Kerajinan Dari Tanah Liat

Indonesia merupakan Negara dengan berbagai kekayaan alam yang bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Salah satunya adalah tanah liat. Di mana, bahan alam satu ini bisa dengan mudah di banyak daerah, kemudian dapat dikreasikan menjadi kerajinan tanah dari liat yang menarik.

Bahkan, hasil kerajinan menggunakan tanah liat bukan hanya sekedar menciptakan barang-barang yang bernilai seni loh, tapi juga bernilai jual.

Dan yang paling menarik adalah, pemanfaatan tanah liat sebagai bahan dasar pembuatan berbagai barang sudah dilakukan puluhan tahun yang lalu. Dan telah menjadi kekayaan tersendiri bagi setiap daerah.

Tanah yang memiliki tekstur halus dengan aluminium silikat hidrolik dan juga mineral ini akan mengeras ketika sudah kering. Di mana, proses pengeringannya adalah dengan pembakaran.

Mungkin, beberapa tahun lalu, tanah liat hanya sekedar digunakan sebagai bahan utama pembuatan alat-alat bangunan. Seperti batu bata, ubin, keramik, genteng, atau yang lainnya.

Namun untuk saat ini, telah hadir berbagai macam inovasi menarik yang dibuat menggunakan tanah liat.

Seperti alat makan, bunga, vas bunga, ubin, kendi, boneka, rak boneka, lampu hias, dan lain sebagainya. Berikut adalah beberapa kerajinan dari tanah liat yang dapat Anda jadikan sebagai inspirasi.

Kerajinan Dari Tanah Liat

Kerajinan Dari Tanah Liat

Selama ini, tampilan tanah liat memang terlihat sama. Padahal sebenarnya, jenis tanah satu ini memiliki beberapa jenis loh. Ada yang tanah liat earthenware, stoneware clays, fire clays, ball clays dan kaolin.

Yang mana, setiap jenisnya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Sehingga, sebelum membuat kerajinan dari tanah liat, pastikan Anda mengetahui karakteristik masing-masingnya ya. Hal ini agar hasil kerajinan yang Anda buat lebih maksimal.

Alat Makan

Alat Makan

Kerajinan dari tanah liat pertama adalah alat makan. Kedengarannya memang agak aneh dan nggak biasa sih. Tapi begitu menggunakannya, maka rumah Anda akan semakin estetik.

Karena kesan yang diberikan oleh alat makan yang terbuat dari tanah liat ini cukup unik dan mampu memberikan kesan mendalam. Bahkan, dengan alat makan dari tanah liat ini, Anda akan mendapatkan sensasi makan yang berbeda dari biasanya.

Pengalaman menarik tersebut juga akan dirasakan oleh orang yang berkunjung ke rumah. Keren kan? Hanya saja, karena memang belum biasa digunakan di Indonesia, harganya agak sedikit mahal.

Tentu, hal ini bukanlah sebuah masalah ya. Terutama bagi Anda yang mencintai barang-barang estetik. Adapun perlengkapan dapur yang bisa dibuat dengan tanah liat berupa gelas, piring, mangkok, garpu, sendok, dan lain sebagainya.

“Salah satu keunggulan alat makan dari tanah liat adalah bentuknya yang beragam dan tergolong unik-unik. Jadi, selain bisa digunakan, ia juga bisa menjadi nilai estetika.”

Baca Juga:

Ubin

Ubin

Kerajinan dari tanah liat yang kedua adalah ubin. Jika Anda hanya menjadikan ubin biasa sebagai alat rumah, tentu kesannya B aja ya. Berbeda halnya jika Anda mampu menggunakan ubin yang bermotif.

Dengan penggunaan ubin bermotif maka rumah Anda akan terkesan lebih unik daripada rumah lain. Untuk saat ini, memang belum banyak yang memanfaatkan tanah liat sebagai ubin.

Namun, tidak ada salahnya untuk mencobanya kan? Apabila akan membuatnya, Anda bisa membuat ubin tersebut ke dalam berbagai bentuk, dengan ukuran apapun yang Anda sukai.

Kendi

Kendi menjadi salah satu kerajinan dari tanah liat yang paling mudah ditemukan. Jika kita lihat dari fungsinya, ia dapat dimanfaatkan sebagai wadah penyimpanan air tradisional. Namun kini, tampaknya fungsi kendi sudah mulai beralih.

Di mana, mulai banyak masyarakat yang justru menggunakannya sebagai hiasan di rumah yang diletakkan di sudut rumah. Hal ini karena memang ia hadir dengan berbagai corak dan motif yang memang menarik.

Bahkan, tidak sedikit para pengrajin sengaja menambahkan warna supaya tampilannya semakin cantik.

Maka, apabila Anda berniat membuat kerajinan dari tanah liat, kendi bisa menjadi pilihan utama. Karena tampaknya, keberadaan kendi modern sangat diminati masyarakat urban saat ini.

Baca Juga:

Guci

Selain bisa dijadikan kendi, tanah liat juga sangat memungkinkan untuk dibentuk dan dibuat menjadi guci. Sejak dulu, barang satu ini memang menjadi hiasan rumah yang nilainya super tinggi.

Jika ingin menambahkan keindahan di rumah, Anda bisa meletakkan guci saja. Anda dapat memilih. Apakah akan menggunakan yang murni, atau yang sudah dilukis. Menariknya, guci bukan hanya sekedar bisa dijadikan pajangan kosongan.

Tapi juga sangat memungkinkan untuk dijadikan sebagai wadah penyimpanan beberapa barang berharga loh.

Hal ini karena kedalamannya yang lumayan. Apalagi jika Anda menggunakan yang ukurannya agak besar. Dijamin aman deh. Nah, penggunaan material tanah liar menjadikan gucinya bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama.

Pot Bunga

Pot Bunga

Anda suka menanam bunga? Tapi bosan dengan pot bunga yang sepertinya gitu-gitu aja? Jika ya, maka Anda bisa loh mengatasinya dengan memilih pot bunga yang terbuat dari tanah liat.

Yang mana, penggunaan kerajinan dari tanah liat satu ini akan membuat tanaman Anda lebih menarik. Karena keindahannya bukan hanya berasal dari tanamannya saja. Tapi juga dari pot bunga yang digunakan.

Dengan menggunakan pot bunga dari tanah liat, akan memberikan keuntungan bagi Anda. Salah satunya adalah memudahkan Anda ketika akan memindahkan tanaman ke media tanam yang lebih besar.

Tempat Lampu Taman

Tempat Lampu Taman

Kerajinan dari tanah liat satu ini sangat pas diaplikasikan ke rumah yang ukurannya cukup besar. Di mana, Anda dapat menambahkan hiasan berupa lampu yang terbuat dari tanah liat. Kemudian, berikan warna yang berbeda.

Selain bisa menjadi hiasan, ia juga akan membuat taman Anda lebih terang. Kerajinan dari tanah liat berupa lampu taman memang belum begitu ramai digunakan. Namun ini bisa banget loh jadi opsi utama ketika Anda tengah mencari lampu taman yang tepat.

Rak Hias Boneka

Kita tidak bisa memungkiri, bahwasanya boneka merupakan salah satu pernak pernik yang banyak digunakan. Bahan, hiasan satu ini nyaris ada di setiap rumah.

Maka, ketika jumlahnya sudah sangat banyak, dan Anda bingung hendak meletakkannya dimana, tentu menatanya disebut rak adalah pilihan yang tepat. Jika hanya menggunakan rak hias pada umumnya, tentu kesannya akan biasa saja.

Berbeda halnya jika Anda menggunakan rak bunga yang fenomenal. Ia kan? Misal, rak boneka yang terbuat dari tanah liat. Pemakaian rak hias dari tanah liat akan membuat boneka-boneka tersebut tertata rapi dan terkesan lebih estetik dan menarik.

Baca Juga:

Kerajinan dari Limbah

Boneka

Boneka

Ternyata, material tanah liat tidak hanya bisa disulap menjadi rak boneka saja loh. Tapi juga bisa digunakan untuk membuat boneka. Misal, boneka porselen dari tanah liat. Untuk saat ini, hiasan berupa boneka porselen tanah liat sudah banyak  digunakan masyarakat.

Hal ini karena memang mudah ditemukan. Untuk memilihnya, Anda bisa sesuaikan saja dengan selera.

Dan sesuaikan dengan nuansa yang Anda inginkan. Simple kan? Hiasan boneka porselen ini pas banget bagi Anda yang bosan sama boneka yang banyak ditawarkan di pasaran.

Tempat lilin Aromatherapy

Tempat lilin Aromatherapy

Kerajinan dari tanah liat yang satu ini menjadi bukti, bahwa kerajinan dari tanah liat nggak ketinggalan zaman. Jadi, jika di antara Anda masih ada yang menyangka, bahwa tanah liat hanya bisa menghasilkan barang-barang yang ketinggalan zaman, itu artinya Anda salah besar.

Karena saat ini, banyak banget kok kerajinan dari tanah liat yang keren-keren dan bernilai jual yang sangat tinggi. Tampilannya juga nggak ada kesan noraknya sama sekali. Salah satunya adalah tempat lilin aromatherapy.

Kamar pins yang nuansanya putih tentu akan sangat pas jika Anda tambahkan lilin ini. Yang mana, tampilannya akan benar-benar menjadikan kamar menjadi bernuansa modern, nyaman, dan sangat estetik.

Celengan

Celengan

Celengan adalah salah satu kerajinan dari tanah liat yang juga nggak kalah kerennya dengan kerajinan-kerajinan lainnya.

Di mana, celengan yang terbuat dari tanah liat juga sangat memungkinkan untuk dibuat dengan berbagai karakter kok.

Jadi, selain bisa mengedukasi anak untuk gemar menabung sejak dini, celengan tanah liat juga akan membuatnya terhibur, plus dapat menjadi daya tarik di rumah. Anda bisa memajangnya di kamar anak. Simple banget kan?

Rumah dan Restoran

Rumah dan Restoran

Kerajinan dari tanah liat berikutnya adalah rumah dan restoran. Terkesan nggak bisa sih. Tapi begitu Anda coba, hasilnya bakalan memuaskan banget loh. Jika Anda berkunjung ke Kota Jogja, Anda bisa banget menemukan kerajinan dari tanah liat satu ini.

Hal ini karena tanah liat yang ada di Jogja bisa membuat roster. Sehingga kerap dimanfaatkan untuk membuat hunian yang nyaman.

Roster tanah liat sendiri telah ada sejak dulu. Jika dulu, motif atau ragamnya memang sangat terbatas. Namun untuk saat ini, Anda bisa menemukan banyak sekali motif yang bisa dipilih sebagai hunian.

Anda bisa menggunakannya sebagai pembuat sekat. Di mana, hasilnya pasti super menakjubkan, dan tampil sangat indah.

Bunga

Bagi Anda pecinta bunga, maka coba deh untuk membuat bunga menggunakan tanah liat. Proses pembuatannya yang sangat mudah memungkinkan Anda untuk membuatnya sendiri di rumah.

Sentuhan rumah dari tanah liat akan menghadirkan sensasi keindahan yang berbeda. Karena keindahan yang dimilikinya juga berbeda dengan bunga yang terbuat dari bahan lain. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan.

Secara sederhana, tinggal buat saja beberapa kepingan tanah liat yang tipis, kemudian keringkan. Apabila sudah, tinggal gulung saja kepingannya sampai membentuk bunga mawar yang indah.

Untuk finishingnya, Anda bisa memberikannya sentuhan warna. Gampangkan?

Asbak

Asbak

Asbak adalah tempat yang berguna untuk membuang abu rokok. Pada umumnya, asbak memang terbuat dari plastic atau kaca ya. Tapi, tidak ada salahnya loh jika membuat asbak dari tanah liat.

Asbak yang terbuat dari tanah liat memiliki banyak model. Ada Yang persegi, lingkaran, atau yang lainnya. Hal inilah yang membuat banyak orang mulai menggunakan asbak dari tanah liat saja.

Apabila agak malas membeli, Anda bisa membuatnya sendiri. Tenang saja, karena proses pembuatannya tergolong sederhana, dengan seperangkat perlengkapan yang mudah ditemukan.

Tungku Pembakaran

Tungku Pembakaran

Tungku pembakaran merupakan salah satu alat tradisional yang digunakan untuk memasak. Kalau dulu, alat satu ini adalah satu-satunya alat yang digunakan masyarakat zaman dulu ketika akan memasak bahan makanan.

Namun kini, masyarakat justru mulai beralih menggunakan kompor gas dan kompor listrik. Karena dianggap lebih praktis. Meskipun demikian, tetap ada kok orang-orang yang merasa wajib memiliki tungku pembakaran.

Karena bisa menjadi alternatif terbaik ketika gas tiba-tiba habis, atau listrik tiba-tiba mati. Bahkan, masih ada juga orang-orang yang tidak ingin meninggalkan kerajinan dari tanah liat satu ini.

Karena cita rasa masakan yang dihasilkan berbeda dengan hasil masakan menggunakan kompor gas.

Gentong

Gentong

Kerajinan dari tanah liat berikutnya adalah gentong. Keberadaan gentong sama halnya dengan teko ya. Yang awalnya hanya digunakan sebagai wadah sesuatu, akhirnya dialih fungsikan menjadi hiasan.

Ya, gentong adalah kerajinan dari tanah liat yang awalnya digunakan sebagai wadah penampungan air saja. Tapi saat ini? Ia sudah dijadikan sebagai hiasan di air mancur.

Bukan hanya itu saja, mulai banyak loh masyarakat yang menggunakannya sebagai wadah tanaman hidup.

Biasanya, kerajinan satu ini kerap digunakan untuk area out door ya. Jika Anda memiliki tanaman yang berukuran besar, tapi bingung hendak diletakkan dimana, maka gentong bisa menjadi jawabannya.

Atau, kerajinan ini juga sangat bagus loh jika digunakan sebagai tempat air untuk wudhu.

Ukiran Timbul

Ukiran Timbul

Jika saat ini Anda tengah membangun rumah, dan bingung bagaimana cara memperindahnya, tenang, Anda gunakan saja kerajinan dari tanah liat satu ini. Di mana, Anda dapat membuat dinding dengan ukiran yang timbul.

Ia akan memiliki tekstur tersendiri yang khas, lengkap dengan warnanya yang cantik nan unik. Hal ini karena tanah liat adalah material yang bisa dilukis. Untuk desain ukirannya bisa disesuaikan saja dengan keinginan Anda.

Miniatur

Miniatur

Miniatur merupakan salah satu hiasan yang cukup menarik untuk dijadikan hiasan. Atau bahkan, pas juga loh jika dijadikan sebagai gantungan kunci. Miniatur yang terbuat dari tanah liat ini dapat Anda temukan dengan sangat mudah di kota Jogja.

Di mana, ia ditawarkan di pusat perbelanjaan dan tempat wisata. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau. Untuk bentuknya sendiri sangat beragam ya. Mulai dari bentuk hewan, candi, dan lain sebagainya.

Intinya, semua bentuknya tuh unik-unik dan sangat menarik. Tidak heran jika kerap dijadikan sebagai oleh-oleh wisatawan. Proses pembuatannya juga tergolong sangat mudah dan sederhana.

Begitu juga dengan alat dan bahan yang dibutuhkan. Maka, jika di tempat Anda ada tanah liat, coba deh untuk mencoba membuat kerajinan dari tanah liat ini.

Patung

Patung

Kerajinan dari tanah liat yang terakhir adalah patung. Patung bisa dijadikan sebagai hiasan di dalam dan luar rumah.

Dan biasanya memang dijadikan sebagai pajangan. Bentuk patungnya sendiri tergolong beragam. Mulai dari yang karakternya tumbuhan, hewan, atau yang lainnya. Sesuaikan saja dengan bentuk patung yang Anda inginkan.

Untuk proses pembuatannya membutuhkan paling tidak 6 tahap. Jadi, bagi Anda yang ingin membuatnya, meski memperhatikan tahapannya satu persatu.

Mulai dari proses pengambilan tanah liat. Kemudian masuk ke tahap persiapan, lalu pembentukan, penjemuran, pembakaran, sampai ke tahap finishing alias penyempurnaan.

Masing-masing tahap akan terasa menyenangkan jika Anda lakukan dengan baik.

Demikian beberapa kerajinan dari tanah liat yang bisa menjadi inspirasi Anda ketika akan berkarya.

Selain beberapa contoh di atas, Anda juga bisa kok membuat dan menghasilkan kerajinan dari tanah liat yang berbeda. Atau, bisa juga memodifikasi kerajinan di atas menjadi versi Anda dari segala hal.

Dan akan menjadi poin plus loh jika Anda bisa menciptakan kerajinan dari tanah liat sendiri. Selamat mencoba.

Leave a Reply