Fii Hifzillah Artinya

Fii Hifzillah Artinya – Pernahkah kamu mendengar seseorang mengucapkan Fii Hifzillah (فِي حِفْظِ اللّه) kepadamu? Apakah kamu tahu artinya? Jika mendapatkan ucapan ini, apakah kamu hanya diam atau menjawabnya? Inilah kiranya penting bagi kamu mengetahui kalimat ini.

Fi Hifzillah memang merupakan salah satu ungkapan bahasa Arab yang sering diucapkan oleh masyarakat Indonesia, baik secara lisan ataupun lewat sosial media.

Bagi mereka yang paham, tentu akan memberikan respon saat ungkapan ini diucapkan. Sebaliknya, bagi mereka yang belum familiar dan mengetahui kalimat ini mungkin akan bingung.

Untuk itulah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai apa arti kalimat ini, waktu menggunakannya, serta bagaimana cara membalasnya.

Fii Hifzillah Artinya

Fii Hifzillah Artinya

Secara umum, arti Fii Hifzillah adalah ‘semoga berada dalam penjagaan Allah ﷻ’. Maksudnya adalah sebuah harapan agar selalu mendapatkan penjagaan dari Allah ﷻ dari semua kegiatan, waktu, hingga aktifitas yang dilakukan. Selain itu, kata ini juga dimaksudkan sebagai tanda bahwa manusia merupakan makhluk yang bergantung pada Allah ﷻ.

Seperti yang kita tahu, manusia memang merupakan makhluk ciptaan-Nya. Manusia adalah makhluk yang sangat lemah dan Tuhan merupakan Dzat Maha Agung yang dapat membolak-balikkan semuanya. Oleh karena itulah, tak ada penjagaan terbaik selain Allah ﷻ yang dapat diharapkan.

Dengan ucapan kalimat ini, maka manusia mengakui bahwa Allah ﷻ adalah penjaga dan pengawas semua makhluk di dunia ini. Tak ada yang dapat terlepas dari pengawasan-Nya.

Baca juga:

Arti Tafadhdhal

Pengertian Fii Hifzillah

Seperti yang kita tahu, kalimat ini merupakan ungkapan dari bahasa Arab. Jadi apabila kita terjemahkan kata perkata, maka artinya adalah:

فِي Berarti ‘di’ atau ‘di dalam’

حِفْظِ Berarti ‘perlindungan’ atau ‘penjagaan’

اللّه Artinya Allah ﷻ

Jadi apabila semua kata tersebut digabungkan, maka artinya adalah ‘dalam penjagaan atau perlindungan Allah ﷻ’ atau ‘semoga berada di dalam perlindungan atau penjagaan Allah ﷻ’.

Penggunaan Kalimat

Setelah mengetahui Fii Hifzillah apa, selanjutnya kami akan menjelaskan mengenai bagaimana penggunaan kalimat Fii Hifzillah. Ucapan ini dapat ditujukan kepada orang lain dengan harapan agar orang tersebut tetap mendapatkan perlindungan dan penjagaan dari Allah ﷻ.

Contohnya adalah ketika seseorang akan melakukan sebuah pekerjaan ataupun perjalanan jauh. Kamu dapat mengucapkan Fii Hifzillah kepada orang tersebut dengan tujuan agar semua pekerjaan atau perjalanan orang itu selalu dilindungi oleh Allah ﷻ.

Namun ada juga yang berpendapat bahwa ucapan ini juga dapat dilakukan untuk diri sendiri. Selain lafadz Bismillah, seorang muslim yang ingin melakukan tindakan juga dapat mengucapkan Fii Hifzillah dalam hati. Tujuannya agar dirinya lebih tenang dan percaya bahwa selama tindakan mereka bertujuan baik, semoga Allah ﷻ selalu melindunginya.

Apabila kalimat Fii Hifzillah diucapkan dengan ikhlas, maka semoga kita selalu dilindungi Allah ﷻ dari segala bahaya ataupun hal-hal lain yang dapat membahayakan jiwa. Jika Allah ﷻ mengijabah kalimat dan doa tersebut, maka kita akan merasa selalu baik-baik saja dan aman dalam perlindungan-Nya.

Cara Menjawabnya

Jika kamu mendapatkan ucapan ini dari teman, keluarga, ataupun sahabat, maka sebaiknya kita berterimakasih karena mereka mendoakan. Mengenai ucapan balasan Fii Hifzillah, memang tidak ada patokan bagaimana kamu harus menjawabnya.

Jawaban umum jika kamu mendapatkan ucapan ini adalah:

شُكْرًا يَا أَخِي

“Syukron Ya Akhi” (terimakasih, saudaraku laki-laki) apabila yang mengucapkan adalah laki-laki.

شُكْرًا يَا اُخْتِي

“Syukron Ya Ukthi” (terimakasih saudaraku perempuan) apabila yang mengucapkan adalah perempuan.

Demikian penjelasan mengenai Fii Hifzillah apa dan bagaimana cara menggunakannya serta membalasnya apabila kamu mendapatkan ucapan tersebut. Semoga apa yang kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat memberikan manfaat untuk kamu. Dan semoga kamu juga selalu mendapatkan perlindungan dari Allah ﷻ.

Leave a Reply