ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Perbedaan Budaya dan Kebudayaan

4 min read

perbedaan

Teman-teman kita sudah membahas Kebudayaan Jawa tengah dan Manusia dan Kebudayaan. Namun tahukah kalian perbedaan antara budaya dan kebudayaan? Nah, pada artikel kali ini mari kita pelajari apa perbedaan dari kedua hal yang saling berkaitan tersebut. Simak sampai habis artikel ini ya.

Perbedaan Budaya dan Kebudayaan

Perbedaan Budaya dan Kebudayaan
informazone.com

Hal yang pertama yang harus kita bahas adalah pengertian dari masing-masing budaya dan kebudayaan tersebut berikut ini akan saya jelaskan satu persatu

Pengertian Budaya

Budaya merupakan suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi secara turun-temurun. Budaya terbentuk dari banyak bagian yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, pakaian, bangunan, dan karya seni.

Berikut ini merupakan beberapa pengertian budaya menurut para ahli:

  1. Menurut E.B. Taylor: Budaya yaitu seni dan pengetahuan untuk bermasyarakat. Pengetahuan yang menghasilkan seni yang kemudian dipakai untuk melancarkan interaksi dengan masyarakat.
  2. Linton: Budaya yaitu pengetahuan warisan dari leluhur. Tidak boleh ada yang tertinggal dan harus dilaksanakan sebaik-baiknya oleh generasi berikut Jika tidak tersalurkan atau terwariskan, maka akan terputus di tengah jalan.
  3. Koentjaraningrat: Budaya yaitu gabungan antara ide, tindakan, karya dan rasa. Di mana kesemuanya berbaur menjadi satu dalam kehidupan kita dalam masyarakat. Pengertian ini disampaikan oleh.

Menurut KBBI, budaya yaitu hasil pola pikir manusia yang didalamnya terdapat adat istiadat.

Nah, kesimpulan dari pengertian-pengertian tersebut bahwa budaya berkaitan dengan rasa, pengetahuan dan warisan. Untuk Itu, bisa dikatakan bahwa budaya yaitu bentuk atau wujud dari perpaduan pengetahuan, rasa, dan warisan dalam bentuk tindakan atau adat istiadat.

Budaya juga merupakan bagian yang tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetic.

Pengertian Kebudayaan

budaya
static.republika.co.id

Kebudayaan adalah suatu keseluruhan dari sistem gagasan, tindakan, dan juga hasil karya dari manusia untuk memenuhi kehidupan bermasyarakat, hal tersebut akan dijadikan manusia sebagai milik mereka sendiri dengan mempelajarinya.

Kata Kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta, Budhayah, yaitu bentuk jamak dari budhi yang berarti budi atau akal. Kebudayaan merupakan hasil kelakuan atau sikap manusia yang diperoleh dari proses belajar

Berikut pengertian kebudayaan menurut para ahli:

  1. Prof. Dr. Koentjoroningrat: Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan bermasyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.
  2. K.H. Dewantara: kebudayaan berarti hasil yang diperoleh manusia dalam mengkaji antara esensi alam dan jaman.
  3. Malinowski: Kebudayaan pada prinsipnya berdasarkan atas berbagai sistem kebutuhan manusia. Setiap tingkat kebutuhan itu menghasilkan corak budaya yang khas. Seperti, untuk memenuhi kebutuhan manusia akan keselamatannya maka timbul kebudayaan yang berupa perlindungan.
  4. Moh. Hatta: Kebudayaan adalah sebuah kehidupan yang tercipta dari kelompok bangsa.
  5. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi: Kebudayaan sebagai bentuk, karya, cipta, dan rasa.
  6. Parsudi Suparlan: Kebudayaan yaitu pengetahuan untuk memahami lingkungan sekitar.
  7. E.B Taylor: Kebudayaan adalah suatu satu kesatuan atau jalinan kompleks, yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, kesenian, susila, hukum, adat-istiadat dan kesanggupan-kesanggupan lain yang diperoleh seseorang sebagai anggota masyarakat.

Kebudayaan merupakan sebuah hasil. Kebudayaan berarti hasil olah pikir manusia yang didalamnya ada rasa dan pengetahuan yang dikaitkan dengan interaksi bermasyarakat sosial.

Dapat kita simpulkan bahwa kebudayaan berarti hampir seluruh tindakan manusia merupakan kebudayaan sebab hanya sedikit tindakan manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang tak perlu dibiasakan dengan belajar, misalnya tindakan naluri, refleks, beberapa tindakan akibat proses fisiologi, atau kelakuan apabila ia sedang membabi buta.

Perbedaan Antara Kebudayaan dan Budaya

perbedaan
hipwee.com

Pengertian Budaya dan Kebudayaan. Kata Kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta, Budhayah, merupakan bentuk jamak dari budhi artinya budi atau akal. Sedangkan Budaya yaitu suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh masyarakat dan diwariskan dari generasi ke generasi secara turun temurun.

Setelah kita mengetahui pengertian budaya dan kebudayaan, maka kita dapat mengetahui perbedaan antara keduanya yaitu:

  1. Dilihat dari struktur kata, budaya yaitu kata dasar, dan kebudayaan yaitu kata yang sudah mengalami imbuhan. Kebudayaan berasal dari kata ‘budaya’ yang mendapat imbuhan berupa awalan (ke-) dan akhiran (an).
  2. Dilihat dari kelas kata, antara kebudayaan dan budaya sama, yaitu kata benda, namun dari segi istilah, sebenarnya keduanya berbeda. Di mana budaya merupakan sebuah bentuk tindakan atau adat yang berlaku akibat adanya olah rasa dan pengetahuan. dan kebudayaan yaitu hasil dari melakukan budaya.

Antara budaya dan kebudayaan tujuannya dan lingkupnya sama, tetapi yang membedakan yaitu artinya atau praktisnya. Jika berbicara tentang adat, maka kalian cenderung ke budaya, dan jika berbicara tentang hasil maka kalian berbicara tentang kebudayaan.

Lalu, apa sih perbedaan Budaya dan Kebudayaan?

Dari pengertian di atas bisa kita simpulkan bahwa perbedaan antara budaya dan kebudayaan adalah: bahwa budaya itu merupakan cipta, rasa dan karsa suatu masyarakat, sedangkan kebudayaan merupakan hasil dari cipta, rasa dan karsa masyarakat tersebut.

Jadi jangan langsung menilai akan baiknya budaya sebelum mengetahui Pengertian Budaya Dan Pengertian Kebudayaan yang sebenarnya. Kalian bisa lebih bijak dalam menyikapi budaya sekitar.

Manfaat Budaya dan Kebudayaan

Manfaat budaya dan kebudayaan
pixabay

Ada beberapa manfaat budaya dan kebudayaan bagi suatu bangsa, diantaranya sebagai berikut:

  • Sebagai Identitas Bangsa

Manfaat budaya dan kebudayaan yang pertama yaitu sebagai identitas bangsa sehingga memiliki nilai lebih di mata dunia. Bangsa yang mempunyai kebudayaan kuat dipandang lebih menarik sehingga mengundang orang lain atau bangsa lain untuk mempelajari budaya itu sendiri bahkan melakukan pertukaran budaya.

Karena sifatnya yang unik dan berbeda antar negara, membuat budaya mampu menjadi profil bangsa yang tampak jelas. Jika kebudayaan yang bernilai positif dilestarikan, maka akan memberikan dampak yang baik pula bagi bangsa tersebut kelak di generasi berikutnya di masa depan.

  • Sebagai Alat Pemersatu Bangsa

Budaya di Indonesia yang beragam justru menjadi pemersatu bangsa Indonesia sendiri. Budaya lokal di Indonesia mengakar di daerah asalnya mulai dari baju adat, masakan, bahasa sampai adat istiadat. Tetapi beragam kebudayaan tersebut menjadi pemersatu Indonesia.

Beragam budaya yang ada di Indonesia ini tidak menjadi jurang pemisah melainkan menjadi alat bagi masyarakat Indonesia untuk bersatu dan lebih menghargai perbedaan. Budaya tersebut saling berkaitan satu sama lain dan menjadi sesuatu yang mendekatkan antara suku yang satu dengan lainnya.

  • Memperkuat Nasionalisme

Kebudayaan yang berbeda justru dapat memperkuat rasa nasionalisme masyarakat terhadap bangsanya. Berbagai kebudayaan yang berbeda membuat identitas bangsa jadi lebih menarik dan harus dilestarikan.

Masyarakat melihat bangsanya sebagai bangsa yang menarik, unik dan berbeda dari bangsa lain dan semakin menghargai citra bangsanya sendiri.

  • Sebagai Daya Tarik Wisata

Kekayaan budaya bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan. Bila kalian perhatikan, mayoritas negara yang sangat maju dunia pariwisatanya pasti sangat menjunjung tinggi budaya bangsanya. Demikian pula pariwisata Indonesia yang sangat bergantung pada budaya masyarakat dan kekayaan alamnya.

Hubungan Budaya, Kebudayaan dan Sejarah

Hubungan Budaya, Kebudayaan dan Sejarah
tiket.com

Sudah jelas dan pasti bahwa budaya atau kebudayaan itu memiliki sejarah sebagaimana ilmu-ilmu yang lain. Budaya dan kebudayaan merupakan salah satu ruang lingkup sejarah.

Tanpa ada sejarah budaya atau kebudayaan, maka kita tidak akan tahu asal atau awal mula muncul dan perkembangannya. Misalnya saja, sejarah budaya Hindu dan Budha di Indonesia atau sejarah budaya Islam di Indonesia.

Dengan melihat atau membaca sejarah, maka kita jadi tahu bagaimana sebuah kebudayaan Hindhu-Budha, Islam, Kristen dan lain-lain berkembang di Indonesia.

Jadi sejarah dan budaya atau kebudayaan itu sangat berkaitan dan penting untuk dipelajari agar kita tahu mana yang benar-benar budaya asli bangsa Indonesia, dan mana yang campuran atau yang dikenal dengan akulturasi atau asimilasi.

Begitu juga dengan sejarah budaya atau kebudayaan bangsa lain, tak ada salahnya untuk kita baca sejarahnya.

Penutup

Nah teman-teman itulah pembahasan seputar perbedaan budaya dan kebudayaan yang bisa saya tuliskan untuk kalian semua, semoga ada manfaatnya untuk kalian semua, jangan lupa share artikel ini supaya lebih bermanfaat.

ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Kebudayaan Nusa Tenggara Barat

ujio
5 min read

Kebudayaan Jawa Barat

ujio
8 min read

Alat Musik Tradisional Banten

ujio
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *