ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Kebudayaan Sumatera Utara

7 min read

Pakaian Adat Sumatera Utara

Indonesia sudah terkenal sebagai negara yang kaya akan kekayaan alam dan kebudayaan lainnya. Indonesia terdiri dari beberapa provinsi dengan kebudayaan yang berbeda dari setiap daerah. Termasuk di Provinsi Sumatera Utara.

Sumatera Utara adalah salah satu bagian wilayah Indonesia yang kawasannya cukup luas dengan berbagai kebudayaan khasnya. Lebih dari 10 kebudayaan Sumatera Utara yang bisa kalian temukan ketika berkunjung ke sana.

Sumatera Utara

Sumatera Utara
romadecade.org

Sumatera Utara terdiri dari beberapa suku bangsa yang mempunyai kebudayaannya masing-masing, di provinsi ini juga terdapat beberapa bahasa daerah dan agama yang berbeda-beda, berikut daftarnya.

Suku Bangsa Sumatra Utara

  • Suku Batak
  • Suku Jawa
  • Suku Nias
  • Suku Melayu
  • Suku Tionghoa
  • Suku Minang
  • Suku Aceh
  • Suku Banjar
  • Suku Banten
  • Suku Sunda
  • Suku Papua
  • Asal Luar Negeri
  • Lain-lain

Penduduk asli Sumatera Utara berasal dari suku Batak, Nias dan Siladang

Bahasa Daerah Sumatera Utara

  • Bahasa Indonesia (resmi)
  • Bahasa Batak (Batak Angkola, Batak Karo, Batak Mandailing, Batak Pakpak, Batak Simalungun, Batak Toba)
  • Jawa
  • Bahasa Melayu (Melayu Baba, Melayu Deli)
  • Bahasa Minangkabau
  • Bahasa Nias
  • Bahasa Arab
  • Bahasa Hakka
  • Bahasa Hokkien
  • Bahasa Hokkien Medan (Tamil, Tionghoa)

Pada umumnya, bahasa Indonesia dan bahasa batak adalah bahasa yang dipergunakan secara luas.

Agama

  • Islam 63.91%
  • Kristen Protestan 27.86%
  • Katolik 5.41%
  • Buddha 2.43%
  • Hindu 0.35%
  • Konghucu 0.02%
  • Parmalim 0.01%
  • Lain-lain 0.01%

Menurut Sensus mayoritas penduduk Sumatera Utara menganut agama Islam

Kebudayaan Sumatera Utara

Kebudayaan Sumatera Utara
dtechnoindo.blogspot.com

Jika kalian belum sempat berkunjung ke Pulau Sumatera bagian Utara, tenang saja di bawah ini akan saya jelaskan secara detail tradisi Sumatera Utara paling terkenal yang wajib kalian ketahui.

Berikut ini macam-macam kebudayaan Sumatera Utara

Rumah Adat Sumatera Utara

Provinsi Sumatera Utara memiliki rumah adat yang menarik untuk kita ketahui, Rumah adat Sumatera Utara memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing, dari berbagai suku yang ada di provinsi sumatera utara, setiap suku memiliki ciri khas tersendiri.

Dari beberapa rumah adat yang ada di Sumatera Utara, inilah beberapa yang paling dikenal masyarakat, di antaranya:

Rumah Adat Bolon

Rumh adat bolon Sumatera Utara
satujam.com

Rumah adat Bolon ini menjadi simbol rumah adat Sumatera Utara yang sangat ikonik dan telah diakui secara nasional. Rumah adat ini bentuknya persegi panjang, bagian rumah seluruhnya terbuat dari material yang berasal dari alam.

Kebanyakan, rumah adat ini dihuni oleh 4-6 keluarga yang hidup bersama, dan juga mereka memelihara beberapa hewan ternak di kolong rumah.

Rumah Adat Karo

Rumah Adat Karo
picture.triptrus.com

Rumah adat Sumatera Utara yang satu ini dikenal juga sebagai rumah adat Siwaluh Jabu. Nama tersebut berarti bahwa rumah adat Karo ditempati oleh delapan keluarga yang mempunyai peran masing-masing dalam kehidupan rumah tangga.

Rumah adat Karo terdiri dari hilir atau yang disebut Jabu Jahe, dan hulu yang disebut Jabu Julu.

Rumah Adat Pakpak

Rumah Adat Pakpak Kebudayaan Sumatera Utara
steemit.com

Rumah adat Pakpak/Dairi ini jika dilihat secara umum, memiliki karakteristik dan bentuk yang tak jauh berbeda dengan rumah adat Sumatera Utara lainnya. Namun rumah adat ini memiliki bentuk yang khas yaitu bangunan terbuat dari material kayu dan atapnya dari ijuk.

Rumah adat yang juga disebut sebagai Jerro mempresentasikan ulang budaya Pakpak yang khas dalam setiap bagian bangunannya.

Rumah Adat Mandailing

Rumah Adat Mandailing
batak-network.blogspot.com

Rumah adat Mandailing ditempati oleh suku Mandailing yang tinggal berbatasan dengan wilayah Provinsi Riau. Dalam budaya lokal, rumah adat Mandailing dikenal sebagai Bagas Godang di mana Bagas berarti rumah dan Godang berarti banyak.

Secara struktur, rumah adat ini berbentuk cukup berbeda dengan rumah adat Sumatera Utara lainnya, dan itulah yang menjadi ciri utama rumah ini.

Rumah Adat Simalungun

Rumah Adat Simalungun
batak.blogspot.com

Rumah Adat Batak Simalungun ini mempunyai arsitektur yang unik, bentuk rumah panggung dan dibangun memakai bahan-bahan bangunan yang terdiri dari kayu dengan tiang-tiang yang besar dan kokoh. Dindingnya dari papan atau tepas.

Rumah adat ini memiliki Ciri khas utama yang berbeda dengan rumah adat lainnya yaitu terdapat pada bentuk atapnya. Rumah adat Simalungun ini juga dinamai Rumah Bolon. Ciri khas yang lain dari rumah adat Simalungun ini bisa kita lihat pada bagian kaki bangunan yang terbuat dari kayu gelondongan dan menyilang antar sudut.

Rumah Adat Nias

Rumah adat nias
a.grid.id

Rumah adat ini kebanyakan terbuat dari tiang kayu nibung berukuran besar, atap nya menggunakan rumbia, bentuk rumah ini lonjong seperti telur. Bagi kalian yang tidak tahu, meskipun rumah adat ini berasal dari Kepulauan Nias, namun rumah ini masih menjadi bagian dari rumah adat Sumatera Utara.

Dalam istilah setempat, rumah adat ini juga disebut dengan nama Omo Sebua atau Omo Hada.

Rumah Adat Angkola

Rumah Adat Angkola
silontongcom

Banyak yang berpendapat bahwa rumah adat suku angkola ini hampir sama dengan rumah adat Batak suku Mandailing, Namun keduanya tak sama dan memiliki rumah adat memiliki ciri khas yang berbeda.

Rumah adat Angkola ini disebut sebagai Bagas Godang terbuat dari dinding papan dan lantai papan, atap nya dari ijuk, dan didominasi dengan warna bangunan yanghitam.

Berbagai keunikan yang ada pada rumah adat Angkola menjadi ciri khas yang membedakannya dengan rumah adat Sumatera Utara lainnya.

Itulah beberapa rumah adat yang paling banyak dikenal oleh masyarakat.

Baca Juga dong : Kebudayaan Papua Barat

Pakaian Adat Sumatera Utara

Pakaian Adat Sumatera Utara
romadecade.org

Pakaian Adat Suku Batak Toba

Suku Batak Toba memiliki pakaian adat dengan ciri khas yaitu kain dalam pakaian adat yang dikenakan. Kain pakaian adat suku Batak Toba ini adalah kain tenun atau yang dikenal dengan Ulos. Kain ulos sudah menjadi identitas pakaian adat Sumatera Utara secara nasional.

Kain ulos di tenun manual memakai alat tradisional benang sutra, pakaian ini juga selain dikenakan untuk upacara adat, sebagian masyarakat jua memakainya sehari.

Pakaian Adat Suku Mandailing

Pakaian adat yang dikenakan suku ini mirip dengan Batak Toba yaitu mengenakan ulos. Bedanya mereka mengenakan ulos dengan dipadukan aksesoris.

Saat upacara, perempuan Mandailing mengenakan bulang di keningnya. laki-laki Mandailing mengenakan penutup kepala yang disebut Ampu bentuknya khas. Warna hitam yang ada di Ampu memiliki fungsi mistis dan warna emas menunjukkan simbol kebesaran.

Pakaian Adat Suku Nias

Pakaian adat suku Nias mempunyai warna yang dominan kuning serta emas. Selain memiliki ciri khas dengan corak warnanya, antara laki-laki dan perempuan juga berbeda dan mempunyai ciri-ciri masing-masing.

Pakaian adat perempuan disebut Oroba Si Oli. Untuk pakaian ini terdiri dari selembar kain yang terbuat dari kulit kayu atau blacu hitam. ada tambahan aksesoris berupa

  • Gelang yang terbuat dari kuningan. Gelang ini dinamakan aja kola dengan berat 100 kilogram.
  • Anting logam besar yang dikenal saro delinga.
  • Rambutnya tanpa di sasak terlebih dahulu dihias dengan mahkota.

Pakaian Adat Suku Simalungun

Pakaian adat yang dikenakan adalah ulos, tetapi mereka menyebutnya dengan sebutan Hiou. Pemakaian ulos ditambah dengan aksesoris yaitu:

  • Gotong untuk laki-laki dan
  • Bulang untuk perempuan.

Selain itu mereka juga menggunakan suri – suri atau kain samping yang dijadikan bahan pelengkap.

Pakaian Adat Suku Pakpak

Suku Pakpak tinggal di daerah Pakpak Barat dan Dairi. Pakaian adat suku ini mengenakan kain oles. Sebagai pelengkapnya mereka memakai kalung emas yang bertahtakan pertama. Pakaian adat laki-laki suku Pakpak dikenal dengan borgot dan pakaian adat perempuan Pakpak dikenal dengan cimata.

Pakaian Adat Suku Melayu

Suku Melayu memakai baju kurung dan songket sebagai pakaian adatnya. Pakaian ini lalu dililit ke pinggang. Untuk perempuan, baju kurung yang dipakai terbuat dari sutra atau brukat yang disematkan peniti emas.

Ada aksesoris pelengkap tambahan kalung dengan corak rantai serati, mentimun, sekar sukun, tanggang dll.

Laki-laki Melayu memakai penutup kepala yang bernama tengkulak. Tengkulak terbuat dari songket dan destar terbuat dari bahan dasar rotan yang dibalut oleh kain beludru.

Pakaian Adat Suku Karo

Pakaian adat suku Karo ini menggunakan kain yang terbuat dari pintalan kapas atau yang lebih dikenal dengan uis gara. Uis gara artinya kain merah. Karena dibuat dengan memakai benang merah. Kain ini dipakai untuk menutupi tubuh mereka saat beraktivitas sehari-hari.

Baca juga dong : Kebudayaan Jawa Timur

Kesenian Tradisional Sumatera Utara

indozone.id

Berbicara tentang kesenian tidak lepas dari unsur seni tari dan seni musik, nah berikut ini ada beberapa jenis tari dan musik yang berasal dari Sumatera Utara

Tarian Adat Daerah Sumatera Utara

Tarian yang ada di Sumatera Utara ini lumayan banyak, dan masing masing dari tarian ini mempunyai keunikan tersendiri, berikut daftarnya saya sajikan dalam bentuk tabel

NoNama TarianAsal Keterangan
1Tari Adat Piso SuritBatak KaroMenggambarkan seorang gadis sedang menantikan kedatangan  sang kekasih.
2Tari Adat Guro-Guro Aron (Terang Bulan)Batak KaroArena para muda-mudi Karo untuk saling kenal.
3Tari Adat Tak-Tak Garo-GaroPhakpakTari ini menggambarkan kehidupan burung, terbang kesana kemari mencari makan serta bersendau gurau dengan kawan-kawanya.
4Tari Adat FataelePulau NiasTarian ini adalah jenis tari perang.
5Tari Adat TandokMasyarakat BatakMengisahkan tentang kegiatan panen beras menggunakan tandok yang dikerjakan para ibu di ladang.
6Tari Adat Lenggok Mak InangBercerita tentang dara serta lajang yang sedang dalam proses mencari pasangan suami istri.
7Tari Adat Endeng-EndengTapanuli SelatanPerpaduan antara tarian dan pencak silat
8Tari Adat Serampang Dua BelasMelayu DeliMengandung pesan tentang perjalanan kisah anak muda dalam proses mencari jodoh
9Tari Adat Tor-Tor Tongkat PanaluanSuku batak 
10Tari Adat Tor-Tor Sigale-GaleTapanuli Utara.Pertunjukan kesenian 
11Tari Adat SouanTapanuli UtaraTari ritual
12Tari Adat PersembahanMelayuMenyambut atau menghormati tamu- tamu penting
13Tari Adat Tor-Tor Tujuh CawanSuku BatakTari Tor-Tor Tujuh Cawan tidak bisa dipelajari sembarangan orang.
14Tari Adat Toping-TopingSuku Batak
15Tari Campak BungaMerupakan tarian yang menggambarkan ejekan, sindiran
16Tari Lenggang Patah SembilanMelayu
17Tari Adat MandudaDaerah SimalungunMenggambarkan kehidupan petani
18Tari Adat Balanse MadamSuku NiasSebuah kesenian tari yang berupa peninggalan budaya lama
19Tari Adat BaluseMasyarakat NiasTarian Perang
20Tari Adat MaenaTarian yang sangat simpel dan sederhana.
21Tari Adat Moyo (Tari Elang)Suku NiasTarian yang biasa digunakan untuk penyambutan tamu agung
22Tari Adat Sapu TanganMelayuMenggambarkan kegiatan masyarakat Melayu pedesaan dalam keseharian mereka

Alat Musik Tradisional Sumatera Utara

Alat Musik Tradisional Sumatera Utara
Gonrang via encyclopedia.jakarta-tourism.go.id

Berikut ini beberapa alat musik yang terdapat di Provinsi Sumatera Utara

NoNama Alat MusikAsal Keterangan
1Doli-doliPulau NiasSama seperti alat musik angklung
2ArambaSumatera UtaraAramba dimainkan dengan cara dipukul
3Druri DanaSumatera UtaraAlat musik pukul yang mengeluarkan suara seperti suara angklung
4Garantung TobaAlat musik ini terbuat dari kayu bentuknya rapi dan memilikii 5 bilah nada yang berfungsi sebagai pembawa melodi.
5GonrangSimalungunDi gunakan di acara-acara penting
6FaritiaNiasHampir sama dengan Talempong
7Ole-oleSumatera UtaraAlat musik tiup
8GordangSumatera UtaraInstrumen musik yang tersusun dari 9 Gendang.
9PanggoraSumatera Utaraalat musik yang berjenis Gong
10Hapetan atau HasapiSumutMirip dengan Kecapi
11Gendang SinganakiKaroGendang
12Gung dan PenganakSumutSama seperti gong pada umum
13Gendang Sisibah/PakpakSumutSeperangkat alat musik yang terdiri dari sembilan buah (sibah) gendang
14TaganingBatak TobaMempunyai 5 buah gendang
15Sarune BolonBatak Tobabagian dari perangkat Gondang Sabangunan dari daerah Batak Toba
16Balobat Suku KaroMirip Seruling dan terbuat dari seruas pucuk bambu
17Gendang SingindungiSumutSejenis Gendang
18Ihutan SumutAlat musik pengiring nada ogung oloan
19OloanSuku BatakAlat musik tradisional suku Batak yang cara memainkannya adalah dengan dipukul

Senjata Tradisional Sumatera Utara

Senjata Tradisional Sumatera Utara
silontong.com
NoNamaKeterangan
1ParangSenjata ini bentuknya mirip dengan pisau, hanya saja bentuknya lebih besar
2MeriamAdanya objek wisata yang bernama meriam puntung. membuktikan ada senjata tradisional di Sumut yang bernama Meriam.
3Piso HalasanSenjata ini sejenis pedang yang berasal dari daerah Tapanuli Utara Batak Sumatra Utara
4Hujur SiringisSenjata tradisional Sumatera Utara pertama yang ditemukan
5Piso KaroBentuknya sama dengan seperti Piso Gading, namun memiliki perbedaan di bagian gagangnya
6Piso Gajah DompakPiso Gaja Dompak adalah senjata khas dari Suku Batak yang menjadi pusaka kerajaan Batak
7Piso Silima SarungSenjata ini memiliki filosopi yang di percaya suku batak yang dulunya menganut kepercayaan animisme.
8Tumbuk LadaTumbuk lada adalah senjata tradisional karo yang sering dipakai dalam pertempuran, terutama jarak dekat.
9Tunggal PanaluanSenjata ini berbentuk seperti tongkat yang sering digunakan Suku Batak dan diyakini mempunyai kekuatan gaib
10Piso Sitolu SasarungSejenis pisau yang di dalam 1 sarung terdapat 3 mata pisau
11Piso GadingMirip Piso karo.
12Piso SanalenggamAdalah senjata pisau yang pada bagian gagang pisaunya ada ukiran yang menggambarkan tentang sosok pria dengan mata kepala tertunduk.
13Piso TobaSenjata tradisional piso toba berasal dari suku Batak

Lagu Daerah Sumatera Utara

Anju Ahu.
Butet.
Dago Inang Sarge.
Cikala Le Pongpong.
Leleng Ma Hupaima.
Ketabo.
Madekdek Magambiri.
Lisoi.
Nasonang Dohita Nadua.
Mariam Tomong.

Penutup

Nah teman-teman demikian pembahasan kita tentang Kebudayaan Sumatera Utara telah saya sajikan lengkap dalam artikel ini, semoga bermanfaat. Terimakasih.

ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Negara Maju di Afrika

ujio
4 min read

Kebudayaan Lampung

ujio
4 min read

Kebudayaan Kalimantan Barat

ujio
6 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *