PENGARUH IOT TERHADAP MANUSIA

Istilah dari internet of things (IoT) banyak terdengar akhir-akhir ini. iot memmiliki pengaruh atau manfaat pada kehidupan manusia. Pengaruh iot terhadap kehidupan manusia banyak sekali mulai dari bidang penelitian ataupun di e-commerce dan lain-lainnya.

Tapi sayangnya saat ini masih banyak yang belum mengenal apa itu iot dan bagaimana cara iot bekerja. Berdasarkan dari Schwab penulis buku “The Fourth Industrial Revolution. Iot merupakan hubungan antara banya hal produk, tempat, alat, layanan, danjga yang lainnya.

Berkat teknologi interset yang sudah ada ini mampu menciptakan berbagai sarana teknologi. Maka kesimpulannya adalah iot bisa menghubungkan berbagai macam alat dengan menggunakan koneksi internet. Seperti contohnya adalah TV, Kulkas, Kompor, Lampu, Ac, dan juga Entertainment.

Bahkan sampai mesin industri pabrik dan kendaraan bermotor yang juga menggunakan teknologi iot tersebut. Iot memungkinkan manusia untuk memantau banyak hal dengan cara yang belum ada sebelumnya.

Contohnya jika pada jaman dulu semua manusia tidak akan pernah membayangkan bahwa alat-alat semua bisa terhubung hanya dengan menggunakan internet dan memonitornya. Salah satu contoh tersebut adalah pada bidang pertanian.

Dengan berbagai aneka sensor dan kamera yang terhubung ke internet. Para petani bisa memantau semua area bahkan hanya melakukan sedikit kerja atau tidak melakukan sama sekali. Dan juga iot bisa membantu untuk memonitor cahaya, tingka kelembaban dan suhu bahkan keasaman tanah pada setiap petak sawah atau kebun dari waktu ke waktu.

Petani juga dapat mengetahui jenis tanaman apa yang cocok pada arena tertentu, jenis hama, dan kapan waktu pas ketika ingin melkaukan penyiraman saat tanah sudah kering. Selain itu juga dapat mengetahui tumbuhan liar apa saja yang berbahaya.

Ini memudahkan petani tanpa harus memakai banyak tenaga kerja dan hanya mengawasi darijauh saja dengan berbagai sensor dan kamera. Cara kerja dari iot adalah semua data yang sudah terkumpul dari sensor dan kamera bisa dikirim lewat internet ke software pengolahan data.

BANYAK PENGARUH IOT TERHADAP KEHIDUPAN MANUSIA DI BERBAGAI BIDANG

pengaruh iot

 

Banyak sekali pengaruh iot terhadap kehidupan manusia di berbagai bidang. Pengaruh tersebut mampu membuat iot memudahkan pekerjaan manusia. Beberapa bidang tersebut antara lain adalah pertanian, keamanan, kesehatan, dan masih banyak lagi.

Pengaruh Iot pada kehidupan manusia dalam bidang pertanian adalah mampu mempudahkan saat waktu panen datang . Bahkan bisa memantaunya secara langsung hanya menggunakan layar laptop atau smartphone masing-masing.

Pada biang kesehatan iot juga banyak pengaruh, terutama terhadap pasien tua yang membutuhkan monitoring dokter tetapi jaraknya cukup jauh, selama para mereka mempunyai alat komunikasi. Maka memonitoring bisa dilakukan melalui jarak yang sangat jauh sekalipun. Lalu iot juga memiliki manfaat dibidang kemanan rumah.

Keamanan rumah bisa memakai iot untuk memonitor apakah ada penyusup yang datang ke rumah, bahkan juga bisa memonitor apakah lampu kita atau alat rumah tangga yang lainnya mengalami kerusakan atau tidak. Dan juga bisa memantau dari jauh apabila ada kebakaran dan hal lainya, yang membuat kita tidak perlu khawatir ketika keluar rumah.

Jadi itulah beberapa pengaruh iot terhadap kehidupan manusia. Jadi tidak ada salahnya bagi kalian yang belum menggunakan iot ini untuk mempermudah pekerjaan kalian, bisa menggunakannya mulai sekarang. Karena teknologi iot di percaya juga akan bisa semakin canggih untuk membantu kehidupan manusia dimasa yang akan datang.

Leave a Reply