ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Sejarah Islam di Amerika

5 min read

Budak Afrika Muslim Pertama Amerika

Assalamualaikum wr, wb. Halo teman-teman gimana, kalian sudah pada tahu bagaimana sejarah islam masuk di Amerika? Kalau belum kalian harus baca artikel ini sampai selesai ya.

Kalau kemarin kita membahas sejarah manusia pertama yaitu Kisah Nabi Adam AS. Kali ini kita akan membahas bagaimana sejarah islam masuk ke Amerika.

Berikut sejarah islam di Amerika yang akan saya bahas secara singkat dalam artikel ini, silakan simak sampai selesai.

Sejarah Islam di Amerika

Pemuda Islam di Amerika
static.republika.co.id

Islam datang ke amerika diperkirakan pada abad ke 16, dimana Estevanico dari Azamor merupakan muslim pertama yang tercatat dalam sejarah Amerika. Hal itu tercatat sebagai sejarah islam di Amerika.

Akan tetapi kebanyakan dari para peneliti di dalam mempelajari kedatangan islam di AS lebih memfokuskan pada kedatangan imigran dari Timur Tengah pada akhir abad ke 19.

Imigran muslim ke Benua Amerika ini berlangsung secara berbeda periode dan dikenal dengan “gelombang” sekalipun para ahli tidak selalu sepakat tentang apa yang menyebabkan gelombang ini.

Perkembangan muslim di Amerika meningkat dalam seratus tahun terakhir, dimana pertumbuhan ini didorong oleh adanya imigran pada tahun 2005.

Hampir 96.000 dari negara-negara islam menjadi penduduk Amerika Serikat dibandingkan dua dekade sebelumnya.

Masuknya Imigran dari Timur Tengah Merupakan Sejarah Islam di Amerika

imigran muslim di amerika
Jurnalislam.com

Sejarah mencatat, muslim pertama di Amerika Utara adalah Estevánico dari Azamor. Dia adalah orang Berber dari Afrika Utara dan seorang budak penjelajah Spanyol pada abad ke 16.

Pada tahun 1520-an para budak dari Afrika didatangkan sekitar 500 ribu jiwa, diperkirakan sekitar 200 ribu jiwa budak yang didatangkan berasal dari daerah yang dipengaruhi oleh islam.

Faktor Islam masuk ke Amerika kenal dengan faktor gelombang imigran di antaranya:

  1. Beberapa sumber lain mengatakan kedatangan imigran muslim pertama adalah sekitar tahun 1875 dan 1912 dari Suriah, Yordania, dan Palestina.
  2. Imigran kedua terjadi setelah kekaisaran Ottoman runtuh pada Perang Dunia 1. Kaum muslim dari Timur Tengah dari periode ini pula dimulainya kolonialisme Barat d Timur Tengah.
  3. Imigrasi ketiga terjadi sekitar tahun 1947 sampai 1960 kedatangan kali ini semakin meningkat karena berasal dari negara-negara luar Timur Tengah.
  4. Imigran keempat terjadi sekitar tahun 1965-an. Saat itu Presiden Lyndon Jhonson menyokong rancangan undang-undang keimigrasian yang menghapuskan sistem kuota negara asal.
  5. Peningkatan terjadi pada imigran gelombang kelima yaitu sekitar tahun 1970-1980. Hal itu terjadi karena saat itu terjadi peperangan dan perselisihan yang merebak di Afghanistan, Turki dan Levant.

Islam memasuki sejarah panjang di Amerika, jumlah warga muslim saat ini di Amerika hanya 1% dari total populasinya.

Konspirasi Orang Afrika adalah Muslim pertama di Amerika

Budak Afrika Muslim Pertama Amerika
voaindonesia.com

Tahun 1807 seorang ilmuwan kaya berusia 37 tahun ditangkap di Afrika barat, di tempat yang sekarang disebut Sinegal, dia dibawa ke Amerika dan dijual sebagai budak.

Orang itu adalah Omar bin Said. dia menjalani sisa hidupnya sebagai budak di Amerika. Omar bin Said ada di antara sekitar sepertiga budak di Amerika yang memeluk agama islam.

Sekitar 40% orang Afrika yang dijadikan budak berasal dari sebagian besar wilayah muslim di Afrika Barat.

Ini menantang gagasan Amerika dan membuka pemahaman kita bahwa ada orang non-Kristen yang hadir di Amerika pada masa pendirian bangsa ini.

Bukan hanya pada masa pendirian, tetapi mereka juga membantu pembangunan bangsa ini, ini menentang Amerika bahwa mereka merupakan bangsa Kristen sejak awal.

Oleh sebab itu kisah tentang Omar bin Said itu dihapuskan, penghapusan ini adalah bagian dari strategi untuk melucuti identitas individu sebagai orang Afrika. dan mereduksi mereka hanya sebagai budak saja.

Sebab jika mereka mengakui beberapa identitas religius mereka, maka pada gilirannya mereka harus mengakui kemanusiaan mereka.

Selain itu, nama-nama orang muslim yang diperbudak sering kali dihinggapi, yang semakin mengaburkan mereka dari sejarah.

Sejarah Islam di Amerika Selatan

Islam di Amerika Selatan
cnnindonesia.com

Cartegena adalah sebuah kota tua di Kolombia dan menjadi tempat penyimpanan alat arsitektur eksotis.

Kota ini merupakan kota administrasi dan kota yang bersejarah, perluasan kekaisaran Spanyol ditemukan pada tahun 1533.

Kota ini merupakan pusat kota di Kolombia, ekonomi, politik, dan keagamaan berpusatkan di kita ini, dan pada zaman sekarang, kota ini menjadi salah satu tujuan wisata.

Tidak hanya jejak kolonial, disini juha ada ruang untuk umat muslim, diperkirakan sebanyak 14 ribu atau sekitar 0,03% penduduk di Kolombia merupakat umat muslim.

Muslim terbesar ada di Bogota, maicao, dan Buenaventura, tetapi bukan berarti di daerah lain tidak ada umat muslim.

Sebuah mesjid di tengah desa Boquilla menjadi tempat ibadah kaum muslim di kota Cartagena yaitu masjid Abou Bakr.

Muslim di amerika selatan juga ditemui di beberapa tempat eksotis lain seperti kota La Paz di Bolivia.

Sejarah Perkembangan Islam di Amerika

Muslim di Amerika

Menurut salah seorang Dokter faktor perkembangan islam di amerika sebagian besar bermula dari gelombang imigran dari Timur Tengah dan masih memberikan efek hingga saat ini.

Dia berpendapat islam berkembang pesat di sana karena Amerika menjadi salah satu negara yang memberi peluang kepada umat islam untuk menyebarkan agamanya.

Selain dari gelombang imigrasi, PWC mencatat berkembang nya islam di Amerika Serikat karena cukup banyak mualaf dalam beberapa tahun terakhir.

Berdasarkan data-data yang telah di kumpulkan satu dari lima kaum muslim di Amerika dilahirkan dari keluarga agama lain, artinya satu dari lima mereka menjadi mualaf.

PWC memperkirakan pada tahun 2050 jumlah populasi muslim di Amerika akan mencapai angka sekitar 8,1 juta jiwa atau 2,1% dari total penduduk di sana.

Berdasarkan perkiraan tersebut islam akan menjadi agama terbesar kedua di Amerika setelah kristen, seperti yang telah disinggung banyak oleh para pakar sejarah.

Sejarah Mesjid di Pertama Amerika

Masjid di Amerika
wikipedia.org

Sejarah islam di Amerika mencatat ada sekitar 1.209 Masjid dan yang terbesar adalah Masjid Islamic Center of America.

Masjid itu dibangun pada tahun 2005. Letaknya di Dearborn Michigan. Masjid ini bisa menampung sekitar 3.000 jamaah.

Tetapi pada umumnya kebanyakan masyarakat muslim Amerika beribadah di bangunan seperti bekas stasiun, kantor pemadam kebakaran, gudang, toko dan ruang teater.

Tahun 2001 tercatat Masjid terbanyak di Amerika Serikat terdapat di negara bagian California, yakni sekitar 227 unit.

Perkembangan umat islam di Amerika terus meningkat setiap tahunnya, karena semakin banyaknya masjid yang dibangun, berikut ini merupakan mesjid bersejarah yang menarik untuk kita bahas:

1. Islamic Center of Washington

Islamic Center of Washington masjid pertama Amerika
en.wikipedia.org

Masjid ini merupakan pusat kegiatan umat muslim, selain tempat beribadah, masjid ini juga merupakan sejarah, karena merupakan masjid pertama di Amerika Serikat.

Masjid ini letaknya di Embassy Row, berawal dari diskusi dua duta besar mesir Mahmood Hassan Pasha dan M.Abu Al-Hawa pada tahun 1994.

Masjid ini menjadi simbol dari persatuan islam sedunia dan termasuk daftar cagar budaya Survei Bangunan Bersejarah Amerika.

Gaya arsitek Italia menjadi khas masjid ini, dengan eksterior bangunan yang terinspirasi gaya Timur Tengah. Perancang masjid ini sendiri adalah Mario Rossi.

Pada tahun 1957 Presiden kala itu Dwight Elsenhower meresmikan bangunan ini, dia mengatakan bahwa budaya islam memiliki pengaruh yang penting bagi peradaban dunia.

2. Mother Mosque of America

masjid mother of mosque amerika
www.nps.gov

Masjid ini merupakan masjid tertua di amerika, dan merupakan masjid pertama di Amerika Utara, masjid ini sering di sebut The Rose of Fraternity Lodge atau dikenal sebagai Kuil Muslim.

Masjid ini didirikan pada abad ke 20, meski bukan yang pertama di Amerika Serikat masjid ini termasuk masjid tertua yang masih berdiri dan berfungsi sebagai rumah ibadah kaum Muslimin.

Masjid ini letak nya di Cedar Rapids, Lowa, Amerika. terdapat pemakaman umum untuk umat muslim di sekitar masjid, dan itu menjadi pemakaman islam pertama di Amerika.

Masjid ini tercatat sebagai salah satu situs bersejarah di Lowa, Amerika. Masjid ini menjadi kebanggaan masyarakat Amerika dan menjadi lambang pluralisme dan perdamaian di Amerika.

Masjid ini tercatat sebagai salah satu situs bersejarah di Lowa, Amerika

3. Islamic Center of Southern California

Islamic Center of Southern California di Amerika
www.beautifulmosque.com

4. Dearborn Mosque

Dearborn Mosque Amerika
michiganradio.org

Masjid ini dibangun di Kota Dearborn, Wayne County, Detroit, Negara bagian Michigan, Amerika Serikat. Dearborn adalah daerah pinggiran Detroit.

Populasi muslim di kota ini cukup besar, yang menurut beberapa orang tempat ini memiliki populasi Arab terbesar kedua di luar Timur Tengah.

Masjid ini merupakan masjid tertua kedua di Amerika, masjid ini bangun pada tahun 1937 di kota Deroit.

Masjid ini memiliki kapasitas 2.000 orang, dan menjadi rumah bagi populasi Arab-Amerika terbesar di negara itu.

5. Toledo Islamic Center

Masjid Toledo Amerika
waymarking.com

Pada tahun 1900-an. Para imigran muslim dari Suriah dan Lebanon pertama kali datang ke Toledo.

Sekitar tahun 1954 Komunitas kaum Muslim tersebut membangun masjid Islamic Center Toledo di dekat pusat kota.

Karena pertumbuhan masyrakat, para pemimpin berencana untuk memfasilitasi gedung baru pada tahun 1970-an.

Barulah pada tahun 1983 masjid ini dibuat dengan menara kembar dan kubah di Perrysburg Township, dan itu merupakan masjid pertama dengan arsitektur seperti itu.

Kini masjid ini menjadi masjid yang mewakili kaum muslim yang berasal dari kurang lebih 23 negara.

Penutup

Alhamdulillah kita tiba di akhir kata yang saya tulis dalam artikel ini, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat untuk kalian semua yang sudah membaca, dan jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kalian.

Terimakasih, Wassalamualaikum, wr,wb.

ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *