ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Letak Astronomis Asia Tenggara

5 min read

Kali ini kita akan membahas letak astronomis, geografis, geologi, pengaruh iklim dan batas wilayah asia tenggara. simak sampai selesai ya.

Letak Astronomis Asia Tenggara

Letak Astronomis Asia Tenggara
pixabay

Garis lintang 0 derajat atau disebut juga garis ekuator adalah suatu garis khayal yang membagi bumi tepat sama besar antara utara dan selatan. Di Indonesia sendiri garis ini lebih dikenal dengan sebutan Garis Khatulistiwa. Garis ini mampu mengelilingi bumi sepanjang 40.007 km.

Apa yang dimaksud letak astronomis? Letak Astronomis yaitu suatu posisi tempat (suatu negara berdiri) terhadap garis imajiner bumi dimana terdiri dari garis lintang dan garis bujur yang membaginya.

Apa yang dimaksud garis bujur? Garis Bujur yaitu suatu garis yang menggambarkan lokasi sebuah tempat berada dibagian timur atau barat bumi dari sebuah garis utara – selatan yang dianggap meridian utama.

Apa yang dimaksud garis lintang? Garis Lintang yaitu suatu garis khayal dimana digunakan untuk menentukan posisi di bumi terhadap suatu garis khatulistiwa (utara ataupun selatan)

Letak astronomis Asia tenggara yaitu di 28°Lintang Utara  11°Lintang Selatan & 93°Bujur Timur 141°Bujur Timur. Penentuan letak astronomis dilihat pada letak wilayah pada garis bujur dan garis lintang.

Artinya wilayah Asia Tenggara terbentang dari titik 28°LU – 11°LS, serta dari 93°BT – 141°BT.

Asia Tenggara keseluruhan negara nya membentuk organisasi yaitu ASEAN yaitu organisasi kerjasama negara Asia Tenggara di bidang politik, ekonomi, budaya, dan pendidikan. Beberapa negara tersebut yaitu ada 10 negara ASEAN saat ini yakni:

  1. Indonesia
  2. Malaysia
  3. Thailand
  4. Filipina
  5. Singapura
  6. Vietnam
  7. Myanmar
  8. Laos
  9. Kamboja
  10. Brunei Darussalam.

Sementara Timor Leste belum resmi jadi anggota ASEAN.

Kerjasama negara-negara Asia Tenggara ini didasarkan pada persamaan letak geografis yang berdekatan. Hal ini memudahkan kerjasama dilakukan karena satu negara dengan negara lain posisinya berdekatan. Tiap tahun pertemuan perwakilan negara ASEAN pun selalu dilakukan.

Lantas bagaimana dengan letak astronomisnya? Seperti diketahui bahwa wilayah Asia Tenggara berada di sebelah tenggara benua Asia dan mendekati wilayah benua Australia, hingga termasuk dalam bumi bagian utara dan bagian selatan.

Secara keseluruhan wilayah Asia tenggara berada di wilayah bumi bagian timur, namun secara vertikal Asia Tenggara berada di wilayah bumi bagian utara dan bagian selatan, sehingga wilayahnya membentang dari lintang utara hingga lintang selatan. Hanya Indonesia saja yang letak wilayahnya di bagian utara dan bagian selatan.

Batas Wilayah Asia Secara Astronomis

Batas Wilayah Asia Tenggara
pixabay

Secara astronomis wilayah Asia Tenggara juga ada batas-batas wilayah di sekitarnya. Sebenarnya batas astronomis  tidak berbeda dengan batas wilayah secara geografis, karena pada dasarnya hanya melihat wilayah yang berbatasan dengan negara negara di Asia Tenggara.

  • Sebelah Timur Di sebelah timur, wilayah Asia Tenggara berbatasan dengan negara Papua Nugini yang termasuk benua Australia. Juga berbatasan dengan wilayah perairan Samudera Pasifik.
  • Sebelah Barat Di sebelah barat, berbatasan dengan negara India dan Bangladesh yang masuk kawasan Asia Selatan. Selain itu juga berbatasan dengan wilayah perairan Teluk Benggala, Laut Andaman, dan Samudera Hindia.
  • Sebelah Selatan Di sebelah selatan berbatasan dengan negara Australia dan benua Australia secara keseluruhan. Selain itu juga berbatasan dengan wilayah perairan Samudera Hindia.
  • Sebelah Utara Di sebelah utara, wilayah Asia Tenggara berbatasan dengan negara China yang masuk kawasan Asia Timur. Selain itu juga berbatasan dengan wilayah perairan Laut China Timur.

Pengaruh Letak Astronomis Asia Tenggara

pixabay

Terdapat beberapa pengaruh terkait letak Asia Tenggara secara astronomis yang dilihat dari posisi garis lintang dan garis bujur. Berikut ini adalah dampak dan pengaruh letak astronomis Asia Tenggara beserta penjelasannya.

  • Pembagian Waktu Salah satu akibat letak astronomis yaitu adanya pembagian waktu. Di Asia Tenggara pembagian waktu dibagi menjadi tiga, yakni GMT+7, GMT+8 dan GMT+9.

Di Indonesia juga ada pembagian waktu seperti WIB (waktu Indonesia barat), WITA (waktu Indonesia Tengah), & WIT (waktu Indonesia timur).

  • Iklim Karena letak Asia Tenggara yang berdekatan dengan garis khatulistiwa, maka mayoritas Negara negara ini beriklim tropis. Alhasil wilayah ini akan mendapat sinar matahari sepanjang tahun karena dampak iklim tersebut.
  • Cuaca Negara negara ini kebanyakan memiliki iklim tropis. Akibatnya negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia hanya memiliki 2 musim saja, yaitu musim kemarau dan musim penghujan.
  • Curah Hujan Letak astronomis juga berdampak pada curah hujan yang turun. Wilayah Asia Tenggara akan memiliki curah hujan tinggi di sebagian besar wilayahnya, sehingga banyak wilayah hutan hujan tropis yang terbentuk.
  • Kelembaban Udara Letak astronomis berdampak pada tingkat kelembaban udara yang tinggi. Hal ini disebabkan adanya penguapan yang tinggi yang pada akhirnya bisa mengakibakan terjadinya pemanasan global.
  • Ekonomi Bidang ekonomi juga bisa terdampak dari letak astronomis ini. Karena iklim tropis, maka sinar matahari akan terus menyinari negara-negara ini. Hal ini dimanfaatkan penduduk untuk bertani dan bercocok tanam, sehingga sektor ekonomi negara Asia Tenggara banyak berfokus di bidang pertanian.

Letak Geografis Asia Tenggara

Peta harta karun
Pixabay

Posisi dan letak geografis kawasan Asia Tenggara bisa digunakan untuk meninjau letak Asia Tenggara. Asia Tenggara merupakan suatu kawasan yang terletak di sebelah tenggara Benua Asia.

Luas wilayah daratan dari Asia Tenggara sekitar 4.817.000 km² sedangkan perairan laut Asia Tenggara sekitar 5.060.100 km². Perlu di ingatkan lagi bahwa Kawasan Asia Tenggara yaitu terdiri atas beberapa negara, yaitu:

  1. Indonesia
  2. Malaysia
  3. Singapura
  4. Filipina
  5. Thailand
  6. Brunei Darussalam
  7. Myanmar
  8. Laos
  9. Kamboja
  10. Vietnam

Kadang kala, negara Timor Leste (dahulu salah satu provinsi di Indonesia) dianggap masuk kawasan Asia Tenggara.

Negara terbesar di kawasan Asia Tenggara yaitu Indonesia dengan luas daratan lebih dari 1,8 juta km². Sedangkan negara terkecil yaitu Singapura dengan luas wilayah kurang dari 700 km². Negara yang berada di daratan Asia, yaitu:

  1. Thailand
  2. Myanmar
  3. Kamboja
  4. Laos
  5. Vietnam

Negara yang berada di kepulauan atau pulau, yaitu:

  1. Indonesia
  2. Malaysia
  3. Filipina
  4. Singapura
  5. Brunei Darussalam.

Kawasan Asia Tenggara terbentuk oleh dataran tinggi dan dataran rendah. Letak Asia Tenggara bisa ditinjau menurut posisi geografis dan letak geografis.

Letak Geografis Asia Tenggara

Letak Geografis
pixabay

Posisi geografis merupakan letak suatu kawasan berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Garis lintang adalah garis khayal yang sejajar dengan ekuator, yang melingkari permukaan bumi secara mendatar. Sedangkan garis bujur yaitu garis khayal yang menghubungkan antara Kutub Utara dan Kutub Selatan, serta membentuk setengah lingkaran bumi.

Kawasan Asia Tenggara dilewati oleh garis khatulistiwa atau yang di sebut ekuator dan garis balik utara.

Posisi geografis Asia Tenggara tersebut memengaruhi iklim dan kegiatan ekonomi penduduk. Negara yang terletak paling utara di Asia Tenggara adalah Myanmar, sedangkan yang terletak paling selatan adalah Indonesia.

Negara paling barat di Asia Tenggara yaitu Myanmar dan paling timur yaitu Indonesia.

Letak Geografis Kawasan Asia Tenggara

Letak geografis yaitu letak suatu kawasan jika dilihat di permukaan bumi sebenarnya atau ditinjau dari kawasan sekitarnya. Berdasarkan letak geografis, Asia Tenggara berada di antara Benua Australia dan daratan utama Benua Asia serta terletak diantara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Berikut penjelasan tentang letak geografis Asia Tenggara. Secara geografis, letak Asia Tenggara diapit oleh 2 samudera yakni Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Juga diapit oleh 2 benua yakni benua Asia dan benua Australia.

Asia Tenggara tentu memiliki batas – batas wilayah, baik dari barat, timur, utara, dan selatan. Berikut batas – batas wilayahnya :

  1. Bagian Timur : berbatasan dengan negara Papua Nugini yang masuk dalam benua Australia. Selain itu, untuk wilayah perairan berbatasan dengan Samudera Pasifik.
  2. Bagian Barat : berbatasan dengan negara India dan Bangladesh yang masuk dalam kawasan Asia Selatan. Selain itu, untuk wilayah perairan berbatasan dengan Teluk Benggala, Laut Andaman, dan Samudera Hindia.
  3. Bagian Selatan : berbatasan dengan negara Australia dan benua Australia secara keseluruhan. Selain itu, untuk wilayah perairan berbatasan dengan Samudera Hindia.
  4. Bagian Utara : berbatasan dengan negara China yang masuk dalam kawasan Asia Timur. Selain itu, untuk wilayah perairan berbatasan dengan Laut China Timur.

Kawasan Asia Tenggara sangat strategis karena letaknya berada di antara dua samudra. Kawasan ini menghubungkan negara-negara barat dan timur sehingga kawasan ini sangat menguntungkan bagi peningkatan kegiatan perdagangan dan pariwisata di kawasan Asia Tenggara.

Letak Geologis Asia Tenggara

pertanian asia tenggara
pixabay

Berdasarkan letak geologinya, Asia Tenggara adalah kawasan yang dilalui dua jalur pegunungan muda yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Dampaknya yaitu munculnya pegunungan api terutama disepanjang batas subduksi di selatan dan di utara.

Sumber Mata Pencaharian

Mata pencaharian penduduk kawasan Asia Tenggara bervariasi mulai dari

  1. Pertanian
  2. Pertambangan
  3. Pariwisata
  4. Perdagangan dan
  5. Perindustrian

Pertanian masih mendominasi di Asia Tenggara dengan produk utama seperti padi, jagung, buah-buahan, palawija, teh dan lainnya.

Industri dan pariwisata kini menjadi sektor yang berkembang pesat di Asia Tenggara. Singapura menjadi salah satu negara yang menjadikan pariwisata sebagai leading sector sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke negeri tersebut

Penutup 

Dari pembahasan di atas tentang letak astronomis asia tenggara bisa kita simpulkan bahwa :

  1. Letak astronomis Asia tenggara : 28°LU-11°LS & 92°BT-141°BT.
  2. Letak semua wilayah Asia tenggara. (Berdasarkan garis bujur) : Bujur Timur (BT).
  3. Letak sebagian besar wilayah Asia tenggara berdasarkan garis lintang. : Belahan bumi utara (BBU).
  4. Batas-batas wilayah Asia tenggara. (Sebelah utara) : Asia timur dan samudra Pasifik.
  5. Batas-batas wilayah Asia tenggara bagian selatan : Samudra Hindia.
  6. Batas-batas wilayah Asia tenggara bagian timur : Samudra Pasifik.
  7. Batas-batas wilayah Asia tenggara bagian barat : Samudra Hindia dan teluk benggala.
  8. Iklim wilayah Asia tenggara : Tropis basah dengan curah hujan lebat pada periode-periode musim tertentu.

Demikian artikel tentang letak astronomis asia tenggara ini sudah saya tuliskan secara lengkap, jika masih kurang silakan berbagi di kolom komentar. Jangan lupa share ke teman – teman kalian agar lebih bermanfaat. Terima kasih

ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Manusia dan Kebudayaan

ujio
5 min read

Kebudayaan Jawa Tengah

ujio
7 min read

Identitas Negara Laos

ujio
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *