Fakta Unik Komodo Hewan Khas Indonesia

Ada beberapa fakta unik komodo hewan khas Indonesia. tetapi, sayangnya saat ini keberadaannya hampir terancam punah. Menurut pakar arkeologi, bahwa kadal raksasa tersebut sudah ada sejak zaman prasejarah.

Maka masa hidup dari komodo diperkirakan sudah ada sejak 30 juta tahun lalu. Perkiraan ini semakin kuat karena telah terdapat fosil hewan dengan susunan rangka bahkan menyerupai tubuh dari fauna khas Indonesia tersebut.

Sebutan Serta Fakta Unik Komodo yang Wajib Anda Ketahui

Selain sebutan sebagai kadal raksasa, fauna ini juga terkenal dengan sebutan kadal purba terbesar. Komodo dapat berkembang hingga memiliki panjang yaitu 3 meter dengan berat hingga 68 kg.

Jika anda penasaran, maka bisa langsung mengetahui beberapa hal tersebut :

 

  1. Fakta Unik Komodo yaitu Kadal Terbesar di Dunia

Fauna ini merupakan yang terbesar pada jenisnya saat ini. memiliki nama latin yaiut varanus komodoenesis, bahkan jika terlihat dari fisiknya jantan mempunyai bobot lebih besar dari spesies betina.

Ciri dari spesies jantan yaitu terletak pada badannya yang besar, dengan tingkat pergerakan hanya sekitar 8-10 kilometer per jam. Akan tetapi, jika dalam kondisi terancam, maka bisa mencapai tingkat kecepatan lari hingga 18 kilometer per jam.

  1. Fakta Unik Komodo Berdasarkan Asal-usulnya.

Menurut dalam buku “Panduan Sejarah Ekologi Taman Nasional Komodo” oleh Arnaz Mehta Erdmann, salah satu teorinya mengatakan bahwa komodo berasal dari Asia atua Australia. Hewan dengan nama latin Varanus Komodoenesis tersebut melakukan migrasi dari Australia ke Kepulauan Timur Indonesia hingga tiba pada Pulau Flores sekitar 900.000 tahun yang lalu.

Peneitian tersebut terbit dalam jurnal PLOS One tahun 2009, bahwa spesies ini punah dari Australia sekitar 50.000 tahun lalu. Prosese migrasi tersebut sudah terjadi diduga sekitar ketinggian air laut lebih rendah 85 meter daripada dengan kondisi abad ke 21 saat ini.

Maka bisa melakukan migrasi dengan mudah dari Flores ke pulau-pulau sekitarnya. Habitat serta fakta unik komodo banyak terdapat pada wilayah Indonesia yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Gili Motang dan sebagian kecil bagian utara dan barat Pulau Flores.

Berdasarkan dari jurnal berjudul Kajian Ekologi dan Status Keberadaan komodo di Pulau Padar Taman Nasional Komodo, karya dari Abdul Haris Mustari dkk. Bahwa spesies tersebut pada Pulau Padar sudah tak terdapat lagi karena diduga masalah ekologi seperti menurunnya kualitas dan kuantitas pada makanan, air, serta satwa lain yang terikat dengan keberlangsungan kehidupan komodo.

Baca juga Perkembangan Seni Kebudayaan Nusantara

  1. Memiliki Indera Penciuman Kuat

Spesies kadal raksasa terkenal dengan indera penciuman yang sangat kuat. Bahkan mereka bisa mengetahui mangsanya pada jarak 5-11 kilometer. Saat berburu lebih sering mengandalkan indera pembau ketimbang penglihatan meskipun juga memiliki penglihatan sangat baik.

Ketika sedang mencium bau mangsanya, hewan ini akan menjulurkan lidahnya keluar. Pada saat itu, sedang terjadi penangkapan partikel zat kimia dari tanah dan udara.

  1. Senang Bermain Sendiri dan Bersama Manusia

Meski memiliki tampilan terlihat buas dan menyeramkan. Tetapi ternyata hewan buas ini juga memiliki kebiasan unik. Bahwa spesies ini suka bermain individu secara individu atau bersama orang-orang disekitarnya.

Pernah terdapat bahwa individu ini bermain dengan sekop dan sepatu milik warga sekitar. Selain itu juga terlihat bahwa ikut bermain sepakbola bersama anak-anak masyarakat. Tetapi, walau begitu tetap harus berjaga-jaga ketika bertemu hewan buas tersebut.

Dengan mengetahui fakta unik komodo, maka juga bisa membuat kita mencintai salah satu prasejarah tersebut. Dengan begitu juga bisa melakukan pelestarian dengan tepat.

 

 

Leave a Reply