ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Periode Sejarah Islam

5 min read

Periodisasi Sejarah Islam

Assalmualaikum, wr wb. Teman-teman pembaca yang saya hormati, kali ini saya mau berbagi wawasan tentang bagaimana periodisasi sejarah islam berkembang sampai sekarang.

Menurut catatan Munawir Sazali dalam jurnal Periodisasi Sejarah Pemikiran Dalam Dunia Islam, aktivitas berfikir umat islam yang mengacu pada sumber utama ajaran islam, dan akan menghasilkan ilmu tafsir, tasawuf, falsafah dan lain-lain itu merupakan pemikiran islam.

Periodisasi Sejarah Islam

Periodisasi Sejarah Islam
romadecade.org

Periodisasi adalah pembabakan waktu yang digunakan untuk berbagai peristiwa dan kejadian yang terjadi pada saat itu juga.

Atau lebih lengkapnya lagi yaitu peristiwa yang terjadi dalam kehidupan manusia yang pada setiap masa memerlukan suatu klasifikasian pada suatu peristiwa berdasarkan jenis, waktu dan tempat terjadi peristiwa tersebut.

Kemudian peristiwa itu disusun secara bertahap atau kronologi nya berdasarkan waktu dan kejadian peristiwa, baik berdasarkan bentuk maupun jenis peristiwa.

Pemikiran islam memiliki karakter masing-masing pada setiap zaman.

Periodisasi sejarah islam cukup penting untuk dilakukan dan dikaji, agar dapat membedakan dengan mudah, karakter-karakter pemikiran yang dimaksud di setiap zaman, serta lebih sistematis.

Adapun periode sejarah islam ini menurut beberapa ahli dibagi menjadi tiga bagian yaitu yang pertama periode klasik yakni pada awal masa masa penyebaran islam. periode ini pun dibagi menjadi dua yaitu masa kemajuan dan masa Disintegritas.

Periode kedua atau pertengahan yakni pada sekitar tahun 1250-1800 M dan periode ketiga yakni dari tahun 1800 M hingga sekarang.

Akan tetapi perlu diketahui, para sejarah memiliki perbedaan pendapat tentang dimulainya sejarah peradaban islam ini.

Masyarakat Arab pra Islam

Masyarakat Arab pra Islam
leviyamani.files.wordpress.com

Sebelum kita membahas satu persatu periode-periode sejarah islam ini, mari kita bahas dulu secara singkat tentang masyarakat arab pra islam.

Masyarakat pra islam merupakan masyarakat yang memiliki bermacam-macam agama, adat istiadat, akhlak dan peraturan hidup.

Perbedaan hukum dan peraturan antara islam yang diturunkan untuk mengatur segala aspek kehidupan manusia dengan agama lain yang telah dianut masyarakat Arab pra islam menimbulkan banyak perlawanan.

Ada dua kekaisaran adidaya sebelum diturunkannya pertama kali kesempurnaan islam di Gua Hira kepada Rasulullah SAW,

Yaitu Kaisar Romawi dan Persia sejak abad ke 6 laut Mediterania telah menjadi tempat persilangan perebutan pengaruh dan budaya etnis dan agama.

Pembagian Periodisasi Sejarah Islam

Sejak zaman Kisah Nabi Adam periode sejarah islam ini menurut beberapa ahli dibagi menjadi tiga bagian yaitu:

1. Islam Periode Klasik

Periodisasi islam klasik
static.republika.co.id

Dimulainya periode ini yaitu sejak zaman Rasulullah SAW. Hingga Dinasti Abbasiyah. Rasulullah SAW dikenal sebagai orang yang berbudi pekerti luhur sejak beliau usia dini.

Rasulullah tidak pernah ikut-ikutan kebiasaan buruk masyarakat waktu itu, seperti minum khamr dan berjudi. Rasulullah sendiri mendapat julukan Al-Amin yang artinya orang terpercaya karena sikapnya yang jujur dan tidak terpengaruh kebiasaan buruk masyarakat saat itu.

Ketika Rasulullah SAW di kota Mekkah, dakwah beliau fokus ke pengajaran tauhid, baru setelah hijrah ke Madinah. Rasulullah SAW membina masyarakat dengan membangun tauhid.

Masyarakat Madinah lebih demokratis dibanding dengan masyarakat mekah, hal ini dibuktikan dari diadakan nya Piagam Madinah. berikut ini merupakan Ringkasan isi piagam madinah oleh Syalabi yaitu:

  1. Pemimpin tertinggi Madinah adalah Nabi Muhammad SAW.
  2. Terjaminnya kehidupan kebebasan beragama.
  3. Pengakuan terhadap hak pribadi, keagamaan, dan politik.
  4. Membantu secara moral dan materi adalah kewajiban penduduk Madinah, baik itu Muslim, Yahudi, dan Nasrani.

