Doa Pulang Sekolah Dan Pengertiannya

Doa Pulang Sekolah – Sekolah merupakan suatu kegiatan belajar yang dilakukan pada suatu tempat dengan adanya seorang pembimbing, yaitu guru.

Bersekolah atau sekolah sebenarnya bukanlah hal yang wajib dalam agama Islam, terutama di sekolah yang diajarkan kebanyakan adalah ilmu atau materi tentang duniawi.

Karena yang diwajibkan hanyalah mencari ilmu atau belajarnya saja, karena pada dasarnya belajar atau mencari ilmu bisa kita lakukan dimanapun dan kapanpun.

Namun, sebagian orang terutama orang tua, pastinya akan selalu mewajibkan kita untuk sekolah.

Nah agar sekolah nya bermanfaat dan menambah ilmu yang berkah untuk kita, agama menganjurkan untuk berdoa setelah selesai belajar, berikut pembahasannya di bawah ini.

Doa Pulang Sekolah Dan Pengertiannya

Doa Pulang Sekolah Dan Pengertiannya

Dikarenakan cara belajarnya yang efektif, serta aturan-aturan  atau bimbingan yang membuat seseorang bisa lebih cepat mengerti atau faham terhadap suatu ilmu. Serta tersedianya fasilitas-fasilitas yang membuat seseorang menjadi nyaman dalam belajar.

Dan seperti yang sudah kita ketahui, dan mungkin sudah banyak dibahas. Di dalam Islam setiap kegiatan atau untuk memulai kegiatan, kita selalu dianjurkan untuk berdoa terlebih dahulu.

Begitupun ketika kita akan sekolah, tentunya ada doa yang harus kita panjatkan terlebih dahulu. Baik itu ketika berangkat sekolah, ketika memulai belajar, ketika mengakhiri belajar, dan juga ketika pulang sekolah.

Dan pada artikel kali ini yang akan kita bahas adalah doa ketika hendak pulang sekolah yang bisa kita gunakan.

Doa Pulang Sekolah

Doa Pulang Sekolah

Seperti yang kita ketahui, pada intinya kegiatan yang ada disekolah hanyalah belajar atau mencari ilmu. Dengan tujuan untuk membuat seseorang menjadi pintar atau cerdas.

Tentunya sebagai muslim, untuk menjadi orang yang pintar atau cerdas, atau orang yang berpengetahuan, tiidak cukup hanya dengan sebuah ikhtiar atau usaha saja.

Sebelum memulai serta mengakhiri kegiatan sekolah kita, alangkah baiknya kita berdoa terlebih dahulu, justru sangat dianjurkan untuk berdoa terlebih dahulu.

Agar kegiatan tersebut selalu diberi kelancaran dan kemudahan oleh Allah SWT, dan ilmu atau pengetahuan yang kita dapat dari hasil belajar disekolah bisa bermanfaat serta berkah.

Berikut doa pulang sekolah yang bisa kita gunakan:

وَالْعَصْرِ . إِنَّ الْإِنسَانَ لَفِي خُسْرٍ . إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

Wal’ashr innal insaana lafii khusr, Illaalladziina aamanuu wa’amilush shaalihaati watawaasaw bilhaqqi watawaasaw bishshabr

Artinya:

“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih dan saling menasihati supaya menaati kebenaran dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran.” (QS. Al-‘Ashr : 1-3)

Doa tersebut berasal dari surat di dalam Al-Qur’an yaitu surat Al-‘Ashr ayat 1 sampai 3. Surat tersebut sudah menjadi doa pulang sekolah atau mengakhiri pelajaran, yang sudah menjadi tradisi dari dulu dan sering diajarkan oleh para guru-guru disekolah.

Surat Al-‘Ashr termasuk golongan surat Makkiyah yang di turunkan di kota Makkah dan termasuk surat pendek di dalam Al-Qur’an.

Jika dilihat dari keutamaan isi kandungan pada surat tersebut, memang berhubungan dengan yang namanya ilmu atau memanfaatkan waktu untuk mencari ilmu.

Seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadist tentang keutaman isi kandungan surat Al-‘Ashr, sebagai berikut.

“Seorang hamba tidak akan beranjak dari tempatnya pada hari kiamat nanti hingga dia ditanya tentang ilmunya, apa saja yang ia amalkand ari ilmu tersebut.” (HR. Ad-Darimi)

Isi kandungan tersebut adalah sebuah pengingat tentang memanfaat waktu yang digunakan dengan berbuat hal-hal yang baik, salah satunya adalah mencari ilmu dan mengamalkannya.

Seperti yang dijelaskan berdasarkan Tafsir Maraghi:

“Jika ingin memahami hakikat dari nilai pendidikan kedisiplinan sebenarnya sudah dijelaskan oleh Allah SWT dalam firman surat Al-Ashr ayat 1-3. Apabila direnungkan kembali maka kamu akan mengetahui bahwa surat Al-Ashr menjelaskan sumpah Allah SWT atas nama waktu. Dan sangat celakalah bagi manusia yang menyia-nyiakan waktunya dengan hal-hal yang kurang bermanfaat. Kecuali orang yang memiliki iman, selalu menjalankan amal sholeh saling berwasiat terhadap kebenaran dan kesabaran.”

Baca juga:

Alhamdulillah Ala kulli Hal

Macam Macam Doa Pulang Sekolah

Macam Macam Doa Pulang Sekolah

Namun selain doa di atas, ada juga doa pulang sekolah atau mengakhiri pelajaran yang lainnya yang bisa kita gunakan.

Berikut doa pulang sekolah atau mengakhiri pelajaran dari beberapa sumber:

Doa Kesatu

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam.”

Baca juga:

Arti Yaumul Jaza

Doa Kedua

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Allahumma arinal aaqqa haqqan, warzuqnat tibaa’ahu. Wa arinal baathila baa-thilan warzuqnaj tinaabahu.

Artinya:

“Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehinggga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya.”

Doa Ketiga

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanaldzi yanfa’una wa zidna ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kulihal

Artinya:

“Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.”

Baca juga:

Pengertian Yaumul Milad, Hukum Dan Contoh Ucapan Doanya

Doa Keempat

رَبِّ أَوْزِعْنِيْ أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ. وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحاً تَرْضَاهُ .وَأَدْخِلْنِيْ بِرَحْمَتِكَ فِيْ عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

Robbi auzi’nii an asykuro ni’matal latii an’amta ‘alayya wa ‘alla waalidayya wa an’ a’mala shoolihan tardhoohu wa adkhilnii birohmatika fii ‘ibaadikash shoolihiin

Artinya:

“Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.”

Doa Kelima

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Subhanaka Allahuma wabihamdika asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik..

Artinya:

“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Itulah beberapa doa pulang sekolah yang bisa digunakan serta mudah untuk dihafal.

Baca juga:

Pengertian Hadza Min Fadhli Rabbii, Lengkap Arti Dan Tulisan Arab

Leave a Reply