ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Cara Menghilangkan Virus Di Flashdisk Dengan Cmd

6 min read

Cara Menghilangkan Virus di Flashdisk dengan Cmd 1

Halo teman-teman imujio, kemarin kita selesai membahas bagaimana cara masuk safe mode windows 10. Sekarang kita akan membahas bagaimana cara menghilangkan virus di flashdisk dengan cmd.

Virus, ya virus merupakan sebuah kata yang cukup populer sebagai suatu hal yang sifatnya merusak. Baik di dunia kesehatan, dan juga di dunia komputer.

Cara Menghilangkan Virus di Flashdisk dengan Cmd

cara menghilangkan virus di flashdisk dengan cmd
info-menarik.net/

Kenapa flashdisk mudah terkena virus? ya karena alat yang satu ini sering kita bawa kemana-mana untuk tugas dan kita sering memindahkan data flashdisk kita dari satu komputer ke komputer lain, itulah penyebab awalnya bermunculan virus dalam flashdisk kita.

Virus di dalam komputer merupakan sebuah sekumpulan skrip, berupa:

  • executeable (.exe),
  • skrip web (html, php),
  • file inf,

Biasanya masih ada skrip lain yang bisa saja dijadikan celah oleh virus tersebut untuk mengekspoitasi kode yang ada.

Lalu apa itu Cmd? CMD (Command prompt) adalah sebuah perintah DOS yang ada di windows yang bisa kita akses secara online atau offline.

Command prompt sendiri merupakan sebuah fitur yang cukup menarik dan memiliki fungsi yang cukup berguna, dimana kita bisa mengakses, mengganti nama, memindahkan sebuah file dengan mudah melalui fitur ini.

Virus biasanya berjalan secara tersembunyi atau berjalan di background.

Virus komputer juga memiliki sifat berkembang biak, dimana virus bisa memperbanyak dirinya sendiri secara otomatis melalui file yang terinfeksi dan menyalin dirinya sendiri ke media eksternal yang terhubung ke komputer.

Dalam artikel kali ini, saya akan membahas cara menghilangkan virus di flashdisk dengan CMD, atau biasa disebut Command Prompt.

Cara ini akan memanfaatkan fungsi command prompt sebagai software bawaan Windows dan beberapa utilitas pendukung Command Line Interface (CLI) tentunya.

Virus yang akan kita tangani adalah virus yang tersembunyi dalam file berekstensi .EXE atau .LNK. Hal itu disebabkan karena penyebarannya cukup banyak dan virus ini sering mengendap di USB flashdisk.

Media penyebarannya cukup memanfaatkan berkas dengan ikon folder berjenis .EXE atau .LNK. Jika pengguna pemula yang tidak tahu apa-membuka berkas tersebut, skrip virus akan langsung aktif dan mampu melakukan penyebaran virus ke komputer atau laptop pengguna tersebut.

Aplikasi yang Diperlukan

Sebelum kalian mau melakukan cara menghilangkan virus di flashdisk dengan CMD ini, kalian harus menyiapkan beberapa hal, diantaranya:

  • Command Prompt, pastikan software bawaan Windows ini bisa kalian akses melalui menu Start > Accessories.
  • Windows Task Manager, pastikan software bawaan Windows ini bisa kalian buka dengan cara menekan tombol CTRL + Alt+ Delete pada keyboard.
  • Hak akses Administrator, hak ini berguna untuk memberikan akses penuh terhadap sistem dan file Windows kalian.
  • Kalian juga harus mempunyai kemampuan dasar penggunaan skrip pada Command Prompt.
  • Harus ada Flashdisk yang terinfeksi virus pastinya.

Langkah-Langkah Menghilangkan Virus di Flashdisk dengan CMD

Cara Menghilangkan Virus di Flashdisk dengan Cmd 1
ksassets.timeincuk.net

Langsung saja ini dia langkah-langkah untuk menghilangkan virus di flashdisk dengan cmd:

  1. Pertama kalian buka program CMD dengan cara mengetikkan tombol Windows + R di keyboard.
  2. Kembalikan path ke root drive. Caranya, ketik sintaks “cd/” (tanpa tanda kutip), kemudian tekan Enter di keyboard.
  3. Ketik drive letter dari drive yang akan dicek, misalnya D:, E:, atau G:. Untuk drive letter flash disk, kalian bisa mengeceknya di Windows Explorer, tepatnya di My Computer.
  4. Ketik “attrib”, kemudian tekan Enter pada keyboard.
  5. Kemudian akan muncul daftar dari file-file yang ada di drive beserta atributnya yang terletak di bagian kiri Command Prompt. [“s:” sistem Windows “h :” file tersembunyi, “a :” file archive.]
  6. Kemudian ketik “dir/a:hs” untuk menampilkan file dengan atribut “hidden” dan “sistem” yang biasanya digunakan oleh virus sebagai bentuk kamuflase untuk menyembunyikan diri.
  7. Setelah itu, lihat daftar file atau folder yang muncul. Cek file dengan nama autorun.inf. hapus atribut file dengan cara kalian ketik command “attrib –h –s autorun.inf”. Tujuannya adalah untuk menghapus atribut hidden dan sistem.
  8. Hapus file dengan command “del autorun.inf”. pastikan drive flashdisk tidak dikunci. Atau hapus dari Windows Explorer. Jangan membuka membuka langsung file apapun di flashdisk. Alasannya sekali terbuka, maka virus akan menyebar ke komputer kalian.
  9. Kemudian kalian harus mengetik “dir/a:hs” lalu lihat daftar list file dengan keterangan HS (Hidden System). Jika ada dan ternyata muncul banyak sesuai dengan jumlah file yang muncul saat menggunakan command di awal, itu artinya adalah file atau folder yang disembunyikan oleh virus. Hanya saja file atau folder yang muncul tersebut merupakan file atau folder asli yang tidak berekstensi .EXE.
  10. Hapusan virus dengan command “del *.lnk”, kemudian “del *.exe”. Pastikan drive flashdisk kalian tidak dikunci. Atau hapus dari Windows Explorer. jangan membuka langsung file apapun di flashdisk.
  11. Selesai.

Proses Selesai Tapi Virus Masih ada?

virus masih ada
img.okezone.com

Setelah kalian melakukan langkah-langkah di atas dan yakin semua file berekstensi .lnk dan .exe sudah terhapus, kini saatnya untuk menampilkan file dan folder yang disembunyikan virus. Caranya, ketik “dir /a:hs”. Pada nama file yang muncul, ketik “attrib -h -s <nama file>”.

Lakukan cara tersebut untuk semua nama file yang muncul hingga selesai. Setelah itu, ketik command “attrib -h -s /S /D” dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Command terakhir ini berfungsi untuk menghapus atribut H dan S untuk semua folder dan subfolder yang ada di flashdisk yang terinfeksi virus tersebut.

Proses ini lumayan memakan waktu lama, tergantung dari isi flashdisk dan kapasitas yang tersedia di flashdisk tersebut.

Setelah proses diatas, pastikan bahwa tidak ada lagi file atau folder yang statusnya hidden, dengan cara mengetikkan command “dir /a:hs”. Jika hasilnya nihil, maka sudah tidak ada lagi file atau folder yang disembunyikan.

Pproses menghilangkan virus dan mengembalikan file yang disembunyikan virus telah selesai. Untuk memastikannya, restart komputer atau laptop kalian, dan masukan kembali USB flashdisk ke port USB, dan lihat isi flashdisk. Jika muncul semua listnya dan tidak ada file .lnk maupun .exe, artinya virus di flashdisk sudah terhapus dan file-file yang disembunyikan oleh virus sudah berhasil dihapus.

Cara Mengamankan Flashdisk dari Virus

cara mengamankan virus di flashdisk
info-menarik.net

Setelah kalian melakukan cara menghapus virus dengan CMD di atas, kini untuk mengamankan flashdisk agar tidak terinfeksi virus kembali, khususnya untuk flashdisk yang biasa digunakan di banyak perangkat seperti PC, laptop, warnet dan lainnya, lakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Pastikan kalian selalu menggunakan software antivirus di komputer atau laptop pribadi kalian.
  2. Kemudian Update pada OS Windows kalian secara rutin. Jangan lupa, update juga Antivirus yang kalian instal.
  3. Kalian harus mematikan fitur autorun di Windows kalian.
  4. Selanjutnya kalian harus membiasakan untuk melakukan scan setiap ada flashdisk dan perangkat USB Drive lainnya yang dihubungkan ke komputer atau laptop pribadi kalian.
  5. Setiap kalian menghubungkan flashdisk atau USB Drive, biasakan untuk selalu buka ikon drive dari panel kiri Windows Explorer dan menghindari klik dari jendela Autoplay yang muncul. atau klik kanan ikon USB drive > Open. Hal ini untuk menghindari script Autorun.inf yang tersembunyi di flashdisk (jika ada) supaya tidak aktif. Karena dengan mengklik kiri ikon drive dari panel kiri Windows Explorer, tidak akan menjalankan skrip autorun.inf.
  6. Saat kalian menghubungkan flashdisk, biasakan untuk selalu cek isi file flashdisk terutama folder-foldernya. Pastikan  folder tersebut tidak berekstensi .EXE atau .LNK. Kemungkinan besar digunakan virus untuk bersembunyi. Jika ternyata ada, segera lakukan pembersihan virus dengan cmd. Atau jika kalian sudah melihat komputer kalian terindikasi terdapat ciri-ciri komputer terkena virus, segera tangani.
  7. Selesai.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk

Virus Shortcut
www.tedieka.com
  1. Kalian colokan/masukan Flashdisk kalian ke komputer kemudian buka Flashdisk tersebut.
  2. Kemudian kalian klik “Organize” dan klik “Folder and search options”
  3. Kemudian kalian harus mengaktifkan “Show hidden files, folders, and drives” lalu unchecklist pada “Hide protected operating system files (Recommended)”. Jika muncul notice Klik “Yes”.
  4. Kemudian setelah ini biasanya folder yang disembunyikan oleh virus sudah kembali muncul. Hanya saja masih berstatus semi-hidden.
  5. Supaya kembali normal, silahkan kalian buka CMD (Command Prompt). ketika sudah terbuka, ketik lokasi dimana Flashdisk berada, misal: Drive H, berarti ketik H:
  6. Kemudian, ketikan attrib -s -r -h /s /d di CMD. Kemudian tekan Enter.
  7. Sekarang cek Flashdisk kalian, apakah semua folder sudah kembali normal lagi. Jika sudah, silahkan hapus folder yang menurut kalian aneh dan tidak jelas.

Perlu kalian ketahui jika Flashdisk kalian kembali dimasukan ke komputer yang terinfeksi virus shortcut bisa jadi virusnya ada lagi, cara di atas hanya berlaku untuk mengembalikan folder yang disembunyikan oleh virus shortcut dan menghilangkan virus shortcut secara sementara.

Cara paling ampuh untuk mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan Antivirus. Kalian bisa melakukan Full Scan terhadap setiap Drive yang ada, termasuk Flashdisk.

Catatan:

Cara ini adalah cara yang paling ampuh untuk mengatasi masalah ini. Semua virus shortcut di komputer akan dibabat sampai bersih. Setelah file yang dihidden muncul dan kalian ingin menghapus shortcut yang ditimbulkan oleh virus tersebut, cukup scan saja flashdiskd nya dengan antivirus.

Bisa juga dihapus melalui cmd dengan perintah del *.lnk s/ d/ kemudian tekan enter, jika muncul error, gunakan perintah del *.lnk dan tekan enter (pastikan kalian sudah berada di direktori flashdisk tersebut).

Cara Menghilangkan Virus Recycler di Flashdisk

tecnologia-informatica.com

Flash disk kalian sering sekali digunakan di tempat umum seperti komputer warnet ataupun komputer sekolah, pastinya harus kalian yakinkan flash disk kalian bersih dari segala bentuk virus, apalagi virus recycler yang memakan memory flash disk dan akan membuat flash disk kalian penuh.

Biasanya virus ini akan membuat shortcut dan membuat folder Recycler. Jika kalian hanya menghapus biasa maka shortcut dan folder recycle tersebut akan muncul lagi. Berikut cara membersihkan Flash Disk dari virus recycler:

  • Tampilkan terlebih dahulu folder RECYLCER dengan menggunakan command prompt yaitu pertama kalian pilih Start, lalu pilih Run dan ketik CMD lalu enter.
  • Jika flash disk kalian terletak pada drive G: misalnya, maka kalian cukup mengetikkan G: lalu enter
  • Kemudian ketikkan attrib s h /s lengkap dengan spasi,setelah itu enter.
  • Lalu kalian ketik Dir.
  • Untuk menghapusnya, kembali ke command prompt seperti cara di nomor 1, lalu ketik RD /s /q \.\E:\autorun.inf setelah itu enter, setelah itu sekalian juga kalian lakukan hal yang sama dengan mengetikkan RD /s /q \.\E:\RECYCLER lalu enter.
  • Setelah itu kalian akan melihat bahwa folder Autorun.inf dan RECYCLER sudah hilang, dan tentunya kalian sudah bisa menghapus file-file shortcut dengan cara seperti biasa saja dengan delete. Dan selamat Flash Disk kalian sudah bebas virus.

Penutup

Nah itu dia teman-teman beberapa tips dan langkah-langkah untuk mengatasi virus pada flashdisk kalian dengan menggunakan CMD, mudah-mudahan ini bermanfaat. Terima kasih.

ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *