10+ Manfaat Menabung untuk Sekarang dan Masa Depan

Anda mungkin pernah mendengar ungkapan “menabung pangkal kaya”. Faktanya, selain menabung, Anda perlu melakukan sejumlah langkah finansial lain untuk mewujudkan masa depan cerah hingga mewujudkan financial independence.

Lalu, apa saja manfaat menabung yang dapat dirasakan sekarang maupun di masa depan?

Pertama-tama, Anda perlu memahami bahwa menabung dan investasi adalah dua hal berbeda. Ini penting karena sebagian orang menganggap keduanya sama dan kemudian memilih salah satu saja.

Padahal, menabung dan investasi bisa dilakukan bersamaan untuk mencapai tujuan yang Anda harapkan.

Perbedaan Menabung dan Investasi

via shutterstock

Menabung adalah kegiatan menyisihkan uang yang umumnya tanpa tujuan khusus, meski ada juga orang menabung untuk mencapai tujuan jangka pendek atau untuk dana darurat. Faktanya, menabung menyimpan keuntungan jangka pendek maupun jangka panjang.

Tabungan dapat diambil atau dicairkan kapan saja. Dalam tabungan terdapat imbal hasil yang sifatnya pasti dan relatif rendah, serta risiko yang juga rendah. Contoh produk menabung yaitu tabungan di bank.

Investasi adalah kegiatan mengalokasikan uang untuk memperoleh keuntungan. Dengan kata lain, investasi ada kegiatan pengembangan uang.

Umumnya, seseorang melakukan investasi untuk mencapai tujuan tertentu dalam rentang waktu yang sudah ditentukan. Itu sebabnya, tidak semua investasi dapat dicairkan kapan saja atau secara cepat.

Saat ini ada berbagai macam instrumen investasi yang menawarkan imbal hasil beragam pula. Tingkat risiko investasi biasanya sebanding dengan imbal hasil yang diharapkan atau istilahnya high risk, high return.

Dengan kata lain, keuntungan investasi yang besar biasanya terdapat di instrumen investasi dengan risiko tinggi.

Contoh produk investasi yaitu properti, saham, reksadana, emas, surat berharga, dan obligasi.

Berbagai Manfaat Menabung

via shutterstock

1. Mempraktikkan Gaya Hidup Hemat

Menabung berarti menyisihkan sebagian dari penghasilan untuk disimpan di tabungan. Kebiasaan ini membantu berhemat karena berarti Anda akan mengatur pengeluaran harian dari uang yang sudah dikurangi untuk ditabung.

Manfaat menabung ini juga dapat menghindarkan Anda dari kebangkrutan akibat tidak memiliki simpanan.

2. Memiliki Dana Darurat

Salah satu wujud pengelolaan keuangan yang baik adalah memiliki dana darurat. Dalam hidup, terkadang ada situasi (biasanya mendesak) yang menuntut Anda untuk memiliki uang tunai dalam jumlah besar.

Tabungan yang Anda miliki dapat dijadikan dana darurat saat menghadapi kondisi mendesak atau darurat. Dikarenakan sifat tabungan yang liquid, Anda dapat mengambil atau mencairkan uang di tabungan kapan saja membutuhkannya.

3. Memiliki Simpanan Uang Tunai

Umumnya, jumlah dana darurat yang harus dimiliki oleh setiap orang adalah senilai tiga hingga enam bulan pengeluaran rutin bulanan. Bila uang yang ditabung melebihi jumlah tersebut, artinya Anda memiliki dana tunai lebih.

Nantinya Anda dapat memilih untuk menggunakan dana tunai tersebut untuk apa. Anda bisa terus menyimpannya di tabungan; memulai investasi baru; menggunakannya untuk berdonasi, mewujudkan tujuan keuangan jangka pendek atau untuk kegiatan sosial lain.

4. Mencegah Berutang

Dikarenakan memiliki tabungan, saat membutuhkan uang tunai untuk kebutuhan mendesak, Anda cukup mencairkan uang di tabungan. Hal ini membantu menghindarkan Anda dari berutang atau mencari pinjaman dana untuk memenuhi kebutuhan mendesak tersebut.

5. Mampu Mengelola Keuangan dengan Baik

Dengan membiasakan diri menabung, Anda akan belajar mengelola keuangan pribadi. Anda jadi tahu kapan membelanjakan uang dan kapan harus menahan diri.

Setelah merasakan manfaat menabung ini, Anda dapat mencapai kemandirian finansial dan tidak perlu bergantung pada orang lain untuk mengatur keuangan pribadi.

6. Mewujudkan Tujuan Keuangan Jangka Pendek

Tujuan keuangan jangka pendek biasanya perlu dicapai dalam waktu kurang dari atau sekitar 1 tahun. Misalnya, membeli gawai baru, liburan ke luar negeri, membeli kendaraan baru, atau mengumpulkan uang muka untuk membeli properti.

Anda dapat mencapai itu semua dengan cara menabung. Untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang, umumnya langkah yang disarankan adalah melalui investasi.

7. Melatih Kesabaran

Ini adalah manfaat menabung jangka panjang. Dalam hidup, sering kali Anda harus bersabar untuk bisa memiliki atau mencapai sesuatu. Menabung merupakan kegiatan yang melatih Anda bersabar.

Anda harus menjalani proses menyisihkan uang dalam jumlah tertentu selama beberapa waktu sebelum dapat mencapai tujuan yang ingin diraih. “Latihan” ini relevan untuk berbagai aspek dalam hidup dan akan bermanfaat bagi pengembangan karakter diri Anda.

8. Melatih Hidup Sederhana

Kebiasaan menabung juga dapat melatih Anda untuk hidup sederhana. Dikarenakan selalu menyisihkan sebagian dari penghasilan untuk ditabung, Anda jadi lebih cermat dalam mengatur pengeluaran.

Orang yang rajin menabung biasanya lebih selektif dalam berbelanja dan tidak gampang terdorong keinginan untuk menghabiskan seluruh uang yang dimiliki.

9. Membantu Mengatur Skala Prioritas

Kebiasaan menabung akan membantu Anda dalam mengatur skala prioritas dalam hidup. Tak bisa dimungkiri, uang merupakan salah satu elemen penting dalam hidup ini.

Pengaturan keuangan yang baik akan membawa Anda kepada kehidupan yang aman, nyaman, dan sejahtera.

Pengelolaan uang yang buruk, seperti misalnya tidak dapat menentukan prioritas pengeluaran dengan baik, dapat membuat Anda berada dalam situasi yang tidak nyaman atau bahkan merugikan.

Misalnya, Anda terpaksa harus berutang atau tidak memiliki aset meskipun telah berpenghasilan selama puluhan tahun.

10. Mempersiapkan Masa Depan yang Lebih Baik

Manfaat menabung tidak hanya akan Anda rasakan pada hari ini, tetapi hingga bertahun-tahun ke depan.

Kegiatan menyisihkan uang secara rutin akan menghasilkan simpanan uang tunai yang terus bertambah dari waktu ke waktu. Artinya, Anda otomatis terhindar dari risiko kebangkrutan.

Lebih dari itu, simpanan itu dapat Anda manfaatkan untuk merencanakan masa depan yang lebih baik. Misalnya tabungan pendidikan untuk anak, untuk berinvestasi, mewujudkan impian, atau mencapai financial freedom di kemudian hari.

11. Cicilan Semakin Kecil

Anda berencana melakukan pembelian bernilai besar, misalnya rumah, tanah, atau kendaraan bermotor dengan cara dicicil? Salah satu strategi untuk meringankan beban cicilan adalah dengan membayarkan uang muka dalam jumlah maksimal.

Dengan begitu, Anda dapat melunasi cicilan dalam waktu yang paling singkat dan cicilan yang harus dibayarkan pun menjadi lebih rendah. Bila memiliki tabungan, Anda dapat menggunakan uang di tabungan sebagai uang muka.

Setelah mengetahui berbagai manfaat menabung, jangan lupa bahwa Anda juga perlu melakukan investasi untuk mengembangkan kekayaan. Ini penting karena keuntungan yang ditawarkan oleh investasi umumnya dapat melawan inflasi, yaitu kenaikan harga secara umum dan terus menerus.

Dengan begitu, jumlah uang atau kekayaan yang Anda miliki pun turut bertambah dan tidak tergerus inflasi.

Mega Saving Protection merupakan salah satu produk asuransi dari PT PFI Mega Life Insurance. Mega Saving Protection adalah asuransi jiwa tradisional dwiguna yang memberikan perlindungan asuransi sekaligus manfaat tahapan sesuai jadwal yang diperjanjikan.

Pembayaran manfaat tahapan terjadwal akan dibayarkan secara bertahap mulai dari 5 tahun sebelum perlindungan asuransi berakhir. Masa perlindungan dari asuransi ini antara 15–20 tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Negara Berkembang di benua afrika
Read More

Negara Maju di Afrika

Negara maju di Afrika- Benua afrika merupakan salah satu nama benua besar yang ada di dunia. Afrika berbatasan langsung…
Read More

Kebudayaan Kalimantan Barat

Kebudayaan Kalimantan Barat- Provinsi ini merupakan wilayah pemerintahan yang  berbatasan langsung dengan Sarawak Malaysia. Provinsi ini juga tercatat…
Contoh Manusia dan Kebudayaan
Read More

Manusia dan Kebudayaan

Kali ini kita akan membahas Manusia dan Kebudayaan, Pada hakekatnya manusia memiliki kebudayaan secara alami yang sesuai dengan…
Batas Wilayah Indonesia
Read More

Batas Wilayah Benua Asia

Halo teman-teman kali ini kita akan membahas Batas Wilayah Benua Asia, baca sampai selesai ya Contents1 Batas Wilayah…
Profil Negara Malaysia
Read More

Profil Negara Malaysia

Halo teman-teman kali ini kita akan membahas profil negara Malaysia. Baca sampai selesai ya Contents1 Profil Negara Malaysia2…