ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Pengertian Microsoft Access

6 min read

Pengertian Microsoft Access

Halo teman teman imujio. Setelah kemarin kita belajar Microsoft Word, sekarang kita akan belajar pengertian Microsoft Access khusus untuk kalian kita akan ulas secara lengkap dalam artikel ini. Baca sampai selesai ya.

Pengertian Microsoft Access

Pengertian Microsoft Access
jagooffice.com

Pengertian Microsoft Access – Access merupakan sebuah software database computer relasional yang difungsikan untuk merancang, membuat dan mengolah berbagai jenis data yang kapasitasnya berukuran besar.

Access juga dikenal merupakan sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil sampai menengah untuk mengolah database, database yaitu kumpulan arsip data berbentuk tabel yang saling berkaitan untuk menghasilkan informasi.

Aplikasi ini masuk paket aplikasi Microsoft Office, selain Microsoft WordMicrosoft Excel, dan Microsoft PowerPoint.

Aplikasi ini memakai mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga memakai tampilan grafis yang intuitif membuat pengguna mudah menggunakannya.

Data yang disimpan dalam Format selain Microsoft Access, seperti MS Jet Database Engine, atau Microsoft SQL Server, Oracle Database, dan kontainer database yang mendukung standar ODBC juga bisa dibuka menggunakan Microsoft Access.

Para pengguna atau programmer yang mahir bisa memakainya untuk mengembangkan software aplikasi yang kompleks, sementara para programmer yang kurang mahir bisa memakainya untuk mengembangkan software aplikasi yang sederhana.

Software ini juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasi objek, namun tidak termasuk ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek.

Microsoft Acces mempunyai kelebihan dan keunggulan dalam hubungan pekerjaan yaitu menguntungkan dalam proses sortir pengaturan data dan pembuatan tabel data.

Selain itu juga menguntungkan dalam segi pembuatan laporan data kegiatan sehari hari seperti untuk menampung daftar pelanggan, data karyawan, dan lain sebagainya.

Pengertian Sejarah Microsoft Acces

Pengertian Microsoft Access sejarah
blog.dimensidata.com

Belajar pengertian Microsoft Access berarti kita belajar sejarahnya juga. Sejarah mencatat pada bulan November tahun 1992 perusahaan Microsoft merilis Microsoft Access pertama dan diberi nama Microsoft Access 1.0 dan pada tahun 1993 Micorosft melanjutkan merilis versi 2.0.

Spesipikasi minimum untuk bisa menjalankan Microsoft Access versi 2.0 ini ialah:

  • Komputer dengan operating system minimal Microsoft Windows 3.0,
  • RAM berkapasitas 4 megabyte [6 megabyte lebih disarankan]
  • Ruangan kosong hard disk yang diperlukan 8 megabyte [14 megabyte lebih disarankan].

Microsoft merilis Versi 2.0 dari Microsoft Access ini datang dengan 7 buah disket floppy 3½ inci berukuran 1.44 megabyte.

Software ini bekerja dengan sangat baik pada sebuah basis data atau database dengan banyak record tetapi ada beberapa kasus di mana data mengalami kerusakan. Misalnya pada ukuran basis data melebihi 700 megabyte.

Pada waktu itu, memang hard disk yang beredar masih berada di bawah 700 megabyte.

Cirrus merupakan sebuah nama kode (codename) yang dipakai Access untuk pertama kali lalu dikembangkan seiring Microsoft mengembangkan Microsoft Visual Basic, dan mesin yang dijadikan pembuat form antarmuka yang digunakannya dinamakan dengan “Ruby”.

Melihat prototype (purwarupa) tersebut Bill Gates mengembangkan komponen bahasa pemrograman BASIC secara bersama-sama sebagai suatu program terpisah tapi bisa diperluas. Proyek ini dinamakan dengan Thunder.

Kemudian kedua proyek tersebut dikembangkan secara terpisah, dan mesin pembuat form yang digunakan oleh keduanya tidak saling cocok satu sama lainnya. Akhirnya Microsoft merilis Visual Basic for Applications (VBA).

Pengertian Versi Microsoft Access

Versi versi access
rocketmanajemen.com

Berikut ini pengertian versi versi yang telah dirilis Microsoft Access saya kemas dalam bentuk tabel, diantaranya:

NONAMA VERSISISTEM OPERASI YANG DIDUKUNGVERSI MICROSOFT OFFICE
1Microsoft Access 1.1Microsoft WindowsT/A
2Microsoft Access 2.0Microsoft WindowsMicrosoft Office 4.3 Professional
3Microsoft Access for Windows 95Microsoft Windows 95 dan Windows NT3.51Microsoft Office 95 Professional
4Microsoft Access 97Microsoft Windows 95/98 dan Windows NT 3.51/NT 4.0Microsoft Office 97 Professional
5Microsoft Access 2000Microsoft Windows 98/Me, Windows NT 4.0/2000Microsoft Office 2000 Premium dan Office 2000 Professional
6Microsoft Access 2002Microsoft Windows 98/Me, Windows NT/2000/XPMicrosoft Office XP Professional
7Microsoft Access 2003Microsoft Windows 2000 (Service Pack 3 ke atas)/XP (Service Pack 1 ke atas)/Server 2003Microsoft Office System 2003
8Microsoft Access 2007Microsoft Windows XP (Service Pack 2)/Server 2003/Vista/Server 2008 (Beta 2 ke atas)Microsoft Office System 2007
9Microsoft Access 2010Microsoft Windows XP (Service Pack 3)/Windows Server 2003 R2(32-bit)/Windows Server 2008(32-bit atau 64-bit)/Windows Vista (Service Pack 1)/Windows 7Microsoft Office Professional 2010
10Microsoft Access 2013Microsoft Windows Vista/Windows 7/Windows 8/Windows 8.1/Windows 10Microsoft Office Professional 2013
11Microsoft Access 2016Microsoft Windows Vista/Windows 7/Windows 8/Windows 8.1/Windows 10Microsoft Office Professional 2013

Pengertian Penggunaan Microsoft Acces

Microsoft Access
malavida.com

Yang menggunakan Ms Access diantaranya:

  • Pebisnis kecil.
  • Pebisnis menengah.
  • Organisasi kecil
  • Perusahaan yang cukup besar
  • Para programmer untuk membuat suatu sistem buatan sendiri untuk menangani pembuatan dan manipulasi data.

Access juga digunakan sebagai suatu database untuk aplikasi Web dasar yang disave pada server yang mengoprasikan Microsoft IIS Internet Information Services dan memakai Microsoft ASP Active Server Pages. Namun pemakaian Access tidak disarankan, mengingat telah ada Microsoft SQL Server yang mempunyai kemampuan yang lebih tinggi.

Berbagai pengembang aplikasi profesional memakai Microsoft Access sebagai pengembang aplikasi secara cepat (digunakan sebagai Rapid Application Development atau RAD tool), khususnya untuk para salesman, pembuatan purwarupa untuk sebuah program yang lebih besar dan aplikasi yang bisa berdiri sendiri.

Jika Microsoft Access diakses menggunakan jaringan, itu tidak efektif sehingga solusi oleh yang banyak digunakan pengguna cenderung menggunakan aplikasi-aplikasi sistem manajemen basis data yang bersifat klien atau server.

Tetapi tampilan muka Access (report, form,query, dan kode Visual Basic) yang dimilikinya dapat dipakai untuk menangani basis data yang sebenarnya diproses oleh sistem manajemen basis data lainnya, seperti halnya Microsoft Jet Database Engine (yang secara default dipakai oleh MS Access), MS SQL Server, Oracle Database, dan berbagai produk lain yang mendukung ODBC.

Keunggulan Fitur Microsoft Access

keunggulan access
wincamp.org

MS Access unggul dari perspektif programmer yaitu

  1. Kompatibilitasnya dengan bahasa pemrograman Structured Query Language (SQL);
  2. Query bisa dilihat dan diatur sebagai statemen-statemen SQL, dan bisa dipakai secara langsung di dalam Macro dan VBA Module untuk secara langsung memanipulasi tabel data pada MS Access.

Pengguna bisa mencampurkan dan memakai kedua jenis bahasa tersebut (VBA dan Macro) untuk memprogram form dengan logika dan juga untuk mengaplikasikan konsep berorientasi objek.

Microsoft SQL Server Desktop Engine (MSDE) 2000, yang merupakan sebuah versi minimal dari Microsoft SQL Server 2000, dimasukkan ke dalam Office XP Developer Edition dan bisa dipakai oleh Access sebagai alternatif dari Microsoft Jet Database Engine.

Microsoft JET Database Engine tidak seperti sistem manajemen basis data relasional yang komplit, yaitu tidak memiliki fitur trigger dan stored procedure.

Dimulai dari Microsoft Access 2000 yang memakai Microsoft Jet Database Engine versi 4.0, ada sebuah sintaksis yang mengizinkan pembuatan queri dengan berbagai parameter, dengan sebuah cara misalnya sebuah stored procedure, meskipun prosesur tersebut dibatasi dengan hanya untuk sebuah pernyataan tiap prosedurnya.

Access juga mengizinkan form untuk mengandung kode yang bisa dieksekusi ketika terjadi sebuah perubahan terhadap tabel database, misalnya trigger, selama modifikasi dilakukan hanya dengan menggunakan form tersebut.

Pengertian Komponen Utama Microsoft Access

komponen utama
wifinowevents.s3.amazonaws.com

Berikut ini akan kita bahas apa saja komponen utama yang ada di Microsoft Access dan fungsinya, apa saja? Berikut penjelasannya:

1. Table atau Tabel 

Tabel merupakan komponen utama dalam MS Access yaitu objek utama dalam database yang berfungsi untuk menyimpan kumpulan data serupa dalam suatu objek. Tabel sendiri mempunyai dua bagian yaitu: Field Name dan Record

Field Name merupakan atribut dalam suatu tabel yang menempati bagian kolom. dan Record yaitu merupakan isi dari field atau atribut yang saling berhubungan di bagian baris.

2. Query [SQL atau Structured Query Language]

Yaitu bahasa untuk melakukan manipulasi database yang berfungsi untuk merubah, menampilkan, dan menganalisa sekumpulan data.

Query dibagi menjadi 2 bagian yaitu DDL dan DML:

  • DDL: Data Definition Language yaitu untuk membuat atau mendefinisikan objek database seperti membuat tabel, relasi antar tabel dan sebagainya
  • DML: Data Manipulation Laguage yaitu untuk memanipulasi database seperti merubah, menghapus dan menambah data dan mengambil informasi yang dibutuhkan database.

3. Form

Merupakan komponen utama dari MS Access yang berfungsi untuk mengontrol proses masukan data atau input serta menampilkan data atau output dan memeriksa hingga memperbarui data.

4. Report

Report ini memiliki kelebihan untuk menampilkan data yang telah dikumpulkan dan mencetak data dengan efektif

Tipe-Tipe Data Microsoft Access

tipe data
www.parman-acc.com

Langkah pertama untuk membuat database di Access adalah membuat tabel dan pada saat membuat tabel, memilih tipe data untuk setiap field atau kolom data merupakan keharusan, kita harus memilih type data yang sesuai agar mempermudah dalam pengolahan data nantinya. Ada beberapa tipe data dalam Microsoft Access yang perlu kalian ketahui diantaranya:

  1. Memo atau Long Text: Untuk data alfanumerik (huruf, angka, simbol) panjang karakter maksimal 64.000 atau kita bisa membatasi banyaknya karakter yang ingin ditampilkan dengan cara mengatur file size dibagian bawah.
  2. Text atau Short Text: Sama seperti long test hanya saja karakter maksimalnya 255.
  3. Date atau Time Untuk menyimpan data berupa tanggal, bulan, tahun. kita bisa memilih format waktu dibagian bawahnya
  4. Number: yaitu untuk menyimpan data numeric yang akan berfungsi untuk proses perhitungan matematik
  5. Currency: Digunakan untuk menyimpan nilai nominal dan data keuangan.
  6. Auto Number Nilai atau angka yang terisi secara automatic. Jika memilih long integer pada file size maka microsoft access akan membuat nomor secara berurut dalam setiap record, namun jika memilih Replication ID maka Access akan membuat sebuah nomor unik secara otomatis dalam setiap record
  7. Attachment: Untuk melampirkan suatu file berupa gambar, dokumen, musik mp3, atau video
  8. HyperlinkUntuk membuat sebuah link yang bisa memanggil suatu situs atau file atau dokumen.
  9. Lookup Wizard: Untuk membuat sebuah drop box yang menampilkan data disebuah field dan tabel yang berbeda dan bisa juga membuat data pilihan sendiri.
  10. OLE Objek: Untuk objek eksternal seperti gambar dan foto.
  11. CalculatedUntuk menunjukan data hasil perhitungan antara beberapa field, ketika memilih data type calculated maka akan otomatis terbuka expression builder disitu kita dapat menuliskan sebuah rumus penjumlahan.

Fungsi Microsoft Access

Fungsi Access
wesgay.com

Berdasarkan penjelasan di atas tentang pengertian Microsoft Access maka bisa kita tarik kesimpulan fungsi-fungsi dari Microsoft Access ini sendiri, berikut ini diantaranya:

  1. Untuk membuat program aplikasi penyimpanan buku perpustakaan.
  2. Membuat form dan sub form
  3. Untuk membuat database (basis data)
  4. Membuat program aplikasi gaji pegawai
  5. Untuk membuat program aplikasi kehadiran
  6. Membuat aplikasi jumlah peserta didik.
  7. Untuk membuat program aplikasi persediaan barang
  8. Dan membuat laporan keuangan.

Kelebihan dan kekurangan Microsoft Access

Kelebihan:

  1. Tampilannya mudah digunakan dari pada aplikasi database lainnya.
  2. Mempermudah pelaksanaan sebuah pekerjaan yang berat dan melelahkan
  3. Menghemat waktu dan tenaga

Kekurangan:

Dalam sebuah aplikasi pengolah data nyaris tidak ada kekurangan akan tetapi aplikasi ini merupakan software yang berbayar. Kecuali jika kalian mau memakai Microsoft Office yang ilegal atau bajakan maka tidak akan dipungut biaya apapun, namun itu tidak akan berkah. Hehehe

Penutup

Nah demikian lah teman-teman yang bisa saya tuliskan tentang pengertian microsoft Access ini semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semuanya. Terimakasih

 

ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Pengertian Pengolahan Data

ujio
8 min read

Sejarah Power Point

ujio
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *