Cara Menyimpan File Google Drive Dengan Berbagai Jenis

Menyimpan file pada Google Drive kerap menjadi pilihan utama bagi sebagian orang. Terutama bagi merekayang memiliki berabgai jenis file dan juga dalam jumlah sangat banyak. Karena jika melakukan penyimpanan secara manual melalui memory smartphone tentu saja tidak akan muat.

Google drive merupakan layanan penyimpanan file yang tersinkronisasi dengan suatu akun Gmail. Keuntungan menggunakan layanan ini adalah bisa mengakses file secara online melalui berbagai perangkat seperti smartphone dan komputer.

Berbagai Jenis Menyimpan File pada Google Drive dengan Berbagai Perangkat

Karena berbagai jenis file seperti dokumen, foto, audio, dan video bisa disimpan dengan mudah pada server Google. Anda juga dapat mengurangi pemakaian raung hard drive pada perangkat yang tersedia.  Banyak pula orang menggungah filepadapenyimpanan Google sebagai cadangan atau backup

Menyimpan file pada google drive sebagai backup berguna untuk antisipasi apabila perangkat yang berisi data penting mengalami kerusakan. Untuk menggunakannya juga cukup mudah, tetapi jika pemula belum terbiasa mungkin akan mendapatkan kesulitan.

Maka dari itu, agar bisa dengan lancar menggunakannya anda bisa melakukan berabgai langkah dibawah ini yang sangat mudah untuk mempraktikannya.

Langkah Menyimpan File dengan Kapasitas Besar

 

cara menyimpan file pada google drive

Jenis layanan ini menyediakan hingga 15 GB tempat penyimpanan secara gratis bagi pengguna. File yang sudah tersimpan tersebut akan berada pada pusat data yang aman dan khusus. Jika perangkat komputer, ponsel, atau tablet mengalami kerusakan, maka anda masih dapat mengakses berbagai jenis yang tersimpan pada perangkat ini.

Semua jenis tersebut bersifat pribadi, kecuali jika anda membagikannya kepada pengguna lain.

  1. Membuat akun gmail drive secara online

Langkah pertama untuk menyimpan file pada google drive tentu saja harus membuat akun terlebih dahuu. Pengguna smartphone bisamelakukannya dengan mudah yaitu menginstall aplikasi tersebut atau membukanya melalui situs drive.google.com.

Kemudian silahkan pilih akun Gmail yang bisa anda gunakan untuk mengaktifkan jenis layanan ini.

  1. cara menyimpan file pada google drive pilih menu new

Untuk langkah selanjutnya jika sudah berhasil masuk kedalam akun, maka bisa langsung klik new (Baru) yang berada pada bagian kiri atas. Menu ini memiliki tampilan dengan simbol tambah (+). Pengguna smartphone dapat menunggah berbagai jenis folder dengan mengetuk ikontambah juga.

Langkahnya sangat mudah hanya tinggal memilih unggah folder. Kemudian carilah semua folder yang akan diupload. Klik “Open” agar siap menyelesaikan proses unggahan.

  1. seret file untuk menggungah

hal ini merupakan alternatif lain agar lebih mudah untuk menunggah folder. Jika andamengunakan komputer, maka dapat langsung melakukan drag (menyeret) semua dokumen ke penyimpanan gratis tersebut.

Baca juga : Download Reels Instagram Mudah

Langah Mudah Melakukan Tindakan Aman Folder dengan Menggunakan Backup

Terdapat langkah lebih mudah menyimpan file pada google drive lainnya yaitu dengan menggunakan Backup & Sync agar bisa melakukan sinkronisasi antar dokumen dari komputer lokal dengan server.

Berikut cara untuk melakukannya dengan mudah :

  1. download menu “Backup & Sync” dari layanan penyimpanan gratis ini lalu lakukan install di komputer.
  2. Jika sudah selesai melakukan install, maka jalankan menu Backup & Sync. Kemudian pilih “Get Started”untuk memulai.
  3. Log in menggunakan akun yang sudah terdaftar
  4. Izinkan software untuk mengakses akun tersebut
  5. Pilih folder dalam komputer yang ingin anda lakukan sinkronisasi
  6. Selesai

Dengan melakukan semua langkah tersebut, maka anda lebih mudah untuk menyimpan file pada google drive. Sekaligus juga tidak perlu merasa takut jika sesuatu kenangan berharga anda akan hilang karena perangkat rusak atau eror.

Leave a Reply