Nama Unik Perusahaan

Nama unik perusahaan – Ketika Anda sudah yakin untuk membangun suatu bisnis, banyak persiapan yang perlu anda lakukan. Salah satunya adalah mencari nama untuk perusahaan atau brand yang akan anda bangun, mungkin terlihat sepele namun justru hal tersebut sangatlah penting.

Anda bisa saja menyewa atau menggunakan jasa, namun disarankan lebih baik Anda mencarinya sendiri agar sesuai dengan bisnis yang Anda bangun dan hasilnya pun bisa Anda rasakan sendiri.

Dalam membuat nama untuk sebuah brand atau perusahaan, tidak cukup jika itu hanya rangkaian kata-kata saja apalagi jika asal-asalan. Butuh nama yang unik untuk perusahaan agar bisa mengikat publik atau masyarakat luas.

Nama Unik Perusahaan

Nama Unik Perusahaan

Tips memilih nama unik perusahaan

Singkat dan Mudah

Tujuan pemberian nama unik dalam sebuah perusahaan adalah agar perusahaan tersebut mudah untuk diingat dan dihafal oleh masyarakat.

Berdasarkan dalam aturan wajib, sebuah perusahaan harus mempunyai nama yang terdiri minimal dari tiga kata. Khususnya bagi perusahaan lokal sehingga dapat dibedakan dengan perusahaan luar.

Oleh karena itu, Anda harus memberikan nama yang sesingkat mungkin, agar mudah untuk dibaca serta dikenali oleh orang lain. Biasanya nama perusahaan yang simpel dan mudah untuk dibaca, tanpa perlu dihafal pun akan mudah untuk diingat.

Hasil Ide Sendiri

Anda harus mempunyai kreativitas serta pemikiran sendiri terutama dalam memberikan nama pada perusahaan milik Anda , carilah nama seunik mungkin dan pastikan berbeda dengan nama perusahaan milik orang lain

Meskipun nama perusahaan Anda bagus, akan tetapi jika hasilnya dari plagiat atau copy paste milik orang lain, itu sudah dianggap sangat melanggar dan hasilnya akan sangat fatal terhadap perusaan milik Anda kedepannya.

Carilah nama yang benar-benar menyirikan tentang perusahaan Anda , dan tidak sama dengan perusahaan oranglain. Untuk memastikannya agar tidak sama dengan yang sudah ada, Anda perlu melakukan riset.

Anda bisa melakukan riset di internet dan cek situs Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Dan Anda bisa menghindari penggunaan kata yang pasaran atau sudah banyak yang memakai, seperti kata, sinar, abadi, cahaya, mandiri, atau citra. Anda harus melakukannya dengan teliti dan hati-hati agar bisa terbebas dari tuduhan menjiplak.

Baca juga:

Etika Bisnis

Hindari Penggunaan Angka, Karakter dan Kata yang Vulgar

Pemilihan nama unik untuk sebuah perusahaan memang sangat diperlukan, akan tetapi bukan berarti menyimpang dari aturan.

Anda harus menghidari penggunaan angka dan karakter, mungkin terkadang penggunaan hal tersebut bisa terlihat keren ataupun menarik. Namun justru penggunaan tersebut bisa menurunkan citra perusahaan Anda.

Bukan hanya menyulitkan dalam pembacaannya, tapi juga bisa membuat orang kebingungan dalam mengenali perusahaan Anda.  Selain itu, hindari juga kata-kata vulgar karena memiliki sifat atau makna yang negatif atau buruk.

Hindari Menggunakan Aksara Tertentu

Mencari nama unik untuk sebuah perusahaan memang harus terlihat menarik, kadang sebagian orang menganggap atau berpikir bahwa aksara tertentu seperti, Jepang, Korea, Arab dan sebagainya akan terlihat keren dan menarik perhatian.

Tapi perlu diketahui, bahwa dalam penggunaan kata untuk menamai perusahaan tetap harus menggunakan alphabet latin. Agar tidak menyalahi aturan, jadi sangat direkomendasikan tetap menggunakan aksara latin.

Jika Anda tetap memaksa untuk menggunakan aksara tertentu, mungkin saja itu bisa mempengaruhi citra perusahaan Anda. Karena tidak semua orang bisa mengeja atau membacanya jika Anda menggunakan aksara tertentu.

Buatlah Nama yang Fleksibel

Carilah nama yang fleksibel untuk perusahaan Anda , karena itu akan lebih baik jika Anda melakukan riset terlebih dahulu. Agar Anda dapat mencari atau menemukan nama yang benar-benar dapat digunakan dalam kondisi apapun sehingga tidak perlu Anda ganti.

Khususnya jika perusahaan Anda berencana untuk mengembangkan jenis produk baru. Namun, jika ingin fokus dalam satu produk pun tidak akan menjadi masalah bagi Anda. Karena itu buatlah nama unik spesifik mungkin.

Penutup

Pemberian nama unik perusahaan sudah dianggap sangat efektik dalam peningkatan proses branding. Nama unik perusahaan bisa membuat semua orang tertarik dengan cepat, sekalipun mereka tidak membeli, setidaknya akan muncul rasa penasaran pada mereka.

Pemberian nama unik tersebut bukan hanya sekedar nama atau kata-kata saja. Tapi juga harus memiliki sebuah makna atau arti yang positif, agar citra baik perusahaan Anda tetap terjaga dan berlangsung lama.

Juga bisa memberikan mindset untuk diri sendiri, rekan kerja serta oranglain. Dalam mencari nama-nama unik untuk perusahaan.

Jika Anda sudah kebingungan untuk menentukan nama unik perusahaan anda tersebut. Anda bisa memanfaatkan internet untuk mencarinya, namun Anda tetap harus menjaga aturannya untuk tidak menjiplak yang sudah ada.

Leave a Reply