ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Cara Masuk Safe Mode Windows 10

5 min read

Cara masuk safe mode windows 10

Halo teman-teman sahabat imujio, dalam artikel kali ini saya akan membahas sekitar troubleshooting pada komputer kita dengan mengaksesnya lewat safe mode. Apa itu safe mode? bagaimana Cara Masuk Safe Mode Windows 10? Mari kita bahas dalam pembahasan berikut ini!

Setiap teknologi pastinya tidak terlepas dari yang namanya bugs, error, ataupun defect. Hal tersebut wajar terjadi karena pada dasarnya buatan manusia tidak sepenuhnya sempurna.

Setiap developer terus-menerus melakukan perbaikan terhadap kesalahan yang ditemukan oleh pengguna. Salah satu fitur yang tersedia untuk mengatasinya di sistem operasi Windows ialah safe mode. Fitur ini masih berhubungan dengan kesalahan yang terjadi pada komputer.

Pengertian dan Fungsi Safe Mode

Safe Mode merupakan mode atau cara aman yang digunakan oleh pengguna ketika hendak memperbaiki kerusakan yang terjadi pada sistem komputer. Mode ini tentunya bertujuan untuk menangani kesalahan yang terjadi dalam mode aman.

Pengertian Safe Mode

Perlindungan jaringan windows
linkedin.com

Sesuai dengan namanya, mode safe ini hanya digunakan dalam keadaan darurat dengan cara yang aman. Dalam fitur ini, pengguna dapat mengetahui kesalahan yang terjadi terhadap komputernya. Mode ini dikenal sebagai Windows minimal atau emergency version.

Virus dan malware dapat dengan mudah sekali menyerang sistem operasi. Ini menyebabkan Windows sering mengalami bugs, error, ataupun defect. Dalam beberapa kasus terkadang pengguna tidak dapat mengetahui penyebab kesalahan yang dialami. Di sinilah peran penting safe mode terhadap solusi untuk mengatasi masalah yang terjadi.

Dalam mode ini, windows akan mematikan semua program maupun driver yang tidak digunakan ketika mode ini berjalan. Dengan kata lain, Windows akan berjalan dengan mode minimal di mana hanya program dan driver yang penting saja yang tetap diaktifkan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam menemukan penyebab dari kesalahan yang terjadi.

Fitur safe mode ini terbagi menjadi tiga bagian opsi, yaitu:

  • Command Prompt

Pada opsi ini, Windows akan berjalan menggunakan mode aman namun dengan desktop aplikasi Command Prompt. Biasanya, pilihan ini ditujukan hanya untuk administrator atau programmer yang memang memahami baris perintah atau command line.

  • Networking

Pada opsi atau pilihan ini, Windows juga berada dalam mode aman namun sistem operasi ini tetap menggunakan driver jaringan sebagai akses komputer untuk terhubung dengan network atau jaringan.

  • Safe Mode

Pada opsi atau pilihan ini, Windows hanya akan berjalan dengan menggunakan mode aman yang tidak menjalankan program atau driver yang tidak penting.

Fungsi Safe Mode

perlindungan komputer windows
thecybersecurityplace.com

Windows adalah salah satu sistem operasi yang besar dengan pengguna yang cukup banyak. Dengan antarmuka atau user interface yang cukup friendly, sistem operasi Windows ini membuat penggunaannya mudah menggunakannya meskipun bagi orang awam sekali pun.

Opsi safe mode ini hadir guna membantu pengguna dalam mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada komputer atau pc. Berikut ini merupakan hal-hal penting terkait fungsi dari safe mode.

  • Mengakses Registry Editor

Untuk pengguna yang sering mengutak-atik regedit atau registry editor ini pasti akan sangat bersyukur bahwa pada saat safe mode ternyata bisa mengakses registry editor. Sebenarnya ini bisa dilakukan dalam mode normal, tetapi mengakses registry editor dalam safe mode ini pastinya akan lebih aman

  • Melakukan Sistem Restore

Dalam mode biasa, sistem restore ini bisa berjalan tetapi cara-cara tersebut tidak cukup aman apabila terjadi masalah. Adapun fungsi lain dari safe mode ini ialah dapat menjalankan sistem restore.

  • Menjalankan Checkdisk (CHKDSK)

Safe mode ini mampu melakukan verifikasi terhadap integritas sistem berkas yang tersimpan di dalam harddisk. Dengan demikian, komputer akan menampilkan status integritas dari sistem file tersebut.

  • Mendeteksi Kerusakan

Safe mode memberi kesempatan pengguna untuk memeriksa kesalahan yang terjadi pada komputer sehingga kesalahan tersebut dapat dideteksi.

  • Menangani/Memperbaiki Kerusakan

Dalam mode aman ini, pengguna dapat menangani atau memperbaiki kerusakan yang terjadi pada sistem. Hal ini dapat berupa uninstall aplikasi yang menyebabkan komputer error, menonaktifkan program tertentu, dan lain sebagainya

  • Menghapus Virus atau Malware

Pengguna dapat mengatasi masalah virus atau malware yang menyerang komputer. Biasanya virus maupun anti malware tidak bisa berjalan dalam mode aman atau safe mode ini.

Baca juga: Cara Mengganti Tema Windows 10

Cara Masuk Safe Mode Windows 10

Cara masuk safe mode windows 10
pixabay

Cara masuk safe mode windows 10 yang bisa kita lakukan salah satu nya dengan mengaksesnya dari bios saat komputer sedang proses booting. Cara dibawah bisa kita terapkan di berbagai merk laptop seperti lenovo, asus, hp, dan berbagai merk lain.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk dapat masuk ke safe mode pada Windows 10.

1. Menekan F8 saat sedang Booting [Cara masuk safe mode windows 10]

booting saat membuka windows 10
devianart.com

Cara masuk ke safe mode yang pertama adalah menggunakan tombol F8. Dimana cara ini sangat umum digunakan.

Kita hanya perlu menekan tombol F8 berkali-kali saat proses booting maka secara otomatis akan masuk ke menu safe mode. lakukann cara berikut ini:

  1. Restart pc atau laptop kalian, dan tekan tombol F8 atau Shift + F8 saat komputer sedang proses booting.
  2. Advanced Boot Options akan muncul.
  3. Pilih Safe Mode atau Safe Mode with Networking
  4. Tunggu sampai masuk ke Safe Mode.

Namun pada Windows 10 cara masuk safe mode dengan menggunakan tombol F8 telah ditiadakan. Dengan alasan untuk mempercepat proses booting. Kita bisa menggunakan sebuah cara khusus untuk mengembalikan fitur tersebut.

Berikut ini adalah cara-caranya:

  1. Klik kanan di tombol Start. Kemudian klik Command Prompt (Admin). Klik tombol yes jika muncul pop up peringatan.
  2. Setelah CMD terbuka ketik perintah berikut bcdedit /set {default} bootmenupolicy legacy
  3. Selanjutnya tekan Enter. Setelah itu restart komputer kita. Sekarang setiap kali booting kita bisa menekan tombol F8 untuk masuk ke menu safe mode.
  4. Untuk mengembalikan seperti semula. Ulangi langkah diatas lalu masukkan kode berikut bcedit /set {default} bootmenupolicy standard
  5. Selanjutnya tekan Enter. Tombol F8 tidak akan bisa lagi kita gunakan untuk masuk ke safe mode.

2. System Configuration [Cara masuk safe mode windows 10]

Cara masuk safe mode pake msconfig
imujio.com

Cara yang akan kita bahas ini adalah dengan menggunakan System Configuration atau yang biasa disebut dengan msconfig.

  1. Tekan Windows + R secara bersamaan. Selanjutnya ketik msconfig lalu klik OK atau tekan Enter atau Buka Start Menu pada laptop kita lalu ketikkan System Configuration.
  2. Setelah itu akan muncul jendela System Configuration. Pada Menu Boot Option. Centang Safe boot.
  3. Kemudian setelah kita memilih opsi Safe Boot yang akan kita gunakan selanjutnya klik OK atau tekan Enter.
  4. Maka akan muncul jendela konfirmasi apakah kita akan melakukan restart terhadap komputer kita saat ini juga atau nanti.
  5. Untuk mengembalikan ke booting seperti semula. Hilangkan tanda centang pada Safe Boot.

3. Advanced Startup [Cara masuk safe mode windows 10]

 Pemulihan safe mode
imujio

Cara kali ini yaitu kita bisa menggunakan Advanced Startup yang tersedia di Windows 10. Berikut ini Cara masuk safe mode windows 10 menggunakan Advanced Startup:

  1. Klik tombol Start menu kemudian pilih Setting/Pengaturan.
  2. Kemudian pilih opsi Update & Security/Pembaruan dan Keamanan. Selanjutnya pilih Recovery/Pemulihan.
  3. Kemudian pada bagian Advanced Startup Klik Restart Now.
  4. Selanjutnya kita akan masuk ke Recovery Mode. Ada tiga pilihan yaitu ContinueTroubleshoot, dan Turn Off Your PC.
  5. Silakan pilih menu Troubleshoot.
  6. Kemudian pilih Advanced Option.
  7. Kemudian pada Advanced Option pilih Startup Settings.
  8. Setelah ini Windows akan memberi tahu bahwa komputer akan di restart dan mengubah beberapa pengaturan. Termasuk membolehkan kita untuk masuk ke Safe Mode. Klik Restart.
  9. Setelah restart. Kita akan masuk ke Startup Setting. Masuk ke safe mode
  10. Kemudian untuk membuka safe mode secara normal tekan F4.

4. Menekan Shift + Restart [Cara masuk safe mode windows 10]

Startup setting windows
groovypost.com

Cara ini merupakan paling basic dan mungkin paling mudah ditangkap oleh para pengguna Windows 10 dari yang paling pemula hingga yang advanced user.

  • Buka setelan windows
  • Pilih Update & Security lalu kemudian pilih Recopery pada menu settings.
  • Perhatikan bagian Advanced Startup dan klik Restart Now.
  • Pilih Troubleshooting > Advanced Options > Startup Setting dan restart sekali lagi.
  • Pilih 4 / F4 untuk menjalankan safe mode.
  • Pilih 5 / F5 untuk menjalankan safe mode with networking.
  • Tunggu sampai kalian masuk ke Safe Mode

Pada metode ini, pastikan kalian menekan tombol Shift terlebih dulu baru menekan restart dan bukan menekannya secara bersamaan.

Cara Keluar Safe Mode windows 10

Windows safe mode
assets.jalantikus.com

Terdapat dua cara yang bisa digunakan untuk keluar dari safe mode, yaitu:

1. Menggunakan Command Prompt

Ketika dalam safe mode, pengguna bisa keluar melalui command prompt. Tentunya hal ini membutuhkan baris perintah atau command line, yaitu bcdedit /deletevalue {current} safeboot. Setelah itu, pengguna juga harus me-restart komputernya.

Bagi pengguna yang masih sangat awam, sebaiknya gunakan safe mode ini dengan hati-hati agar tidak menambah kesalahan yang terjadi.

2. Menggunakan Msconfig

Pengguna juga bisa keluar dari safe mode menggunakan msconfig ini dengan menghilangkan tanda centang pada safe mode. Kemudian pastikan pengguna me-restart ulang agar komputer benar-benar keluar dari safe mode.

Penutup

Itulah teman-teman pembahasan kita tentang apa saja yang terkait dengan safe mode, mudah-mudahan artikel ini bisa membantu kalian yang sedang belajar tentang safe mode ini.

Sekian dari saya pamit undur diri, silakan bagikan komentar di kolom yang tersedia!

ujio Anak pertama dari lima bersaudara

6 Replies to “Cara Masuk Safe Mode Windows 10”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *