Kerajinan Dari Kayu

Dalam membuat kerajinan, ada berbagai macam bahan utama yang bisa digunakan. Kayu misalnya. Selama ini, masyarakat luas beranggapan, bahwa kerajinan dari kayu merupakan kerajinan yang diproduksi missal. Sehingga, sangat tidak mungkin dibuat secara manual.

Padahal sebenarnya pemikiran tersebut tidak selamanya benar. Karena banyak banget kok kerajinan dari kayu yang dibuat secara manual. Jadi, bagi Anda yang suka sekali berkarya, boleh banget loh mencoba berkreasi dengan bahan satu ini.

Apalagi nih kayu sendiri memang masih menjadi bahan kerajinan yang banyak digunakan. Selain kerap dimanfaatkan untuk membuat rumah, ia juga digunakan untuk membuat pernak perniknya.

Hal ini karena kayu memang mempunyai corak yang menarik, unik, dan berbeda dari yang lain. Hingga ketika disulap menjadi benda apapun hasilnya tidak akan mengecewakan.

Keunggulan Kayu

Keunggulan Kerajinan Dari Kayu

Sebelum membahas seputar contoh kerajinan dari kayu, kita akan mengulas sedikit tentang keunggulan kayu. Agar bisa menjadi bahan pertimbangan Anda Ketika akan mengeksekusinya. Salah satu keunggulan kayu adalah daya tahannya yang luar biasa. Di mana, ia bisa digunakan dalam waktu yang tergolong cukup lama.

Banyaknya kayu di Indonesia menjadikan sebagian masyarakat berprofesi sebagai pengrajin kayu. Nggak heran deh, kalau ada turis yang ke Indonesia, pasti membawa buah tangan hasil buatan para pengrajin yang luar biasa.

Kerajinan dari kayu yang ditawarkan juga sangat beragam. Ada yang bisa dijadikan sebagai hiasan di rumah, ada yang bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, hingga yang sekedar dijadikan sebagai souvenir unik.

Hal yang paling menarik adalah, seorang pengrajin yang sudah terbiasa membuat kerajinan dari kayu mampu menghasilkan banyak benda dengan bentuk yang berbeda-beda loh. Selain tahan lama, kerajinan dari kayu berkualitas tinggi.

Hanya saja, harga yang ditawarkan tentu cukup tinggi. Karena proses pembuatannya yang tidak sederhana Di mana, para pengrajin dituntut untuk super teliti agar hasilnya maksimal. Kerajinan dari kayu banyak yang diproduksi secara manual.

Sehingga nilai estetikanya tetap terjaga. Dan masih ada sedang keunggulan lainnya. Yakin nggak tertarik untuk membuat kerajinan dari kayu?

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah, kerajinan dari kayu ini sangat memungkinkan untuk dijadikan sebagai bisnis loh. Jadi bagi Anda yang selama ini berniat ingin bisnis, tapi bingung bisnis apa, maka membuat dan menjual kerajinan kayu bisa menjadi alternatif terbaik.

Dalam menciptakan kerajinan dari kayu, Anda meski benar-benar mengenal jenis-jenis kayu terlebih dahulu.

Karena tidak semua jenis kayu bisa disulap menjadi kerajinan dari kayu. Adapun kayu yang meski digunakan oalah kayu yang tahan lama, kuat, tidak gampang lapuk jika terkena kelembaban cukup tinggi.

Adapun jenis-jenis kayu yang dapat Anda pilih adalah teakwood, atau yang kita kenal dengan kayu jati, kayu mahoni atau mahogany, kayu sonokeling, kayu akasia, dan kayu trembesi.

Selain dari kayu, ada juga kerajinan yang bagus sekali untuk Anda coba, seperti : Kerajinan bahan lunak, Kerajinan bahan keras, dan kerajinan berbasis media campuran. Artikel bisa langsung Anda baca di link tersebut.

Keunggulan kerajinan dari kayu: 

  • Memiliki daya tahan yang lama
  • Kualitas pembuatan yang sangat baik
  • Diproduksi manual dan mempunyai nilai unik yang tinggi
  • Inspirasi dari kayu sangat banyak dan selalu tren mengikuti perkembangan jaman
  • Kerajinan dari kayu bisa di daur ulang

Rekomendasi Jenis Kayu

Tidak semua jenis bisa Anda jadikan bahan sebuah kerajinan, berikut ini admin akan tuliskan beberapa kayu yang rekomendasi untuk kalian pilih:

  • Kayu jati atau Teakwood

Jenis kayu ini sangat banyak sekali digunakan para pengrajin terutama untuk urusan dekorasi rumah. Mempunyai daya kuat yang tinggi, tentunya Anda bisa pilih jenis kayu ini.

  • Kayu Mahoni atau Mahogany

Memiliki tekstur lembut, kayu mahoni bisa menjadi pilihan Anda berikutnya dari sekian banyak jenis kayu yang ada.

  • Kayu Sonokeling atau Rosewood

Memiliki serat yang khas dan unik, tentu kayu yang satu ini bisa Anda pilih untuk digunakan sebagai bahan dasar dari kerajinan dari kayu ini, warnanya yang nampak kehitaman tentu bisa Anda olah menjadi karya yang menarik.

  • Kayu Akasia atau Acacia

Mirip seperti kayu jati, kayu ini bisa menjadi pilihan Anda untuk menjadi bahan dasar kerajinan kayu berikutnya, memiliki tekstur lembut dan mudah dibentuk, tentu akan memudahkan Anda dalam membuat sebuah kerajinan.

  • Kayu Trembesi atau Suar

Jenis kayu berikutnya yaitu kayu trembesi, tidak banyak orang yang tahu, akan tetapi ternyata di luar sana banyak pengrajin yang menggunakan jenis kayu ini, warnanya yang coklat menjadi daya tarik tersendiri dari kayu ini.

Kerajinan Dari Kayu

Kerajinan Dari Kayu

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menciptakan kerajinan tangan dari kayu? Jika tertarik, perhatikan beberapa contoh kerajinan dari kayu yang bisa dijadikan sebagai inspirasi.

Alat Makan

Alat Makan

Kerajinan dari kayu yang pertama adalah alat makan. Di mana, Anda bisa membuat alat makan dengan memanfaatkan kayu-kayu di atas. Pas banget untuk Anda yang merasa bosan dengan peralatan makan yang kesannya itu-itu saja.

Dengan alat makan dari kayu, Anda akan merasakan sensasi yang berbeda. Bukan hanya itu saja, peralatan makan satu ini bahkan mampu membuat dapur Anda terasa lebih estetik. Bentuknya yang unik dan menarik membuatnya terlihat eksotis.

Memang, Anda bisa mendapatkannya di pasaran. Hanya saja, harga yang ditawarkan oleh pasar tentu termasuk mahal.

Karena masih belum banyak masyarakat yang menggunakannya. Oleh karena itu, daripada mengeluarkan uang yang lumayan banyak, mending buat sendiri aja. Ia kan?

Karena ketika Anda membuat sendiri, modelnya bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Sehingga hasilnya akan sangat bervariasi.

Baca Juga:

Kerajinan dari Limbah

Vas Bunga

Vas Bunga

Salah satu dekorasi yang pas banget diletakkan di sebuah rumah adalah bunga. Di mana, bunga tidak akan mampu tampil sempurna jika tidak didampingi dengan vas bunga. Hanya saja, model vas bunga dari waktu ke waktu terbilang monoton.

Dan pada umumnya, ia dibuat dengan menggunakan material kaca. Namun untuk saat ini, Anda bisa loh membuatnya dari kayu.

Penggunaan kayu pada vas bunga akan membuatnya terkesan sangat natural. Sentuhan bahan alam tersebut akan membuat seisi rumah lebih estetik.

Apalagi jika Anda memadukannya dengan bunga indah yang berwarna warni. Untuk ukurannya sendiri bebas. Anda bisa membuatnya dalam ukuran yang super mini, sedang, atau besar. Sesuaikan saja dengan ukuran bunga yang ada.

Kalender

Kalender

Kerajinan dari kayu yang selanjutnya adalah kalender. Kalender yang dibuat dengan menggunakan kertas merupakan kalender yang sangat mudah ditemukan. Bahkan, nyaris semua rumah memilikinya.

Bentuknya yang datar, coraknya yang biasa saja, kadang-kadang membuat kalender menjadi benda terpanjang yang membosankan. Maka, ada baiknya jika Anda mulai mengganti kalender kertas dengan kalender yang dibuat dari kayu.

Selain antic, tampilannya juga sangat memukau, dan unik pastinya. Hanya saja, ketika menggunakan kalender dari kayu, Anda meski rutin mengganti tanggalnya. Berbeda halnya dengan kalender dari kertas. Dan hal inilah yang menjadikan kalender kayu lebih menarik.

Baca Juga:

Kerajinan Dari Tanah Liat

Pigura

Pigura

Pigura menjadi salah satu hiasan dinding yang paling sederhana. Ia ngak sih? Hal ini karena nyaris semua orang ingin memajang gambar atau foto di rumahnya.

Karena selain tampilannya yang sederhana dan menarik, pigura juga memiliki berbagai macam motif, ukuran, dan bentuk. Jadi, nggak heran deh kalau sekarang, banyak banget yang menjadikan kerajinan dari kayu satu ini sebagai bisnis yang menguntungkan.

Coba aja cek di marketplace. Pasti banyak yang jual pigura Selain kerap dijadikan sebagai hiasan dinding, pigura juga pada umumnya dijadikan sebagai kado loh. Nah, buat Anda yang suka berkreasi, berjiwa kreatif, boleh banget mencoba membuat kerajinan dari kayu satu ini.

Awalnya mungkin bakalan menemukan kesulitan, tapi lama kelamaan, Anda bakalan terbiasa deh. Semua butuh proses kan?

Lagian, harga jualnya masih tergolong standar. Namun, jika Anda bisa menciptakan sebuah pigura yang berbeda dengan pigura lain, dalam artian unik dan masih langka, membandrolnya dengan harga tinggi bahkan nggak jadi masalah kok.

Karena target pasarnya pasti menghargai kreatifitas dan keunikan pigura tersebut. Untuk mempercantiknya, Anda bisa menambahkan pigura dengan beberapa pernak pernik. Misal, dengan menggunakan bahan alam lain, seperti kerang dengan pasir. Hasilnya pasti sempurna banget deh.

Backdrop Tembok Kayu

Backdrop Tembok Kayu

Kerajinan dari kayu yang selanjutnya adalah backdrop tembok kayu. Kerajinan satu ini mampu menciptakan rumah yang keren loh.

Bahkan, terkesan instagramable banget.  Dengan tampilannya yang keren, rumah ini nantinya sangat cocok jika digunakan untuk swafoto.

Jadi, buat Anda yang suka foto-foto, kerajinan dari kayu ini bisa menjadi pilihan yang paling tepat deh.

Kapan lagi kan bisa swa foto bersama keluarga hanya dari rumah saja. Selain itu, tampilannya yang memukau juga bisa saja mengundang perhatian dan decak kagum dari para tamu.

Lampu hias

Lampu hias

Lampu hias merupakan salah satu pernak pernik yang hampir bisa ditemukan di setiap rumah. Karena memang, keberadaannya mampu menciptakan kesan unik dan manis terhadap sebuah ruangan.

Ketika akan membeli atau mengganti lampu hias yang ada di rumah, Anda baiknya jika Anda memilih yang paling baik, tidak asal pilih.

Karena kalau sampai salah pilih, ruangan di rumah akan terasa tidak serasi dengan lampu hiasnya, dan sudah pasti nggak menarik lagi deh.

Tapi, tenang, ketika Anda menggunakan lampu hias yang terbuat dari kayu, tampilannya akan matching kok dengan ruangan Anda.

Karena pada umumnya, kerajinan dari kayu satu ini bisa dikombinasikan ke berbagai macam ruangan yang berbeda-beda. Jadi, nggak perlu repot-repot lagi deh buat menyesuaikan lampunya dengan desain rumah. Keren banget kan?

Mainan hias

Mainan hias

Ketika sedang jalan-jalan ke mall atau pusat perbelanjaan, kadang Anda pasti menemukan berbagai macam mainan hias yang terpampang di sebuah rak. Ia kan? Nah biasanya, mainan hias tersebut dibuat menggunakan kayu loh.

Di mana, pemilihan material kayu ini dianggap sebagai pilihan yang paling tepat. Karena mampu membuat ruangan menjadi lebih menarik.

Sehingga, pas banget kalau digunakan sebagai dekorasi rumah. Anda dapat memajangnya di atas meja, atau malah meletakkannya di sebuah rak atau lemari.

Apabila merasa kurang suka dengan motif atau bentuk yang dijual, Anda bisa kok membuatnya sendiri. Dengan membuat mainan hiasan dari kayu sendiri, Anda bisa mendapatkan motif dan model sesuai keinginan.

Cermin

Cermin

Ia tahu, bahwa cermin terbuat dari kaca. Namun, Anda juga pasti paham, bahwa biasanya, cermin akan dipadukan dengan berbagai macam material di bagian pinggirnya. Hal ini agar membuatnya lebih aman ketika diletakkan.

Selain itu, penambahan material di bagian pinggir-pinggirnya juga akan membuatnya lebih elegan.

Salah satu material yang digunakan adalah kayu. Ya, siapa sangka jika kayu juga bisa dijadikan kerajinan sebagai penghias kaca.

Untuk modelnya sendiri tergolong biasa ya. Polosan. Namun, Apabila Anda memiliki keterampilan dan kemampuan yang mumpuni, Anda bisa loh mengubah kerajinan kayu di pinggiran cermin menjadi lebih menarik.

Misal, dengan menambahkan ukiran. Penggunaan frame ini akan membuat tampilan cermin lebih manis tanpa harus meninggalkan kesan naturalnya.

Gantungan kunci

Gantungan kunci

Kerajinan dari kayu yang lainnya adalah gantungan kunci. Gantungan kunci adalah salah satu kerajinan yang berukuran tergolong kecil. Tak heran apabila banyak yang menyepelekan. Padahal sebenarnya, gantungan kunci memiliki manfaat yang cukup luar biasa loh.

Yakni bisa meminimalisir kunci yang hilang. Atau bahkan, ia akan mempermudah proses pencarian kunci yang hilang Untuk saat ini, ada berbagai macam jenis, model, dan ukuran gantungan kunci.

Ada yang terbuat dari kaca, alumunium, atau bahkan dari kayu. Nah, bagi Anda yang suka dengan kerajinan yang unik, cantik, menarik, dan berbau alam, Anda bisa menggunakan gantungan kunci yang terbuat dari kayu saja.

Di mana, ada berbagai macam bentuk yang bisa dipilih. Bentuknya sendiri terbilang unik-unik dan nggak ngebosenin deh.

Proses pembuatannya juga lumayan mudah. Sehingga sangat memungkinkan untuk Anda coba sendiri di rumah. Agar tampilannya semakin menarik, tambahkan beberapa warna yang cocok.

Nampan Kayu

Nampan Kayu

Nampan merupakan alat yang digunakan untuk menyajikan makanan atau minuman kepada tamu. Selain mendapatkan manfaat dari fungsionalitasnya, nampan juga bisa menjadi dekoratif di rumah. Tidak heran jika akhirnya mulai bermunculan model dan motif nampan di pasaran.

Salah satunya adalah nampan yang terbuat dari kayu. Pecinta kerajinan dari kayu sih wajib tahu ya. Nampan dari kayu ini akan membuat rumah terkesan lebih mewah. Untuk harganya sendiri masih tergolong terjangkau.

Atau, jika tidak ingin membeli, Anda bisa mencoba membuatnya sendiri. Berkreasi, menciptakan nampan versi Anda. Pasti keren tuh.

Asbak

Asbak

Asbak, selain dapat dimanfaatkan sebagai alat penampung sampah atau ampas rokok, ia juga bisa menjadi salah satu dekoratif rumah yang menarik.

Tampilannya yang simpan dapat menyulap ruangan menjadi lebih berwarna. Apalagi kalau ruang tau Anda polosan.

Material kayu yang digunakan mampu memberikan kesan mewah dan alami. Proses pembuatan asbak sendiri tergolong sangat mudah. Bukan hanya itu saja, alat dan bahan yang Anda butuhkan juga sangat mudah didapatkan.

Tatakan gelas

Tatakan gelas

Kerajinan dari kayu yang terakhir adalah tatakan gelas. Pada umumnya, tatakan gelas terbuat dari atom atau besi kan?

Nah, saat ini, tampaknya Anda sudah harus meninggalkan tatakan gelas dari besi atau atom tersebut deh, dan menggantinya dengan tatakan gelas dari kayu.

Hal ini karena kalau dilihat dari segi tampilan, tatakan gelas mempunyai desain dan tampilan yang jauh lebih menarik daripada tatakan gelas lainnya.

Karena selain bisa digunakan untuk menata gelas, tatakan ini juga akan memperindah seisi ruang dapur Anda.

Kesan alaminya menjadikan dapur lebih alami, dan benar-benar nyaman. Sayangnya, masih belum banyak yang menawarkan kerajinan dari kayu satu ini. Sehingga, tidak ada salahnya jika Anda membuatnya sendiri. Pasti keren banget.

Standing Hanger

Standing Hanger

Tingkat kekreatifan tiap orang berbeda-beda. Hal ini yang mengantarkan banyaknya bermunculan kerajinan dari kayu yang unik-unik. Salah satunya adalah standing hanger. Kerajinan satu ini sempat viral beberapa waktu lalu.

Karena tampilannya yang tergolong cukup kece dan kekinian. Mengalahkan hanger-hanger dari besi dan atom yang suda puluhan tahun digunakan. Memang, dari segi harga lebih tinggi daripada hanger lain. Tapi, model dan bentuknya yang unik membuat keduanya menjadi sebanding.

Demikian beberapa kerajinan dari kayu yang bisa Anda coba di rumah. Masing-masing kerajinan tentu mempunyai teknik pembuatan yang berbeda-beda.

Begitupun alat dan bahan yang dibutuhkan. Kerajinan di atas bukan hanya bisa Anda gunakan untuk di rumah saja.

Tapi bisa menjadi ide bisnis yang menarik. Terutama bagi Anda yang lebih senang bekerja di bidang kreatif dan dari rumah saja.

Untuk menghasilkan kerajinan kayu yang baik, diperlukan latihan secara terus menerus, ketelatenan, kreatif, sabar, dan teliti. Apabila Anda bisa menguasai beberapa hal tersebut, kerajinan yang Anda ciptakan akan terus membaik dari waktu ke waktu.

Dan jika sudah demikian, cobalah untuk benar-benar menekuninya, melakukan branding, mempelajari teknik marketing, dan lain sebagainya. Hal ini agar bisnis tersebut terus berkembang ke seluruh pelosok negeri.

Dalam memasarkan produk, coba saja menggunakan marketplace yang ada. Seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, atau yang lainnya.

Atau, tidak ada salahnya juga untuk menawarkan produk tersebut ke tetangga di rumah, ke teman-teman, dan ke grup jual beli di Facebook. Selamat mencoba.

Leave a Reply