Setelah wafatnya Rasulullah SAW. Tonggak kepemimpinan dilanjutkan oleh al-Khulafa al-Rasyidin. Mereka juga membuat dasar-dasar pemerintah yang demokratis, membentuk departemen-departemen dan jabatan lain untuk mengurus urusan masyarakat.

  • Dinasti Umayyah

Dinasti Umayyah periode klasik islam
adamtraveljordan-hk.com

Setelah peninggalan masa Khalifah yang 4 berdirilah Dinasti Umayyah pada tahun 661 Masehi di Damaskus, oleh Muawiyah bin Abu Sufyan. pada masa ini perluasan wilayah islam semakin diperbesar.

Pada masa Dinasti Umayyah kekuasaan islam sangat luas sampai ke daratan Spanyol, Afrika Utara, Syria, Palestina, Persia, Irak, Jazirah Arab sebagian Asia kecil seperti Afganistan, Pakistan, Purkmenia, Kirgiztan, dan Uzbekistan.

Dinasti Umayyah juga melakukan perkembangan di bidang pembangunan dan pengetahuan selain dari mempeluas willayah kekuasaan. Tokok-tokoh yang berperan penting pada masa ini diantaranya Al-Khalil bin Ahmad, Sibawaih, Hasan al-Basri, dan Ibnu Syihab Az-Zuhri.

  • Dinasti Abbasiyah

Dinasti Abbasiyah periode klasik islam
ganaislamika.com

Dinasti Abbasiyah ini didirikan oleh Abdullah al-Saffah ibn Muhammad ibn Ali ibn Abdullah ibn al-Abbas. dan dimulai pada tahun 750-1258 Masehi. Dinasti ini berdiri setelah setelah memenangkan pertarungan dengan Dinasti Umayyah.

Banyak yang menyebutkan pada masa ini umat islam berada pada puncak daya cipta penalaran, dan perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi yang akan menjadi referensi peradaban barat.

Banyak rumah sakit-rumah sakit yang didirikan menggunakan kekayaan negara, begitu juga pendidikan kedokteran, farmasi, perpustakaan, dan pusat penerjemah.

Tokoh-tokoh yang berperan pama masa Dinasti Abbasiyah ini di antaranya adalah al-Kindi, ar-Razi, al-Farabi, Ibnu Sina, Ibnu Maskawih dan Al-Ghazali.

Seiring berkembangnya zaman kemudian terjadi masa Disintegrasi, dimana negara yang letaknya jauh dari pusat pemerintahan, perlahan-lahan melepaskan diri dan mulai muncul dinasti-dinasti kecil.

2. Islam Periode Pertengahan

Periodisasi Islam Pertengahan
diahprihastuti.blogspot.com

Periodisasi Sejarah Islam pertengahan ini dimulai pada abad ke 13 hingga pada abad ke 18 atau sekitar tahun 1250 sampai 1800 Masehi.

Pada akhir abad ke-18 menjadi masa kegelapan kaum muslimin, disebabkan karena jatuh nya imperium-imperium kesultanan dan terjadinya perebutan kekuasaan, selain itu juga disebabkan perkembangan ilmu pengetahuan sains dan teknologi yang terhenti.

Penyebab perkembangan sains dan teknologi yang terhenti menurut beberapa pengamat disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:

  • Sektor swasta tidak berdaya menanggung beban pendidikan.
  • Dukungan finansial dari negara yang mulai menurun.
  • Para rasionalis yang memaksa masyarakat untuk memasukan pandangan mereka yang pada dasarnya bertentangan.

Terdapat buku yang di tulis al-Ghazali dan Ibnu Rusyd yang menjadi bukti perdebatan mengenai akal dan wahyu.

3. Islam Periode Modern

Periodisasi islam modern
bacaanmadani.com

Dalam periode ini merupakan periode bangkitnya kembali umat islam dan mulai muncul para pembaharu-pembaharu islam.

Periode Modern ini dimulai sejak abad ke 18 hingga abad ke 20. pada periode ini banyak tokoh-tokoh muslim yang mulai tersadar atas sifat jumud pada umat islam.

Para tokoh itu berupaya untuk membawa islam bangkit kembali, tokoh-tokoh itu di antaranya Jamaluddin a-Afghani dan Muhammad Abduh.

Menurut sejarah, kebangkitan islam berawal dari ketika Napoleon Bonaparte bersama pasukannya mendarat di Sungai Nil pada abad ke 18 atau sekitar tahun 1798 Masehi. peristiwa itu menjadi permulaan dunia islam mengenal modernitas.

