Etika Bisnis

Etika bisnis- Etika tidak hanya berlaku`untuk hubungan sosial antara sesama, tetapi etika juga sangat penting untuk kita terapkan di dalam bisnis kita.

Simak penjelasan berikut ini.

Etika Bisnis

Etika Bisnis

Etika bisnis merupakan aturan tentang benar atau tidaknya dalam menjalankan suatu usaha atau bisnis yang mencakup segala bentuk aspek kegiatan bisnis itu sendiri, baik secara individu maupun kelompok.

Dalam suatu bisnis memang sudah sepatutnya untuk ditanamkan suatu etika atau aturan, agar setiap pengusaha, baik seorang karyawan atau pemimpin sekaligus, bisa memiliki nilai-nilai tentang norma, tatakrama atau berperilaku baik.

Agar terhindar dari setiap masalah dan hambatan atau komplain dari setiap pelanggan, dan agar bisnis bisa berjalan dengan lancar dan mudah. Jadi sudah seharusnya etika dalam berbisnis menjadi sebuah pedoman baik secara individu maupun kelompok.

Sedangkan etika itu sendiri artinya adalah suatu aturan atau norma yang menjadi pedoman dan dipakai dalam kehidupan bermasyarakat terkait perilaku baik dan buruknya seseorang. Etika tersebut juga bisa digunakan dalam dunia bisnis, baik itu online atau bisnis lainnya.

Seorang pengusaha atau sebuah perusahaan, terutama perusahaan-perusahaan besar. Sudah sangat meyakini bahwa bisnis yang baik dan sukses adalah bisnis yang beretika. Hal tersebut sudah menjadi standart dan pedoman bagi setiap karyawannya, agar bisa melakukan pekerjaannya dengan professional.

Baca juga:

Contoh Usaha Rumahan

Tujuan Etika Bisnis

Menanamkan sebuah etika dalam dunia bisnis bukan tanpa adanya dasar, semua itu tentu memiliki suatu tujuan. Seperti berikut :

  • Memberikan serta menanamkan nila-nilai norma dan berperilaku baik dalam setiap pekerjaan
  • Agar mempunyai tanggung jawab dan sikap yang professional dalam bekerja
  • Agar bisnis yang dijalankan bisa teratur dan dipandu dengan benar
  • Jauh dari masalah, citra buruk, dan komplain
  • Mempermudah serta memperlancar dalam meraih kesuksesan

Manfaat Etika Bisnis

Etika bisnis juga memiliki manfaatnya jika anda berhasil menanamkannya dalam bisnis atau perusahaan yang anda jalani. Seperti berikut :

  • Kredibilitas dan kualitas bisnis atau perusahaan meningkat
  • Bisnis atau perusahaan memiliki citra yang baik dimata konsumen
  • Bisnis atau perusahaan bisa berjalan dengan aman, lancan dan nyaman
  • Karyawan atau pemimpin bisa menjunjung tinggi moral
  • Bisa memiliki hubungan yang baik dengan konsumen

Contoh Beberapa Etika dalam Berbisnis

Contoh Beberapa Etika dalam Berbisnis

Berikut ini contoh etika dalam berbisnis

Jujur

Jujur merupakan nilai yang paling dasar yang harus diterapkan dalam berbisnis, jika anda menjalankan suatu bisnis dengan tidak jujur atau curang. Maka bisnis anda bisa hancur dan reputasi anda bisa rusak dalam sekejap.

Anda akan kesusahan dalam memperbaiki situasi tersebut, bahkan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk memperbaiki reputasi serta bisnis anda itu. Karena biasanya, setiap konsumen yang sudah hilang kepercayaan terhadap bisnis atau perusahaan anda, mereka akan langsung berpindah ke yang lain.

Bersikap Dewasa

Memang sudah semestinya, dalam dunia kerja anda harus bisa menghilangkan sikap kekanak-kanakan dan mengesampingkan terlebih dahulu ego sendiri. Anda harus bersikap professional dan harus mempunyai pemikiran yang panjang untuk bisnis anda.

Berperilaku Baik atau Bersikap Sopan

Anda harus memiliki perilaku yang baik dalam bisnis anda, baik itu kepada rekan kerja anda maupun konsumen. Sebesar apapun masalah yang sedang anda alami, anda harus tetap bisa menjaga perilaku anda kepada orang lain dan mengesampingkan terlebih dahulu masalah tersebut.

Jagalah perilaku baik anda secara konsisten, karena itu bisa membuat bisnis atau perusahaan anda selalu mendapatkan citra yang baik di mata orang lain. Karena dalam berbisnis perilaku baik atau bersikap sopan kepada orang lain benar-benar sangat penting.

Tidak jarang banyak perusahaan yang bila mencari karyawan, hal yang paling dicari terutamanya adalah berperilaku baik atau mempunyai sopan santun. Karena hal tersebut bisa membuat bisnis atau perusahaan bisa bertahan dalam jangka waktu yang sangat panjang.

Berpenampilan Rapi dan Wangi

Seorang pebisnis juga harus bisa menjaga penampilannya, terutama jika bisnis atau perusahaan anda selalu berhubungan dengan konsumen setiap hari. Tentu anda harus berpenampilan rapi serta wangi.

Agar konsumen yang bertemu dengan anda selalu merasa nyaman, dan tidak menyesal sudah datang ke tempat anda. Karena jika penampilan anda acak-acakan serta tidak wangi. Bukan hanya anda yang akan dipandang buruk, tapi berpengaruh terhadap bisnis anda juga.

Menyebutkan Nama dan Tujuan

Saat pertama kali anda bertemu dengan konsumen atau klien, anda harus menyebutkan nama anda, nama perusahaan atau bisnis anda, dan sebutkan dengan rinci tujuan dari bisnis yang anda buat.

Hal tersebut agar konsumen tertarik dengan bisnis anda, dan hal tersebut termasuk salah satu etika atau sopan santun dalam berbisnis.

Berdiri Ketika Berkenalan

Anda juga harus berdiri ketika berkenalan atau ingin menyapa orang lain, baik itu kepada rekan kerja atau kepada konsumen. Karena dianggap tidak sopan jika anda tidak berdiri saat berkenalan.

Mengucapkan Terima Kasih

Selalu mengucapkan terima kasih kepada siapapun dan sekecil apapun hal yang anda terima dari orang lain., terutama ketika anda baru aja selesai dibantu oleh orang lain. Hal tersebut juga bisa menjaga kerukunan serta kenyamanan dalam bisnis atau perusahaan anda.

Nah itulah beberapa contoh etika dalam berbisnis yang bisa anda tanamkan dalam diri serta bisnis yang akan anda jalani. Jika ada tambahan mengenai etika dalam berbisnis lain silahkan tambahkan dalam kolom komentar.

Terima kasih.

Leave a Reply