ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Profil Negara Malaysia

7 min read

Profil Negara Malaysia

Halo teman-teman kali ini kita akan membahas profil negara Malaysia. Baca sampai selesai ya

Profil Negara Malaysia

Profil Negara Malaysia
benderajuang.blogspot.com

Berikut ini profil Negara Malaysia

Nama NegaraMalaysia
Bentuk PemerintahanMonarki Konstitusional Federal
Kepala NegaraYang di-Pertuan Agong
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
IbukotaKuala Lumpur
Luas Wilayah329.847 km²
Jumlah Penduduk31.809.660 jiwa (Juli 2018)
Pertumbuhan Penduduk1,34% (Juli 2018)
AgamaIslam (61,3%), Buddha (19,8%), Kristen (9,2%), Hindu (6,3%) dan agama lainnya (3,4%)
EtnisBumiputera 61.7%, Tionghoa 20.8%, India 6.2%, etnis lainnya 0.9%, bukan warga negara 10.4% (2017)
Bahasa ResmiMalaysia
Mata UangRinggit Malaysia
Hari Nasional31 Agustus 1957 (dari Inggris)
Lagu Kebangsaan“Negaraku” (My Country)
Kode Domain Internet.my
Kode Telepon60
Pendapatan Domestik Bruto (PPP)US$ 933,3 M (2017)
Pendapatan Per KapitaUS$ 29.100,- (2017)
LokasiBenua Asia (Asia Tenggara)

Nah mari kita jelaskan mengenai Negara Malaysia ini secara detail dalam artikel ini

Profil Malaysia

Malaysia
www.tripsavvy.com

Apa yang kalian pikirkan ketika mendengar kata malaysia? Menara Kembar? Musuh Timnas Indonesia? Atau Negeri Jiran? Haha banyak memang pikiran yang terlintas tentang malaysia, mari kita cari tahu ada apa saja sih di negeri tetangga Indonesia ini? Baca artikel ini sampai selesai ya untuk mengetahui lebih dalam profil negara Malaysia ini.

Malaysia merupakan sebuah negara monarki konstitusional federal. Malaysia termasuk kedalam bagian Asia tenggara. Sistem pemerintahannya menggunakan sistem kerajaan, Kepala Negara Malaysia yaitu Yang di-Pertuan Agong dan digilirkan setiap lima tahun diantara sembilan Sultan Negeri Melayu ini.

Kesembilan Sultan Negeri Melayu yang bisa dipilih menjadi Yang di-Pertuan Agong maupun memilih Yang di-Pertuan Agong yaitu:

  1. Sultan Johor
  2. Sultan Kedah
  3. Sultan Kelantan

Yang Dipertuan Besar Negeri Sembilan:

  1. Sultan Pahang
  2. Sultan Perak
  3. Raja Perlis
  4. Sultan Selangor
  5. Sultan Terengganu.

Sedangkan kepala pemerintahan Malaysia dibawah kendali seorang Perdana Menteri yang dipilih melalui Pemilihan Umum yang diselenggarakan setiap 5 tahun sekali. Secara Administratif, Malaysia yang adalah negara berbentuk federasi ini terbagi atas 13 Negara Bagian dan 3 Wilayah Persekutuan.

Wilayah Negara Malaysia

wilayah malaysia
ilmupengetahuanumum.com

Untuk mengetahui profil negara Malaysia. kita harus mengenal luas wilayah negaranya juga. Malaysia yang memiliki luas wilayah sebesar 329.847 km² ini terpisah menjadi dua kawasan oleh Laut Tiongkok Selatan yaitu:

Malaysia Barat

Malaysia Barat ini berada di semenanjung Malaysia benua Asia. Malaysia berbatasan darat dengan Thailand di sebelah utaranya, dan di sebelah barat yaitu selat Malaka dan sebelah timur yaitu laut Tiongkok Selatan. Di Selatan Malaysia Barat yaitu Singapura yang dipisahkan oleh selat Johor.

Malaysia Timur

Di Malaysia Timur yang berada di Pulau Kalimantan. Malaysia berbatasan dengan Brunei Darussalam di sebelah Utaranya dan di sebelah Selatan yaitu Indonesia. Sebelah Timur Malaysia Timur yaitu Laut Sulu dan Laut Sulawesi, sebelah utaranya yaitu laut Tiongkok Selatan. Ibukota Malaysia yaitu Kuala Lumpur dan Putrajaya adalah pusat pemerintahan persekutuan.

Penduduk Negara Malaysia

Penduduk
media.beritagar.id

Untuk mengetahui profil negara Malaysia. kita harus mengenal total penduduknya juga. Penduduk Malaysia berjumlah 31.809.660 jiwa dan mayoritas penduduknya beragama Islam (61,3%). Bahasa Malaysia yang pada dasarnya berasal dari Bahasa Melayu merupakan bahasa resmi negara Malaysia.

Suku atau etnis di negara malaysia ini dibagi menjadi beberapa suku diantaranya:

  1. Bumiputera (gabungan suku Melayu, Orang Asli, Dayak dan Anak Negeri) adalah suku terbesar di Malaysia yaitu sebanyak 61,7%
  2. Tionghoa sebanyak 20,8%,
  3. Sabah/Sarawak (Indigenous) sebanyak 11,8%
  4. India sebanyak 6,2%.

Angka pertumbuhan penduduk Malaysia sekitar 1,4%.

Malaysia termasuk salah satu negera pendiri ASEAN. Malaysia juga termasuk anggota lembaga-lembaga dibawah PBB seperti APEC, PBB, OKI dan lainnya.

Ekonomi Negara Malaysia

ekonomi
img.okeinfo.net

Untuk mengetahui profil negara Malaysia. kita harus mengenal perekonomian negara ini. Di bidang Perekonomian, Malaysia menjadi negara penghasil Karet dan Minyak Sawit Terbesar di dunia. Pendapatan Domestik Bruto Malaysia pada tahun 2017 berdasarkan Paritas Daya Beli mencapai US$ 933,3 M.

Sedangkan Pendapatan Perkapita Malaysia yaitu sebesar US$ 29.100,-. Komoditas Agrikultur utama yang dihasilkan oleh Malaysia diantaranya yaitu:

  1. Minyak Sawit
  2. Karet
  3. Kakao
  4. Beras
  5. Kayu

Dan dalam bidang industri, beberapa Industri penting Malaysia diantaranya seperti

  1. Pengolahan minyak sawit
  2. Pengolahan karet
  3. Perminyakan dan gas bumi
  4. Farmasi
  5. Produk-produk elektronika.
  6. Dll

Ikon Negara Malaysia

Menara kembar
www.backyardtravel.com

Menara kembar. Ya, menara kembar memang merupakan ikonik dari negara yang satu ini, tak jarang banyak wisatawan yang berkunjung ke negara ini hanya untuk berkunjung ke menara kembar.

Namun tahukah kalian fakta tentang menara kembar ini? Berikut diantaranya:

  1. Memiliki total 88 lantai
  2. Ketinggian mencapai 451,9 M
  3. Dan ada 40 lift atau eskalator setiap menaranya.
  4. Menara kembar pernah menjadi tower tertinggi di dunia selama 6 tahun.
  5. Merupakan salah satu gedung tertinggi di Malaysia bahkan dunia
  6. Arsitektur yang bergaya muslim dengan design yang menganut prinsip-prinsip islam.
  7. Pemegang rekor jembatan 2 lantai tertinggi di dunia

Menara Kembar Petronas ini beralamat di: Kuala Lumpur City Centre, 50088 Kuala Lumpur, Malaysia.

Fakta Menarik Negara Malaysia

fakta Negara Malaysia
www.uaebarq.ae

Malaysia adalah salah satu negeri dengan perpaduan ras dan agama yang beragam. Ada orang yang beragama Islam, Kristen, Buddha, Hindu, dan China tradisi yang tinggal bersama dan hidup damai. Ada orang Melayu, India, China, dan kelompok etnis lainnya hidup berdampingan di negara ini.

Berikut ini adalah beberapa fakta tentang Malaysia yang perlu kita ketahui:

Kesultanan Tertua di Dunia

Kesultanan
beritasatu.com

Malaysia terdiri dari 9 kesultanan atau diperintah oleh sultan atau istilah di Indonesia yaitu gubernur.

Kesembilan kesultanan Malaysia antara lain: Johor, Kedah, Selangor, Kelantan, Negeri Sembilan, Pahang, Perak, Perlis, dan Trengganu.

Adapun Kesultanan Kedah yaitu kesultanan awal di Semenanjung Malaya yang juga termasuk kesultanan tertua di dunia. Kesultanan Kedah ini berdiri sejak tahun 1136 dan berkaitan dengan dinasti Hindu. Namun, setelah islam masuk kesultanan Kedah yang awalnya masih berbau Hindu ini menjadi kesultanan islam.

Mayoritas Penduduk Beragama Islam

Mayoritas Penduduk Beragama Islam
goasiaplus.com

Malaysia pada dasarnya tidak jauh beda dengan Indonesia. Sama halnya dengan negara tetangga Indonesia dan Brunei Darussalam, Malaysia juga mayoritas beragama islam. Tak heran jika kita akan menemukan banyak berbagai masjid besar di Malaysia.

Sekitar 60% Malaysia, sebutan untuk penduduk Malaysia yang beragama islam, dan sisanya, bangsa Malaysia beragama Kristen, Buddha, Hindu, China tradisi hingga agama yang lainnya.

Hukum Cambuk

Hukum Cambuk negara malaysia
statik.tempo.co

Malaysia terkenal dengan hukuman cambuk. Cambuk dengan menggunakan rotan atau cambuk rotan merupakan hukuman utama dalam undang-undang di Malaysia.

Jumlah cambukan terbanyak adalah sebanyak 24 kali. Menakutkan juga kan?

Malaysia memberlakukan cambuk rotan sebagai hukuman utama mereka, tetapi hukuman cambuk ini tidak untuk wanita dan anak-anak. Hukum cambuk rotan ini pun juga diberlakukan bagi orang selain malaysia contoh orang Indonesia yang berada di sana.

Memiliki Gua Bawah Tanah Terbesar di Dunia

gua negara malaysia
says.com

Untuk tempat wisata, Malaysia mempunyai Taman Nasional Gunung Mulu National Park yang bisa kalian kunjungi. Area ini letaknya di negara Malaysia yang berbatasan dengan Indonesia, yaitu di pulau Kalimantan. Atau lebih tepatnya di Gunung Mulu National Park. Gua bawah tanah Sarawak Chamber

Di Taman Nasional Gunung Mulu ini ada sebuah gua bawah tanah yang sangat besar. Yaitu Sarawak Chamber, gua bawah tanah di Malaysia yang merupakan gua terbesar di dunia. Besarnya gua ini diperkirakan mampu menampung sekitar 40 pesawat Boeing 747. Ditambah lagi dengan wisata hutan hujan yang menarik perhatian para wisatawan

Meng-Klaim Milik Indonesia

Meng-Klaim Milik Indonesia di klaim Negara Malaysia
pegipegi.com

Negara Malaysia tercatat sering meng-klaim budaya milik Indonesia. Akhirnya banyak orang Indonesia yang menyebut orang Malaysia sebagai pencuri. Contohnya Reog ponorogo dan batik yang pernah diklaim milik mereka. Begitu pula dengan pulau-pulau kecil di Indonesia dan negara sekitarnya yang telah mereka klaim.

Malaysia dan Indonesia pada dasarnya masih satu rumpun. Bahasa Indonesia dan bahasa melayu yang hampir sama. Secara fisik pun, orang Indonesia dan Malaysia juga tak jauh beda. Nah, oleh sebab satu rumpun inilah maka dengan mudahnya milik Indonesia diklaim oleh mereka.

Flora dan Fauna Malaysia

Flora dan Fauna negara Malaysia
astroawani.com

Kehidupan Liar Malaysia merupakan beberapa yang paling beragam di dunia, Malaysia dikenal sebagai negara Megadiverse.

Sebagian besar malaysia ditutupi hutan hujan, yang menjadi tuan rumah keragaman besar spesies tanaman dan hewan yang ditemukan di Malaysia beberapa diantaranya:

  1. 210 spesies mamalia
  2. 620 jenis burung
  3. 250 spesies reptil
  4. 150 spesies katak

Wilayah laut yang besar juga memegang keragaman kehidupan, dengan perairan pesisir negara itu terdiri dari bagian dari Segitiga Terumbu Karang.

Flora di Malaysia

Antanan (Centella asiatica) Negara Malaysia
doktersehat.com

Hampir sebagian besar wilayah negara Malaysia masih berupa hutan. Malaysia memiliki beragam jenis flora yang keberadaannya masih terus dipertahankan sampai sekarang. berikut penjelasan mengenai jenis flora di Malaysia:

Angsana (Pterocarpus indicus)

Angsana mempunyai nama lain yaitu sonokembang, menjadi terkenal karena memiliki batang kayu yang sangat berkualitas dari suku Fabaceae. Ciri khas dari angsana yaitu warna batang kayu kemerahan, cukup berat dan keras atau masuk ke dalam kategori rosewood atau narra.

Antanan (Centella asiatica)

Antanan atau di Indonesia dikenal dengan nama pegagan merupakan tanaman liar yang banyak ditemukan di perkebunan, ladang, pinggir jalan hingga pematang sawah.

Terdapat dua jenis antanan yang sering dijumpai yaitu antanan merah (antanan kebun) dapat ditemukan di bebatuan, kering dan terbuka. Lalu antanan hijau yang bisa ditemukan di wilayah persawahan dan disela – sela rumput.

Kesusu (Prainea limpato)

Buah dari pohon kesusu cukup unik dan tumbuhan ini juga banyak ditemukan di pulau Kalimantan. Namun ada yang berpendapat jika tumbuhan ini berasal dari Semenanjung Malaysia.

Pokok Katak Puru (Cynometra cauliflora)

Tanaman yang satu ini banyak ditemukan di hutan – hutan Asia Tenggara dan juga memiliki nama lain seperti namu – namu, pokok hima dan kopi anjing. Bagian yang paling menarik dan dapat dikonsumsi yaitu buahnya yang berwarna coklat dengan ukuran 5 – 6 cm.

Kermak (Alternanthera sessilis)

Kermak atau keremak lebih dikenal sebagai tanaman rumput – rumputan. Di Indonesia kermak memiliki nama tersendiri yaitu daun tolod. Termasuk tumbuhan kecil dengan tinggi antara 0,4 hingga 1,4 meter.

Merbau (Intsia binomial)

Merbau atau juga dikenal dengan nama ipil banyak dimanfaatkan batang kayunya yang sangat keras, bahan di wilayah Maluku dan Papua lebih dikenal dengan sebutan kayu besi. Persebaran merbau cukup luas hampir di seluruh Asia Tenggara termasuk Malaysia

Peluntan (Artocarpus sericicarpus)

Tumbuhan yang satu ini merupakan tumbuhan tropis dari keluarga pohon ara (Moraceae) dan masih berkerabat dekat dengan sukun dan nangka. Peluntan juga dikenal dengan nama lain tergantung dari tempat mereka berasal seperti Terap bulu (Sabah), Pedalai (Sarawak), Gumihan (Luzon), dan Tugup (Mindanao).

Fauna Di Malaysia

Bambangan Kuning Negara Malaysia
arifrudiyanto12.files.wordpress.com

Keanekaragaman yang dimiliki oleh Negara Malaysia tidak hanya berasal dari tumbuhannya saja, tetapi juga berasal dari hewan. Beberapa hewan tersebut hanya ada dan menjadi hewan endemik di Malaysia saja. Berikut ini adalah beberapa fauna yang terdapat di Malaysia:

Bambangan Kuning

Burung bambangan kuning termasuk burung pemakan ikan, kodok, serangga air, hingga ketam hal ini disesuikan dengan habitat tempat tinggal burung ini yakni rawa – rawa, rumpun pandan, tepian sungai dan sawah.

Burung Madu Sriganti

Sesuai dengan namanya burung ini termasuk burung pemakan nektar yang berasal dari benalu, pepaya, hingga menkudu. Namun tidak jarang pula burung madu sriganti ini juga bisa memakan hewan kecil seperti serangga kecil (laba – laba).

Biawak tanpa telinga

Biawak tanpa telinga merupakan hewan endemik yang hanya dapat ditemukan di Kalimantan dan memiliki kedekatan dengan jenis – jenis biawak (Varenidae). Tubuhnya cukup silindris, berleher panjang, kuku tajam dan lengan kaki cukup pendek. Panjang tubuh biawak ini sekitar 17,4 sampai dengan 22,1 cm dan berat tubuh antara 48 sampai 120 gram.

Cipoh Kacat

Burung satu ini termasuk ke dalam kelompok burung pengicau kecil dan populasinya menandakan variasi bulu yang dimiliki. Untuk menemukan burung cipoh kacat ini yaitu di antara semak – semak serta siulannya yang cukup keras serta warna bulu yang cerah.

Kupu – kupu Kuning Datar

Kupu – kupu kuning datar banyak ditemukan pada hutan dataran rendah dengan ketinggian 833 meter di atas permukaan laut. Kupu – kupu kuning datar juga biasa dikenal sebagai kupu – kupu Yellow Flat dan masuk keluarga Hesperiidae dengan rentang sayap mencapai 32 – 36 mm.

Kura – kura Bergerigi

Kura – kura ini cukup unik karena memiliki gerigi yang terdapat pada perisainya. Kura – kura bergerigi ini juga cukup laku di pasaran dan memiliki nama dagang yaitu kura – kura ceper atau kura – kura daun. Kura – kura bergerigi hidup di air tawar seperti sungai dengan aliran lambat.

Elang Wallace 

Elang yang satu ini merapakan jenis elang yang bisa ditemukan di hutan Kalimantan dan Sumatra, Thailand hingga Malaysia. Panjang tubuh dari elang wallace yaitu 43 sampai dengan 58 cm dan berat tubuh mencapai 500 hingga 610 gram.

ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Negara Maju di Afrika

ujio
4 min read

Kebudayaan Lampung

ujio
4 min read

Kebudayaan Kalimantan Barat

ujio
6 min read

One Reply to “Profil Negara Malaysia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *