ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Negara Maju di Afrika

4 min read

Negara Berkembang di benua afrika

Negara maju di Afrika- Benua afrika merupakan salah satu nama benua besar yang ada di dunia. Afrika berbatasan langsung dengan benua asia. Benua ini mendapat julukan yaitu “Benua Hitam” hal itu karena penduduk yang mayoritas tinggal di benua ini berkulit hitam.

Banyak agama yang tersebar di benua Afrika ini, seperti Islam, Kristen, Budha, dan agama lainnya. Tetapi, hingga saat ini benua ini masih dikategorikan tertinggal dari benua lain karena banyak sekali didalamnya negara-negara miskin.

Akan tetapi di benua Afrika ini ada juga negara-negara yang dikategorikan dengan negara maju. Berikut akan kami bahas di bawah ini.

Negara Maju di Afrika

Negara Maju di Afrika
pixabay

Benua Afrika adalah benua yang banyak negara-negara miskin dibandingkan benua lain. Benua Asia masih ada negara maju seperti Jepang, atau Korea dan sebagainya. Namun, di benua Afrika juga masih ada negara yang dianggap lebih maju dengan melihat IPM atau Indeks Pembangunan Manusia nya.

IPM (Indeks Pembangunan Manusia) atau HDI (Human Development Index) adalah pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan serta standar hidup untuk semua negara di seluruh dunia.

Pada kenyataannya negara maju di Benua Afrika tidak sebanyak negara-negara maju yang ada di Benua lainnya, bahkan menurut beberapa sumber menyebutkan bahwa di Benua Afrika tidak ada yang tergolong sebagai 10 Negara Paling Maju di Dunia.

Namun, dalam catatan sejarah ada beberapa negara yang dikategorikan sebagai Negara Maju di Benua Afrika berdasarkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia). Berikut daftar negara-negara tersebut.

Khusus untuk Libya sepertinya semenjak terjadinya perang saudara di negara itu menjadikan hilangnya salah satu negara maju di benua hitam Afrika.

Sebelumnya kami sudah membahas negara maju di benua Asia. Jangan lupa untuk membacanya juga untuk menambah wawasan kalian semua tentang negara-negara maju di dunia ini.

IPM jadi alat ukur untuk menghitung apakah sebuah negara itu termasuk negara maju atau berkembang.

Daftar Negara-Negara Maju di Benua Afrika

Berikut ini beberapa daftar negara-negara maju di afrika

Negara Libya

Negara Libya Negara maju di Afrika
picdn.net

Libya merupakan satu-satunya negara maju di benua Afrika ini. Ibu kota negara Libya ini adalah Kota Tripoli. Negara ini merupakan bekas jajahan Negara Italia ketika perang dunia ke-2 yang merdeka setelah akhirnya Italia menyerah kepada sekutu.

Memiliki produksi minyak yang cukup tinggi, Libya menjadi produksi minyak tertinggi ke-17 di negara-negara di belahan dunia, sehingga negara ini mempunyai indeks pengembangan Manusia atau (IPM) tertinggi di Benua Hitam Afrika dan juga memiliki PDB per kapita terbaik.

Akan tetapi, saat ini negara Libya telah gagal dan mengalami kebangkrutan sehingga negara Libya tidak lagi dikategorikan sebagai negara maju, Kabangrutan ini telah membuat Libya menderita, hal itu disebabkan perang saudara yang saling rebut kekuasaan  yang terjadi antara Februari dan Oktober di tahun 2011.

Libya memiliki sumber kekayaan alam yang berasal dari cadangan minyak yang merupakan cadangan minyak terbesar urutan ke sepuluh di seluruh dunia.

Negara Seychelles

Negara Seychelles
picdn.net

Negara selanjutnya yaitu negara Seychelles, Ibu kota negara ini adalah Victoria, IPM negara ini terbaik yang ada di Benua Afrika dengan Jumlah sekitar 0.845 di tahun 2007. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) negara ini tertinggi di seluruh Afrika, sedangkan pendapatan perkapita tertinggi ke dua setelah Libya.

