Cara Membuat Blog

Cara Membuat Blog- Buat yang ngerasa milllenial, pasti sudah nggak asing dengan istilah ‘blog’ ya. Karena istilah ini memang sudah menjadi salah satu istilah ringan yang sering kamu dengar, atau bahkan gunakan sehari-hari.

Terutama ketika lagi online nih. Bahkan, nggak berlebihan loh kalau kita sebut bahwa blog sudah menjadi makanan sehari-hari sebagian besar masyarakat Indonesia.

Kita nggak bisa menyangkal sih, karena ternyata blog memang mempunyai peranan yang sangat besar nih terhadap trend dan juga gaya hidup manusia masa kini.

Nggak heran deh kalau akhirnya banyak yang kepo bagaimana cara membuat blog.

Dan mungkin, kamu adalah salah satu orang yang kepo cara membuat blog ya. Jadi, blog mempunyai berbagai manfaat loh, salah satunya adalah menjadi sebuah wadah untuk lahirnya banyak profesi.

Salah satunya adalah orang-orang yang punya pashion di bidang menulis ya. Dan bahkan, nggak sedikit yang menjadikan menulis di blog sebagai pekerjaan utama. Keren dah. Tahu sendiri lah ya gimana fleksibelnya kerja dari rumah.

Selama ini, mungkin kamu pernah kepikiran untuk membuat boog, tapi terkendala perasaan nggak bisa hanya karena nggak bisa dan nggak jago coding. Ngaku deh.

Alasan Harus Ngeblog

Jadi, sebelum bahasin cara membuat blog, saya ingin bahas alasan dulu deh. Kenapa sih kamu harus ngeblog. Karena dengan tujuan yang jelas, alasan yang matang, kamu akan ngerasa lebih enjoy aja gitu pas ngeblog.

Sehingga nggak ada tuh istilah mantan blogger. Kan nggak lucu banget dah. Simak penjelasan singkatnya di bawah ya.

Mengembangkan Kemampuan Diri

Alasan pertama kenapa kamu meski ngeblog adalah untuk mengembangkan kemampuan yang ada di dalam diri kamu.

Karena secara umum, banyak banget loh para blogger yang menjadikan blognya sebagai wadah menyampaikan pendapat dan juga memperdalam segala keilmuannya terkait banyak bidang.

Dan kalau kamu bisa ngelola dengan sempurna, maka blog kamu bisa dijadikan sebagai senjata untuk dimasukkan ke potofolio loh.

Berpeluang Menjadi Influencer

Alasan kedua adalah berpeluang besar buat menjadi influencer. Bagaimanapun, menjadi seorang influencer menjadi salah satu keinginan banyak orang.

Khususnya anak muda masa kini. Nah, dengan memiliki blog dan sudah menguasai berbagai seluk beluk blog, maka kesempatan kamu untuk menjadi seorang influencer terbuka lebar.

Karena kamu bisa membangun personal branding dengannya, kemudian menjalin banyak relasi, hingga menyampaikan berbagai gagasan yang kamu miliki.

Cara Membuat Blog

Oke sis, selain dua alasan di atas, masih banyak banget alasan kenapa kamu harus ngeblog. Tapi, dengan dua tujuan di atas aja sudha cukup lah jadi pondasi yang kuat kenapa kamu harus segera tahu cara membuat blog.

Tanpa berlama-lama, yuk simak cara membuat blog di bawah.

Menentukan Niche

Cara membuat blog yang pertama adalah dengan menentukan niche yang akan kamu bahas. Jaid, niche ini adalah topic ya. Pilihlah topic yang benar-benar kamu kuasai.

Semisal kamu akan menulis banyak niche atau banyak pembahasan bisa aja sih, tapi akan lebih baik kalau mempunyai niche khusus ya.

Karena ternyata, niche ini mempunyai peranan yang sangat krusial loh ketika kamu akan membuat blog.

Sehingga, jangan buru-buru deh untuk menentukan niche apa. Dan yang terpenting adalah, riset dulu deh. Biar lebih afdhal.

Memilih Hosting

Cara membuat blog yang kedua adalah dengan memilih hosting, atau platform yang akan kamu gunakan.

Platform blog ini merupakan layanan ataupun software yang akan mempublikasikan konten dan blog kamu.

Dan platform ini mempunyai dua tipe ya, ada yang gratis da nada yang berbayar. Kalau yang berbayar tuh ada batasan lengkap dengan aturan yang meski kamu patuhi.

Sementara yang berbayar, sifatnya lebih mempermudah dan membuat kamu bebas dalam mengcustom berbagai hal.

Kalau tipe hosting sendiri ada shared hosting. Bagi pemula, akan lebih baik deh kalau pakai shared hosting ini.

Yang kedua ada cloud hosting. Tipe hosting satu ini digunakna buat pemilik bisnis berbasis online ya, ataupun bagi yang websitenya sudah gede.

Terakhir ada VPS hosting. yakni layanan yang akan memberikan kamu control lebih. Sayannya, tipe satu ini menjadi tipe yang sulit untuk digunakan.

Mendaftarkan Nama Domain

Cara membuat blog yang selanjutnya adalah mendaftarkan nama domain kamu. Alamat url yang sering kamu temukan di sebuah website disebut sebagai domain ya.

Dan buatlah atau tentukanlah nama domain yang keren dan unik. Karena domain juga berpengaruh dalam kesuksesan sebuah blog.

Kalau namanya sudah cocok, jangan buru-buru buat langsung mendaftarkannya ya sis. Karena kamu meski menggunakan tool domain dulu agar mendapatkan nama domain yang memang potensial.

Kamu bisa ngeceknya di cek domain.

Menginstall Platform Blogging

Cara membuat blog selanjutnya adalah dengan menginstall platform blog. Sampai saat ini, ada tiga buah platform yang sangat direkomendasikan, yakni wordpress, Joomla, dan Drupal.

Dalam hal ini, kita bahas yang paling familiar saja ya. WordPress. Karena wordpress menawarkan kemudahan dalam melakukan managemen dengan dashboardnya yang sangat intuitif.

  • Download dulu aplikasi wordpressnya, kemudian buka, dan masukkan email kamu yang aktif. Jika sudah, langsung sign up menggunakan email, dan juga password yang kamu punya.
  • Jika sudah berhasil mengakses halamannya, kamu bisa mengubah berbagai hal yang kamu inginkan, terutama bagian profil. Lalu, kamu bisa menuliskan nama atau alamat blog kamu lengkap dengan judulnya.
  • Atau, jika kamu ingin membuat blog di laptop bisa kok. Caranya juga nggak berbeda jauh.  Kamu bisa mengetikkan saja situs resminya website, kemudian daftar atau buat akun.
  • Jika tampilannya sudah muncul, kamu bisa mendaftarkan blog menggunakan email, dan jangan lupa memasukkan password yang kamu kehendaki.
  • Lalu, kamu bisa melakukan pengaturan terhadap tema dan lain sebagainya Dan kamu bisa mengeditnya di bagian dashboard.
  • Kemudian, kamu bisa mengatur tema, yakni dengan mengklik tulisan appearance agar bisa melihat berbagai tema yang disediakan, dan kamu bisa menggunakannya secara gratis.
  • Pilih salah satunya, dan ikuti sesuai dengan petunjung tulisan yang ada. Kemudian, kamu akan menemukan menu plugin.

Kesimpulan

Jadi, cara membuat blognya Cuma gitu doang loh. Setelah membuat blog, kamu bisa mengatur berbagai hal yang kamu inginkan.

Mulai dari tema, tulisan beranda, mulai memposting tulisan, dan lain sebagainya. Agar kamu terbiasa, ya coba aja dulu buat mengotak-atik semua menu yang ada.

Tapi ya ngak ngasal juga ya. Karena ternyata, yang namanya blog itu sensitive, ketika kamu salah pencet menu akibatnya bisa aja buat kamu bingung tujuh keliling meskipun sebenarnya cara mengatasinya sederhana.

Hal ini bisa terjadi karena keterbatasan kemampuan ya. Dan kamu akan mulai terbiasa dan bisa mengatasinya jika terus belajar dan membiasakan diri.

Oke sekian cara membuat blog yang bisa kamu coba. Yuk segera dapatkan berbagai keuntungan dari ngeblog, dan yang terpenting adalah tetap berjuang. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply