Kerajinan dari Limbah

Kerajinan dari limbah – Secara sederhana, limbah bisa kita artikan sebagai sampah yang ada di masyarakat. Di mana, ketika tidak dioleh, maka bisa memberikan dampak buruk bagi masyarakat, lingkungan, dan makhluk hidup lainnya.

Hal inilah yang membuat mulai banyak orang yang berupaya untuk membuat kerajinan dari limbah. Bahkan, kini sudah ada lembaga-lembaga yang memang mengurusi hal tersebut.

Berdasarkan Menperindag Republik Indonesia, Nomor 231/MPP/Kep/7/1997 Pasal 1, disebutkan bahwa limbah merupakan barang atau bahan sisa dari kegiatan yang secara fungsi telah berubah.

Jika dikategorikan berdasarkan karakteristik, maka kita akan menemukan ada beberapa karakternya, Yakni zat padat, suhu, bau, hingga warna kekeruhannya.

Hal tersebut merupakan karakteristik fisik. Sementara berdasarkan karakteristik kimianya terdiri dari bahan organic, BOD, COD, dan pH.

Limbah Berdasarkan Pengelompokannya

Limbah Berdasarkan Pengelompokannya

Berdasarkan jenis senyawanya, limbah dibagi menjadi 3. Yakni:

Limbah Organik

Tampaknya, nyaris semua orang tahu dan kenal dengan limbah organic ya. Jadi, limbah organic ini adalah sampah yang asalnya dari makhluk hidup. Sehingga, memiliki sifat yang gampang busuk atau terurai oleh tanah.

Untuk contohnya sendiri cukup banyak ya. Seperti kulit pohon, daun-daunan, kulit telur, kotoran manusia, tulang hewan, hingga sisa sayuran dan buah-buahan.

Limbah Anorganik

Selain ada limbah organic, ada juga nih limbah anorganik. Yakni limbah yang bertolak belakang dengan limbah organic. Limba anorganik merupakan limbah yang sulit atau bahkan tidak bisa terurai secara alami oleh mikroorganisme pengurainya.

Contoh limbah anorganik jauh lebih banyak dibandingkan limba organic loh. Misal, sabun cuci, sisa kain yang  tidak lagi digunakan, limbah minyaki, botol plastic bekas minuman, dan masih banyak yang lainnya.

Limbah B3

Yang terakhir adalah limba B3. Limbah satu ini merupakan limbah yang berbahaya dan beracun. Sehingga sangat berbahaya. Yang mana, ia bisa membahayakan lingkungan, kelangsungan hidup makhluk hidup, kesehatan, yang dikarenakan sifat senyawanya.

Karena inilah pengelolaannya memang membutuhkan penanganan yang ekstra dan tergolong special.

Dalam artian lebih kompleks dibandingkan dengan kedua limbah di atas. Kok bisa? Ya, karena limbah B3 ini mudah meledak, berbahaya, beracun, korosif, dan bersifat mengiritasi.

Dan yang cukup mencengangkan adalah, limbah berbahaya satu ini bukan hanya dihasilkan oleh industri loh. Tapi juga dapat dikarenakan aktivitas rumah tangga. Misal, kompor gas, racun tikus, dan lain sebagainya.

Kerajinan dari Limbah

Kerajinan dari Limbah

Dengan mengetahui beberapa hal di atas, mungkin membuat Anda tertarik untuk ikutan membuat kerajinan dari limbah dalam wujud peduli terhadap lingkungan. Ia kan? Jika ia, apa saja sih kerajinan dari limbah yang bisa Anda buat?

Berikut adalah kerajinan dari limbah yang telah dikelompokkan berdasarkan jenisnya.

Kerajinan dari Limbah Organic

Berikut adalah beberapa kerajinan dari limbah organic yang cukup menarik dan menantang untuk Anda coba.

Dari Sisik Ikan

Dari Sisik Ikan

Yang pertama adalah kerajinan dengan memanfaatkan sisik ikan. Sebagaimana namanya ya, di mana, kerajinan satu ini dibuat dengan memanfaatkan sisik ikan dan juga tulang ikan.

Biasanya, Anda bisa mendapatkan bahan utamanya di daerah pesisir pantai ya. Anda bisa mencarinya di sana. Karena di pesisir pantai tersebut, Anda bisa mendapati sisik ikan yang tidak digunakan.

Alias percuma. Karena ternyata, masih lumayan banyak loh masyarakat yang belum tahu, bahwa ternyata sisik ikan ini bisa diubah menjadi sebuah kerajinan yang unik dan menarik.

Misal, disulap menjadi aksesoris yang antic. Seperti kalung dan gelang. Atau, bisa juga Anda jadikan hiasan. Bentuk saja menjadi miniature yang indah. Hasilnya nggak kalah menarik deh dengan produk lain.

Baca juga:

Dari Tempurung Kelapa

Dari Tempurung Kelapa

Siapa nih yang di rumahnya banyak tempurung kelapa? Pasti Anda pernah dong melihat tumpukan tempurung kelapa yang dibuang sia-sia. Ayuk mulai mencoba mengolahnya menjadi kerajinan dari limbah.

Produk yang bisa Anda hasilkan sangat beragam loh. Mulai dari sendok sayur, gayung, piring, atau bahkan bisa juga disulap menjadi aksesoris yang estetik. Kayak ukiran, pigura, kalung, dan masih banyak yang lainnya.

Dari Tulang Ikan

Kerajinan dari limbah selanjutnya adalah dari tulang ikan. Sebagaimana kerajinan di atas, yang mana, masih banyak banget masyarakat yang belum tahu, bahwa ternyata, tulang ikan yang dilihat tidak berguna itu bisa dikreasikan menjadi sesuatu yang menakjubkan.

Jadi, tulang ini nggak melulu buat pakan ternak doang ya. Tapi memungkinkan untuk diubah menjadi kerajinan berupa hiasan dinding, miniatur, dan lain sebagainya. Bahkan, untuk membuat kerajinan satu ini, Anda hanya perlu menggunakan alat dan bahan yang sederhana.

Pelepah Pisang

Di rumah Anda ada pelepah pisang yang sudah tidak digunakan? Stop, jangan dibuang dulu. Coba deh kreasikan pelepah pisang tersebut menjadi kerajinan. Salah satu produk yang bisa dihasilkan adalah miniature yang berbentuk perahu.

Adapun pelepah yang bisa digunakan adalah pelepah yang telah kering ya. Anda bisa menjadikan pelepah tersebut sebagai dasar perahu. Adanya akses dan layarnya akan membuat bentuknya benar-benar mirip dengan bentuknya yang asli loh.

Keren deh. Untuk menghasilkan keindahan yang maksimal, Anda bisa mengkombinasikannya dengan bahan lain. Misal, kulit bamboo.

Batang Pisang

Kerajinan dari limbah Batang Pisang

Selain bisa memanfaatkan pelepahnya, Anda juga bisa memanfaatkan batang pisangnya. Yakni dengan menjadikannya sebagai mainan berupa mobil-mobilan. Sederhana banget sih.

Tapi mainan satu ini sudah cukup untuk menyenangkan anak loh. Cara membuatnya juga sangat mudah. Anda hanya perlu mencari batang pisang yang bagian ujungnya nggak begitu besar.

Dan menjadikannya sebagai badan mobil. Kemudian, rodanya bisa Anda buat menggunakan batang pisang yang bagian dalam. Agar rodanya bisa berputar, maka tinggal tusuk saja memakai lidi sampai tembus.

Meskipun super sederhana, paling tidak mainan ini akan melatih kreatifitas anak-anak kan? Dan sudah barang tentu menjadikan hari-hari mereka menyenangkan.

Daun Jagung

kerajinan dari limbah Daun Jagung

Selama ini, kulit jagung ya hanya dibuang. Ya kan? Padahal, kulit jagung bisa banget loh Anda jadikan kerajinan yang menarik. Hal ini karena limbah satu ini sangat gampang dilipat kalau sudah kering.

Bahkan, tak hanya itu saja, teksturnya yang lembut membuatnya lebih mudah dibentuk sesuai keinginan Anda.

Salah satu kerajinan yang bisa dibuat dengan daun jagung adalah hiasan yang bisa memperindah meja rumah Anda. Yakni dengan menjadikannya berbentuk bunga. Di mana, agar lebih indah, Anda bisa menambahkan warna. Gampang kan?

Tapi, berikan pewarnanya sebelum dibentuk ya. Dalam artian, Anda cuci terlebih dahulu, kemudian cat, lalu jemur. Barulah dibentuk.

Bawang Putih

Siapa sangka, bahwa limbah bahan-bahan dapur juga bisa diubah menjadi kerajinan loh. Misal, bawang putih. Bagi Anda yang suka masak, pasti paham banget dong dengan karakteristik limbah satu ini.

Nah, Anda dapat memanfaatkan bagian kulitnya. Sulap daunnya menjadi bunga yang cantik. Di mana, kulitnya meski dikeringkan terlebih dahulu ya. Lalu, kumpulkan, susun, dan rekatkan sampai membentuk kelopak bunga. Gampang banget kan?

Baca juga:

Kerajinan dari Limbah Anorganik

Selain bisa memanfaatkan limbah organic untuk dijadikan kerajinan, Anda juga bisa banget memanfaatkan limbah anorganik. Bahkan sebenarnya, titik terpenting dalam mengolah sampah ya ada pada limbah anorganik ini.

Karena memang ia adalah tipe sampah yang susah terurai, alias susah membusuk. Atau bahkan, ada yang sampai tidak bisa terurai loh. Maka dari itu, ada baiknya jika kita mulai mengolah limbah anorganik menjadi kerajinan ya.

Berikut adalah beberapa kerajinan dari limbah anorganik yang bisa Anda coba.

Dari Pecahan Kaca

Kerajinan dari limbah anorganik yang pertama adalah dari pecahan kaca. Jadi, bagi Anda yang memiliki pecahan kaca di rumah, jangan dibuang dulu ya. Coba deh diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Untuk saat ini, sudah banyak banget yang memanfaatkan limbah pecahan kaca ini untuk membuat aksesoris ya. Bahkan, banyak juga yang menjadikannya sebagai hiasan pada bingkai foto dan vas bunga.

Dan siapa sangka, bahwa ternyata, hasilnya cukup menakjubkan loh. Anda hanya perlu menempelkannya mozaik.

Pecahan Keramik

Pecahan keramik ini bisa ditemukan di daerah-daerah yang sedang melakukan pembangunan rumah ya. Kalau di kota besar sih, gampang banget ya menemukan limbah satu ini.

Karena memang, pembangunan rasanya nyaris tidak pernah berhenti. Sehingga membuat limbah pecahan keramiknya juga ada terus.

Maka, daripada membiarkan limbah tersebut bertambah terus menerus, Anda bisa menyulapnya menjadi kerajinan. Untuk pengaplikasiannya tidak berbeda jauh dengan pemanfaatan limbah pecahan kaca tadi.

Botol Plastik

Botol Plastik

Kerajinan dari limbah yang kedua adalah tempat pensil. Di mana, Anda bisa memanfaatkan botol plastic bekas untuk membuarnya. Kalau diperhatikan, limbah satu ini tergolong besar juga loh jumlahnya.

Bayangkan saja, dalam sehari, ada berapa banyak orang yang melakukan pembelian minuman botol plastic?

Banyak banget kan? Yang mana, angka inilah yang membuat limbah botol plastic menjadi sangat tinggi angkanya. Maka, daripada membiarkannya, akan lebih baik jika Anda mencoba mengolahnya.

Untuk proses pembuatannya sangat mudah kok. Anda juga hanya membutuhkan peralatan yang super sederhana. Jadi, daripada beli, mengapa tidak buat sendiri. Ia kan?

Dengan membuat tempat pensil sendiri, Anda bisa menentukan modelnya sendiri, warna sendiri, dan lain sebagainya. Sehingga hasilnya dijamin lebih cantik, menarik, estetik, dan beda dari yang lain.

Botol Plastik Bekas

Sebenarnya, botol bekas ini bisa disulap menjadi berbagai macam kerajinan loh. Jadi, selain bisa digunakan untuk membuat tempat pensil, ia juga bisa digunakan untuk membuat bunga yang indah atau yang lainnya.

Kerajinan dari limbah satu ini sangat pas buat Anda yang memang suka menghias rumah. Nah, daripada harus beli bunga yang harganya lumayan mahal, mending buat sendiri kan?

Alat-alat yang Anda butuhkan bahkan bisa ditemukan di rumah kok. Tidak perlu beli lagi. Adapun bunga yang bisa Anda buat, misal dengan menggunting botolnya berbentuk lancip di bagian ujungnya.

Buat saja menyerupai kelopak bunga. Kemudian, warnai sesuai kehendak, rangkai, kemudian tambahkan juga daun dengan tangkainya. Gampang banget kan?

Baca juga:

Kertas

kerajinan dari limbah Kertas

Jika kita perhatikan, limbah kertas juga merupakan salah satu limbah yang sangat banyak beredar di sekitar kita. Hal ini karena sistem pembelajaran memang masih memanfaatkan buku sebagai alat tulis.

Selain itu, masih banyak kegiatan lain yang menggunakan kertas. Yang mana, ketika kertas tersebut tidak digunakan lagi, maka akan menjadi sampah loh. Di mana, kertas juga tergolong cukup sulit terurai.

Sehingga, kita meski sama-sama memikirkan bagaimana caranya mengubah kertas menjadi kerajinan dari limbah yang menarik dan unik. Menariknya, ada banyak banget kerajinan dari limbah kertas yang bisa Anda buat.

Misal, pigura. Hayo, siapa yang suka foto, tapi masih ngerasa sayang duitnya kalau hanya buat beli pigura?

Jika Anda termasuk tipe orang yang demikian, maka sudah waktunya membuat pigura sendiri. Selain tidak harus mengeluarkan dana, Anda juga hanya perlu menyiapkan kardus, kertas kado, kain flanel, lem, gunting, dan cutter saja loh.

Kalau sudah, tinggal bentuk saja polanya di kardus yang ada, sesuaikan dengan pigura keinginan Anda. Kemudian, potong kardusnya sesuai pola. Tempelkan kain flanel, tempelkan kertas kado, berikan kaki di belakang.

Koran

Koran

Selain dapat dimanfaatkan sebagai pembuatan pigura. Anda juga bisa banget loh memanfaatkannya untuk pembuatan jam dinding. Yak, Anda bisa memanfaatkan Koran.

Di mana, pemilihan Koran adalah hal yang paling tepat. Karena ternyata, ketika digulung, Koran bisa menghasilkan sebuah tampilan yang luar biasa. Bahkan, jam dinding yang dibuat dengan menggunakan Koran ini akan terlihat super unik.

Anda hanya perlu membuat linting Koran menjadi beberapa saja. Kemudian, jadikan ia sebanyak 1 lingkaran, buat saja 12 lingkaran kecil.

Lalu, pasang jarum, mesin, dan baterainya. Jangan lupa juga untuk membuat angka menggunakan lintingan tadi. Tempelkan. Dan sekarang, Anda sudah bisa menempelkan jam dinding tersebut ke dinding rumah. Sederhana banget kan?

Baju Bekas

Kerajinan dari limbah selanjutnya adalah menggunakan baju bekas. Adapun kerajinanya adalah dompet. Kerajinan satu ini bisa dibuat oleh wanita.

Tapi, tidak menutup kemungkinan juga dibuat oleh pria. Siapa tahu akan diberikan kepada saudara perempuannya kan?

Dompet dari baju bekas ini cocok banget buat Anda yang suka berbagai hal unik. Karena bagaimanapun, dompet yang terbuat dari baju bekas pasti unik banget. Berbeda dengan dompet pada umumnya.

Keunikannya akan berasal dari berbagai hal ya. Mulai dari teksturnya yang mudah dilipat, atau dari bentuknya. Sebagai nilai plusnya, dompet satu ini sudah pasti gampang dibawa kemana-mana deh.

Kain Perca

Selain dapat diubah menjadi dompet, limbah baju bekas juga memungkinkan untuk dijadikan bros yang cantik loh. Untuk membuat bros, Anda hanya membutuhkan alat yang mudah. Bahkan, kain yang digunakan juga tergolong tidak banyak.

Sehingga, akan sangat tepat jika membuatnya menggunakan kain perca. Alias kain yang sudah terpotong kecil-kecil.

Biasanya, biasa ditemukan di tukang jahit ya. Kerajinan dari limbah kain perca satu ini membuat Anda tampil beda dari yang lain. Karena pasti tidak ada yang menggunakan bros sama dengan milik Anda. Keren ya.

Sendok Plastik

Kerajinan dari limbah Sendok Plastik

Kerajinan dari limbah yang terakhir adalah memanfaatkan sendok plastic yang sudah tidak digunakan.

Di mana, limbah sendok plastic bisa Anda gunakan untuk menciptakan sebuah kerajinan berupa lampu hias yang cantik banget. Untuk bentuknya sendiri bakalan seperti buah nanas.

Yang kalau digantung, lalu dihidupkan, kesannya bakalan unik dan elegan banget loh.  Dan untuk saat ini, masih lumayan jarang banget deh ditemui.

Demikian beberapa kerajinan dari limbah yang wajib banget nih Anda coba. Karena selain bisa digunakan, hitung-hitung belajar mengolah sampah ya. Selamat mencoba.

Leave a Reply