Sholawat Adrikni

Sholawat Adrikni – Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bismillahi Alhamdulillah La haula wala quata illa billah.

Allahumma shali’ala sayyidina Muhammadin Shalallahu’alaihi wa salam wa ala ali sayyidina Muhammadin Shalallahu’alaihi wa salam wa umatihi ajmain.

Sholawat jika dibaca serta diamalkan dengan hati yang ikhlas dan tawadhu atau disertai dengan Mujahadah niat ibadah Taqorruban Ilallah, insyaAllah kita akan mendapatkan keberkahan dan manfaat yang mungkin tidak akan pernah bisa diukur oleh akal.

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai salah satu sholawat yang memiliki manfaat yang luar biasa jika dibaca dan diamalkan, yaitu sholawat adrikni.

Sholawat Adrikni

Sholawat Adrikni

Sholawat adrikni atau adrikiyah atau nama lainnya adalah sholawat khitab, merupakan salah satu sholawat yang diajarkan langsung oleh Rasulullah SAW kepada salah satu wali Allah  SWT yaitu Syekh Hamid Affandy Al-‘Imadi.

Bacaan dari sholawat ini diajarkan langsung oleh Nabi SAW kepada Syekh Hamid Affandy Al-‘Imadi melalui sebuah mimpi, beliau mengaku mendapatkan petunjuk tentang sholawat tersebut melalui sebuah mimpi yang ia alami.

Syekh Hamid Affandy Al-‘Imadi merupakan seorang mufti kota Syam, dalam mimpinya ia mengaku bertemu dengan Nabi Muhammad SAW yang kemudian bersabda, “barang siapa membaca sholawat tersebut, Allah SW akan member kemudahan dalam pelbagai urusan.”

Sholawat yang dimaksud dalam sabdanya Nabi SAW tersebut adalah sholawat adrikni. Sholawat ini memiliki manfaat atau khasiat yang sangat luar biasa, bahkan seorang wali kutub, yaitu Habib Syekh Ali Al-Makkatul Mukarromah berkata :

“Lapangkanlah hatimu dan isilah jiwa halusmu dengan sholawat adrikiyah karena akan menjadikan kita selamat dunia dan akhirat.”

Sholawat ini jika dibaca dan diamalkan dengan ikhlas dan tawadhu dan juga disertai dengan niat ibadah kepada Allah SWT, maka akan mendapatkan manfaat serta keberkahan yang tidak bisa diukur oleh akal.

Baca juga:

Sholawat Nariyah

Bacaan Sholawat Adrikni (Arab, Latin Dan Terjemahannya)

Bacaan Sholawat Adrikni (Arab, Latin Dan Terjemahannya)

Berikut bacaan lengkap sholawat ini:

اَلصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَـلَيْـكَ يَاسَيِّــدِىْ يَارَسُوْلَ اللّـهِ, خُذْ بِــيَـدِىْ قَـلَّتْ حِيْلَــتِى أَدْرِكْـنِى

Asholatu wassalaamu ‘alaika yaa sayyidii ya Rosulalloh, khudz biyadii qollat ‘hilatii adrikni.

Artinya:

“Rahmat dan sejahtera semoga melimpah kepadamu, wahai junjunganku rasullulahu SAW, peganglah tanganku, sedikit sekali upayaku maka temukanlah aku”

Keutamaan Sholawat Adrikni Dan Cara Mengamalkannya

Keutamaan Sholawat Adrikni Dan Cara Mengamalkannya

Berikut beberapa keutamaan atau manfaat dan keberkahan dari sholawat ini:

  1. Diberi rizki yang berlimpah yang datang tanpa disangka-sangka. Baca sholawat ini sebanyak 100x setelah selesai melaksanakan sholat subuh, lakukan dengan istiqomah.
  2. Dimudahkannya segala urusan, diberi jalan keluar dalam setiap permasalahan, serta diberi petunjuk atas apa yang dicari untuk kemaslahatan hidup dunia dan akhirat.

Baca sholawat adrikni 100x, 313x, 1000x, lakukan pada malam hari pukul 00.00 hingga selesai selama 7 hari atau sampai berhasil.

  1. Mampu mempertajam ainul bashiroh atau mata batin bisa terbuka, dalam beberapa sumber mengatakan bahwa bisa juga hingga menembus dimensi alam astral. Baca sholawat ini secara istiqomah atau terus menerus.
  2. Memudahkan dalam mencapai hajat atau keinginan. Baca sholawat ini sebanyak 41x ketika hendak tidur, lalu mohonkan kepada Allah SWT atas sesuatu yang diinginkan atau hajat yang ingin dicapai. Lakukan dengan penuh konsentrasi dan ketenangan.
  3. Menolak bala dan melindungi diri dari musibah. Baca sholawat ini secara terus menerus atau dawamkan secara terus menerus dan jadikan sholawat adrikni sebagai zikiran hati.
  4. Menjadi obat dari berbagai hal yang ghaib, seperti sihir, santet, teluh, kesurupan, dll. Baca sholawat adrikni sebanyak 41x setelah selesai tiupkan pada segelas air putih lalu minumkan.
  5. Bisa bermimpi bertemu dengan para Nabi dan wali-wali Allah SWT atas kehendaknya. Ambil air wudhu lalu bacalah sholawat adrikni sebanyak 100x sebelum tidur. Lalu berdoa kepada Allah SWT untuk memohon ingin bertemu dengan nur Muhammad SAW di dalam mimpi.
  6. Diberi kemudahan dalam menentukan sebuah pilihan. Baca sholawat adrikni sebanyak 100x setelah sholat istikhoroh.
  7. Dimudahkan dalam mencari atau mendapatkan pekerjaan. Baca sholawat adrikni sebanyak 313x pada tengah malam.
  8. Diberi kemudahan dan didekatkan dengan jodohnya, dan juga masih terdapat banyak sekali manfaat dari sholawat adrikni yang tidak bisa kita hitung.

Kita bisa merasakan manfaat dan keberkahannya bila membaca serta mengamalkannya secara istiqomah dan dibarengi dengan hati yang ikhlas.

Baca Juga:

Sholawat Gusdur

Cara Mengamalkan

Cara Mengamalkan

Adapun keutamaan dan cara mengamalkan lainnya dari sholawat adrikni yang dijelaskan dalam sumber yang lainnya, seperti berikut ini :

  1. Seperti yang dijelaskan dalam kitab “Afdhalus Sholawat ‘ala Sayyidi Saadaat” Karya Syekh Yusuf bin Ismail an-Nabhani. Yaitu dapat dikabulkannya segala hajat, menghilangkan kesusahan dan mimpi berjumpa dengan Rasulullah SAW.
  2. Dan juga seperti yang dikatakan oleh Syekh Ibnu Syaifuddin al-Jabbani, sebagai berikut :

“Barangsiapa yang membaca sholawat ini (adrikni) sebanyak 1000 kali pada malam jum’at dan dilanjutkan pada malam-malam berikutnya sampai hari jumat sebanyak 1000 kali dibaca delapan hari berturut-turut, maka segala hajatnya akan dikabulkan dan dengan izin Allah akan bermimpi bertemu Rasulullah SAW.”

  1. Dikutip dalam buku karya Salman A.Zaha dan Ibnu Solah Taftazani yaitu buku “25 Ibadah Pilihan untuk Keluar dari Kemelut”. Yang isinya adalah :

“Barang siapa yang mengamalkan Sholawat ini dengan membacanya sebanyak 313 kali, 1000 kali, 4000 kali, atau sebanyak mungkin, maka dapat melapangkan rezeki.”

  1. Syeik Isa Al-Barowi berkata, “barang siapa yang membaca Sholawat Adrikni sebanyak 1000 kali pada malam jumat, maka hajatnya akan terpenuhi segera. Maka dari itu, umat Muslim yang tengah memiliki hajat.”
  2. Dan dalam sumber lainnya mengatakan bahwa keutamaan lainnya dari sholawat ini adalah dimudahkannya urusan di dunia dan akhirat.

Setelah selesai membaca dan mengamalkan sholawat adrikni, alangkah baiknya jika diakhiri dengan membaca hizib asror, seperti berikut:

يارســـول اللهِ أَنْتَ بَابُ الله ولَــمْ يَكُنْ بَابٌ غَيْرُكَ جِئْتُكَ مَعَ كَثْرةِ الذُنُوْبِ وَالْعِصْيَانِ هَارِبًا مِنْ ذُنُوْبِيْ وَظَلَمْتُ نَفْسِيْ وَسُنَّـــتَكَ

Yaa Rosulallooh anta babulloohi, walam yakun baabun ghoiruka ji’tuka ma’aa kasrotid dzunuubi, wal isyani hariban min dzunuubi wa dzholamtu nafsi wasunnatuka (Dibaca 7 Kali).

Sholawat atau doa hizib asror bisa dibaca ketika selesai membaca sholawat adrikni, baik itu pada bada sholat ataupun sholat sunnah lainnya dan dibaca sebanyak 7 kali.

Baca Juga:

Sholawat Nahdliyah

Penutup

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai sholawat ini, semoga kita bisa istiqomah dan ikhlas dalam membaca serta mengamalkannya agar bisa meraih segala manfaat dari sholawat adrikni tersebut.

Leave a Reply