Karakter Periodisasi Sejarah Islam

Karakter Periodisasi Sejarah Islam
lampionilmu.blogspot.com

Dari ketiga periode di atas, setiap periode memiliki ciri-ciri atau karakteristik tersendiri yaitu:

  • Periode Klasik

  1. Periode ini berlangsung sejak tahun 600 sampai 1258 Masehi.
  2. Mempunyai 3 fase yaitu penciptaan komunitas islam di Arabia, penaklukan Timur Tengah oleh para kaum Muslimin, Nilai islam merubah mayoritas timur tengah.
  3. Perpaduan peradaban islam dengan Timur Tengah, pola ekonomi dengan monoteistik.
  • Periode Pertengahan

  1. Berlangsung pada abad ke 13 sampai 19 Masehi.
  2. Interaksi nilai-nilai agama islam dengan nilai-nilai masyarakat sekitar ataupun masyarakat setempat.
  3. Era penyebaran global masyarakat islam. Islam menjadi agama masyarakat Asia Tengah dan Balkan.
  • Periode Modern

  1. Dimulai pada abad ke 18 Masehi dan berlangsung sampai sekarang.
  2. Modernisasi dan transformasi masyarakat.
  3. Kehancuran imperium muslim.
  4. Kemunduran ekonomi.
  5. Konflik Internal keagamaan.
  6. Kebangkitan peradaban dan ekonomi eropa serta dominasi culturnya.
Sejarah periodisisasi islam
islampos.com

Rangkuman: Secara umum, sejarah islam dapat dibagi menjadi tiga periode, yaitu periode besar: Periode klasik, periode pertengahan dan periode modern. Periode klasik dibagi menjadi 2 fase yaitu fase ekspansi, dan fase disintegritasi,

Periode pertengahan ini dikenal dibagi menjadi 2 bagian fase kemunduran, dan 3 fase Kerajaan Islam di antaranya yaitu Kerajaan Usmani di Turki, Kerajaan Safawi di Persia, dan Kerajaan Mughal di India.

Periode modern memiliki 2 fase kebangkitan awal dan kebangkitan kedua yang berlangsung sejak abad ke 18 masehi sampai dengan sekarang.

(Sumber: H. Muhammad In’am Esha, M.Ag. 2011, Percikan Filsafat Sejrah dan Peradaban Islam. Malang:  UIN MALIKI PRESS)

Masa Kejayaan Islam Bagian dari Periodisasi Sejarah Islam

Masa kejayaan Islam
islami.co

Masa kejayaan Islam ini terjadi sekitar tahun 650-1250 Masehi, ini termasuk kedalam periode klasik, pada kurun waktu itu, terdapat dua kerajaan besar, yaitu Dinasti Umayyah dan Dinasti Abbasiyah.

Pada masa Dinasti Umayyah perkembangan ini ditandai dengan meluasnya wilayah kekuasaan Islam dan berdirinya bangunan-bangunan sebagai pusat dakwah, kemajuan islam pada masa ini meliputi bidang politik, keagamaan, ekonomi, ilmu bangunan, sosial dan militer.

Pada masa Dinasti Abbasiyah masa kejayaan ini ditandai dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan, kemajuan pada masa ini meliputi bidang sains dan teknologi.

Ada beberapa faktor kemajuan dan kemunduran islam di dunia yang saya bahas dalam artikel yang lain, silakan baca untuk menambah wawasan kalian.

Periodisasi Sejarah Pendidikan Islam

Periodisasi sejarah pendidikan islam
4.bp.blogspot.com

Periodisasi sejarah pendidikan Islam memiliki hubungan dengan periodisasi sejarah peradaban Islam. beberapa sejarawan membagi periode tersebut ke dalam lima periode, yaitu:

1. Zaman Nabi Muhammad Saw

Merupakan periode di mana Rasulullah Saw langsung yang melakukan pembinaan pendidikan Islam.

2. Pertumbuhan pendidikan Islam.

Periode ini berlangsung dari zaman Rasulullah Saw. Sampai Dinasti Umayyah, periode ini ilmu – ilmu naqliyah atau akal logika berkembang.

3. Kejayaan pendidikan Islam.

Periode ini berlangsung sejak berdirinya Dinasti Abbasiyah hingga runtuhnya Baghdad. Periode ini  ditandai dengan meluasnya ilmu aqliyah berupa ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang serta banyak madrasah yang didirikan.

4. Kemunduran pendidikan Islam.

Periode ini berlangsung sejak runtuhnya Baghdad hingga keruntuhan Mesir oleh Napoleon Bonaparte. Akhirnya banyak warisan budaya dan ilmu pengetahuan berpindah ke dunia Barat.

5. Pembaharuan pendidikan Islam.

Periode ini ditandai dengan didudukinya Mesir oleh Napoleon Bonaparte. Inilah awal Islam bangkit dari masa kelam.

Penutup

Demikian informasi tentang Periodisasi Sejarah Islam yang terjadi selama proses penyebaran Islam di dunia yang bisa saya sampaikan. Silakan bagikan artikel ini agar bermanfaat.

Terimakasih, Wasslamualaikum, wr, wb

islam adalah agama yang termasuk cepat dan luas penyebarannya ke seluruh pelosok dunia. “

ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *