Kerajinan Serat Alam

Kerajinan Serat Alam – Salah satu bahan baku pembuatan kerajinan yang bisa Anda pilih adalah serat alam. Sayangnya, masih banyak banget loh masyarakat yang belum tahu, bahwa ternyata, serat alam dapat disulap menjadi kerajinan. Bahkan, kerajinan serat alam sendiri tergolong cukup unik.

Hal ini karena keindahan yang ditawarkannya tergolong berbeda dengan kerajinan lain. Dan yang paling menarik adalah, kerajinan serat ala mini memiliki nilai jual yang bukan hanya sekedar tinggi saja, tapi justru sangat tinggi.

Khususnya bagi mereka yang mempunyai keterampilan. Nah kira-kira, kerajinan apa saja ya yang bisa dibuat dengan serat alam? Simak penjelasannya berikut.

Apa itu Serat Alam?

Apa itu Serat Alam?

Mungkin, di antara Anda masih ada yang belum tahu apa itu serat alam. Atau bahkan, baru pertama kali mendengarnya? Jadi, serat alam ini merupakan bahan gabungan dari beberapa potongan yang kecil-kecil, hingga membentuk sebuah jaringan memanjang yang utuh.

Yang diproduksi oleh hewan, tumbuhan, atau bahkan benda mati. Serat alam sendiri bukan hanya dimanfaatkan sebagai bahan pembuat kerajinan, tapi juga digunakan untuk menghasilkan barang yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti kain, kertas, tali, dan lain sebagainya. Dan untuk saat ini, siapa yang sangka, bahwa kerajinan serat alam merupakan kerajinan-kerajinan yang bernilai jual tinggi dan banyak diincar oleh masyarakat.

Hal yang paling menarik adalah, bahan satu ini terbagi ke dalam beberapa jenis. Yakni serat tumbuhan atau pangan, serat hewan, serat kayu, dan serat mineral.

  • Serat Tumbuhan atau Pangan

Jenis yang pertama adalah serat tumbuhan atau pangan. Biasanya, serat satu ini tersusun dengan selulosa, hemiselulosa, dan mengandung lignin juga.

Contohnya adalah rami dan kain katun. Yang mana, serat ini juga bisa banget dimanfaatkan untuk membuat tekstil, kertas, atau yang lainnya.

  • Serat Kayu

Jenis yang kedua adalah serat kayu. Yang mana, serat ini biasanya tersusun atas  protein tertentu. Misal, serat dari bulu domba. Adapun serat bulu domba tersebut akan dijadikan sebagai wol.

  • Serat Batang Tumbuhan

Sebagaimana namanya, serat satu ini berasalnya dari batang tumbuhan ya.

  • Serat Mineral

Jenis serat yang terakhir adalah serat mineral. Pada umumnya, ia terbudari asbestos. Apa itu asbestos? Nah, asbestos ini adalah jenis mineral alami yang ada di bentuk jaringan panjang.

Dalam proses pembuatan kerajinan serat alam, ada berbagai perlengkapan yang mesti disiapkan. Seerti cutter, gunting, pisau, lem tembak, dan jarum jahit.

Kerajinan Serat Alam

Kerajinan Serat Alam

Setelah memahami beberapa hal penting di atas, kini saatnya kita membahas contoh kerajinan serat alam.

Di mana, beberapa contoh ini bisa banget Anda jadikan sebagai referensi, inspirasi, atau memungkinkan juga loh untuk dimodifikasi. Karena kita tidak bisa memungkiri, bahwa sudah banyak banget kerajinan yang terbuat dari serat alam tersebar di pasaran.

Sebagaimana sudah disinggung, bahwa kerajinan dari serat alam ini mempunyai nilai jual yang sangat tinggi. Jadi, yakin tidak ingin mempelajarinya? Jika tertarik, yuk simak beberapa contohnya berikut.

Tempat Pensil

Tempat Pensil

Kerajinan serat alam yang pertama adalah tempat pensil. Di mana, kerajinan satu ini dibuat dengan menggunakan serat pelepah pisang. Bahan utamanya mudah banget ya ditemukan.

Buat Anda yang mempunyai pohon pisang di depan, belakang, atau samping rumah, wajib nih nyoba bikin serat alam ini. Kapan lagi kan bisa mempunyai tempat pensil yang unik?

Masih jarang banget loh yang menggunakannya. Proses pembuatannya sederhana. Bahkan, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan saja kok.

Seperti lem fox, gunting, pelepah pisang yang sudah kering, pensil, biji-bijian yang ingin Anda jadikan sebagai hiasan, dan terakhir adalah pensil.

Tas Cantik

Tas Cantik

Kerajinan serat alam yang kedua adalah tas cantik. Siapa nih yang suka mengoleksi aneka jenis tas? Jika Anda adalah salah satunya, maka nggak ada salahnya loh buat mencoba membuat sendiri.

Karena biasanya, perasaan ketika menggunakan tas beli dengan buatan sendiri itu beda. Ada sensasi tersendiri yang akan Anda rasakan. Selain mendapatkan sensasi  yang luar biasa, Anda juga akan merasa lebih puas, sekaligus melatih kreatifitas.

Dalam proses pembuatannya, Anda membutuhkan serat alam alami berupa eceng gondok. Siapa sangka, bahwa tanaman satu ini dapat digunakan untuk membuat benda yang luar biasa?

Sama halnya seperti pembuatan kerajinan serat alam di atas, bahwa Anda hanya membutuhkan beberapa alat dan bahan saja. Seperti gunting, cutter, eceng gondok, penggiling, air, baskom, jarum, dan bolah jahit.

Boneka

Boneka

Biasanya, untuk menyenangkan anak, Anda meski mengeluarkan uang dalam jumlah yang lumayan banyak hanya untuk membeli boneka. Ia kan? Nah untuk saat ini, sudah tidak zamannya lagi membelikan boneka jadi kepada anak.

Karena sudah waktunya memberikan anak boneka hasil buatan sendiri. Bagaimana, siap membuatnya sendiri? Tenang saja, proses pembuatannya mudah dan sederhana kok. Di mana, Anda membutuhkan bahan utama berupa serabut kelapa.

Selain bisa Anda jadikan sebagai hadiah untuk anak, kerajinan serat alam satu ini juga bisa banget loh jadi ide bisnis.

Karena nilai jualnya memang tergolong sangat tinggi. Hal ini karena ia mempunyai nilai hias dan fungsi nilai pakai yang cukup tinggi. Bukan hanya itu saja, boneka dari serat alam ini juga masih sangat jarang ditemui.

Sehingga begitu Anda mencoba menawarkannya, pasti minat pasar bisa saja tidak terbendung. Hanya dengan modal sedikit saja, Anda bisa memperoleh banyak keuntungan loh.

Dompet

Dompet

Selama ini, banyak yang menyangka, bahwa dompet hanya bisa dibuat menggunakan limbah anorganik saja. Seperti kain bekas. Padahal sebenarnya, hal tersebut tidak sepenuhnya benar kok.

Karena ternyata, Anda dapat mencoba membuatnya dengan menggunakan daun pandan. WAh, siapa sangka nih, daun pandan yang dikira hanya bisa dijadikan sebagai obat dan penambah aroma makanan, ia juga bisa digunakan untuk membuat dompet.

Bahkan, kerajinan serat alam dari daun pandan bukan hanya dompet saja loh. Tapi masih banyak kerajinan lain.

Seperti sandal, tikar, tas, dan lain sebagainya. Sayangnya, proses pembuatannya memang membutuhkan keterampilan khusus dan tergolong tidak mudah.

Wajar sih. Karena nilai jualnya sangat tinggi. Jika berminat, Anda bisa banget kok mempelajarinya. Yang kemudian bisa dijadikan sebagai ide bisnis di rumah saja.

Vas Bunga

Vas Bunga

Vas bunga adalah salah satu kerajinan serat alam yang bisa Anda buat. Ia bisa Anda buat dengan menggunakan sabut kelapa. Kerajinan serat alam satu ini sangat cocok buat Anda yang sudah bosan dengan vas bunga yang kelihatannya hanya itu-itu saja.

Ya, kita tidak bisa memungkiri, bahwa vas bunga yang ada memang cenderung membosankan. Motifnya juga kurang special. Maka, dengan adanya vas bunga dari sabut kelapa, Anda akan mendapatkan sebuah vas bunga yang unik dan tidak biasa.

Hal ini akan menjadikan tampilannya lebih elegan dan menarik perhatian siapapun yang melihatnya. Sebagaimana biasanya, Anda dapat memanfaatkannya sebagai wadah tangkai bunga. Kemudian, tinggal letakkan saja di atas meja, sudut ruangan, atau atas kulkas. Bebas deh.

Bantal

Bantal

Kerajinan serat alam selanjutnya adalah bantal. Ya, jadi, bantal yang selama Anda gunakan merupakan salah satu kerajinan dari serat alam loh. Adapun serat yang digunakan adalah serat tumbuhan, yakni serat dari kapuk.

Memang, saat ini sudah banyak banget kok bantal yang terbuat dari busa. Hanya saja, tetap saja, penggemar bantal dari kapuk jauh lebih tinggi dibandingkan dengan bantal dari busa.

Karena selain lebih nyaman, bantal dari kapuk juga tergolong ramah kantong dan juga awet loh.

Bunga

Bunga

Kerajinan serat alam berikutnya adalah bunga. Di mana, ia dibuat dengan menggunakan serat bunga jagung. Jagung sendiri merupakan salah satu tanaman biji-bijian. Dan biasanya, masyarakat hanya akan memanfaatkan bagian biji jagungnya saja. Ia kan?

Sementara bagian lainnya akan dibuang. Karena dianggap tidak berguna. Padahal, bagian lainnya juga sangat memungkinkan untuk diolah. Salah satunya adalah bagian kulit jagung.

Jadi, kalau sekarang menemukan banyak kulit jagung, jangan langsung dibuang ya. Sudah waktunya Anda menyulapnya menjadi kerajinan serat alam yang menarik dan bernilai jual tinggi.

Cara membuatnya juga sangat mudah. Selain bisa digunakan sendiri untuk memperindah ruangan, kerajinan serat ala mini juga bisa banget loh jadi ide bisnis Anda. Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan adalah kulit jagung, kalau bisa yang sudah berusia lebih dari 3 bulan.

Kemudian, pewarna, kawat, gunting, lem, plastic warna, dan juga tempayan. Tenang, proses pembuatannya tergolong sangat mudah kok.

Topi

Topi

Jika dulu, topi dijadikan sebagai bagian penting beberapa orang. Hal ini karena fungsinya yang bisa melindungi kepala dari sinar matahari yang panas. Bahkan, lumayan banyak juga loh yang menggunakannya ketika sedang ada di dalam ruangan.

Namun untuk saat ini, topi bukan hanya sekedar alat untuk melindungi diri, tapi juga sebagai aksesoris yang mendukung pakaian. Sehingga mampu menghasilkan penampilan yang luar biasa.

Jadi, jangan heran ya, jika sedang berada di luar, Anda akan menemukan banyak orang yang mengenakan topi. Baik itu laki-laki maupun wanita. Nah, jika selama ini Anda selalu membeli topi, kini saatnya untuk membuat topi sendiri.

Anda dapat memanfaatkan serat tumbuhan untuk bahan utama pembuatan. Tentu, begitu mengenakan topi buatan sendiri, Anda akan merasa bangga luar biasa. Dan nilai plusnya adalah, jika ternyata produk tersebut ternyata mendapat apresiasi dari banyak orang, Anda bisa menjadikannya sebagai ladang keuangan loh.

Alat Musik

Alat Musik

Kerajinan serat alam lainnya adalah alat music. Hingga kini, kita masih kerap menemukan, bahwa kulit sapi hasil pemotongan jarang dikonsumsi. Sehingga begitu selesai proses pemotongan, kulit sapinya akan dibuang.

Padahal, kulit tersebut dapat disulap menjadi kerajinan yang menarik. Salah satunya adalah alat music. Karena biasanya, alat music yang terbuat dari kulit sapi pasti tahan lama, awet, dan lentur.

Untuk saat ini, memang sudah ada yang memanfaatkannya, hanya saja, angkanya masih belum terlalu banyak. Adapun kerajinan yang sering dibuat dengan menggunakan serat kulit sapi ini adalah bedug.

Yakni, alat yang digunakan umat Islam untuk memberikan tanda berbuka, adzan, atau yang lainnya.

Selain itu, serat kulit sapi juga sudah mulai digunakan untuk membuat tas. Sayangnya, kerajinan serat alam satu ini juga tidak bisa dibuat oleh sembarang orang. Ada teknik khusus dan alat khusus yang mesti digunakan.

Kepompong Sutra

Kepompong Sutra

Kain sutra, pernah mendengar kata tersebut? Pasti pernah lah ya. Nah, kepompong sutra ini merupakan salah satu kerajinan serat alam loh. Di mana, ia dibuat dengan memanfaatkan serat alam dari serat kepompong Cina.

Hingga kini, Cina adalah Negara pertama yang membudidayakan kain sutra loh. Di mana, kain sutra yang telah dihasilkan dari serat kepompong tadi saat akan metamorfosa menjadi dewasa. Sayangnya, kain sutra dibandrol dengan harga yang lumayan mahal.

Alpacca

Alpacca

Alpacca atau hewan kerabat unta adalah hewan yang hidupnya di Amerika Selatan. Ia mempunyai bulu yang dapat dimanfaatkan untuk pembuatan kain di Negara tersebut.

Misal, untuk pembuatan pakaian yang hangat dan untuk pembuatan selimut yang akan digunakan untuk menahan udara.

Senar

Senar

Kerajinan serat alam yang selanjutnya adalah senar. Yang mana, ia bisa Anda buat dengan bahan berupa serat alam dari rambut kuda.

Ya, karena rambut kuda bisa menghasilkan serat loh. Sehingga sangat memungkinkan untuk dimanfaatkan sebagai pembuatan senar. Jadi, sudah ada beberapa alat musik yang tradisional dibuat dari rambut kuda ya.

Pakaian

Pakaian

Pohon pisang merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat berguna dalam kehidupan manusia. Karena setiap bagiannya bisa dimanfaatkan. Salah satunya adalah untuk dijadikan sebagai bahan pembuat pakaian.

Hanya saja, tidak semua pohon pisang yang bisa digunakan ya. Adapun salah satu jenis yang dapat dijadikan sebagai pakaian adalah abaka. Keren banget kan?

Kain

Kain kerajinan dari serat

Kerajinan serat alam lainnya ialah kain. Kain ini bisa dibuat dari serat alam tanaman rami. Anda tentu tahu pohon rami ya. Nah, untuk prosesnya cukup rumit ya. Karena seratnya bisa diperoleh ketika batangnya telah diolah.

Untuk menemukan tanaman satu ini tergolong sangat mudah. Karena memang ia tumbuh subur di daerah tropis. Serat rami kerap digunakan untuk bahan pembuatan kain pada umumnya. Warnanya sendiri cukup kilap.

Dan seratnya lumayan lebih tinggi dibandingkan dengan serat pada kapas. Bentuk kain dari serat rami ini sangat memungkinkan untuk dipadukan dengan serat sintetis.

Tujuannya agar ketika digunakan, kainnya lebih menyerap keringat dan tidak mudah kusut. Di mana, kedua hal tersebut menjadi salah satu indikator mengapa orang membeli pakaian.

Dinding Rumah

Dinding Rumah

Tanaman bambu merupakan salah satu tumbuhan yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Ia kerap dimanfaatkan sebagai bahan pembuat berbagai macam kerajinan. Misal, dinding rumah.

Pemilihan bahan bambu untuk berbagai keperluan tentu dilandaskan dengan berbagai. Salah satunya adalah kualitasnya.

Selain bisa digunakan untuk pembuatan dinding rumah, bambu juga masih bisa dimanfaatkan untuk pembuatan barang-barang yang lainnya. Misal, alat musik.

Karpet

Karpet

Kerajinan serat alam yang terakhir adalah karpet. Karpet ini membutuhkan bahan serat alami dari pohon goni. Jadi, serat dari pohon goni ini tergolong cukup kasar. Sehingga sangat tidak memungkinkan untuk digunakan membuat pakaian.

Yang mana, jika seratnya terkena cahaya matahari dan udara lembab, maka daya pakainya tidak bisa lama.

Sehingga, ia kerap digunakan untuk pembuatan karpet. Selain itu, serat goni juga banyak digunakan untuk membuat tirai, tenunan, kain kasur, kain kursi, dan goni pastinya.

Demikian beberapa kerajinan serat alam yang bisa banget Anda coba buat sendiri di rumah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply