Kalori Tubuh Perhari

Setiap orang mempunyai kebutuhan kalorinya masing-masing, dengan kebutuhan yang berbeda-beda. Hanya saja, selama ini masih banyak yang ‘abai’ atau nggak peduli aja gitu sama kalori tubuh perhari.

Padahal, mengetahui tentang kebutuhan kalori harian kamu tuh penting banget loh. tujuannya jelas sih ya, agar kamu bisa mengontrol makanan yang masuk, sehingga berdampak pada pencapaian berat badan yang ideal.

Dan ini pasti impian hampir semua orang, terlebih lagi kaum wanita.

Perbedaan jumlah kalori tubuh perhari ini disesuaikan dengan usia, tinggi badan, gaya hidup, jenis kelamin, berat badan, dan aktivitas kamu sehari-hari ya.

Kemudian, tergantung juga pada goals kamu. Pilihannya hanya ada tiga sih, apakah akan menaikkan berat badan, mempertahankannya, atau malah menurunkannya.

Sesuaikan aja dengan kondisi tubuh kamu saat ini. Mungkin sampa sini ada yang masih bertanya-tanya, kalori itu apa sih.

Nah jadi, kalori adalah ukuran atau satuan untuk seberapa banyak energy yang terdapat di dalam makanan ataupun minuman yang akan kamu konsumsi.

Atau, bisa juga kamu artikan sebagai jumlah energy yang terbakar ketika kamu sedang melakukan berbagai kegiatan fisik.

Sehingga, kalau kamu mengkonsumsi makanan atau minuman, maka itu artinya kamu tengah memberikan energy bagi tubuh, dan akan dibakar ketika kamu melakukan berbagai aktivitas.

Maka, setiap kalori yang masuk, kemudian dibakar setiap hari inilah yang akan mempengaruhi terhadap penambahan berat badan, penstabilan, hingga penurunan berat badan.

Untuk menghitung kalori tubuh perhati, nanti deh kita bahas di poin terakhir ya.  Karena kita akan bahas apa pentingnya kalori terlebih dahulu.

Apa Sih Pentingnya Kalori Bagi Tubuh

Bagi kamu yang kebetulan sekolah di bidang kesehtaan, pada umumnya pasti tahu ya apa pentingnya kalori bagi tubuh.

Nah, bagi yang belum tahu, kita bahas sama-sama. Nah, semua manusia membutuhkan yang namanya kalori untuk bertahan hidup. Sebagaimana yang disebutkan sekilas di atas, bahwa ketika kamu mengkonsum makanan atau minuman, pasti akan menjadi energy.

Dan tanpa adanya energy, maka seluruh sel-sel yang ada di dalam tubuh kamu pasti nggak bisa bekerja secara maksimal.

Hal ini kemudian akan membuat banyak organ-organ di dalam tubuh kamu nggak berfungsi, atau malah rusak. Contohnya adalah otak dan jantung.

Semua orang pasti mempunyai aktivitas ya, baik yang aktivitas nya padat, sampai si super selow. Dan satu hal yang harus benar-benar kamu pahami, bahwa sesedikit apapun aktivitas fisik yang kamu lakukan, tubuh tetap membutuhkan kalori.

Karena selain sebagai penghasil energy bagi seluruh organ dalam tubuh, kalori ini juga akan dimanfaatkan tubuh untuk beraktivitas.

Jadi, jangan sampai deh mengkonsumsi kalori yang angkanya rendah banget, atau tinggi banget. Karena kalau kamu mengkonsumsi terlalu rendah dan terlalu tinggi bakalan sama-sama memberikan efek atau dampak yang butuk bagi organ tubuh, yang sudah pasti bakalan menimbulkan berbagai penyakit.

Ketika tubuh kamu mengkonsumsi kalori dalam bentuk yang banyak, alias berlebihan, maka akan disimpan oleh tubuh ke dalam lemak.

Dan lemak yang jumlahnya sangat banyak inilah yang kemudian menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya adalah jantung.

Sementara ketika kamu malah mengkonsumsi terlalu rendah, maka tubuh kamu pasti akan merasa kekurangan energy dalam melaksanakan fungsinya masing-masing.

Sehingga akan mengganggu keseimbangan tubuh. Yang pada akhirnya juga menimbulkan berbagai jenis penyakit. Jadi kalau mau makan mah, yang sedang-sedang saja.

Adanya jumlah asupan kalori minimal ini berfungsi agar semua organ-organ dan system di dalam tubuh berfunsi sebagaimana mestinya, dan kalau istilah biologinya mah meningkatkan metablolisme basal, atau yang lebih kerennya lagi tuh BMR, basal metabolic rate.

Kebutuhan ini bisa kamu penuhi melalui proses yang dinamakan makan dan juga minum.

Menghitung Kebutuhan Kalori Tubuh Perhari

Nah, pasti kamu sudah nggak sabar untuk tahu perkiraan kebutuhan kalori per hari kita yang meski kamu cukupi kan.

Kalau kamu mau menghitung kalori tubuh perhari, maka kamu bisa menghitungnya dengan menggunakan rumus. Sebagaimana yang dilansir dari Alodokter.

Bahwa rumus mencari kalori tubuh perhari itu dibagi menjadi dua, yang pertama untuk kamu yang berjenis kelamin laki-laki, dan yang kedua buat kaum hawa di cantik jelita.

Laki-laki: (88,4 + 13,4 x berat dalam kilogram) + (4,8 x tinggi dalam sentimeter) – (5,68 x usia dalam tahun)

Wanita: (447,6 + 9,25 x berat dalam kilogram) + (3,10 x tinggi dalam sentimeter) – (4,33 x usia dalam tahun)

Jika angkanya sudah dapat, maka kamu bisa mengalikannya dengan aktivitas kamu sehari-hari, yang berkisar 1,2–1,9. Sekali lagi, hal ini ditentukan dengan seberapa padat aktivitas kamu.

Apabila aktivitas kamu padat, maka angkanya pasti akan semakin tinggi, begitupun sebaliknya. Kalau angka rata-rata kalori tubuh perhati untuk laki-laki itu sekitaran 2.500, sementara untuk wanita itu 2.000. Ini untuk yang dewasa ya.

Untuk remaja ataupun anak-anak yang mempunyai berbagai aktivitas, maka kalor tubuh perhati nya adalah kisaran 1.000–2.000.

Maka, karena majemuknya berat badan, aktivitas, dan lain sebagainya, sangat diperlukan untuk menghitungnya sendiri saja ya, dengan mengikuti rumus yang ada.

Kalau masalah apakah rumus ini bisa dipastikan benar, maka jawabannya adalah ‘bisa saja’. Karena rumus ini adalah rumus yang paling sering digunakan para pakar gizi.

Menurunkan Berat Badan

Setelah kamu mengetahui goal dan kebutuhan kalori perhari, pasti kamu sudah menyiapkan berbagai strategi yang jitu demi mewujudkan goal tersebut.

Kalau yang goalnya adalah menaikkan berat badan, maka jelas ya, bahwa kamu bisa mengkonsumsi kalori di atas kalori yang dibutuhkan tubuh kamu.

Kamu bisa memakan makanan yang nutrisinya tinggi. Jangan gegabah memilih makanannya ya. Karena selama ini, malah banyak yang asal pilih, yang penting angka kalorinya tinggi. Jangan sampai deh.

Sementara yang ingin menurunkannya, maka kamu harus bisa deficit kalori. Tapi ingat, bahwa ketika memangkas atau melakukan deficit kalori, bukan berarti kamu memangkasnya secara bar-bar. Kasihan tubuh kamu kalau gitu.

Atau, akan lebih baik jika kamu membakar kalori yang masuk lebih banyak dari yang kamu konsumsi.

Kamu bisa dong mengatur strategi, yakni dengan mengkonsumsi makanan yang memang rendah kalori, dan juga menambah intensitas berolahraga. Jadi, rumusnya tuh sederhana ya.

Kalau ingin menurunkan berat badan, maka pangkas saja asupan kalori dengan wajar, sementara kalau ingin menaikkan berat badan, ya silahkan menambahkan asupan makanan di atas kalori tubuh perhari kamu.

Oke, sekarang sudah tahu ya apa itu kalori, dan bagaimana cara menghitung kalori tubuh perhari. Maka, mulai sekarang, yuk hitung kalori tubuh perhari masing-masing, dan jangan lupa menjadikannya sebagai acuan dalam mengkonsumsi sesuatu.

Dan yang terpenting adalah, jangan lupa untuk mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Sekian ya, semoga bermanfaat.

 

2 Comments

  1. Selamat siang, apakah saya boleh meminta alamat emailnya untuk penawaran kerjasama? Terima kasih.

Leave a Reply