ujio Anak pertama dari lima bersaudara

√ 9+ Negara Maju di Asia [Lengkap+Negara Berkembang]

5 min read

Negara Maju di Asia Uni Emirat Arab

Negara Maju yaitu merupakan sebutan untuk negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata. Ada beberapa negara maju di Asia yang mungkin belum kalian ketahui. Apakah negara kita masuk? Mari kita cari tahu dalam artikel ini dan baca sampai habis ya.

Pengertian Negara Maju 

Negara Maju di Asia Uni Emirat Arab
cdns.klimg.com

Pengertian Negara Maju

Negara maju yaitu negara dengan standar hidup yang relatif tinggi dan memiliki kondisi ekonomi yang tinggi. Indikator standar hidup tinggi dilihat dari nilai indeks pembangunan manusia (IPM). Sementara indikator ekonomi dilihat dari pendapatan per kapita tiap negara.

Ciri-ciri negara maju juga bisa dilihat dari sektor-sektor lain, misalnya infrastruktur yang bagus, perkembangan teknologi yang canggih, pelayanan pendidikan dan kesehatan yang baik, dan sebagainya. Jika dilihat rasionya, jumlah negara berkembang memang lebih banyak dibanding negara maju. Negara kita misalnya, termasuk contoh negara berkembang.

Meski begitu jumlah negara maju juga tak sedikit. Ada lebih dari 40 negara maju di dunia, namun sebenarnya tidak ada data pasti. Tetapi secara umum kategori negara maju dapat dilihat dari kombinasi indeks pembangunan manusia dan pendapatan per kapita.

Ciri-Ciri Negara Maju

Ciri ciri negara maju yang pertama bisa di lihat dari Segi Ekonomi (Pendapatan per Kapita). Pertumbuhan ekonomi negara maju dengan sangat pesat dan penduduknya bekerja di sektor industri dan jasa. Kualitas Penduduk menjadi ciri ciri negara maju selanjutnya yang meliputi hal seperti berikut ini:

  1. Tingkat Pendidikan Tinggi
  2. Tingkat Produktivitas Tinggi
  3. Tingkat Pertumbuhan Penduduk
  4. Tingkat Pengangguran Semu
  5. Produk Utamanya barang sekunder dan tersier

Ciri-ciri negara maju juga bisa kita lihat dari lingkungan fisik

Negara-negara maju pada umumnya sudah mengelola lingkungan fisiknya secara maksimal.

Negara Maju di Asia

Benua Asia diketahui memiliki beberapa negara maju. Negara-negara yang ada di benua Asia terpusat di dua kawasan, yaitu kawasan Asia Barat antara negara-negara Timur Tengah dan kawasan Asia Timur.

Meski begitu ada juga negara maju dari kawasan lain, misalnya seperti Singapura dan Brunei, dua negara maju di Asia Tenggara. Ada 10 negara maju di Asia. Apa saja? Ini dia daftarnya:

Berikut adalah daftar negara maju di benua Asia dalam bentuk tabel:

NoNama NegaraIbukotaLuas (km2)Mata Uang
1Arab SaudiRiyadh2.149.690Riyal
2Brunei DarussalamBandar Seri Begawan5.765Dolar Brunei
3Hong KongHong Kong1.108Dolar Hong Kong
4JepangTokyo377.915Yen
5Korea SelatanSeoul100.210Won
6MakauMacau115Pataca
7QatarDoha11.586Riyal
8SingapuraSingapore697Dolar Singapura
9TaiwanTaipei36.193Dolar Taiwan Baru
10Uni Emirat ArabAbu Dhabi83.600Dirham

Asia Tenggara

Negara Maju di Asia Tenggara Singapura
img.okeinfo.net

Merupakan sebuah cita-cita bagi setiap negara-negara di dunia, termasuk di Indonesia untuk menjadi negara maju. Saat ini salah satu Negara yang ada di Asia Tenggara  ada yang telah menjadi atau memiliki predikat sebagai Negara Maju. Negara mana sajakah? Berikut penjelasannya

Negara-Negara Maju di Asia Tenggara

Negara Maju dapat dilihat dari pendapatan Kapita penduduk yang Tinggi, dan tingkat pengguran rendah. Nilai dasar ekonomi menjadi salah satu landasan negara tersebut dikatakan Negara Maju, selain itu tentunya ada juga IPM (Indeks Pembangunan Manusia) yang dinilai dari prestasi dan pendidikannya.

Di Asia Tenggara sendiri hingga kini ada 2 Negara yang bisa dikategorikan menjadi Negara Maju yang ada di Asean. Negara mana saja? Berikut penjelasannya

Singapura

Siapa yang tidak kenal dengan Singapura. Negara ini menjadi salah satu Negara Maju di Dunia, khususnya di Asia Tenggara. Negara ini telah mendapat gelar dengan negara pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia pada Tahun 2010, dengan pertumbuhan ekonominya sekitar PDB 17.9 %.

Ekonomi di Negara ini tumbuh dengan baik sebagai Negara Indutri,  Pariwisata di kawasan ini juga dikelola dengan kualitas yang baik, Singapura unggul dalam segi pengelolaannya.

Brunei Darussalam

Satu lagi Negara di Asia Tenggara yang dikategorikan menjadi Negara Maju yaitu Brunai Darussalam dengan SDA (Sumber Daya Alam) berupa minyak bumi yang dikelola dengan baik. Negara dengan menganut Sistem Islam ini telah sukses menjadi Negara yang disegani di kawasan ASEAN, meskipun secara ukurannya Negara Brunai Darussalam bukanlah negara besar.

Baca juga: Flora dan Fauna di Benua Asia

Asia Timur

Negara Maju di Asia Timur
bangbre.com

Daftar Negara Maju di Asia Timur

Negara yang berada Asia Timur secara keseluruhan hanya 8 Negara. Berikut ini daftar negara-negara maju yang ada di Asia Timur;

China

Siapa yang tidak mengenal China? Semua Negara hampir mengenal Negara ini. Negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia ini menjadi salah satu negara yang cukup maju dalam bidang teknologi dan juga bidang pendidikan.

Luas negara China sekitar 9,596,961 KM. China berpaham Komunisme seperti Rusia dan Veitnam

Japan

Japang atau japan menjadi salah satu Negara yang paling berpengaruh di dunia, negara ini memiliki kemajuan teknologi dan pendidikan yang pesat. Dibandingkan dengan negara lainnya. Tokyo merupakan IbuKota japan yang memiliki luas wilayah kurang lebih 377,930 KM.

Republik Tiongkok (Taiwan)

Negara selanjutnya adalah negara Republik Tiongkok atau disebut juga sebagai Negara Taiwan. Negara ini mengalami kemajuan yang sangat pesat diberbagai bidang pendidikan, dan juga bidang indutri.

Hong Kong (RRT)

Negara yang menjadi bagian Negara Maju di kawasan Asia Timur selanjutnya yaitu Hong Kong (RRT). Ibukota Negara ini berada di Kota  Baijing. Kawasan di negara ini mengalami kemajuan dalam bidang industri dan juga wisata, kawasan di Hong Kong (RRT) kurang lebih sekitar 1,104 KM.

Republik Korea Selatan

Negara Korea Selatan merupakan  salah satu Negara yang mengalami kemajuan pesat, dalam berbagai bidang seperti olahraga, bidang teknologi, dan kreatifitas industri perfilmannya yang terkenal dengan drama koreanya.

Negara ini pada awalnya bersatu dengan Korea Utara, karena perbedaan idiologi pada akhirnya mereka berpisah, dan sampai sekarang masih ada sebagian terjadi konflik diantara negara tersebut.

Taiwan

Perekonomian Taiwan masuk ke-7 terbesar di Asia, termasuk dalam kelompok ekonomi maju oleh IMF dan termasuk kelompok ekonomi pendapatan tinggi oleh Bank Dunia. Sektor utama di negara ini yaitu telekomunikasi, jasa keuangan, dan layanan utilitas.

Negara Maju di Asia Barat

Asia Barat
pixabay

Qatar

Qatar adalah sebuah negara yang berada di Asia Barat tepatnya di semenanjung Qatar. Qatar merupakan salah satu negara terkaya di dunia berdasarkan PDB per kapita. Minyak bumi dan gas alam adalah komoditas utama Qatar dan mencakup lebih dari 70% dari total pendapatan pemerintah. Pertumbuhan pendapatan per kapita Qatar pernah memecah rekor dunia pada tahun 70-an yang mencapai 1.156%.

Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab terletak di Asia barat daya. Perekonomian Uni Emirat Arab tertinggi kedua di Dunia Arab setelah Arab Saudi.

Negara ini berhasil mendiversifikasi perekonomiannya, meskipun masih sangat bergantung pada sektor perminyakan. Pariwisata menjadi salah satu pendapatan non minyak terbesar di Uni Emirat Arab.

Ledakan pembangunan, perkembangan manufaktur, dan peningkatan sektor jasa membantu Uni Emirat Arab mendiversifikasi perekonomiannya.

Baca juga: Negara Negara Asia Tenggara Beserta Keterangannya

Negara Maju di Asia Selatan

Asia Selatan
pixabay

Asia selatan terdiri dari negara yang tidak memiliki negara maju, semuanya merupakan negara berkembang.

Buruknya kualitas pendidikan di Asia Selatan menyebabkan pertumbuhan ekonomi lambat, menjebak banyak anak muda dalam kemiskinan. Laporan tersebut mencatat bahwa banyak pemerintah di Asia Selatan yang terdiri dari negara:

  1. Afghanistan
  2. Bangladesh
  3. Bhutan
  4. India
  5. Maladewa
  6. Nepal
  7. Pakistan, dan
  8. Sri Lanka

Negara-negara tersebut banyak berinvestasi dalam pendidikan untuk mencapai Tujuan Pembangunan Milenium dari pendidikan dasar universal. Kualitas pendidikan yang buruk di Asia Selatan merupakan hambatan utama bagi prospek ekonomi masa depan kawasan itu

kata Halil Dundar, seorang spesialis pendidikan terkemuka di Bank Dunia dan salah satu penulis laporan. “Meningkatkan kualitas pendidikan di Asia Selatan adalah prioritas mendesak yang dapat mengubah lanskap ekonomi kawasan.”

Negara Berkembang di Asia

Negara Berkembang di Asia
pixabay

Selain negara-negara maju di Asia yang terdapat di atas, ada juga beberapa negara yang sudah mendekati kategori negara maju. berikut akan kita bahas beberapa daftarnya:

  • Turki

Turki merupakan negara di Eurasia atau sebagian Asia, sebagian Eropa (namun sebagian besar wilayahnya di benua Asia).

Perekonomian Turki merupakan yang paling maju di dunia dan industri baru. Negara ini merupakan produsen produk pertanian terkemuka di dunia disamping tekstil, kendaraan bermotor, kapal, bahan bangunan, elektronik konsumen, dan peralatan rumah tangga.

  • Malaysia

Malaysia merupakan negara di Asia Tenggara. Menurut Laporan Daya Saing Global 2017, ekonomi Malaysia merupakan yang paling kompetitif ke-23 di dunia. Dan di Asia Perekonomian Malaysia adalah yang terbesar ke-4 di Asia Tenggara.

Malaysia mencapai PDB per kapita sebesar 28.681 USD

Malaysia menjadi negara terkaya ketiga di Asia Tenggara sesudah Singapura dan Brunei Darussalam.

  • Bahrain

Bahrain merupakan negara terkecil ketiga di Asia setelah Maladewa dan Singapura. Bahrain memiliki perekonomian terbuka.

Bahrain berinvestasi pada sektor perbankan dan pariwisata. Industri keuangan di Bahrain sangat sukses dan sangat bertumbuh, terutama perbankan syariah, dan telah mendapatkan manfaat dari ledakan ekonomi regional yang didorong permintaan minyak. 60% penerimaan ekspor Bahrain masih merupakan hasil produksi minyak bumi.

  • Lebanon

Lebanon merupakan sebuah negara yang memiliki kekayaan budaya dan sejarah serta keanekaragaman agama dan etnis. Perekonomian Lebanon ekonomi berkembang dengan sektor swasta yang berkontribusi 75% terhadap permintaan.

Negara ini memiliki PDB per kapita terkaya ke-54, menjadikannya salah satu ekonomi terkuat di kawasan ini. Ekonomi Lebanon terpengaruh oleh perang sipil negara tetangganya yaitu Suriah

  • Kuwait

Kuwait memiliki perekonomian kecil dari hasil minyak. Industri non minyak terbesarnya yaitu jasa keuangan. Menurut Bank Dunia, Kuwait merupakan negara terkaya ke 4 di dunia dilihat dari PDB per kapita. Namun Kuwait tidak memiliki sektor keuangan yang kuat.

Negara Maju di Benua Australia

Benua Australia
pixabay

Hanya ada 2 negara maju di benua Australia, yaitu Australia dan Selandia Baru. Sementara negara lain di benua Australia dan Oceania masih termasuk kategori negara kecil yang masih berkembang.

Dua negara maju di Australia ini memiliki standar hidup yang tinggi jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Berikut merupakan daftar negara maju di benua Australia serta ibukota dan keterangannya.

NoNama NegaraIbukotaLuas (km2)Mata Uang
1AustraliaCanberra7.692.024Dolar Australia
2Selandia BaruWellington268.021Dolar Selandia Baru

Penutup

Demikian artikel tentang Negara Maju di Asia yang bisa saya tuliskan, secara umumnya memang tidak ada data pasti untuk negara mana yang bisa di kategorikan sebagai negara maju, tetapi kita melihat sendiri perekonomian suatu negara dan pendapatan per kapita negara tersebut dan menyimpulkan nya menjadi sebuah negara maju.

Share artikel ini supaya lebih bermanfaat. Terimakasih

Silakan berbagi informasi di kolom komentar 🙂

ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Negara Maju di Afrika

ujio
4 min read

Kebudayaan Lampung

ujio
4 min read

Kebudayaan Kalimantan Barat

ujio
6 min read

4 Replies to “√ 9+ Negara Maju di Asia [Lengkap+Negara Berkembang]”

  1. Ping-balik: Negara Maju di Asia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *