Chat Bot Whatsapp Cara Membalas Dengan Otomatis

Chat bot Whatsapp (WA) merupakan perangkat lunak secara otomatis yang mendukung berbagai aturan dan kecerdasan buatan. Selain itu juga dijalankan oleh platfrom Whatsapp. Jenis ini sering menjadi pilihan saat ini terutama bagi para pebisnis

Pengguna aplikasi WA dapat berkomunikasi dengan menggunakan chatbot melalui tampilan obrolan antar muka. Contohnya yaitu seperti tengah berbicara dengan orang seperti pada umumnya. Tetapi, serangkaian balasan pesan tersebut merupakan simulasi otomatis dari chatbot.

Secara khusus, program perangkat lunak tersebut akan berjalan dari platfrom resminya secara terenkripsi. Pengguna akan mendapatkan kesempatan berkomunikasi secara otomatis sebagai ganti dari individu real atau pengguna nyata.

Apa Itu Chat Bot Whatsapp Dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

 

chat bot whatsapp

Jenis program ini bisa berarti sebagai bantuan kecerdasan buatan berbentuk robot virtual. Sehingga bisa melakukan respons terhadap pengguna nyata dan bisa membantu para pemilik. Cara paling mudah mengaktifkannya adalah dengan menggunakan akses situs WA API.

Maka dari itu Anda harus terlebih dahulu mengetahui apa itu Whatsapp API atau (application progaming interface). Jenis ini merupakan sebuah alat penghubung antar aplikasi yang menghadirkan tampilan tatap muka.

Sehingga memungkinkan pelaku bisnis untuk menerima dan menjawab pesan serta keluhan pelanggan tanpa terdapat batasan tertentu. Ada 5 cara mudah untuk menggunakan chat bot Whatsapp dengan mudah, berikut berbagai cara tersebut :

1. Akses Situs Whatsapp API

Langkah pertama dengan muda untuk membuat chat bot Whatsapp adalah dengan mengakses situs API melalui tautan yang ada di website resmi. Anda bisa mengunjunginya melalui jaringan internet, setelah itu maka perlu mengisi beberapa for, identitas, serta pastikan bahwa bisnis anda masuk kedalam kategori legal sesuai yang tercantum oleh software tersebut.

2. Menentukan Tipe Profil Pada Aplikasi Bisnis

Sebelum membuat chat bot Whatsapp, maka para pemilik bisnis perlu menentukan tentang bagaimana tipe profil yang terlihat. Pertama terdapat tipe akun bisnis official atau resmi, lalu yang kedua bisa hanya berupa akun bisnis biasa.

Akun denga tipe official atau resmi akan mendapatkan tanda centang hijau pada bagian bagde yang letaknya berada sejajar dengan nama profil.

3. Unduh Aplikasi Secara Resmi

Selanjutnya para pemiliki juga bisa melakukan unduhan agar membangun bisnisnya secara virtual melalui perangkat lunak tersebut. Pemilik bisnis bisa membuat chat bot Whatsapp dengan terlebih dahulu yaitu mengunduh WA Business melalui jaringan internet.

Bagi para pengguna android, Anda bisa melakukan unduhan perangkat lunak melalui tatutan berikut ini. sedangkan bagi pengguna iphone, Anda bisa melakukan unduhan secara resmi perangkat business melalui tatuan berikut.

4. Chat Bot Whatsapp Dengan Melakukan Pendaftaran Dan Verifikasi

setelahnya, maka Anda perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui situs resmi tersebut. Lalu, setelah itu hanya perlu menunggu akses disetujui oleh pihak terkait. Selain melalui proses verifikasi tadi, Anda juga perlu untuk melakukan integrasi dengan menggunakan Facebook Business Manager yang terkait dengan sebuah akun bisnis.

Anda perlu menyiapkan beberapa hal, seperti nama perusahaan, alamat URL situs, domain surel, SIUP/NIB/NPWP bisnis.

5. Masukkan Respons Secara Otomatis Pada Chat bot Whatsapp

Setelah selesai mengisi formulir, maka Anda bisa mulai untuk mengisi katalog yang tersedia dengan aneka produk aplikasi tersebut. Jika sudah maka pemilih juga hanya perlu memasukan beberapa respons terkait transaksi atau proses jual beli.

Setelah semua selesai maka secara otomatis pebisnis sudah bisa mulai menggunakan fitur chat bot Whatsapp secara otomatis. Program ini juga bisa melakukan respon-respon umum yang sudah dimasukkan sebelumnya.

Leave a Reply