Memaksimalkan Performance Appraisal dalam Perusahaan

  • 2 min read
  • Jun 28, 2021

Memaksimalkan Performance Appraisal dalam Perusahaan

Perkembangan kinerja karyawan selalu mengalami berbagai perubahan, kadang kala meningkat dan kadang menurun. Maka dari itu, HRD mengadakan performance appraisal yang akan mendukung perkembangan kinerja. Performance appraisal adalah sebuah sistem penilaian kinerja karyawan, sehingga baik karyawan dan manajerial mampu merumuskan strategi untuk meningkatkan kinerja.

Cara Memaksimalkan Performance Appraisal

Performance appraisal jika dilakukan secara maksimal akan berpengaruh kepada perkembangan kinerja yang lebih baik. Lantas, bagaimana cara untuk memaksimalkan program performance appraisal?

Gunakan Data yang Valid

Data yang dimaksud adalah data kinerja karyawan terkini. Untuk bisa membuat penilaian yang adil dan menyeluruh, HRD harus menghimpun data seluruh karyawan yang kemudian akan dilakukan penilaian.

Salah satu cara untuk menghimpun dan menilai kinerja karyawan adalah menggunakan performance management software dari LinovHR. Performance management software dari LInovHR mampu menghimpun data kinerja karyawan kemudian melakukan performance appraisal, yang nantinya penilaian ini bisa dibuat menjadi sebuah laporan kinerja.

Bijak dalam Memilih Kata

Setelah melakukan penilaian, HRD dan manajer akan memberikan keterangan tambahan kepada karyawan. Pemilihan kata sangat berguna dalam sesi ini. Penggunaan kata-kata yang bersifat negatif dan menjatuhkan hanya akan membuat down mental karyawan.

HRD dan manajer harus memberikan tanggapan dan uraian yang jelas mengenai kinerja karyawan dengan pemilihan kata yang positif, apakah menurun atau meningkat. Sehingga karyawan dapat memahami sepenuhnya hasil dari pekerjaan selama periode tertentu.

Berikan Masukan yang Membangun

Memang tidak ada kerja yang benar-benar sempurna. Biasanya ada saja celah atau kekurangan dari si karyawan. Untuk itulah pentingnya masukan atau feedback yang membangun dari berbagai pihak yang berhubungan dengan pekerjaan karyawan. Jadi, karyawan mampu meningkatkan kinerja dan merasa terbantu dengan adanya saran yang berguna.

Jangan Lupakan Reward

Namun, bagaimana jika ada karyawan yang berhasil mencapai target kinerja? Perusahaan bisa memberikan penghargaan atau reward kepada karyawan yang unggul. Reward bisa diberikan dalam bentuk bonus hingga perayaan kecil-kecilan.  Dengan begitu, karyawan unggulan tersebut semakin termotivasi untuk berkontribusi kepada perusahaan. Sementara rekan lainnya yang masih kurang juga tergugah untuk memperbaiki kinerja.

Rumuskan Rencana Selanjutnya

Setelah usai melakukan penilaian kinerja, tak lupa  HRD juga harus tahu rencana berikutnya yang akan dilakukan. Kondisi kinerja karyawan saat ini dapat dijadikan salah satu landasan rencana kinerja di periode selanjutnya. Contohnnya, HRD bisa merumuskan program pelatihan dan pengembangan karyawan agar keterampilan karyawan bisa meningkat dan berpengaruh terhadap produktivitas.

Demikianlah beberapa tips untuk  memaksimalkan performance appraisal dalam perusahaan. Semakin akurat hasil dari penilaian, semakin perusahaan mampu berkembang jauh lebih masiv. Semoga ulasan singkat di atas bisa membantu pengelolaan karyawan di perusahaan Anda!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *