Doa Sholat Taubat

Manusia merupakan tempatnya salah dan khilaf, sehingga perlu melaksanakan shalat taubat dan membaca doa sholat taubat. Karena di akhirat nanti, segala perbuatan akan dimintai pertanggungjawaban.

Baik itu perbuatan dosa yang kecil maupun besar, terlihat atau tersembunyi.

Dan tidak akan pernah ada yang bisa melarikan diri darinya. Sebab Allah maha mengetahui segala sesuatu, termasuk yang tersembunyi.

Maka, sebagai hamba yang penuhy dosa, ada baiknya jika kita melaksanakan sholat taubat. Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya berikut.

Pengertian Taubat Dan Syaratnya

Pengertian Taubat Dan Syaratnya

Di dalam diarynya Syaikh Ibn al-Utsaimin, disebutkan beberapa hal terkait taubat ini. Seperti pengertian taubat dan manfaat taubat.

Taubat artinya berhenti bermaksiat, kemudian kembali menuju Allah, menuju ketaatan yang sesungguhnya.

Dan perbuatan terpuji satu ini merupakan salah satu amalan yang dicintai oleh Allah. Sebagaimana disebutkan Allah di dalam firman Nya dalam Quran surah al-Baqarah ayat 222.

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

Sesungguhnya Allah sangat mencintai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.

Bertaubat menjadi salah satu kewajiban yang harus ditunaikan oleh seorang hamba yang hidupnya sudah tidak lagi berdasarkan aturan-aturan yang telah diatur oleh Allah.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ تُوبُوٓا۟ إِلَى ٱللَّهِ تَوْبَةً نَّصُوحًا

Hai orang-orang yang beriman, taubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuha. Quran surah al-Tahrim ayat 8.

Baca juga;

Doa Sholat Dhuha

Syarat Taubat

Syarat Taubat

Ketika akan bertaubat, maka paling tidak ada lima syarat yang meski kamu penuhi. Hal ini agar taubat yang kamu lakukan benar-benar termasuk taubat sungguhan atau taubatan nasuha.

  • Syarat melaksanakan taubat yang pertama adalah ikhlas.

Di mana, ketika akan bertaubat, maka niat kamu hanya tertuju pada Allah, seperti untuk mendapatkan ridha Nya, mendapatkan pahala, dan selamat dari siksa Nya yang amat pedih.

  • Syarat kedua adalah menyesali segala perbuatan yang sudah kamu lakukan.

Dan syarat kedua bukan hanya sebatas menyesal ya. Karena rasa menyesal tidak akan berarti apapun jika tidak kamu imbangi dengan komitmen atau janji untuk tidak lagi mengulangi perbuatan tersebut.

Maka, cobalah benar-benar menyesali segala perbuatan dosa yang sudah kamu lakukan. Lalu berjanjilah untuk tidak mengulanginya.

  • Tekan yang kuat

Tatakala akan bertaubat, siapkan diri kamu dengan baik, plus tekad yang kuat dan bulat untuk tidak mengulangi segala maksiat yang sudah pernah kamu lakukan di lain waktu lain.

Baca juga:

Doa Sholat Tahajud

  • Menjauhkan diri

Jika akan hijrah, kamu meski selektif dalam memilih pertemanan. Kenapa? Karena kamu masih berada di masa-masa hijrah yang sangat rentan menerima tawaran dan godaan.

Maka, agar tidak terbawa dan terjerumus ke dosa yang sama, kamu meski sebisa mungkin menjauhkan diri dari segala hal yang mendekatkan kamu dengan maksiat.

Menjauhkan diri dari perilaku yang melanggar ketentuan Allah, dan lain sebagainya. Apabila selama ini kamu melakukan banyak dosa terhadap Allah, maka mohon ampunlah kepada Nya.

Sementara jika selama ini kamu banyak berbuat maksiat terhadap makhluk Nya, sering menyakiti orang lain mungkin, maka segeralah meminta maaf kepada yang bersangkutan.

Karena untuk mendapatkan maaf dan ampunan Allah itu mudah, selagi kamu tidak melakukan syirik. Berbeda halnya dengan dosa yang kamu lakukan terhadap makhluk Nya.

Baca juga:

Doa Sholat Hajat

  • Bertaubat sebelum ajal.

Jadi, ada waktu di mana taubat tidak lagi berguna. Kapan kah itu? Yakni ketika pintu taubat memang sudah tidak lagi terbuka.

Untuk hal ini ada dua waktu ya, di mana taubat sudah tidak lagi berarti apapun, pertama adalah ketika ajal menjemput, dan kedua adalah tatkala matahari sudah terbit dari barat.

Maka, usahakan bertaubat secepat mungkin. Jangan pernah menunda-nundanya.

Dalam hal ini, Allah berfirman di dalam Quran surah al-Nisa ayat 18. Yang berbunyi:

وَلَيْسَتِ التَّوْبَةُ لِلَّذِيْنَ يَعْمَلُوْنَ السَّيِّاٰتِۚ حَتّٰىٓ اِذَا حَضَرَ اَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ اِنِّيْ تُبْتُ الْـٰٔنَ وَلَا الَّذِيْنَ يَمُوْتُوْنَ وَهُمْ كُفَّارٌ ۗ اُولٰۤىِٕكَ اَعْتَدْنَا لَهُمْ عَذَابًا اَلِيْمًا

Dan tobat itu tidaklah (diterima Allah) dari mereka yang melakukan kejahatan hingga apabila datang ajal kepada seseorang di antara mereka, (barulah) dia mengatakan, “Saya benar-benar bertobat sekarang.” Dan tidak (pula diterima tobat) dari orang-orang yang meninggal sedang mereka di dalam kekafiran. Bagi orang-orang itu telah Kami sediakan azab yang pedih.

Selain itu, Rasulullah juga bersabda:

من تاب قبل أن تطلع الشمس من مغربها، تاب الله عليه

Siapa yang bertaubat sebelum matahari terbit dari Barat, maka taubatnya masih diterima oleh Allah. (Hadis Riwayat Muslim).

Ya Allah berilah kami taufik agar senantisa bertaubat dengan sungguh-sungguh dan terimalah amalan kami. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha mengetahui. Maka, mari bersungguh-sungguh dalam bertaubat, agar taubat kita menjadi taubat nasuha, taubat yang sungguh-sungguh.

Baca juga:

Doa Sholat Tarawih

Cara Melaksanakan Shalat Taubat

Cara Melaksanakan Shalat Taubat

Shalat taubat merupakan salah satu shalat sunnah yang dianjurkan. Sebagaimana yang disebutkan oleh Syaikh Wahbah al-Zihaili di dalam kitab Fiqh Islam wa Adillatuhu.

Di dalam kitab tersebut, Syaikh Wahbah menjelaskan, bahwa shalat taubat adalah shalat sunnah.

Hal ini karena terdapat dalil di dalam Sunan Abu Daud dan Tirmidzi. Berikut adalah cara shalat taubat dan doa sholat taubat yang meski kamu perhatikan.

Tata Cara Sholat Taubat

Syaikh Abdurrahman al-Juzairi menyatakan, bahwa empat mazhab termasyhur tidak mebahas tentang shalat taubat. Dan nyaris tidak ada kitab fiqh yang mebahas tentang shalat sunnah satu ini.

Maka jika ingin membahas dan mengetahuii tentang shalat sunnah taubah bisa membaca kitab Fiqh Islam wa Adillatuhu dengan fiqh sunnah.

Shalat taubat dilaksanakan paling tidak dua rakaat. Dan begitu selesai, kamu bisa beristighfar sebanyak-banyaknya, memohon ampunan kepada Nya.

Baca juga:

Doa Sholat Witir

  • Niat untuk melaksanakan shalat taubat.

Perkara niat ini sebenarnya sudah klir ya. Karena semua ulama sepakat, bahwasanya letak dari niat adalah di dalam hati.

Bahkan, di dalam Fuqh manhaj juga sudah dijelaskan, bahwa demi keabsahan shalat yang kamu tunaikan, maka niatnya meski diiringi ketika sedang takbiratul ihram.

Caranya mudah, kamu bisa memastikan bahwa hari kamu sudah bersih dari hal-hal dunia dan siap melaksanakan shalat. Lalu ketika takbir, maka kamu bisa mengingat tengah menjalankan shalat apa.

Dan ketika sedang melaksanakan bagian shalat yang pertama ini, diisyaratkan untuk melafadzkannya dengan lisan. Dan perkara apakah dilisankan atau tidak masih terdapat pebredaan ya.

Dalam hal ini, Syaikh Wahbah al-Zuhaili berpendapat, bahwa jumhur ulama sepakat bahwa melafadkan niat adalah sunnah, dan dapat membantu hati dalam menghadirkan niat.

Sementara di Mazhab Maliki dinyatakan bahwa  yang terbaik ialah dengan tidak melafadzkannya.

Kamu bisa memilih salah satu di antara kedua poin terpenting tersebut. Jika memilih dilafadzkan, maka jangan menyalahkan yang tidak melafadzkan, begitupun sebaliknya. Karena substansi dari perkara ini adalah ‘meski ada niatnya’.

Maka, selagi ada niat, apakah itu dilisankan atau tidak, maka tidak menjadi persoalan. Nah, jika kamu ingin melisakannya, maka kamu bisa membacakan niat shalat taubat:

أُصَلِّيْ سُنَّةَالتَّوْبَةِرَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Aku niat melaksanakan shalat sunnah taubat 2 rakaat, hanya karena Allah.

  • Takbiratul ihram, kemudian diikuti dengan membaca doa istiftah atau iftitah, dan dilanjutkan dengan membaca al-Fatihah serta surah yang ada di dalam al-Quran.
  • Ruku’
  • Iktidal
  • Sujud pertama
  • Duduk di antara dua sujud
  • Sujud yang kedua
  • Beridir untuk melaksanakan rakaat yang kedua
  • Baca alfatihha kembali
  • Surah pilihan di dalam al-Quran
  • Rukuk
  • Iktidal
  • Sujud
  • Duduk di antara dua sujud
  • Sujud terakhir
  • Duduk tasyahud akhir
  • Salam

Lakukan tiap gerakannya dengan tumakninah, dan pastikan bahwa kamu menjalankannya dengan khusyu’. Ketahuilah, bahwa ketika shalat Engkau tengah diawasi oleh Nya.

Baca juga:

Doa Sholat Istikharah

Doa Sholat Taubat

Doa Sholat Taubat

Usai melaksanakan sholat taubat, sangat dianjurkan untuk membaca doa sholat taubat dan dzikir sebanyak-banyaknya.

Tujuannya sudah pasti untuk meminta ampunan dari Nya. Sebagaimana yang dijelaskan di dalam hadis dari bu Bakr, bahwa Rasulullah pernah bersabda:

:عَلَيْكُمْ بِلاَإِلَهَإِلاَّاللهُ وَالاِسْتِغْفَارِفَاكْثِرُوْامِنْهُمَافَإِنَّإِبْلِيْسَ قَالَ : أَهْلَكْتُالنَّاسَ بِالذُّنُوْبِ وَأَهْلَكُوْنِي بِلاَإِلَهَإِلاَّاللهُ وَالْاِسْتِغْفَارِفَلَمَّارَأَيْتُ ذَلِكَ أَهْلَكَ أَهْلَكْتُهُمْ بِالْأَهْوَاءِفَهُمْ يِحْسَبُوْنَ أَنَّهُمْ مُهْتَدُوْنَ

Hendaklah kalian membaca lȃilȃha illallȃh kemudian beristighfar, dan memperbanyaklah membaca kedua bacaan tersebut. Karena iblis akan berkata, ‘Aku sudah membinasakan manusia dengan membuatnya berdosa, sementara mereka membinsakan aku dengan membaca lȃilȃha illallȃh dan itighfar. Lalu ketika aku tahu yang demikian, aku akan membinasakan mereka dengan mengikuti hawa nafsu, hingga akhirnya mereka berpikir dan merasa, bahwa sebenarnya mereka tengah diberikan petunjuk dari Allah, atau merasa sedang berada di atas jalan yang benar.

Hadis riwayat al-Imam al-Hafidz Ibn Ya’la. Bacaan doa sholat taubat istighfar yang bisa kamu ulang-ulang usai shalat adalah:

:أسْتَغْفِرُاللّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لاإلَهَ إلَّاهُوَالْحَيُّالْقَيُّومُوَأتُوبُإلَيْه

Aku memohon ampunan Allah yang tiada illah selain Nya. Dialah yang Maha Hidup, dan beridir sendiri. Aku bertaubat kepada Nya.

Akan sangat baik jika kamu membaca istighfar ini sebanyak 100 kali, kemudian banyak-banyak bertasbih memujinya. Adapun doa sholat taubat yang bisa kamu baca adalah:

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَاإِلٰهَ إِلَّاأَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَاعَبْدُكَ وَأَنَاعَلَىعَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَااسْتَطَعْتُ،أَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّمَاصَنَعْتُ أَبُوْءُلَكَ بِنِعْمَتِ كَ عَلَيَّ وَأَبُوْءُبِذَنْبِي فَاغْفِرْلِي فَإِنَّهُ لَايَغْفِرُالذُّنُوْبَ إِلَّاأَنْتَ

Wahai Allah, Engkau adalah Tuhan kami, tidak ada Tuhan selain Engkau. Engkau yang sudah menciptakan aku, dan aku adalah hamba Mu. Dan aku berada dalam ketentuan dan janji Mu, yang sebisa mungkin kulakukan. Aku berlindung ya Allah kepada Mua, dari semua kejahatan yang sudah kulakukan. Ku akui segala nikmat Mu yang sudah Engkau berikan padaku, dan aku mengakui segala dosaku. Maka ampunilah aku, karena tidak ada yang bisa memberikan ampunan selain Engkau. Aku memohon perlindungan kepada Mu Rabb, dari semua kejahatan yang sudah kulakukan.

اَللّٰهُمَّ اِنِّى أَسْاَلُكَ تَوْفِيْقَ أَهْلِالْهُدَىوَاَعْمَالَ اَهْلِالتَّوْبَةِوَعَزْمَ اَهْلِالصَّبْرِوَجِدَّاَهْلِالْخَشْيَةِوَطَلَبَ أَهْلِالرَّغْبَةِوَتَعَبُّدَأَهْلِالْوَرَعِوَعِرْفَانَ أَهْلِالْعِلْمِحَتَّىاَخَافَكَ .اَللّٰهُمَّ اِنِّىاَسْاَلُكَ مَخَافَةًتَحْجُزُنِىعَنْمَعَاصِيْكَحَتَّىاَعْمَلَ بِطَاعَتِكَ

عَمَلاًاَسْتَحِقُّبِهِرِضَاكَحَتَّىاُنَاصِحَكَفِىالتَّوْبَةِخَوْفًامِنْكَوَحَتَّى اَخْلِصَلَكَالنَّصِيْحَةَحُبًّالَكَوَحَتَّىأَتَوَكَّلَعَلَيْكَفَالأُمُوْرِكُلِّهَاوَحُسْنَظَنٍّبِكَ. سُبْحَانَخَالِقِنُوْرٍ.

Wahai Allah, sesungguhnya Aku memohon pertolongan kepada Mu, yakni petunjuk orang yang mendapatkan petunjuk dari Mu, dan perbuatannya orang yang bertaubat, dan cita-citanya orang sabar, dan kesungguhan orang yang takut, dan pencariannya orang yang cinta, dan ibdahanya orang yang menjauhkan dirinya dari dosa, dan ma’rifatnya orang yang berilmu, hingga aku takut pada Mu Rabb,

Wahai Allah, sungguh aku memohon rasa takut kepada Mu yang  akan membentengiku dari sikap durhaka terhadap Mu, hingga aku menjadi hamba yang ta’at, yang berhak memperoleh ridha dari Mu, hingga aku tuus bertaubat karena merasa takut kepada Mu, sehingga aku mengikhlaskan ketulisan untuk Mu, sebab cinta karena Mua, dan hinggga aku berserah diri hanya kepada Mu, dalam segala urusan. Dan akku memohon prasangka baik kepada Mu. Maha Suci Engkay yang Maha Menciptakan Cahaya.

Sebuah doa yang sangat luar biasa ya. Jika ketika membaca doa shlat taubat tersebut kamu sungguh-sungguh, maka segala rahmat dan nikmat Nya akan terlihat dengan jelas. masyaAllah.

Baca juga:

Doa Sholat Jenazah

Faedah Menjalankan Shalat Taubat

Faedah Menjalankan Shalat Taubat

Ketika melaksanakan sholat sunnah satu ini, maka ada berbagai faedah atau keutamaan yang akan kamu dapatkan. Seperti, mendatangkan kemenangan, mendatangkan ampunan dari Allah, dicintai Allah, didoakan para malaikat, dan jalan masuk surga. Berikut penjelasannya.

  • Diampuni Allah

Faedah pertama dari shalat taubat adalah mendapatkan ampunan dari Nya. Sesuai dengan sabda Rasulullah di dalam hadisnya yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan Ibn Majah:

« مَا مِنْ عَبْدٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا فَيُحْسِنُ الطُّهُورَ ثُمَّ يَقُومُ فَيُصَلِّى رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ إِلاَّ غَفَرَ اللَّهُ لَهُ ». ثُمَّ قَرَأَ هَذِهِ الآيَةَ (وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ) إِلَى آخِرِ الآيَةِ

Tidak ada satu orangpun yang mempunyai dosa lalu ia melaksanakn wuhud, mengerjakan shalat, kemudian meminta ampunan kepada Allah, melainan Allah akan mengampuninya. Kemudian, Rasulullah membaca Quran surah ali-Imran ayat 135, yang artinya adalah, ‘Dan orang yang jika mengerjakan maksiat atau menganiaya diirnya sendiri, kemudian mereka ingat kepada Allah, lalu memhonkan ampun atas dosa-dosanya karena menganiaya dirinya sendiri maka siapa yag akan memberikan apunna dosa-dosa tersebut jika bukan Allah? Kemudian mereka tidak lagi meneruskan perbuatan maksiatnya, karena mereka mengetahui.

مَا مِنْ رَجُلٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا ثُمَّ يَقُومُ فَيَتَطَهَّرُ ثُمَّ يُصَلِّى ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ إِلاَّ غَفَرَ لَهُ

Siapa nyang mengambil whuud, kemudan menyempurnakan wuhudunya, lalu melaksanakan shalat sebanyak dua rakaat ataupun empat rakaat, lalu menyempurnakan dzikir dengan khusuyu, lalu memohon ampunan kepada Nya, niscaya Allah akan memberikan ampunan (Hadis riwayat Ahmad).

Selain berlandasakan hadis, faedah diampunkannya dosa setelah shalat taubat juga disebutkan di dalam firman Allah, dalam Quran surah al-Zumar ayat 53.

. قُلْ يَٰعِبَادِىَ ٱلَّذِينَ أَسْرَفُوا۟ عَلَىٰٓ أَنفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا۟ مِن رَّحْمَةِ ٱللَّهِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ يَغْفِرُ ٱلذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلْغَفُورُ ٱلرَّحِيمُ

Katakanlah, duhai hamba Ku yang sudah melampaui batas terhadap dirinya sendiri, janganlah berputus asa dari Rahmat Ku, karena sesungguhnya Allah adalah Maha Pengampun segala dosa, dan Allah Maha pengampun dan Maha Penyayang.

Dari beberapa dalil di atas, dapat dilihat bahwasanya ampunan Allah sangatlah luas. Maka sebanyak dan seluas apapun dosa kita jangan pernah ragu akan ampunan Nya.

Baca juga:

Doa Sholat Tasbih

  • Mendatangkan Kemenangan

Faedah pertama dari shalat taubat yang kedua adalah bisa mendatangkan kemenangan. Sebagaimana yang disebutkan di dalam firman Allah dalam Quran surah al-Nur ayat 31.

: وَتُوبُوٓا۟ إِلَى ٱللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ ٱلْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, duhai orang yang beriman. Supaya kalian menjadi orang yang beruntung.

Keberuntungan yang sejati memang hanya bisa diperoleh ttakala seorang hamba merasa bahwa ia membutuhkan Allah, sampai Allah akan menyelamatkannya dari jurang yang tajam.

  • Didoakan Malaikat

Siapa yang tidak ingin didoakan para malaikat? Tentu kita semua menginginkannya ya. Maka, bertaubatlah, lakukan shalat sunnah taubat agar kamu didoakan oleh malaikay.

Ketika kamu melaksanakan shalat taubat, maka mereka akan meminyakan ampunan atas kamu kerpada Allah. Sebagaimana yang disebutkan oleh Allah dalam Quran surah Ghafir ayat 7.

الَّذِينَ يَحْمِلُونَ الْعَرْشَ وَمَنْ حَوْلَهُ يُسَبِّحُونَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَيُؤْمِنُونَ بِهِ وَيَسْتَغْفِرُونَ لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَحْمَةً وَعِلْمًا فَاغْفِرْ لِلَّذِينَ تَابُوا

Para malaikat yang memikul ‘Arsy dan malaikat yang adai sekelilintgnya akan bertasbih,  memuji Allah, mereka mengimani Nya, dan memintakan ampunan terhadp orang yang beriman dengan berkata, Whaia Tuhan kami, rahmat dan ilmu Mu meliputi segalanya, maka ampunilah orang yang bertaubat.

  • Dicintai oleh Allah

Di dalam firman Nya, Allah menyatakan, bahwa Ia mencintai hamba Nya yang bertaubat, dan dengan melaksanakan shalat taubat adalah awal bentuk kesungguhannya dalam bertaubat. Hal ini terdapat di dalam firman Nya, Surah al-Baqarah ayat 222, yang atinya,

Sesungguhnya Allah sangat mencintai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.

  • Masuk ke dalam Surga

Keutamaan dari shalat taubat adalah dimasukkan Allah ke dalam surga. Sebagaimana disebutkan di dalam Quran surah al-Tahrim ayat 8.

Demikian sekilas tentang shalat taubat dan doa sholat taubat. Yuk segera penuhi ke lima syarat taubat nasuha di atas, dan menjalankan shalat taubat.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply