tertarik untuk mengamalkan ibadah dengan bersholawat? Ada banyak jenis dari lantunan sholawat yang dianjurkan Allah SWT kepada umat muslim.

Kali ini saya akan berbagi kepada rekan umat muslim yang penasaran akan keistimewaan dan manfaat dari amalan bersholawat.

Baca juga:

Sholawat Fatih

Sholawat Fatih

Salah Satu dari banyak jenis sholawat yang akan saya bagikan adalah sholawat fatih. Sholawat fatih merupakan salah satu dari beberapa macam jenis shalawat yang Allah anjurkan kepada umat muslim untuk diamalkan.

Kata fatih memiliki makna pembuka. Artinya, dengan membaca sholawat fatih maka dapat membuka segala sesuatu yang jelek menjadi sesuatu yang baik.

Bacaan daripada sholawat fatih yaitu:

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ وَالهَادِي إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ. صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

“Allohumma sholli wa sallim wa barik „ala sayyidina Muhammadinil Fātihi lima ughliqo, walkhātimi limā sabaqa, wan nashiril haqqa bil haqqi, wal hadi ila shirotin mustaqim. Shollallahu„alayhi, wa „ala alihi, wa ashhabihi haqqa qadrihi wa miqdārihil „azhim.”

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah sholawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, NabiAgung Sayyidina Muhammad SAW. Pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus.

Semoga Allah melimpahkan sholawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.

Keutamaan atau Faedah Sholawat Fatih

Lafadz sholawat ini di kutip dari kitab Parukunan Melayu. Melalui kutipan dari Syekh Al-Arif-Al-Kubra, terdapat keistimewaan dan manfaat atas bacaan sholawat ini yang mengatakan bahwa:

“Barang siapa membaca sholawat ini seumur hidupnya sekali, niscaya ia dipelihara Allah Ta‟ala dari api neraka dan mewajibkan baginya husnul khatimah,” (hal. 52).

Sholawat fatih memiliki 8 martabat keutamaan, di bawah ini hanya keutamaan pada martabat pertama saja, sedangkan yang lainnya dirahasiakan oleh Allah SWT. Dari kitab rahasia Keutamaan & Keistimewaan Sholawat (KH. Nur Muh. Kadafi) diantaranya adalah:

  1. Membaca sholawat fatih 1x setiap hari di jamin hidup bahagia dunia akhirat.
  2. Membaca 1x menghapus semua dosa.
  3. Membaca 1x menyamai pahala ibadah semua mahluk di alam semesta ini 6000x lipat
  4. Membaca 1x menyamai pahala sholawat yang di baca oleh seluruh mahluk dari awal diciptakan sampai sekarang 600x lipat.
  5. Membaca 1x setiap hari, di jamin mati bawa iman (husnul khotimah)
  6. Membaca 10x di malam jumat lebih besar pahalanya dari pada ibadah seorang wali yang tidak membaca sholawat fatih selama satu juta tahun.
  7. Pahala sholawat fatih dapat menutupi dan mengganti kesalahan yang ia lakukan terhadap orang lain, sehingga ia dapat mengganti tuntutannya di hari kiamat.
  8. Membaca 100x di malam jumat menghapus dosa 400 tahun.

Di sisi lain, dengan mengamalkan bacaan sholawat fatih juga dapat memudahkan urusan, rezeki yang lancar, menyelesaikan permasalahan hidup, dan ridho dari Allah SWT.

Kemudian, Bughyah al-mustafid dan Khulasoh al-wafiyah (hal. 69 dan 270) menyebutkan bahwa: “Apabila ada wali al-„arif billah berumur satu juta tahun yang tidak membaca sholawat fatih, maka orang awam membaca sholawat fatih 10 kali lebih baik pahalanya dari para wali tersebut.”

Nah, ternyata banyak manfaatnya kan. Jadi buat rekan muslim di mana pun berada, jangan sungkan untuk mengamalkan bacaan sholawat fatih.

Selain merupakan bentuk kegiatan yang positif, mengamalkan bacaan sholawat fatih juga dapat dijadikan sebagai bekal kelak di akhirat nanti.

Bagaimana? masih juga ragu untuk mengamalkan bacaan shalawat? Nanti rugi loh, hehe.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *