Kerajinan Bahan Keras

Kerajinan Bahan Keras -Secara sederhana, kerajinan bahan keras bisa kita artikan sebagai kerajinan yang dibuat dari bahan yang sifatnya keras.

Dan biasanya, ia dibagi menjadi 2 bentuk. Yakni yang kerajinan bahan keras alami dengan buatan. Kerajinan satu ini biasanya mempunyai tampilan yang sangat menarik.

Hingga tak jarang jika banyak banyak masyarakat yang menyukainya. Karena selain menarik, ia juga unik, detail, dan biasanya mengandung makna yang filosofis.

Apalagi jika kerajinan satu ini dikerjakan oleh orang yang memang sudah terampil dan terbiasa membuatnya. Selain bisa digunakan sendiri, kerajinan ini juga mempunyai nilai ekonomi yang tinggi.

Sehingga bisa menjadi ladang keuangan bagi orang-orang kreatif. Adapun contoh dari bahan keras yang bisa disulap menjadi kerajinan adalah:

  • Logam
  • Kaca
  • Besi
  • Kawat
  • Semen
  • Kayu
  • Rotan
  • Timah
  • Tulang
  • Batu
  • Kerang
  • Pasir
  • Biji-bijian
  • Dan masih banyak lagi.

Jenis Bahan Keras

Jenis Bahan Keras

Sebagaimana telah disebutkan di atas, bahwa kerajinan bahan keras terbagi menjadi 2. Sama seperti kerajinan bahan lunak, yakni ada yang alami dan buatan.

Bahan keras alami ini menggunakan bahan utama yang ada di alam, dan meski melewati proses pengolahan. Hanya saja, proses pengolahan tidak sampai mengubah bentuknya.

Contohnya ada rotan, kayu, bambu, tulang, pasir, batu, kerang, dan bahan alam lainnya. Sementara bahan keras yang buatan terbuat dari bahan-bahan yang sudah melewati proses pengolahan berulang.

Hal ini agar teksturnya menjadi keras dan bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan kerajinan. Misalnya, logam, besi, kaca, kawat, semen, kaleng, dan timah.

Teknik Pembuatan

Teknik Pembuatan

Adapun teknik pembuatan kerajinan bahan keras ini terbilang sangat beragam. Biasanya, tergantung dengan bahan yang Anda gunakan.

Dan jika ingin menghasilkan sebuah kerajinan yang menarik, Anda meski menguasai teknik pembuatannya dengan baik. Hal ini agar hasilnya maksimal dan mempunyai daya tarik.

Teknik-teknik tersebut adalah teknik anyam, las, patri, ukiran, cor atau tuang dan cetak, tuang berulang atau bivalve. tuang sekali pakai, ukir tekan, hingga teknik sketsa.

Perlu dipahami, bahwa setiap bahan yang akan Anda gunakan membutuhkan teknik yang tepat. Tidak perlu memaksakan menggunakan teknik lain yang sebenarnya tidak cocok dengan bahan tersebut. Karena akan berpengaruh terhadap hasilnya.

Contoh Kerajinan Bahan Keras

Jika Anda penasaran dengan contoh dari kerajinan keras ini, berikut adalah beberapa contoh yang mungkin bisa Anda jadikan sebagai inspirasi ketika akan berkarya.

Lemari

Lemari Kerajinan Bahan keras

Kerajinan keras yang pertama adalah lemari. Di mana, kerajinan satu ini terbuat dari bahan keras berupa kayu. Materialnya sendiri bisa didapatkan dengan mudah di Indonesia.

Hal ini karena Indonesia mempunyai hutan yang sangat luas, dan menjadi sumber bahan keras yang utama. Untuk kayu yang digunakan tergolong beragam.

Mulai dari kayu mahoni, jati, waru, sawo, nangka, dan jenis kayu yang lainnya. Dalam membuat kerajinan yang terbuat dari kayu, maka teknik yang pas untuk diterapkan adalah pahat dengan ukir.

Meja

Meja Kerajinan Bahan Keras

Kerajinan yang juga terbuat dari bahan keras berupa kayu adalah meja. Ya, untuk saat ini, Anda bisa melihat bahwa meja telah hadir dengan berbagai model dan ukuran.

Ada yang terlihat biasa saja, dan ada pula yang terlihat sangat menarik karena ukiran-ukirannya. Semakin detail dan rumit pembuatannya, maka akan semakin mahal nilai jualnya.

Untuk teknik yang digunakan, sama seperti pembuatan lemari. Yakni dengan cara pahat ataupun ukir. Dan sebenarnya, kerajinan lain yang terbuat dari kayu juga menggunakan teknik tersebut. Seperti pernak pernik, kursi, dan lain sebagainya.

Wadah Lilin ala Tumblr dari Kaleng

Wadah Lilin ala Tumblr dari Kaleng

Salah satu kerajinan bahan keras yang cukup terkenal adalah wadah lilin yang dibuat ala-ala tumblr. Proses pembuatannya menggunakan kaleng sebagai bahan utama.

Kerajinan bahan keras satu ini mempunyai nilai jual yang tinggi loh. Karena begitu lilin dihidupkan, ia akan menciptakan sebuah bayangan yang sangat estetik.

Persis seperti dekorasi ala tumblr loh. Kabar baiknya, kerajinan satu ini bisa Anda buat dengan mudah di rumah. Bahkan, alat dan bahan pembuatnya juga sangat mudah ditemukan.

Karena ia hanya  mengandalkan barang bekas. Seperti kaleng yang sudah tidak digunakan, kemudian paku, dan juga palu. Hal pertama yang meski Anda lakukan adalah dengan menentukan objek yang akan dibuat. Selanjutnya, buatlah lubang dengan memakai paku dengan palu.

Dekorasi Dinding Logam yang Elegan

Dekorasi Dinding Logam yang Elegan

Kerajinan bahan keras selanjutnya adalah kerajinan yang terbuat dari logam. Yang nantinya, bisa Anda jadikan sebagai dekorasi dinding. Dan ternyata, logam menjadi salah satu hiasan yang sangat cantik jika dijadikan sebagai dekorasi dinding loh.

Karena bentuknya yang lingkaran, dan lekukannya membuat tampilannya lebih elegan. Sementara itu, bagian tepinya yang berwarna emas akan menambah keindahan tersebut. Agar tampilannya lebih menarik, Anda bisa menghias bagian tengahnya.

Caranya adalah dengan memberikan bagian tengahnya dengan cat yang berwarna cerah. Buat saja warna-warni. Sementara sebagian yang lainnya bisa Anda buat dengan pola berkonsep simetris.

Anda bisa meletakkan kerajinan satu ini di bagian ruang tamu atau ruang keluarga. Kapan lagi kan bisa menghias rumah secara maksimal hanya dengan mengandalkan logam saja?

Menyatukan Kayu Jadi Lukisan

Menyatukan Kayu Jadi Lukisan

Selama ini, banyak yang menganggap, bahwa bahan keras yang bisa disulap menjadi sebuah lukisan yang indah hanya sebatas kaca patri saja. Ia kan?

Padahal sebenarnya, kayu juga bisa menjadi salah satu material yang dapat Anda jadikan sebagai bahan pembuatan lukisan loh. Di mana, Anda membutuhkan beberapa perlengkapan yang mudah ditemukan. Seperti paku, papan kayu, hingga lampu.

Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa menunjuk gambar pegunungan menjadi target. Yang nantinya, akan diciptakan efek timbul. Sudah kebayang dong bagaimana hasilnya? Pasti bagus banget.

Kemudian, kamu bisa memberikan celah-celah antar gunungnya dengan cara meletakkan lampu kecil dengan warna kuning temaramnya. Dengan kerajinan bahan keras satu, rumah kamu bakalan terasa lebih nyaman deh.

Buat kamu yang selama ini ingin banget meletakkan lukisan di rumah, tapi bingung karena harganya yang mahal atau motifnya yang tidak sesuai, maka kerajinan satu ini tentu bisa menjadi pilihan kamu.

Selain harganya yang murah meriah, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Agar konsepnya lebih matang, ajaklah anggota keluarga yang lain.

Wind Chime dari Bambu

Wind Chime dari Bambu

Wind chime yang terbuat dari bambu merupakan salah satu kerajinan bahan keras yang sudah terkenal di Indonesia. Di mana, ketika ia terkena angin, maka ia akan menghasilkan sebuah bunyi yang bisa membuat suasana rumah menjadi lebih berwarna.

Apalagi nih, bahan utama pembuatannya adalah bamboo. Sehingga akan terkesan lebih alami dan asri. Perpaduan antara suara yang dihasilkan dengan tampilannya memang bisa membuat rumah benar-benar asri.

Jika ingin membuatnya, Anda meski menyiapkan bamboo paling tidak 5 buah. Kemudian, Anda bisa mengikatnya melingkari batok kelapa. Maka, saat angin berhembus, ia akan bertabrakan antara satu dengan yang lainnya.

Sehingga menghasilkan bunyi yang sangat menairik dan antic. Dengan kesan alaminya, kerajinan bahan keras satu ini sangat pas jika digunakan di berbagai macam jenis rumah.

Mulai dari rumah tradisional, Japandi, hingga  yang bergaya minimalis. Dan menariknya, ke model rumah apapun Anda gunakan, wind chime ini akan tetap bisa tampil maksimal dalam membuat suasana rumah lebih menarik.

Kaca Patri

Kaca Patri

Kerajinan keras yang selanjutnya adalah kaca patri. Kerajinan ini sangat cocok untuk anda yang ingin mempunyai kerajinan dengan warna-warni dan artistic, bernilai seni tinggi.

Untuk tampilannya sendiri memang terbilang sangat juara ya. Karena ketika kamu perhatikan, tampilan benar-benar sempurna, meski dibuat dari potongan kaca. Lukisan ini terkesan sangat hidup.

Kerajinan berupa kaca patri ini pas banget ketika anda aplikasikan ke bagian jendela ataupun bagian pintu. Bahkan untuk saat ini, pengaplikasian kerajinan bahan keras berupa kaca patri ini bukan hanya sebatas pada pintu dan jendela saja, tapi juga kerap diaplikasikan ke bagian rumah yang lainnya.

Hal ini karena ia akan menjadi layaknya partisi rumah, atau malah hanya sebatas pajangan yang bernilai saja di meja.

Emas

Emas Kerajinan Bahan keras

Kerajinan bahan keras berupa emas ini membutuhkan teknik yang khusus dan tergolong cukup rumit. Yaitu teknik dengan pemanasan dengan cara dibakar, lalu ditempa.

Meskipun prosesnya lumayan rumit, namun hasilnya juga tidak mengecewakan kan? Nilai jualnya bahkan sangat tinggi.

Sayangnya, untuk bisa membuat kerajinan bahan keras emas ini, Anda membutuhkan berbagai macam perlengkapan, lengkap dengan keterampilan. Karena tidak bisa dibuat oleh sembarang orang.

Medali

Medali kerajinan bahan keras

Pernah melihat medali? Nah, medali juga merupakan salah satu kerajinan bahan keras. Yang mana, ia dibuat dengan menggunakan logam.

Selain bisa dijadikan sebagai medali dan emas, bahan logam juga kerap digunakan untuk membuat gelas, aksesoris, piring, dan lain sebagainya.

Tempat Makanan

Tempat Makanan

Memang, banyak tempat makanan yang terbuat dari kaca, logam, dan atom. Namun untuk saat ini, Anda tidak hanya bisa menemukan tempat makanan dari bahan-bahan tersebut saja.

Karena tempat makanan juga ada yang terbuat dari rotan. Tentu, nilai keindahan atau nilai estetika antara tempat makanan yang terbuat dari bahan-bahan tersebut akan sangat berbeda dengan tempat makanan dari rotan. Hal ini karena material rotan jauh lebih menarik dan memberikan kesan alami. Ia kan?

Apalagi nih, rotan kan menjadi salah satu kekayaan alam di Indonesia loh. Terutama untuk di daerah Kalimantan. Jadi, buat Anda yang ingin mempunyai tempat makanan antic, unik, dan estetik, tempat makanan dari rotan bisa menjadi pilihan yang paling tepat.

Kok bisa rotan dijadikan sebagai tempat makanan? Mungkin ada yang penasaran ya. Maka jawabannya sederhana kok, karena rotan memiliki daya kuat. Selain itu, ia juga tergolong lentur.

Sehingga bisa disulap menjadi kerajinan yang menarik. Tempat makanan misalnya. Untuk teknik yang digunakan adalah teknik anyaman.

Meja dan Kursi

Meja dan Kursi

Selain bisa menjadi bahan pembuat tempat makanan, bamboo juga kerap digunakan untuk pembuatan meja dan kursi. Dan siapa sangka, bahwa ternyata, meja dan kursi yang terbuat dari bambu mempunyai tampilan yang sangat menarik.

Berbeda dengan meja dan kursi dari bahan lain. Ia kan? Sehingga, dengan meletakkannya di rumah, suasana di rumah akan terasa lebih nyaman.

Bunga

Bunga

D rumah Anda ada kawat bekas? Stop, jangan dibuang dulu deh. Karena kawat bisa dijadikan sebagai kerajinan bahan keras yang sangat menarik loh. Yang mana, Anda bisa menjadikannya sebagai pajangan di rumah.

Daripada harus membeli hiasan rumah dengan harga mahal di pasaran. Ia kan? Bahkan, selain bisa Anda sulap menjadi bentuk bunga dan pohon, bahan keras satu ini juga memungkinkan untuk dijadikan sebagai gelang hiasan tangan dan juga berbentuk alat music loh.

Tempat Pensil

Tempat Pensil

Salah satu bahan keras yang mudah ditemukan adalah kaleng. Di mana, nyaris semua rumah pasti mempunyai kaleng kan?

Jika biasanya Anda membuang kaleng bekas, maka saat ini sudah waktunya menyimpan kaleng bekas tersebut. Agar bisa dikreasikan menjadi sebuah kerajinan bahan keras yang menarik.

Karena ternyata, kaleng bisa anda jadikan sebagai tempat penyimpanan serbaguna. Salah satunya ya tempat pensil. Proses pembuatannya juga sangat mudah dan sederhana. Bahkan, bahan-bahan yang Anda butuhkan juga bisa didapatkan di rumah.

Untuk hasil yang lebih cantik, ada baiknya jika Anda mengecat bagian luar kalengnya. Buatlah sekreatif mungkin. Jika dibandingkan dengan yang lain, maka kerajinan bahan keras satu ini menjadi salah satu yang paling mudah dibuat loh. Sehingga, Anda bisa membuatnya di rumah.

Gantungan kunci

Gantungan kunci
Gantungan kunci

Pada umumnya, gantungan kunci bisa dibuat dari bahan apapun. Salah satunya adalah dari perak. Tentu, gantungan kunci yang terbuat dari peras mempunyai nilai estetika dan nilai jual yang cukup tinggi dibandingkan dengan gantungan kunci lainnya. Ia kan?

Karena memang, bentuknya sendiri unik. Anda pernah ke Kota Gede Jogja? Tahukah Anda, bahwa ternyata, kota gede merupakan daerah yang terkenal dengan kerajinan bahan kerasnya dari logam, khususnya perak?

Karena begitu ke sana, Anda akan menemukan banyak sekali souvenir yang cantik-cantik. Yang mana, souvenir tersebut dibuat dari perak.

Jadi, jika ke kota Jogja, jangan lupa mampir ke kota gede untuk melihat keindahan kerajinan bahan keras satu ini. Selain bisa dijadikan sebagai gantungan kunci, perak juga bisa dibentuk menjadi perhiasan yang sangat indah.

Vas Bunga

Vas Bunga

Apakah Anda suka mendekor rumah? Nah, salah satu bahan dekor yang kerap digunakan adalah bunga. Ia kan? Dan ketika akan meletakkan bunga, Anda membutuhkan yang namanya vas bunga.

Apabila selama ini Anda membeli vas bunga di pasaran, sudah waktunya Anda membuat sendiri loh. Lagi pula, vas bunga yang ditawarkan di pasaran juga tergolong monoton. Berbeda halnya jika Anda mencoba membuatnya sendiri.

Dengan membuat vas bunga sendiri, Anda akan membuatnya sekreatif mungkin. Sesuai dengan keinginan Anda. Tentang, proses pembuatannya juga tergolong sangat mudah kok. Selain itu, bahan yang Anda gunakan juga mudah ditemukan.

Adapun bahan utama yang meski disiapkan adalah botol bekas. Ingat, botol bekasnya harus yang kaca ya. Selain bisa dijadikan sebagai vas bunga, ia juga bisa Anda pajang saja.

Karena akan memperindah interior rumah Anda loh. Tampilan rumah akan menjadi lebih indah dan menarik. Maka, bagi Anda yang mengira bahwa menghias rumah harus dengan barang-barang mahal, Anda salah.

Karena dengan bahan unik ini saja rumah Anda bisa terlihat lebih elegan loh. Apalagi jika Anda bisa menggambar. Hasilnya pasti akan sangat memukau dan bernilai jual yang cukup tinggi.

Akhir Kata

Demikian beberapa hal mengenai kerajinan bahan bekas, lengkap dengan contohnya. Anda bisa mencoba membuatnya di rumah bersama keluarga. Selamat berkreasi.

Leave a Reply