Letak Negara Seychelles ini yaitu di Timur Laut Madagaskar yang Sumber Kekayaan alamnya dihasilkan dari Perkebunan, dan Pariwisata.

Pada musim panen, negara ini mampu mengekspor hasil panen mereka yaitu Vanili, Kopra, dan Kayu manis. Beberapa tahun terakhir Pemerintahan Negara Seychelles memberikan perhatian serius dibidang perikanan.

Negara Seychelles ini sama dengan Negara Indonesia memiliki Banyak Jumlah Kepulauan.

Negara Mauritius

Negara Mauritius
ytimg.com

Mauritius merupakan negara kepulauan di sebelah barat daya Samudra Hindia, sekitar 900 km timur Madagaskar. Selain Pulau Mauritius, negara ini juga meliputi Kepulauan Cargados Carajos, Rodrigues serta pulau Agalega.

Negara ini merupakan negara terbaik yang ada di Benua Afrika dalam segi IPM. Ibu kota negara ini Port Louis, Negara ini mempunyai Nilai Pembangunan Sekitar 0.804 di tahun 2007. Dengan Sumber perekonomian, Pertanian, Wisata, dan juga Industri.

Mauritius termasuk kedalam pulau Mascarene, dan Pulau Reunion milik Prancis 200 km barat daya Mauritius.

Berikut Daftar Negara Yang Mempunyai Nilai IPM Tertinggi di Benua Afrika

Jika diatas merupakan daftar negara yang dikategorikan maju, berikut ini adalah daftar negara di afrika yang tergolong maju berdasarkan IPM atau Indeks Pembangunan Manusia tertinggi di Benua Afrika.

Di Benua Afrika ada beberapa negara yang mempunyai IPM bagus seperti Libya dan Seychelles yang mempunyai nilai IPM 0,845 dan juga Mauritius dengan IPM 0,804. Masih ada negara lain di Afrika yang memiliki IPM bagus seperti Tunisia , Gabon , Aljazair , Guinea Khatulistiwa , Tanjung Verde, Mesir , dan Botswana. Berikut datanya:

Negara Seychelles

Negara Seychelles
picdn.net

Pada tahun 2016 untuk 2015 negara ini mendapat peringkat ke 1 dengan nilai IPM mencapai angka 0.845 dan semakin naik di tahun berikutnya.

Negara Mauritius

Negara Mauritius
ytimg.com

Peringkat ke 2 Negara Mauritius. Pada tahun 2016 untuk 2015 nilai IPM negara ini mencapai angka 0.804. dan semakin naik di tahun berikutnya.

Negara Aljazair

Negara Aljazair
bp.blogspot.com

Peringkat ke 3 IPM tertinggi di Afrika yaitu negara Aljazair. Pada tahun 2016 untuk 2015 nilai IPM negara ini mencapai angka 0.745 dan semakin naik di tahun 2017.

Negara Tunisia

Negara Tunisia
picdn.net

Pada tahun 2016 untuk 2015 nilai IPM negara ini mencapai angka 0.725 dan semakin naik di tahun 2017.

Negara Libya

Negara Libya
picdn.net

Pada tahun 2016 untuk 2015 nilai IPM negara ini mencapai angka 0.716 dan mengalami penurunan di tahun berikutnya.

Jangan lupa baca juga: Bentang Alam Benua Asia

Negara Bostwana

Negara Bostwana
printableflags.net

Pada tahun 2016 untuk 2015 nilai IPM negara ini mencapai angka 0.698 dan tidak mengalami perubahan di tahun berikutnya.

Negara Gabon

Negara Gabon Negara Maju di Afrika
picdn.net

Pada tahun 2016 untuk 2015 nilai IPM negara ini mencapai angka 0.697 dan mengalami kenaikan di tahun berikutnya.

Negara Mesir

Negara Mesir Negara Maju di Afrika
bukalapak.com

Pada tahun 2016 untuk 2015 nilai IPM negara ini mencapai angka 0.691 dan mengalami kenaikan di tahun berikutnya.

Negara Afrika Selatan

Negara Afrika Selatan Negara Maju di Afrika
pixabay.com

Pada tahun 2016 untuk 2015 nilai IPM negara ini mencapai angka 0.666 dan mengalami kenaikan di tahun berikutnya.

Jangan lupa baca juga: Flora dan Fauna di Benua Asia

Negara Tanjung Verde

Negara Tanjung Verde Negara Maju di Afrika
mastermerchant.biz

Pada tahun 2016 untuk 2015 nilai IPM negara ini mencapai angka 0.648 dan tidak mengalami perubahan di tahun berikutnya.

Negara Maju di Benua Afrika ini banyak yang dinilai berdasarkan nilai IPM (Indeks Pembangunan Manusia) yang mana untuk ukuran kategori Negara Maju salah satunya yaitu dengan pendapatan Perkapita.

Sementara, untuk pendapatan Perkapita negara yang ada di Benua Afrika sendiri tidak ada yang lebih tinggi.

Negara Berkembang di Benua Afrika

Negara Berkembang di benua afrika Negara Maju di Afrika
pixabay

Negara berkembang di benua Afrika- Apa itu negara berkembang? Negara berkembang merupakan istilah yang biasa digunakan untuk menggambarkan negara dengan tingkat kesejahteraan materi yang masih tergolong rendah.

Ciri – ciri Negara Berkembang- Suatu negara bisa dikategorikan sebagai negara berkembang berdasar ciri-ciri tertentu. Berikut ini ciri – ciri dari negara berkembang:

  1. Jumlah Pengangguran Tinggi.
  2. Impor Lebih Besar Daripada Ekspor.
  3. Tingkat Pendapatan Perkapita Rendah.
  4. Mengandalkan Sektor Primer.
  5. Tingkat Korupsi Tinggi,
  6. dll.

Daftar Negara Berkembang di Benua Afrika

Meski laporan terkini menyebutkan tidak ada negara maju di benua hitam ini, akan tetapi benua afrika ini memiliki banyak negara berkembang. Berikut ini merupakan daftar negara berkembang yang ada di benua Afrika:

NoNama Negara
1lgeria
2Angola
3Djibouti
4Mauritania
5Maroko
6Mesir
7Djibouti
8Libya
9Tunisia
10Benin
11Botswana
12Burkina Faso
13Cape Verde
14Republik Afrika Tengah
15Chad
16Komoro
17Burundi
18Kamerun
19Sudan
20Sudan Selatan
21Eritrea
22Ethiopia
23Gabon
24Guinea
25Guinea-Bissau
26Gambia
27Ghana
28Republik Demokratik Kongo
29Republik Kongo
30Ivory Coast
31Guinea Khatulistiwa
32Kenya
33Lesotho
34Liberia
35Mali
36Mauritus
37Mazambik
38Madagaskar
39Malawi
40Namibia
41Niger
42Nigeria
43Rwanda
44Sierra Leone
45Afrika Selatan
46Swaziland
47Sao Tome and Principe
48Senegal
49Seychelles
50Uganda
51Tanzania
52Togo
53Zimbabwe
54Zambia

Itulah beberapa daftar negara yang perekonomiannya berkembang di Benua Afrika.

Penutup

Nah teman-teman itulah dia daftar negara maju di benua afrika yang di ukur berdasarkan IPM nya. Semoga bisa bermanfaat dan silakan bagikan artikel ini. Terimakasih.

ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Manusia dan Kebudayaan

ujio
5 min read

Kebudayaan Jawa Tengah

ujio
7 min read

Letak Astronomis Asia Tenggara

ujio
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *