Pentingnya Pendidikan Moral Bagi Berbagai Kalangan

Semua warga negara memiliki sesuatu sangat penting dalam kehudiupan yaitu mendapatkan pendidikan. Bahkan bukan hanya anak-anak melainkan generasi muda juga penting untuk mendapatkan pendidikan moral. Banyak sekali alasan mengapa pentingnya pendidikan moral harus ada pada generasi muda maupun anak-anak dalam dunia pendidikan.

Pendidikan moral merupakan pendidikan yang bukan mengajarkan tentang akademik. Tetapi pendidika moral adalah pendidikan akademik yang mengajarkan tentang bagaimana sikap dan perilaku sehari-hari. Baik pada lingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah.

Pendidikan moral berguna agar anak mememiliki kepribadian yang sopan dan satun terhadap orang yang lebih tua atau teman sebayanya. Saat ini pada usia sekolah dasar masih terlalu kurang penanaman pendidikan moral. Sehingga tak sedikit banyak anak-anak berperilaku kurang baik pada usianya yang sekarang.

Bahkan saat ini banyak sekali terjumpai anak Sekolah Dasar yang suadh melakukan pacaran dan berperilaku seperti orang dewasa. Bukan hanya itu saja, tetapi juga terdapat kelakukan kurang sopan terhadap guru maupun orang tuanya. Bahkan terdapat beberapa kasus tentang perkelahian siswa sd dengan teman sebayanya.

Tentu saja hal itu bisa terjadi karena kurangnya pendidikan moral yang anak SD peroleh hingga saat ini. Sehingga membuat semua anak melakukan hal yang buruk sesuka hati tanpa mereka tahu hal tersebut baik atau tidak untuk dirinya.

Pada pembelajaran pendidikan moral, seorang guru dapat mencotohkan bagaimana cara berperilaku yang baik. Para murid tersebut juga akan mencotoh semua yang sudah terlihat dalam kegiatan sehari-harinya. Tak lupa juga peran orang tua sangatlah penting untuk bisa membentuk adab dari anak tersebut.

Pendidikan moral merupakan hal sangat penting dan harus tersedia kepada murid. karena dapat menjadi sikap dasar moral yang harus anak-anak Indonesia miliki. Para guru juga harus memberikan sebuah pendampingan kepada anak dalam membentuk pola pikir yang berbasis kasih sayang.

Karena untuk bisa menjadi generasi yang berkualitas dan memiliki perilaku yang baik maka di perlukan pendidikan moral sejak dini.

 

pendidikan moral

 

Baca juga mengenai kebudayaan lampung

Beberapa Alasan Pentingnya Pendidikan Moral Dalam Dunia Pendidikan Untuk Generasi Muda

Banyak sekali alasan mengapa pentingnya pendidikan moral bagi generasi muda dan juga anak-anak. Karena semua kegiatan yang seseorang lakukan merupakan suatu bentuk perilaku yang terjadi secara berulang-ulang dalam jangka waktu sangat lama.

Maka berikut beberapa alasan mengapa pendidikan moral bagi generasi dan anak-anak sangatlah penting

  1. Mencetak para generasi muda yang memiliki sopan dan santun

Alsan pertama mengapa pendidikan moral penting bagi para generasi muda adalah mencetak para generasi muda yang memiliki sopan dan santun. Generasi muda harus memiliki sifat rendah hati. Karena jika terdapat sifat sombong maka hanya akan membuat semua pengetahuan yang sudah ada akan semakin terkikis.

Dengan mengedepankan nilai dari moral yang baik, tentu saja akan membantu dalam mencetak pribadi agar selalu menghormati kepada siapapun.

  1. Menciptakan generasi muda yang berkualitas.

Kualitas dai anak bangsa bukan hanya dilihat dari berapa besar nlai yang berhasil didapatkan dalam suatu mata pelajaran. Tetapi juga dilihat dari seberapa santun anak tersebut bersika sopan dan santun kepada orang lain. Sifat sopan dan santun bisa dilihat dari cara bicara, pemilihan kata, body language, dan tutur kata ketika bertemu dengan orang yang lebih tua. Maka mulai dari sekarang penting untuk orang tua dan guru menyadari pentingnya endidikan moral yang harus didapatkan oleh para generasi muda.

Leave a Reply