Kerajinan Bahan Lunak

Pernahkah kalian melihat kerajinan tangan bahan lunak? Pasti kita sering melihat beberapa benda kerajinan yang unik dan menarik.

Contohnya kerajinan seperti keramik, guci, dan yang lain sebagainya. Nah keramik dan guci ini adalah salah satu kerajinan dari bahan lunak yang sering kita temui di rumah.

Untuk proses pembuatannya sendiri tidak bisa di bikin sembarangan, ya kita membutuhkan beberapa teknik dalam membuat kerajinan dari bahan lunak tersebut.

Perlu diketahui juga bahwa bahan lunak sendiri terdiri dari beberapa jenis, ada bahan lunak alami dan bahan lunak buatan.

Berikut ini akan kami bahas beberapa jenis kerajinan bahan lunak baik dari buatan dan alami. Simak selengkapnya.

Pengertian Kerajinan Bahan Lunak

Pengertian Kerajinan Bahan Lunak

Kerajinan bahan lunak yaitu kita mengerjakan sebuah kerajinan yang bahan dasarnya itu menggunakan bahan-bahan dasar yang bersifat lunak.

Ada 2 bentuk dasar utama dalam mengerjakan kerajinan bahan lunak ini, yaitu bentuk dua dimensi dan bentuk tiga dimensi.

Artinya apa? Pada kerajinan dua dimensi, kita akan menghasilkan kerajinan yang hanya dapat dilihat dari satu arah saja, dan bentuk dua dimensi ini tidak memiliki volume.

Sebaliknya, pada kerajinan tiga dimensi, kita bisa membuat kerajinan yang dapat kita lihat dan nikmati dari berbagai macam sudut, dan dia mempunyai volume.

Nah selain penjelasan di atas, perlu digaris bawahi bahwa kerajinan bahan lunak adalah sebuah produk kerajinan tangan yang menggunakan bahan dasar yang bersifat lunak.

Artinya apa? kerajinan bahan lunak adalah sebuah karya atau produk seni yang dibuat dengan bahan dasar dan utamanya ialah bahan-bahan yang mempunyai tekstur lunak atau mudah dibentuk yang menarik dan unik.

Baca juga:

Cara Menjadi Reseller

Cara Membuat Kerajinan Bahan Lunak

Cara Membuat Kerajinan Bahan Lunak

Cara membuat kerajinan tangan bahan lunak, untuk bisa atau ahli dalam mengerjakan sebuah karya, kita harus mengetahui teknik-teknik dalam pembuatannya.

Nah berikut ini ada hal yang harus benar-benar kalian perhatikan, supaya karya yang kita kerjakan mendapatkan hasil yang maksimal, simak poin-poin berikut ini:

Mengukir

Teknik mengukir adalah suatu kegiatan yang di hasilkan dengan cara mengukir, contohnya seperti memahat, menggores, dan menoleh pola pada permukaan benda yang akan kita ukir.

Nah kebanyakan teknik ini juga dilakukan pada kerajinan yang berbahan dasar kayu, namun teknik ini juga bisa digunakan pada bahan lunak seperti lilin atau juga sabun padat.

Menenun

Teknik menenun adalah teknik membuat suatu barang dengan proses menenun, dengan cara memasuk-masukkan benang pakan dari persilangan dua set benang secara melintang pada benang-benang lungsin (benang lusi).

Untuk membuat kerajinan dengan teknik menenun menggunakan alat yang biasa disebut dengan langsing atau pakan.

Menganyam

Teknik menganyam merupakan proses menyilangkan bahan berupa lidi, rotan, bambu, akar, janur membentuk satu rumpun yang kuat.

Menganyam adalah salah satu kerajinan tangan yang dilakukan oleh masyarakat di pedesaan. Contoh produk anyaman yaitu seperti tikar, bakul, dan kipas.

Pada teknik ini biasanya sering digunakan dalam membuat suatu karya bahan lunak dengan karakteristik tertentu.

Membentuk

Ada beberapa cara untuk membuat kerajinan tangan dengan teknik membentuk ini, antara lain.

  • Teknik Memutar

Pada teknik ini biasanya akan menggunakan alat putar yang bisa menghasilkan banyak sekali bentuk yang simetris, bulat serta silindris dan bervariasi.

Nah, teknik memutar ini biasanya sering sekali dipakai oleh para pengrajin keramik.

  • Teknik Coil (Lilit Pilin)

Untuk melakukan proses pembentukan menggunakan teknik coil ini, caranya cukup mudah, yaitu cukup menggunakan tangan langsung di pijat dengan jari dan pembentukannya pun sesuai dengan apa yang kita inginkan.

  • Teknik Cetak

Menggunakan teknik cetak ini terdapat dua cara pembentukan untuk suatu kerajinan dari bahan lunak, yaitu : sekali cetak atau crie verdue dan cetak berulang atau bivalve.

  • Teknik Bordir

Membordir adalah salah satu teknik menghias kain yang dikerjakan menggunakan mesin jahit atau mesin bordir.

Membordir ialah suatu hiasan dari benang agar dibordir pada kain. Kata lain yang hampir sama dengan kata membordir yaitu sulam.

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, kerajinan tangan bahan lunas ada 2 macam bahan unsur utama, yaitu 1 yang menggunakan bahan dasar alami, dan 2 menggunakan bahan dasar buatan.

Mari kita pelajari di bawah ini!

Kerajinan Bahan Lunak Menggunakan Bahan Alami

Kerajinan Bahan Lunak Menggunakan Bahan Alami

Sesuai judulnya, bahan lunak alami yaitu bahan yang kita gunakan untuk kerajinan dengan menggunakan bahan dasar dari alam atau bahan lunak dari alam yang cara pengolahannya masih alami.

Nah, biasanya bahan lunak alami ini selain mudah untuk didapatkan, biayanya juga akan lebih terjangkau. Berikut ini contoh kerajinan lunak menggunakan Bahan dasar alam.

Bahan Lunak Alami Kulit

Kerajinan kulit adalah sebuah karya kerajinan yang menggunakan kulit untuk menjadi bahan dasar utama, kulit yang bagus, siap digunakan biasanya sudah disamak atau disucikan, kulit mentah atau juga kulit sintetis.

Kulit hewan yang dipakai biasanya berasal dari kulit:

  • Buaya
  • Harimau
  • Ular
  • Sapi
  • dan lain-lain.

Contoh kerajinan lunak dari kulit antara lain seperti:

  • Dompet
  • Tas
  • Jaket
  • Sepatu
  • Wayang
  • dan lain sebagainya.

Berikut contoh gambar dari kerajinan lunak dengan menggunakan kulit:

“Biasanya karya kerajinan dari kulit diproses menggunakan teknik ukir atau teknik jahit.”

Bahan Lunak Alami Tanah Liat

Tanah liat adalah bahan lunak yang bisa kita gunakan untuk berbagai jenis kerajinan. Tanah liat ini terbentuk dari proses pelapukan kerak bumi.

Karakteristik atau ciri-ciri dari tanah liat itu ialah:

  1. Sulit menyerap air
  2. Memiliki tekstur tanah yang lengket apabila basah
  3. Kuat menyatu dengan tanah jenis lain.

Tentunya kita juga sering melihat kerajinan dari tanah liat ini, seperti:

  • Gerabah
  • Tembikar
  • Guci
  • Vas bunga
  • Genteng
  • Keramik
  • dan lain sebagainya.

Berikut contoh gambar dari kerajinan lunak menggunakan tanah liat:

Bahan Lunak Alami Tanah Liat Bahan Lunak Alami Tanah Liat Bahan Lunak Alami Tanah Liat

“Maka dari itu, tanah liat ini sangat cocok untuk dijadikan bahan dasar dalam pembuatan kerajinan bahan lunak.”

Bahan Lunak Alami Serat Alam

Kerajinan serat alam adalah suatu kerajinan yang menggunakan serat alam sebagai bahan utama dan teknik pembuatan kerajinan ini pada umumnya dibuat dengan cara menganyam.

Contoh dari kerajinan dari serat alam ini juga mempunyai nilai jual yang tinggi, beberapa contohnya ialah:

  • Tas
  • Tempat lampu
  • Alas meja
  • Topi
  • Dompet
  • Figura
  • dan lain-lain.

Berikut contoh gambar kerajinan lunak menggunakan bahan dasar serat alam:

Bahan Lunak Alami Serat Alam Bahan Lunak Alami Serat Alam Bahan Lunak Alami Serat Alam

“Serat alam adalah bahan serat yang berasal dari bahan-bahan yang ada di alam, seperti dari hewan dan tumbuhan.”

Kerajinan Bahan Lunak Menggunakan Bahan Buatan

Kerajinan Bahan Lunak Menggunakan Bahan Buatan

Bahan lunak buatan merupakan suatu bahan yang didapatkan melalui beberapa tahap-tahap proses sehingga menjadi bahan lunak yang bisa dibentuk menjadi benda kerajinan.

Bahan lunak buatan juga cenderung lebih mahal dibandingkan dengan bahan alami karena pembuatannya menggunakan bahan-bahan kimia.

Berikut Contoh Kerajinan Lunak Bahan Buatan:

Bahan Lunak Buatan Sabun

Sabun adalah bahan lunak buatan yang dihasilkan dari zat kimia tertentu. Sabun ini bisa diolah dengan dua cara yaitu:

  1. Diukir dan diparut hingga menjadi bubuk lalu di buat adonan baru seperti membuat plastisin.
  2. Dicetak saat sabun masih dalam adonan cair.

Hasil karya kerajinan dari sabun juga tidak kalah unik dan menarik. Karya kerajinan ini dapat dijadikan hiasan di rumah dengan cara diukir menyerupai bentuk-bentuk menarik sesuai yang kita inginkan.

Berikut contoh gambar kerajinan lunak menggunakan sabun:

Bahan Lunak Buatan Sabun Bahan Lunak Buatan Sabun Bahan Lunak Buatan Sabun

Bahan Lunak Buatan Gips

Gips adalah bahan mineral yang di dalamnya terdapat zat hidrat kalsium, sulfat, karbonat, sulfat nitrat dan lainnya. bentuk Gips pada umumnya yaitu bubuk lalu kemudian dicampur dengan air, supaya menjadi adonan kental.

Jika didiamkan, adonan ini akan berubah mengeras

Kerajinan gips adalah sebuah kerajinan yang menggunakan bahan baku utama gips. Maka dari itu gips dalam proses pengerasannya akan terasa panas.

Agar dapat terbentuk sesuai dengan apa yang kita inginkan, prosesnya harus dicairkan terlebih dahulu, kita sebaiknya membuat model terlebih dahulu baru dicetak menggunakan cetakan.

Berikut ini contoh kerajinan yang berbahan dasar gips antara lain ialah hiasan dinding, patung dan mainan. Berikut contoh gambarnya:

Bahan Lunak Buatan Gips Bahan Lunak Buatan Gips Bahan Lunak Buatan Gips

Bahan Lunak Buatan Lilin

Bahan lunak yang terbuat dari lilin sebenarnya adalah bahan dari parafin, dan parafin adalah bahan lunak yang diperoleh dari hasil olahan minyak bumi.

Bentuk parafin biasanya berupa lempengan. Namun, ada juga parafin yang berbentuk butiran. Lalu kemudian di olah menjadi sebuah kerajinan, dan kerajinan yang biasanya dibuat dengan parafin yaitu lilin hias.

Pembuatan kerajinan berbahan dasar lilin ini cukuplah sederhana dan mudah, dan semua orang tentunya bisa melakukannya.

Pertama kita harus mencairkannya dengan proses pemanasan di atas api. Agar lebih mudah kita membentuknya menjadi suatu produk kerajinan yang unik dan menarik atau seperti yang kita inginkan.

Selanjutnya lilin yang sudah mencair tersebut tinggal di cetak menggunakan tempat atau cetakan yang di inginkan. Biasanya teknik pembuatan kerajinan lilin ini menggunakan teknik ukir dan teknik cetak.

Berikut contoh gambar kerajinan menggunakan bahan buatan lilin:

Bahan Lunak Buatan Lilin Bahan Lunak Buatan Lilin Bahan Lunak Buatan Lilin

Bahan Lunak Buatan Clay

Dalam bahasa Indonesia, clay artinya tanah liat. Clay identik dengan sebuah karya kerajinan tangan dan mainan anak-anak.

Nah, biasanya clay ini dibuat menggunakan tanah liat atau tanah lempung yang menjadi bahan utamanya. Kini bisa membuat clay dengan menggunakan bahan dasar seperti tepung.

Nah yang akan kita gunakan ini adalah Polimer clay, yaitu salah satu tanah liat yang dapat mengeras dan mengandung bahan dasar polymer polyvinyl chloride.

Walaupun sebenarnya tidak ada kandungan tanah liat di dalamnya, namun PVC ini memiliki sifat yang sama dengan tanah liat dan mudah dibentuk.

Polimer clay ini akan mengeras jika kita panaskan. Selain itu polimer clay bisa diwarnai sesuai dengan yang kita inginkan, maka dari itu bahan ini cocok sekali untuk dijadikan sebagai benda kerajinan.

Agar hasil menjadi rapi dan indah, pastikan kita membuat bentuk-bentuk yang kecil dengan detail terlebih dahulu. Membuat kerajinan dari clay ini juga bisa menggunakan alat bantu cetakan yang biasanya dijual di toko-toko.

Berikut ini contoh gambar kerajinan dari bahan dasar clay:

Bahan Lunak Buatan Clay Bahan Lunak Buatan Clay Bahan Lunak Buatan Clay Bahan Lunak Buatan Clay

“Dari polimer clay ini kita bisa membuat kerajinan seperti boneka animasi, sampel produk, maket, lukisan relief, hingga pernak-pernik dapur.”

Manfaat Kerajinan Bahan Lunak

Manfaat Kerajinan Bahan Lunak

Kerajinan lunak tentu memiliki banyak sekali manfaatnya, selain untuk hiasan, banyak juga orang yang mengandalkan penghasilan dari bisnis kerajinan ini, berikut ini beberapa manfaat dari kerajinan bahan lunak:

Fungsi Ekonomis

Ternyata selain mempunyai nilai seni yang tinggi, kerajinan ini juga mempunyai nilai ekonomis. Membuat karya kerajinan dan mampu berinovasi, bisa menjadi sebuah pekerjaan yang menyenangkan, dan tentunya membuka peluang menciptakan lapangan pekerjaan.

Karya seni yang memiliki nilai artistik yang tinggi bisa laku dengan harga yang fantastis. Tentunya kerajinan ini bisa kita jadikan sumber penghasilan juga nantinya.

Fungsi Pakai

Produk yang dihasilkan dari kerajinan ini mempunyai fungsi pakai, nah biasanya produk ini dipakai sebagai wadah, alat ataupun perlengkapan busana.

Untuk menjadikan produk yang kita kerjakan menjadi benda pakai, kita harus mengutamakan target produk jadinya seperti apa, lebih ke manfaat penggunaannya nanti, adapun keindahan atau estetika hanya sebagai elemen pendukung.

Fungsi Hiasan

Nah untuk mencapai fungsi hiasan, kita harus mengutamakan keindahan di banding kegunaan. Fungsi kerajinan lunak sebagai benda hias dibuat hanya untuk dijadikan pajangan dan hiasan atau elemen estetis.

Kita pasti sering melihat contoh dari kerajinan lunak dengan fungsi ini, antara lain seperti guci, patung, dan lain sebagainya.

Karakteristik Kerajinan Bahan Lunak

Karakteristik Kerajinan Bahan Lunak

Kerajinan bahan lunak adalah sebuah hasil karya atau produk kerajinan yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar yang bersifat lunak.

Sama seperti kerajinan pada umumnya, kerajinan bahan lunak juga memiliki jenis dan karakteristik tersendiri. Nah, berikut ini beberapa karakteristiknya:

  1. Mudah dibentuk
  2. Bahan lunak sangat mudah terurai oleh tanah
  3. Tanpa memerlukan alat yang banyak saat membuatnya
  4. Bahan lunak bisa didapatkan dari alam yang berada di sekitar dan tentunya tidak membutuhkan banyak biaya.
  5. Mudah disesuaikan dengan alam sekitar, artinya karya yang dihasilkan tersebut dari bahan lunak tidak akan mudah hancur sesuai dengan alam sekitar.

Prinsip Kerajinan Bahan Lunak

Prinsip Kerajinan Bahan Lunak

Bahan lunak sebagai bahan kerajinan juga mempunyai prinsip-prinsip antara lain ialah:

  • Prinsip Keterampilan Tangan

Pada bagian ini tahapan pembuatan kerajinan hanya akan menggunakan tangan-tangan yang handal sebagai tenaga manual dalam proses pembuatan kerajinan, walaupun kerajinan yang diperlukan banyak.

  • Prinsip Keterampilan Teknik

Dalam prinsip ini proses pembuatan kerajinan akan dilakukan secara terus menerus berdasarkan pada kecakapan teknik. Biasanya kerajinan yang dihasilkan juga memiliki ciri khas tertentu, detail, dan terkesan yang rumit.

  • Prinsip Tradisional

Dalam prinsip ini proses pembuatan kerajinan yang dibuat akan lebih mengutamakan nilai guna yang mempunyai sifat umum, akan tetapi masih dipengaruhi dengan nilai-nilai tradisional maupun adat istiadat.

Penutup

Kerajinan bahan ini akan mempunyai nilai jual yang tinggi karena bentuknya yang unik dan menarik. Selain digunakan sebagai benda hias, kerajinan dari bahan lunak juga bisa digunakan untuk beberapa keperluan.

Demikian penjelasan mengenai kerajinan bahan lunak, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

2 Comments

Leave a Reply