Contoh Usaha Kecil

Contoh Usaha Kecil – Ketika anda ingin memulai suatu bisnis atau usaha, anda tidak harus langsung mengeluarkan modal yang besar agar bisnis anda juga bisa cepat besar atau sukses. Hal tersebut belum tentu bisa terjadi, apalagi jika anda sama sekali tidak memiliki pengalaman.

Karena itu, alangkah baiknya jika anda memulai bisnis kecil-kecilan terlebih dahulu. Selain anda bisa mencari pengalaman berbisnis, anda juga tidak akan merasakan kerugian yang tinggi jika bisnis anda nantinya gagal.

Berikut ada beberapa contoh usaha kecil yang bisa anda coba dan cukup menjanjikan.

Contoh Usaha Kecil

Contoh Usaha Kecil

5 contoh usaha kecil sebagai berikut :

Bisnis Dropshipper atau Reseller

Yang pertama adalah bisnis dropshipper atau reseller. Kedua hal tersebut berbeda satu sama lain.

Dropshipper adalah anda menjual sebuah produk dari supplier atau distributor tanpa perlu memiliki stok barang atau anda tidak perlu membeli produk tersebut terlebih dahulu.

Sedangkan Reseller adalah anda menjual kembali sebuah produk yang sudah anda beli sebelumnya dari supplier atau distributor. Jadi anda harus memiliki stok barang jika menjadi reseller.

Jadi jika dropshipper tidak perlu memiliki stok barang, hanya menjual produknya saja. Sedangkan reseller harus membeli terlebih dahulu produk yang akan dijual dan harus memiliki stok barang.

Baca juga:

Bisnis Online Terbaru

Jualan Pakaian Bekas

Kadang banyak orang yang menganggap remeh bisnis pakaian bekas, padahal jika kita bisa mengelolanya dengan baik. Kita bisa mendapatkan untung yang besar juga hanya dengan modal yang kecil.

Anda bisa memanfaatkan pakaian-pakaian bekas yang ada, dan bisa anda jual kembali dengan harga yang lumayan. Akan tetapi tentunya pakaian tersebut tidak ada kerusakan sama sekali, baru bisa anda jual dengan harga yang lebih tinggi.

Laundry

Salah satu contoh usaha kecil yang terbilang sangat simpel. Anda bisa melakukannya di rumah dan bisa anda lakukan kapan saja. Hanya dengan bermodalan mesin cuci saja anda bisa langsung memulai bisnis laundry tersebut.

Bisnis laundry bisa menjadi salah satu bisnis kecil yang menjanjikan. Sangat direkomendasikan jika anda membuka bisnisnya di daerah perkotaan atau pinggiran-pinggiran kota.

Karena pada daerah tersebut banyak orang yang bekerja sebagai kantoran yang mungkin membuat mereka sibuk sehingga tidak memiliki waktu untuk mencuci, banyak juga orang rantauan. Di tambah mencuci sudah menjadi salah satu kegiatan yang menguras banyak tenaga.

Jadi akan sangat memungkinkan membuat mereka memakai jasa laundry tersebut.

Bisnis Kuliner Homemade

Bisnis kuliner memang selalu memiliki daya tarik dalam dunia perbisnisan. Memiliki bisnis kuliner tidak selalu dengan modal yang tinggi. Namun, bisnis kulinerpun bisa dilakukan hanya dengan modal yang kecil.

Bisnis kuliner ada macam jenis atau typenya. Dan salah satu contoh bisnis dengan modal yang kecil dan mudah dilakukan adalah bisnis kuliner homemade. Yaitu bisnis dalam bidang makanan yang dilakukan di rumah.

Bisnis kuliner homemade sudah banyak yang melakukannya di masa sekarang ini, dan sempat menjadi tren dalam dunia perbisnisan. Misalnya seperti bisnis kuliner nasi ayam geprek, pempek, pudding, cuanki, makanan ringan, dan lain sebagainya.

Jadi jika anda memiliki hobi memasak atau memiliki keterampilan dalam memasak dan merasa jika makanan yang anda buat selalu terasa enak. Mungkin anda harus mencoba untuk menjadikannya sebuah bisnis.

Selain modalnya kecil, anda juga bisa melakukannya tanpa harus berpergian keluar rumah. Anda bisa melakukannya seharian di rumah, dan bisa mendapatkan keuntungan yang tinggi.

Steam Motor atau Mobil

Contoh usaha kecil yang terakhir adalah steam motor atau mobil. Di masa yang sekarang, para pengendara motor atau mobil memang sudah sangat banyak. Bukan hanya berlalu lalang diperkotaan saja, namun diperkampungan pun saat ini juga sudah sangat banyak.

Semua orang mungkin memiliki kendaraannya masing-masing, akan tetapi belum tentu di rumah mereka ada lahan atau alat untuk mencuci kendaraan mereka tersebut. Ditambah bisa saja mereka malas atau kecapean jika mereka harus mencuci kendaraan mereka.

Nah, hal ini bisa menjadi kesempatan anda untuk membuka bisnis steam motor atau mobil tersebut. Anda bisa mendapatkan untung yang lumayan tinggi hanya dengan modal yang kecil.

Anda hanya tinggal menyiapkan lahannya saja serta peralatan-peralatan steam yang lainnya. Apalagi jika musim hujan tiba, anda bisa mendapatkan keuntungan 2x lipat. Karena pada musim hujan bisa membuat jalanan menjadi becek dan membuat kendaraan setiap orang mudah kotor.

Leave a Reply