ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Kisah Inspirasi Islam (Dijamin Hati Bergetar Mengingat Allah)

9 min read

Kisah insporasi Islam cerita remaja

Assalamualaikum, wr, wb. Alhamdulillah teman-teman kali ini saya masih bisa menulis artikel, mudah-mudahan dari kisah inspirasi islam yang akan saya tulis ini saya bisa berbagi wawasan yang bisa menambah ketakwaan kita terhadap Allah SWT.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi beberapa kisah inspirasi islam yang insyaAllah akan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita. Aamiin!

Langsung saja kita simak beberapa kisah Inspirasi islam nya dalam pembahasan beberapa kisah berikut ini:

Kisah Inspirasi Islami Tentang Kehidupan

Kehidupan Islam yang bebas
iphincow.com

Berikut ini adalah beberapa kisah inspirasi islam, kisah tentang kehidupan yang mengandung unsur-unsur islami yang akan menumbuhkan ketakwaan kita. InsyaAllah 

Kakek dan Pencuri Pepaya

Manfaat buah pepaya
thumb.viva.co.id

Kisah Inspirasi islam ini tentang kehidupan seorang kakek yang hidup sederhana, menjadi orang kampung yang bersahaja.

Pada suatu ketika ia mendapati sebuah pohon pepaya di depan rumah berbuah, walaupun hanya beberapa buah saja tapi sudah siap untuk dipetik.

Pada keesokan harinya ketika dia mau memetik buah nya ternyata buah nya hilang dicuri orang.

Kakek merasa sedih dan istrinya merasa heran, karena melihat si kakek yang hanya gara-gara pepaya dia menjadi murung.

Tetapi ternyata yang dipikirkan si kakek adalah betapa susah nya orang yang mencuri itu, dia harus bersembunyi ditengah malam hari supaya tidak ketahuan dan harus memanjat dalam keadaan gelap susah payah untuk memetik nya.

Keesokan harinya si kakek sengaja meminjam tangga untuk ditaruh dibawah pohon hanya untuk memudahkan jikalau sang pencuri itu datang lagi.

Namun pada esok hari ternyata si kakek mendapati buah pepaya nya masih ada, tangganya pun tidak bergeser sedikitpun, si kakek bersabar dan berharap pencuri itu akan datang lagi malam harinya.

Namun di hari berikutnya juga tetap saja buah pepaya itu masih ada di tempatnya.

Pada sore hari, ada yang bertamu ke rumah kakek dan dia menenteng beberapa buah pepaya besar di tangannya, pemuda ini belum pernah dilihat oleh kakek sebelumnya.

Singkat cerita setelah berbincang cukup lama dan ketika pemuda itu hendak pamit, pemuda itu dengan sangat menyesal mengaku bahwa dia yang telah mencuri pepaya nya.

Sebenarnya pada malam berikutnya dia hendak mengambil buah pepaya yang tersisa,

Namun dia tersadar ketika melihat ada tangga dan tersentuh hatinya dengan kebaikan sang pemilik pohon karena kebaikan dan kesabaran nya.

Dari semenjak itu dia bertekad tidak akan mencuri lagi, untuk itu dia mengembalikan pepaya si kakek untuk menebus kesalahannya, pepaya nya dia beli sendiri di pasar.

Tukang kerupuk Buta Mata Tapi Tidak Buta Hati

Gambar orang buta
hellosehat.com

Dikisahkan seorang pedagang kerupuk yang buta matanya saat hendak diminta kembalian:

Si pembeli bertanya : “Pak, seumpama saya tidak kasih bapak uang tapi saya mengambil kembalian 10 ribu apa bapak tidak takut rugi?” Sambil nada menggoda

Penjual kerupuk menjawab dengan lembut: “Allah tidak akan menukarkan rezeki nak, rezeki sudah diatur oleh-Nya, kalau sekarang saya rugi, saya yakin Allah masih akan menyiapkan rezeki yang lain untuk saya.”

Seketika mendengar jawaban penjual kerupuk pemuda itu langsung bergetar hatinya lalu kemudian Allah memberi rezeki kepada tukang kerupuk itu lewat pemuda yang membeli tadi dengan memberikan uang yang lebih.

Rezeki tidak akan pernah tertukar

Kisah Inspirasi Islam Mendoakan Orang Lain

gambar Mendoakan orang lain
i1.wp.com

Pada suatu malam di riwayat kan di sepertiga malam terakhir, Sayyidah Fathimah R.A putri tercinta Rasulullah SAW sedang melaksanakan salat malam dirumah nya.

Terkadang memang ia menghabiskan malam dengan qiyamul lail dan berdoa. Sayyidina Hasan sering mendengar munajat sang bunda.

Pada suatu pagi ketika sayyidah Fatimah selesai berdoa, Sayyidina Hasan R.A bertanya, “Wahai Ibuku, dari semalam saya mendengar doamu, tetapi tidak satupun doa itu untuk dirimu sendiri?”

Sayyidah Fatimah menjawab dengan lembut: “Nak, doakan dulu tetanggamu karena ketika para malaikat mendengar kan kamu mendoakan tetanggamu, maka mereka akan mendoa kan kamu, Adakah yang lebih baik dari pada doa nya para malaikat yang dekat dengan Allah, Tuhan kita?”

Kisah inspirasi Islam Untuk Anak

Berikut ini beberapa kisah menarik yang ringan untuk di ceritakan kepada buah hati kita tercinta, mari kita simak baik-baik:

Kisah Inspirasi Islam Asiyah Istri Fir’aun

Ilustrasi seorang istri
cdn0-production-images-kly.akamaized.net

Asiyah adalah istri Fir’aun yang taat dan beriman kepada Allah SWT. Keyakinannya ini sangat jauh berbeda dengan Fir’aun suaminya. Asiyah memiliki akhlak yang baik, sedangkan Fir’aun sendiri mengaku dirinya sebagai Tuhan.

Ketika Fir’aun telah membunuh Masyithah seorang wanita beriman, dia menemui Asiyah untuk memamerkan kekuatannya di depan istrinya itu.

Tetapi kemudian istrinya malah memberitahukan keislamannya, maka seketika Fir’aun marah dan bersumpah akan menguji Asiyah dengan kematian atau Asiyah kafir kepada Allah

Fir’aun membentangkan kedua tangan Asiyah di atas papan dan mengikat tangan dan kakinya di atas pasak besi.

Firaun memerintahkan bala tentaranya untuk memukuli Asiyah, sehingga akhirnya darah mengalir dari tubuhnya, siksaan semakin pedih dan hampir menuju kematian.

Asiyah melihat ke langit dan berdoa:

“Ya Allah, dirikanlah untukku sebuah istana disisi-Mu dalam Firdaus, dan selamatkanlah aku dari Firaun dan perbuatannya, dan selamatkan aku dari kaum yang zalim.

Doa Asiyah dikabulkan Allah ketika sekarat ditampakkan istananya di langit lalu dia tersenyum kemudian meninggal.

Kisah Masyitah Pelayan Putri Fir’aun

Sisir Msyitah
www.klikbontang.com

Kisah Inspirasi islam ini datang dari Masyitah, dia adalah pelayan putri Firaun, dia adalah wanita yang pemberani mempersembahkan jiwa raga untuk agama. Dia seorang ibu yang memiliki sifat kasih sayang dan kelembutan.

Dia sangat mencintai anak-anaknya dengan cinta yang sangat tulus, dia berjuang, bekerja, dan rela letih untuk membahagiakan mereka dunia dan akhirat.

Salah satu ujian yang sangat berat menimpa Masyitah adalah anak-anaknya mati syahid disiksa oleh Firaun. Anak-anak nya saleh dan baik hati.

Berbagai kezaliman dan penyiksaan telah menimpa Masyitah. semua ketidaknyamanan itu dihadapinya dengan tegar sampai akhir dia menemui ajal nya, dia ridho dan Allah meridhoinya.

Masyitah sukses mendidik anak-anaknya untuk berjuang di jalan Allah SWT.

Rasulullah pernah menceritakan ketika beliau menjalani Isra dan Mi’raj Rasulullah mencium bau yang sangat harum, rasulullah bertanya kepada Jibril. dan Jibril menjawab itu adalah bau harum Masyitah pelayan putri Firaun dan anak-anaknya.

Suatu hari Masyitah menyisir rambut putri Firaun, sisirnya jatuh dari tangannya dan dia berkata “Bismillah” Putri Firaun kaget dan melaporkan nya.

Kejadian itu membuat Firaun marah, dia memanggil Masyitah dan bertanya “Apakah kamu mempunyai Tuhan selain Aku?”

Masyitah menjawab:

“Ya, tuhan saya dan tuhan kamu adalah Allah”

Mendengar jawaban itu Firaun marah dan memerintah tentaranya membuat tungku besar yang diisi timah panas, agar Masyitah dan anak-anaknya dimasukkan nya ke dalam.

Masyitah dan anak-anaknya tidak gentar sedikitpun, Masyitah meminta satu hal kepada Firaun.

Dia meminta tulangnya dan tulang anak-anaknya dibungkus menyatu dengan kain kafan dan Firaun menuruti permintaanya.

Muslimah Hitam Penghuni Surga

Kisah islam wanita penghuni surga
muslimobsession.com

Suatu ketika Ibnu Abbas mengajak sahabatnya untuk menemui seorang wanita ahli surga, wanita itu berkulit hitam, wanita itu pernah menemui Rasulullah SAW dan meminta doa untuk penyakitnya.

Tetapi rasulullah membuat pilihan kepada wanita itu yaitu:

  • Jika bersabar maka wanita itu akan masuk surga.
  • Jika disembuhkan maka hanya sebatas kesembuhan saja.

Maka dikisahkan wanita itu lebih memilih surga, akan tetapi karena penyakit itu auratnya terbuka, wanita itu meminta Rasulullah untuk auratnya tidak terbuka, dan Rasulullah mendoakan nya.

Wanita itu kemudian meminta kepada Rasulullah agar diberi kesabaran dalam hidupnya sehingga Allah kelak akan menganugerahinya surga.

Pilihannya bersabar disadari keimanan yang tinggi. Bahwa sebaik-baiknya balasan bagi orang yang bersabar adalah surga.

Kisah Inspirasi Islam Remaja

Kisah insporasi Islam cerita remaja
i2.wp.com

Seorang pria agak sedikit tua menggunakan baju lusuh masuk kedalam sebuah toko megah dan mewah. Dari bajunya kelihatan kalau pria tersebut seorang fakir.

Para pengunjung memandang rendah dengan pandangan aneh terhadap pria tersebut, tetapi tidak dengan pemilik toko, seorang pebisnis yang masih remaja dan sudah matang.

Pemilik sangat ramah dan mendatangi pria tua tersebut dan menanyakan perihal apa yang pria tua itu cari.

Ternyata pria tua itu mencari selimut untuk dia dan anak-anaknya akan tetapi dia hanya membawa uang seadanya.

Pria tua itu meminta selimut yang tidak terlalu bagus hanya untuk melindungi anak-anaknya dari kedinginan.

Tetapi pemilik toko memberikan nya selimut yang sangat bagus dan tentunya tidak murah, tetapi pemilik toko menyebutkan harga nya pas dengan uang yang pria itu bawa.

Lalu kemudian pria itu pulang dengan keadaan yang sangat gembira.

Sontak para pengunjung toko yang mengetahui harga sebenarnya selimut itu merasa heran dan bertanya:

“Kemarin kau jual kepadaku selimut itu dengan harga yang mahal, tetapi hari ini kau menjualnya dengan sangat murah? Tanya salah seorang pengunjung.

Pemilik toko menjawab:

“Memang selimut itu harganya mahal, aku menjual kepadamu dengan harga yang pas, tetapi kemarin aku berdagang dengan manusia, dan hari ini aku berdagang dengan Allah.”

Pemuda remaja pemilik toko sengaja tidak memberikan langsung selimut agar menjaga harga diri pria tua itu, agar dia seolah tidak sedang menerima sedekah hingga merasa malu.

Pemuda remaja pemilik toko itu berharap pria tua tadi dan anak-anaknya terhindar dari cuaca dingin yang sebentar lagi datang.

Dan dia pun berharap Allah menghindarkan dia dan keluarganya dari panasnya siksa api neraka.

Kisah Inspirasi Islam Tentang Sedekah

Kisah Islam Tentang Sedekah
cdns.klimg.com/dream.co.id

Rasulullah SAW memperingati kita sebagai umatnya “Sedekah bisa menolak bala (mara bahaya) dan menjadikan umur panjang.”

Dahsyatnya Keutamaan Sedekah

Pada zaman nabi Sulaiman AS hiduplah seorang keluarga diceritakan mempunyai pohon besar disamping rumahnya, di pohon itu terdapat sarang burung yang berisi beberapa anak merpati.

Kemudian laki laki itu mengambil anak merpati itu dan menjadi anak anak mereka, selepas kejadian itu induk merpati mengadu kepada nabi Sulaiman AS.

Nabi Sulaiman mengundang laki-laki itu dan menyuruhnya untuk bertobat, dan dia berjanji tidak akan mengulangi nya lagi.

Suatu hari istrinya menyuruh dia untuk mengambil anak merpati itu lagi,

Awalnya laki-laki itu menolak, tapi dengan rayuan istrinya akhirnya laki-laki terbujuk dan melakukan nya sampai beberapa kali.

Induk merpati mengadu lagi dan nabi Sulaiman marah terhadap laki-laki itu.

Kemudian nabi Sulaiman menugaskan jin untuk menjaga pohon tersebut dan menjaga supaya jangan sampai laki-laki itu mengambil anak merpati itu lagi.

Ketika merpati sudah beranak lagi, laki-laki itu memanjat lagi, tiba-tiba datanglah seorang fakir mengetuk pintu rumahnya lalu dia menyuruh istrinya untuk memberikan sesuatu.

Istrinya berkata: “Aku tidak punya apa-apa” lalu laki-laki itu turun dari pohon dan memberikan segenggam makanan kepada fakir itu. Setelah itu dia kembali memanjat pohon dan mengambil lagi anak merpati.

Lalu induk merpati mengadu lagi dan nabi Sulaiman semakin marah dan memanggil kedua jin yang ditugaskan menjaga pohon tersebut.

Jin itu menyebutkan ketika kami hendak menjatuhkan laki-laki itu tiba-tiba datang dua malaikat yang melemparkan kami kedua arah yang berlawanan secara berjauhan.

Sedekah dapat mencegah seseorang dari mara bahaya

Sedekah Mengantar Ahli Neraka ke Surga

Kisah Islam Tentang Sedekah
sharinghappiness.org

Kisah Inspirasi islami yang ini sedekah merupakan perbuatan yang sangat dicintai Rasulullah SAW. Berbagai manfaat yang akan didapat setelah bersedekah. Apalagi di bulan Ramadhan pahala berlipat ganda.

Dalam sebuah riwayat diceritakan suatu masa Aisyah RA membebaskan seorang budak wanita karena merasa kasihan, meski sudah dibebaskan wanita itu mengikuti Aisyah sampai ke rumah.

Tiba-tiba datang malaikat Jibril dan menyampaikan kepada Rasulullah SAW:

“Wahai Rasulullah, keluarkanlah budak itu dari rumahmu! Sesungguhnya dia adalah ahli neraka” kata Jibril

Dengan berhati-hati Rasulullah menyampaikan kepasa sayyidatuna Aisyah. Aisyah terkejut dan mengaku membebaskan budak itu karena iba tanpa mengetahui penyebab budak itu ahli neraka.

Aisyah akhirnya melepaskan budak tersebut sambil membekali beberapa kurma untuk bekal di perjalanan.

Sambil berurai airmata budak itu pergi, di perjalanan dia merasa kelaparan dan kelelahan, kurma pemberian Aisyah itu dimakan.

Ketika baru memakan satu buah kurma, tiba-tiba datang seorang pengemis fakir meminta kurma yang masih tersisa.

Karena iba melihat pengemis tersebut, akhirnya kurma yang masih tersisa diberikan kepadanya dengan penuh rasa ikhlas meski dia sendiri masih kelaparan.

Setelah kejadian itu, Malaikat Jibril datang lagi ke rumah Nabi Muhammad SAW.

Jibril membawa perintah kepada Rasulullah untuk mengambil kembali budak wanita itu untuk tinggal dirumahnya.

Sedekah telah mengantarkan budak wanita ahli neraka itu menuju surga

Kisah Inspiratif Islam Tentang Cinta

Kisah Inpirasi cinta
blue.kumparan.com

Beberapa kisah Inspirasi islami tentang cinta ini datang dari kisah Rasulullah SAW. Orang yang paling sempurna untuk kita contoh semua sikap dan perbuatannya, mari kita simak:

1. Shahabiyah Ummu Umarah

Kisah Ummu Umarah
3.bp.blogspot.com

Kisah ini menceritakan tentang sahabat perempuan nabi (Shahabiyah) yaitu Ummu Umaroh.

Kisah ummu umarah ini sangat heroik, dia menjadikan tubuhnya menjadi tameng bagi Rasulullah dalam perang uhud, sampai dia punya sekitar 26 bekas tebasan pedang ditubuhnya.

Salah satunya dibagian tengkuk nya, hampir saja memutuskan lehernya, demi melindungi Rasulullah SAW. Karena cintanya yang luar biasa.

Ya Allah beri kami cinta-Mu, cinta orang yang mencintai-Mu, cinta yang membuat kami dicintai oleh-Mu

Ketika para sahabat yang lain naik keatas bukit, Ummu Umarah dan Abu Bakar, turun demi melindungi Rasulullah SAW yang masih ketinggalan di belakang.

Begitu perang uhud selesai, para sahabat masing-masing dibawa ke tenda untuk di rawat. Rasulullah juga dikisahkan ada gigi beliau yang kena, pipi beliau kena tombak.

Rasulullah mendatangi tenda para sahabat, dan mendatangi tenda nya Ummu Umarah, mendengar suara Rasulullah, Ummur Umarah yang sedang merintih kesakitan langsung bangkit.

Ummu Umarah tidak mau terlihat oleh Nabi kalau dia sedang kesakitan, tidak mau membuat nabi sedih. dan masih menanyakan keadaan Rasulullah dibanding keadaannya sendiri, kenapa itu bisa terjadi? Karena Cinta.

Baginya kalau Rasulullah sakit, dia lebih sakit. setelah beberapa saat Rasulullah meninggalkan tenda, Ummu Umarah langsung pingsan.

Ketika sadar dan mendapat berita bahwa Rasulullah mengejar musuh, maka seketika Ummu Umarah bangkit, dan mengejar Rasulullah.

Kenapa itu bisa terjadi? Ini cinta sejati. Itulah sebagian kisah prajurit muslimah yang gagah berani melindungi Rasulullah dengan segenap jiwa dan raga nya.

2. Cinta Romantis Rasulullah

Kisah inpirasi nabi muhammad
1.bp.blogspot.com

Kisah Inspirasi islam ini berbeda dengan kisah nabi Adam, beberapa kisah Rasulullah SAW yang bisa kita ambil pelajaran nya di antaranya:

  • Lomba lari dengan Aisyah

Dalam sebuah riwayat disebutkan, Rasulullah SAW pernah mengajak Aisyah berlomba lari ketika melakukan perjalanan ke suatu tempat.

Aisyah berlari dengan cepat, karena tubuhnya yang terbilang langsing dan ideal, dan akhirnya Aisyah mengalahkan Rasulullah SAW.

Lalu kemudian Rasulullah SAW mengajak lagi Aisyah untuk berlari dan akhirnya Rasulullah SAW berhasil mengalahkan Aisyah.

Sambil bercanda Rasulullah menggoda Aisyah dan berkata “Ini adalah balasan atas kekalahan ku yang terdahulu”

  • Menjadikan Lutut Sebagai Tangga Naik Unta

Suatu ketika perang telah berakhir, Rasulullah SAW mendengar sebuah kabar tentang kecantikan seorang janda bernama Shafiah Binti Huyai.

Suaminya meninggal saat usia pernikahan mereka masih terbilang cukup dini, Rasulullah mendapat wahyu untuk menjadikan nya istri.

Saat perjalanan pulang, Anas Ibn Malik berkata:

“Aku melihat Rasulullah SAW duduk di dekat unta untuk meletakkan lututnya sehingga istrinya Shafiah bisa menginjakan kakinya di atas lutut beliau SAW untuk menaiki unta”

  • Meluangkan Banyak Waktu dengan Para Istri

Suatu ketika, Aisyah terlihat sedang memperhatikan sahabat Rasulullah SAW yang sedang berlatih pedang di dalam masjid.

Rasulullah SAW bertanya kepada istrinya:

“Ya Khumaira, Apakah engkau ingin melihat mereka berlatih?” Aisyah menjawab “Iya”

Rasulullah kemudian berdiri di depan pintu diikuti oleh Aisyah. lalu Aisyah meletakkan dagu di pundak Rasulullah SAW dan menyandarkan wajahnya di pipi Rasulullah.

Beberapa lama kemudian, Rasulullah berkata: “Sudah cukup” Aisyah menjawab: “Wahai kekasih Allah, janganlah terburu-buru.” Rasulullah pun kembali menemani istri tercinta.

Sebetulnya Aisyah bukan ingin melihat para sahabat berlatih, dia hanya ingin menghabiskan waktu di sisi Rasulullah SAW.

Penutup

Alhamdulillah teman-teman itu saja yang bisa saya tuliskan dalam artikel kali ini, mudah mudahan ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Aamiin!

Silakan bagikan artikel ini jika sekiranya bermanfaat, Akhirul Kalam

Wasslamualaikum, wr, wb..

ujio Anak pertama dari lima bersaudara

One Reply to “Kisah Inspirasi Islam (Dijamin Hati Bergetar Mengingat Allah)”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *