Kerajinan Berbasis Media Campuran

Pernah nggak sih kamu mendengar istilah kerajinan berbasis media campuran? Mungkin bagi yang giat mengikuti perkembangan dunia kerajinan sudah tahu, atau bahkan kenal banget dengan kerajinan satu ini ya.

Beda halnya dengan yang benar-benar baru akan mempelajarinya. Oleh karena itu, kali ini, kita akan kupas tentang mengenai kerajinan berbasis media campuran. Mulai dari pengertian hingga contohnya.

Apa Itu Kerajinan Berbasis Media Campuran

Apa Itu Kerajinan Berbasis Media Campuran

Jika ditanya apa itu kerajinan dari kayu atau kerajinan dari bahan bekas mungkin sudah pada tahu ya. Karena memang, dua kerajinan tersebut tergolong sangat umum jika dibandingkan dengan kerajinan yang satu ini.

Bahkan, mungkin di antara kamu ada yang giat mengoleksi atau memproduksi kerajinan dari kayu dan barang bekas tersebut.

Menurut Tim Kemendikbud, kerajinan berbasis media campuran sendiri merupakan kerajinan yang dibuat dengan tujuan untuk mengubah bentuk benda yang awalnya hanya dari satu bahan saja.

Hal ini agar tampilannya lebih menarik. Meskipun ada yang diubah, benda tersebut tetap tidak akan kehilangan fungsi aslinya ya. Atau bahkan, menggantinya dengan memadukan bahan lain.

Contoh yang paling sederhananya adalah perhiasan yang dibuat dari logam. Yang mana, emas tersebut bisa dicampurkan dengan bahan lain. Misal, batu alam.

Tujuannya agar tampilan emas tadi lebih menarik dan banyak masyarakat yang ingin membelinya.

Baca Juga:

Kerajinan Bahan Lunak

Prinsip Kerajinan Berbasis Media Campuran

Prinsip Kerajinan Berbasis Media Campuran

Ketika kamu akan membuat sebuah inovasi, maka dibutuhkan strategi yang matang supaya hasilnya bisa maksimal, sesuai dengan keinginan. Di mana, strategi yang pas dan matang hanya bisa didapatkan dan dibuat ketika kamu sudah paham betul prinsip kerajinan berbasis media campuran.

Nah, apa saja nih prinsipnya? Berikut penjelasannya.

  1. Prinsip yang pertama adalah bahan yang digabung sama sekali tidak mempunyai reaksi kimia tertentu. Jadi, pastikan bahwa bahan yang akan kamu gabungkan tidak memberikan reaksi kimia. Misal, ketika digabungkan akan membuat bahan yang lainnya menjadi terkikis atau bahkan berkarat. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah, bahan-bahan tersebut aman dikreasikan, tidak berbahaya bagi alam dan manusia.
  2. Bahan yang akan digabungkan merupakan bahan homogen maupun heterogen. Seperti bahan alam.
  3. Karena merupakan kerajinan berbasis media campuran, maka kamu meski menggunakan berbagai macam jenis bahan. Bisa dua, tiga, atau bahkan lebih. Untuk berapa banyak bahan yang akan digunakan tergantung dengan rancangan dan juga kebutuhan produk yang akan kamu buat nantinya. Semakin rumit, tentu akan semakin banyak jenis bahan yang dibutuhkan. Ia kan? Begitupun sebaliknya.
  4. Prinsip lainnya ialah, terjalin atau terjadinya harmonisasi dan kesatuan ketika penggabungan beberapa bahan dilakukan.
  5. Prinsip yang terakhir adalah bahan yang akan digunakan meski mempunyai karakteristiknya masing-masing, yang nantinya akan menciptakan sebuah keindahan produk yang kamu ciptakan. Adapun tujuan lain dari kombinasi beberapa karakteristik bahan ialah untuk membuat produk lebih awet, kuat, dan aman.

Contoh Kerajinan Berbasis Media Campuran

Contoh Kerajinan Berbasis Media Campuran

Setelah pembahasan penting di atas, selanjutnya akan dibahas mengenai contoh kerajinan berbasis media campuran. Kira-kira, apa saja sih contohnya?

Secara umum, ada banyak sekali contoh kerajinan berbasis media campuran yang bisa kamu temukan di masyarakat. Atau bahkan, kamu pernah menemukannya secara tidak langsung.

Nah, dalam proses pembuatannya, dibutuhkan keterampilan, keuletan, dan keseriusan ya. Sehingga, jika kamu berniat ingin menggeluti bidang ini, alangkah baiknya jika benar-benar serius. Yang mana, wujud dari ‘serius’ ini adalah dengan terus berlatih.

Semakin sering kamu berlatih, maka hasilnya akan maksimal. Yang nantinya, produk tersebut bukan hanya bisa kamu gunakan sendiri, melainkan bisa juga ditawarkan atau dijual kepada orang lain karena bernilai jual. Keren kan?

Wayang

Wayang

Contoh kerajinan berbasis media campuran yang pertama adalah wayang. Kamu pasti nggak asing dong dengan wayang. Baik itu wayang golek, wayang suket, atau wayang kulit. Terutama buat yang tinggal di daerah Jawa.

Kita ambil contoh yang wayang golek ya. Jadi, wayang golek ini berasal dari Jawa Barat. Proses pembuatanya menggabungkan beberapa jenis bahan.

Seperti kayu dengan kain. Di mana, kedua bahan tersebut adalah bahan pembuatan yang utama, atau dasarnya. Sementara untuk wayang yang versi modernnya sudah ditambahkan atau digabungkan dengan bahan lain.

Misal, rambut sintetis yang dibuat dari plastic. Bahkan, alat kesenian dari daerah Jawa ini sangat memungkinkan untuk dideformasi.

Caranya adalah dengan menghilangkan kemampuan wayang tersebut untuk digerakkan. Sehingga, ia hanya akan menjadi benda pajangan saja. Keren kan?

Perhiasan

Perhiasan

Contoh yang kedua adalah perhiasan. Mulai dari cincin, gelang, hingga kalung. Siapa sangka, jika ternyata, perhiasan yang cantik ini juga merupakan salah satu bentuk kerajinan berbasi media campuran loh.

Justru, perhiasan juga menjadi salah satu contoh kerajinan berbasi media campuran yang sangat umum. Ia dibuat dengan menggabungkan bahan berupa logam dengan batu.

Contoh pada cincin. Agar tampilannya tidak polosan, ditambahkanlah berlian di bagian atas cincin tersebut.

Baca Juga:

Kerajinan Bahan Keras

Keris dan Kujang

Keris dan Kujang

Dulu, senjata merupakan perlengkapan yang digunakan untuk banyak hal. Perang misalnya. Namun untuk saat ini, tampaknya senjata bukan lagi sekedar alat untuk berperang atau yang lainnya.

Tapi juga dijadikan sebagai salah satu hiasan untuk dipajang di sebuah ruangan. Dan ternyata, banyak loh masyarakat yang menyukainya.

Senjata berupa keris dan kujang ini terbuat dari perpaduan antara logam dengan kayu loh. Dan kadang-kadang, masih digabungkan lagi dengan kulit yang kerap dijadikan sebagai penutup senjata tersebut.

Ada juga yang menambahkan batu alam untuk hiasan keris atau kujang. Menarik sekali bukan?

Tas

Tas

Kerajinan berbasis media campuran berikutnya adalah tas. Untuk saat ini, tas menjadi salah satu aksesoris yang banyak digunakan masyarakat Bahan pembuatannya tergolong sangat bervariasi.

Ada yang menggunakan logam dan kain untuk pembuatan tas permanen, dan ada juga yang terbuat dari kertas, pita, dan plastic. Atau yang lainya.

Selain mempunyai nilai guna, kerajinan satu ini juga sangat pas untuk dijadikan pajangan loh di rumah.

Akssoris (Bando, Bros, dan Manik – Manik)

Akssoris (Bando, Bros, dan Manik - Manik)

Bagi seorang wanita, aksesoris merupakan perlengkapan yang tidak boleh dilupakan. Terlebih lagi manik-manik. Ia kan?

Yang mana, nyaris semua aksesoris dibuat dengan menggunakan prinsip kerajinan berbasis media campuran. Adapun benda yang dicampurkan beragam ya. Mulai dari plastic dengan logam atau yang lainnya.

Sandal

Sandal

Contoh kerajinan berbasis media campuran lainnya adalah sandal. Pada umumnya, sandal dibuat dengan memadukan beberapa bahan-bahan.

Seperti karet, kulit, plastik, bambu, dan kain. Bahkan, ada juga loh sandal yang menggunakan batu alam, kemudian memadukannya dengan bahan lain.

Dan biasanya, sandal model ini bisa kita temukan pada sandal-sandal tradisional yang sering digunakan ketika ada acara adat. Misal, saat prosesi pernikahan.

Diaroma

Diaroma

Ada yang pernah mendengar kata diaroma? Diaroma merupakan model 3 dimensi yang mengilustrasikan atau merepresentasikan sebuah tokoh atau kejadian tertentu di sebuah museum.

Bagi Anda yang pernah ke museum, pasti pernah melihat diaroma. Dan biasanya, kerajinan berbasis media campuran ini terdiri dari bangunan, patung, lukisan yang dijadikan sebagai latar belakangnya.

Dalam proses pembuatan diaroma, dibutuhkan banyak bahan. Yang nantinya akan digabungkan sehingga menghasilkan sebuah kerajinan yang memukau.

Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan seperti, plastik, kayu, kain, cat, logam, dan lain sebagainya. Perpaduan antara berbagai macam bahan tersebut berhasil membuat siapapun terpukau.

Karena ternyata, hasilnya memang tidak main-main loh. Sempurna banget.

Cendera Mata

Cendera Mata

Ketika sedang berlibur ke luar kota, kamu kerap mencari oleh-oleh atau cendera mata yang akan diberikan kepada teman atau saudara di kampung. Ia kan?

Nah, tahukah kamu, bahwa ternyata, cendera mata ini merupakan salah satu contoh kerajinan berbasis media campuran loh.

Untuk bentuknya sendiri beragam. Perpaduan antara benda-benda pembuatnya membuat cinderamata bisa tampil cantik dan memukau.

Mainan

Mainan

Sampai saat ini, jenis dan model mainan yang kita temukan aka terus bertambah. Hal  yang paling menarik adalah, banyak sekali jenis mainan yang dibuat dengan menggunakan konsep kerajinan berbasis media campuran.

Terutama mainan yang jenisnya action figure. Nah, adapun bahan yang biasanya dicampurkan bisa berupa karet dengan plastik.

Selain itu, ada pula permainan yang dibuat dengan menggabungkan kayu dan kulit jeruk bali. Da biasanya, permainan-permainan yang mengandalkan bahan alam adalah mainan tradisional.

Boneka

Boneka

Jika kita perhatikan sekilas, boneka tampak seperti sebuah kerajinan yang dibuat hanya dengan 1 bahan. Padahal sebenarnya, benda satu ini termasuk ke dalam kerajinan berbasis media campuran loh.

Karena agar bisa tampil cantik dan maksimal, boneka tidak bisa dibuat hanya mengandalkan 1 bahan saja. Tapi butuh bahan lain. Misalnya adalah kain dan isian.

Selain itu, ia juga membutuhkan bahan lain seperti campuran plastic untuk beberapa bagiannya.

Guci

Guci

Kerajinan berbasis media campuran berikutnya adalah guci. Guci merupakan salah satu kerajinan yang kerap digunakan sebagai hiasan di setiap rumah.

Karena bentuknya yang terbilang cukup unik dan nyentrik. Ia juga mampu menyulap sebuah ruang tamu menjadi lebih manis. Dan biasanya, akan sangat mudah kamu temukan di rumah-rumah minimalis.

Selain bisa dijadikan sebagai hiasan, kerajinan satu ini juga kerap digunakan sebagai wadah penyimpanan barang-barang berharga.

Hal ini karena kedalamannya yang lumayan. Kerajinan satu ini dibuat dengan menggabungkan beberapa bahan. Mulai dari logam, tanah, dan benda lainnya yang akan dijadikan sebagai hiasan. Tergantung produsennya.

Sapu

Sapu

Sapu merupakan benda yang pasti ada di setiap rumah. Di mana, ia mempunyai fungsi utama yakni untuk digunakan membersihkan rumah ataupun ruangan yang sudah kotor.

Dengan adanya sapu, kegiatan membersihkan rumah akan menjadi lebih cepat dan mudah. Dulu, sapu hanya memiliki beberapa model saja.

Namun kini, kamu bahkan bisa menemukan banyak sekali model sapu di pasaran. Mulai dari yang paling cantik hingga yang paling sederhana.

Dan biasanya, agar tampilan sapu menjadi lebih cantik dan tahan lama, gabungkanlah beberapa bahan. Jadi, benda ajaib yang kerap kamu gunakan sehari-hari tersebut adalah salah satu contoh kerajinan berbasis media campuran ya.

Pigura

Pigura

Pigura adalah salah satu hiasan rumah yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat. Apalagi nih, makin ke sini, makin banyak banget model dan jenisnya. Ia kan?

Mulai dari yang ukurannya besar hingga yang paling kecil, mulai dari yang berbentuk persegi hingga yang berbentuk lingkaran.

Selain semakin berkembangnya bentuk dan model pigura, ternyata, bahan pembuatnya juga berubah loh. Dari yang awalnya sangat sederhana menjadi lebih kompleks. Nggak heran deh kalau kemudian, bisnis satu ini semakin banyak digeluti di pasaran.

Terlebih lagi dengan mulai banyaknya hiasan tambahan. Misal, dengan menambahkan lampu cantik di bagian pinggirnya, atau yang lainnya.

Jika kamu merasa cukup kreatif, tampaknya pigura bisa menjadi salah satu kerajinan berbasis media campuran yang kamu tekuni. Karena selain proses pembuatannya yang mudah, peluangnya juga sangat banyak loh.

Vas Bunga

Vas Bunga

Punya banyak koleksi bunga di rumah, tapi bosan dengan vas bunga yang kesan nya itu-itu saja? Tampaknya, kamu meski mulai beralih menggunakan vas bunga yang terbuat dari bahan bekas deh.

Dengan menerapkan prinsip kerajinan berbasis media campuran membuatnya lebih cantik. Bahkan, selain mempunyai tampilan yang cantik, vas bunga ini juga tergolong sangat unik.

Dan masih belum begitu banyak digunakan dan diproduksi oleh masyarakat. Sentuhan seninya membuat boto plastic tersebut menjadi lebih bermanfaat.

Untuk modelnya juga lucu-lucu banget loh. Nggak heran kalau akhirnya nilai jual  vas bunga ini juga terbilang cukup tinggi.

Hiasan Dinding

Hiasan Dinding

Dinding, merupakan salah satu elemen rumah yang sangat pas untuk dihias dengan berbagai macam benda. Salah satunya adalah dengan kerajinan berbasis media campuran.

Pada umumnya hiasan dinding yang merupakan kerajinan berbasis media campuran ini dibuat dengan menggunakan barang bekas yang ada di sekitar.

Dan hiasan dinding yang banyak digunakan adalah potongan kayu dengan batu. Dua benda ini dapat membuat dinding rumah kamu lebih estetik dan unik banget.

Selain dua benda tersebut, kamu bisa kok memanfaatkan dan menggabungkan benda bekas lainnya. Tinggal tambahkan saja sedikit aksesoris, kemudian kreasikan sekreatif mungkin. Maka hasilnya nggak bakalan mengecewakan deh. Nggak kalah menariknya dengan kerajinan lainnya.

Tirai Hias

Tirai Hias

Kerajinan berbasis media campuran yang terakhir adalah tirai hias. Salah satu contoh tirai hias yang pas banget untuk kamu pilih adalah yang terbuat dari kerang atau batu.

Di mana, bahan-bahan tersebut akan membuat tirai tersebut lebih baik daripada tirai pada umumnya. Tirai ini dapat kamu pasang ke manapun.

Mulai dari pintu kamar, atau bahkan partisi ruangan. Bebas deh. Karena di bagian manapun kamu letakkan, ia akan tetap tampil maksimal dalam memperindah ruangan.

Dalam proses pembuatannya tentu ada bahan campuran atau bahan gabungan yang meski kamu miliki. Seperti batu hias, kerang yang unik, dan juga benang.

Usahakan menggunakan benang yang kuat. Benang ini nantinya akan menjadi pengait antara bahan-baan utama tersebut.

Jika sudah mengumpulkan bahan-bahan tadi, kamu bisa langsung menyusunnya memanjang. Sesuaikan dengan tinggi pintu rumah atau pun partisi ruangan kamu.

Selain menggunakan kedua bahan alam di atas, tirai hias ini juga bisa banget kamu buat dengan memanfaatkan bahan-bahan lain.

Karena memang untuk mendapatkan kedua bahan alam tersebut tergolong cukup sulit kan. Gunakan dan manfaatkan saja bahan-bahan yang ada di rumah.

Lalu kombinasikan hingga menjadi sebuah tirai hias yang indah, unik, dan menarik. Gampang kan?

Akhir Kata

Demikian beberapa penjelasan mengenai kerajinan berbasis media campuran, lengkap dengan beberapa contoh yang bisa kamu coba di rumah. Cobalah untuk membuat yang paling sederhana ya. Selamat mencoba.

Leave a Reply