ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Bentang Alam Benua Asia

5 min read

Dataran Tinggi Gunung Everest Himalaya

Halo teman-teman terima kasih sudah balik lagi ke website saya, setelah kemarin kita membahas Negara maju di Asiasekarang kita akan membahas masih seputar asia yaitu kita akan mengenal bentang alam benua asia.

Bentang Alam Benua Asia

Bentang Alam Benua Asia
netmedia.co.id

Letak dan Luas Wilayah

Bentang Alam Benua Asia adalah benua terluas di dunia. Hampir 1/3 daratan yang ada di dunia itu di Benua Asia. Benua Asia memiliki luas sekitar 44.000.000 km2. Letak astronomis Benua Asia yaitu antara 110 Lintang Selatan – 770 Lintang utara dan 260 Bujur Timur – 1690 Bujur Barat.

Benua Asia memiliki batas-batas secara geografis, sebagai berikut:

  1. Sebelah barat dengan benua Eropa yang dibatasi oleh Pegunungan Aral, Laut Laspia, dan Laut Merah.
  2. Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Pasifik.
  3. Sebelah selatan batasnya Samudra Hindia dan Benua Australia.
  4. Sebelah utara berbatasan dengan Samudra Artik.

Bentang Alam Pemisah Benua Asia dan Eropa

  1. Laut hitam
  2. Laut kaspia
  3. Pegunungan ural
  4. Pegunungan kaukasus
  5. Sungai ural dan sungai emba
  6. Selat Dardanella,
  7. Laut Marmara,
  8. Selat Bosporus

Keadaan Alam Benua Asia

Bentang alam Benua Asia bisa di kategorikan menjadi beberapa bagian yaitu terdiri dari daratan tinggi, dataran rendah, dan wilayah gurun pasir. Mari kita bahas satu persatu di bawah ini:

Dataran tinggi

Dataran Tinggi Gunung Everest Himalaya
pixabay

Secara fisik, Benua Asia bentuknya didominasi dengan gunung-gunung besar seperti Pegunungan Himalaya dan yang lainnya seperti:

  1. Gunung Everest sekitar 8.848 Mdpl
  2. Pegunungan Hindukush di antara negara Pakistan dan Afganistan
  3. Pegunungan Kunlun di Cina.

Selain pegunungan tinggi, bentang alam benua asia juga di landai dataran tinggi atau plato seperti:

  1. Dataran tinggi di India yaitu Dataran Tinggi Dekkan
  2. China barat daya yang adalah dataran tertinggi dan terluas di Asia.
  3. Turki juga memiliki Dataran Tinggi Anatoli.
  4. Asia Tenggara juga memiliki beberapa dataran tinggi.

Dataran Tinggi Tibet terkenal dengan sebutan Atap Benua.

Dataran Rendah

sungai di bentang alam benua asia
goodnewsfromindonesia.com
  • Dataran Rendah di Asia Utara Dataran rendah di Asia Utara dikuasai oleh Daratan Siberia yang dialiri oleh beberapa sungai yaitu sungai Ob, Sungai Yenasai, Sungai Lena, Sungai Amur.
  • Dataran Rendah di Asia Timur Dataran rendah di Asia Timur berada di Dataran Rendah Cina Timur di sana terdapat beberapa aliran Sungai Huang Ho (Sungai Kuning), Sungai Yang Tse Chiang, dan sungai Mekong di China Selatan yang bermuara di Indocina.
  • Dataran Rendah Asia Tenggara Dataran rendah di Asia Tenggara dialiri oleh sungai Menom, Sungai Soluen, serta Sungai Irawadi.
  • Dataran Rendah Asia selatan yaitu terdiri atas Dataran Rendah Hindustan yang dialiri oleh dua Sungai yaitu sungai Gangga dan anak sungainya Yamna. Sungai ini kemudian bergabung dengan Sungai Brahmaputa di bangladesh.
  • Dataran Rendah di Asia Barat Sedangkan dataran rendah di Asia Barat terdapat Lembah Eufrat dan Tegris di Irak. Di Arab Saudi terdapat Dataran rendah EI Hassa yang bayak terdapat sumber minyak bumi.

Dataran rendah terluas dan paling subur untuk daerah pertanian yaitu Dataran Rendah Menom yang sebagian besar berada di wilayah negara Thailand.

Iklim Bentang Alam Benua Asia

Iklim bentang alam benua asia
magmadergisi.com

Keadaan iklim di suatu daerah bisa dipengaruhi oleh beberapa factor seperti bentu fisik dan letak lintang daerah tersebut di permukaan bumi. Oleh karena itu, Benua Asia memiliki iklim yang beragam. Berikut ini daftar iklim yang berada di Benua asia, diantarnya:

  • Iklim Kontinental 
    yaitu iklim darat yang terdapat di wilayah Asia Tengah dan China Barat Laut. Wilayah dengan iklim ini terutama di daerah Gurun Gobi di China yang kering.
  • Iklim Subtropis Basah
    Iklim subtropis basah mendominasi wilayah Cina Timur dengan kisaran garis lintang 250 LS – 350LU. Wilayah yang memiliki iklim ini banyak mengalami turun hujan disebabkan pengaruh angin muson tenggara dan Samudra Pasifik.
  • Iklim Gurun
    Iklim gurun sifatnya kering sehingga curah hujan yang ada amat rendah kira-kira sekitar 250 mm-220 mm pertahun. Iklim Gurun bisa terjadi karena pengaruh angin yang berasak dari daerah gurun yang Kering.

Iklim ini banyak terdapat di Asia Barat terutama di Jazerah Arab dan Asia Tengah di sekitaran Gurun Robi.

  • Iklim Dingin
    Iklim dingin ini ditemukan di wilayah Asia bagian utara terutama di Daratan Siberia yang memiliki iklim kontinental kutub atau iklim subartik. Wilayah yang terkena iklim ini memiliki musim panas yang pendek.
  • Iklim Tropis Basah
    Iklim tropis basah sebagian besar terdapat di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Wilayah dengan iklim ini memiliki curah hujan yang cukup tinggi antara 1.000 sampai 2.000 mm pertahun.

Iklim tropis sangat dipengaruhi oleh angin muson yang mengakibatkan terjadinya musim kemarau dan musim hujan.

Apa saja Pengaruh Bentang Alam Gurun Terhadap Variasi Kondisi Iklim di Benua Asia?

Pengaruh bentang alam gurun terhadap variasi kondisi iklim di benua Asia diantaranya yaitu:

  1. Adanya iklim tropis dan dingin di benua Asia sendiri, ini karena terdapat gurun dalam jumlah yang besar di benua Asia.
  2. Benua asia menjadi panas atau terjadi musim kemarau, udara kering

Jangan lupa baca juga: Negara Maju di Afrika

Penduduk

Ras Mongoloid
sausageroll.com

Jumlah penduduk dalam Bentang Alam Benua Asia ini pada pertengahan tahun 2003 diperkirakan mencapai sekitar 3.830.200.00 jiwa dengan kepadatan penduduk 312 per km2 dan pertumbuhan penduduk sebesar 1,4 persen pertahun.

Jumlah pernduduk tersebut adalah jumlah penduduk terbesar jika dibandingkan dengan benua-benua lain. Hal ini karena 1/3 penduduk yang berada di dunia ini berada di Benua Asia. Penduduk Asia dibedakan oleh beberapa ras dan suku bangsa utama, yaitu sebagai berikut:

  • Ras Kaukasut (Ras Kulit Putih): Ras penduduk ini berada di Asia tengah, Asia Barat, dan di India suku bangsa Arya atau Hindu
  • Ras Mongoloid ras Mongoloid dulu juga disebut “berkulit kuning”, sebagian besar penghuni Asia utara, Asia Timur dan Asia Tenggara ada juga beberapa bagian dari India Timur Laut.
  • Ras Negroid (Ras Kulit Hitam) Anggota ini tidak selalu benar. Misalnya ada yang mengatakan bahwa orang indian di Amerika “berkulit merah”, sedangkan orang Asia Tenggara sering dikatakan “berkulit coklat” muda sampai coklat gelap.

Tumbuhan dan Hewan

Tumbuhan dan Hewan
tstatic.net

Tumbuhan
Di dunia, keadaan tumbuh-tumbuhan sangat dipengaruhi oleh adanya iklim di wilayah tumbuhan itu hidup. Tumbuhan yang tersebar di Benua Asia sangat dipengaruhi iklim. berikut ini penjelasnnya:

  • Di Asia Utara khususnya daearan Siberia, hanya terdapat tumbuhan tundra (padang rumput di daerah bersalju), lumut, dan taiga (sejenis tundra)
  • Di Asia Tengah banyak dijumpai padang rumput disebabkan daerah ini sedikit turun hujan.
  • Di asia Timur, Asia Tenggara, dab Asia Selatan banyak terdapat hutan hujan tropis dan tanaman bernilai tunggu seperti kayu, tanaman perkebunan, dan buah-buahan.

Hewan
Benua Asia kaya akan hewan yang bisa di manfaatkan oleh manusia, baik hewan liar atau hewan yang dilindungi. Hewan-hewan tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Hewan yang diternakkan seperti sapi, kerbau, kuda, domba, dan unta.
  • Hewan Liar seperti rusa, beruang es, singa laut dan rubah.
  • Hewan yang dilindungi di antaranya Komodo

Masih ada beberapa tumbuhan dan hewan yang ada dan menjadi ciri khas Benua asia, artikel nya sudah saya kemas secara khusus dalam artikel saya tentang flora dan fauna benua asia, silakan baca untuk menambah wawasan kalian tentang benua asia ini.

Benua asia juga memiliki beberapa Negara maju dan berkembang yang menarik untuk kita ketahui, artikel nya sudah saya bahas tuntas dalam artikel tentang Negara Maju di Asia. Kalian harus membacanya juga.

Karakteristik Bentang Alam Benua Asia

Karakteristik Bentang Alam Benua Asia
4.bp.blogspot.com

Benua Asia dipenuhi oleh wilayah pegunungan, dataran tinggi dan dataran rendah. Gunung yang tertinggi yaitu Pegunungan Himalaya dengan puncaknya yaitu Gunung Everest yang menjadi gunung tertinggi di dunia dengan tinggi 8848 Mdpl

Terdapat beberapa pegunungan yang terpisah di antaranya yaitu:

  1. Jazirah Arab yaitu sepanjang laut merah Teluk Aden,
  2. Pegunungan selatan yaitu pegunungan Dekkan
  3. Pegunungan di Sri Langka,
  4. Pegunungan di Indonesia dan lain-lain.

Selain itu terdapat banyak wilayah dataran rendah di pinggir aliran sungai. Bentang alam benua asia sama seperti bagian dunia lainnya yang terdiri dari:

Dataran tinggi: Diantaranya dataran tinggi dekkan, dataran tinggi Mongolia, dataran tinggi Siberia, dan dataran tinggi anatolli

Pegunungan: Diantaranya yaitu pegunungan jaya wijaya, pegunungan bukit barisan, pegunungan Himalaya, pegunungan ghat dan pegunungan arakan yoma

Sungai: Diantaranya yaitu sungai Kolyma, sungai aldan, sungai tarim, sungai vitim, sungai tigris, sungai tobol, sungai Kapuas dan sungai mekong

Gurun: Diantaranya yaitu gurun Taklimakan, gurun gobi dan gurun karakum

Dataran Rendah: Diantaranya yaitu dataran rendah Hindustan, lembah Eufrat, dataran Rendah El hassa dan daratan siberia

Penutupan

Benua asia merupakan benua yang memiliki luas wilayah sebesar 44,58 juta KM2. Dari luas tersebut benua asia dibagi ke dalam beberapa kawasan yaitu:

Wilayah asia timur: China, Jepang, Korea selatan, Korea utara, Macau, Taiwan, Mongolia dan Hong kong

Wilayah asia utara: Moscow

Wilayah asia barat: Israel, Arab Saudi, Irak, Iran, Turki, Qatar, Suriah, Oman, Uni emirat arab, Bahrain, Armenia, Kuwait, Lebanon dan Armenia

Wilayah asia tenggara: Indonesia, Malaysia, Singapura, Myanmar, kamboja, Thailand, Vietnam, Brunei darussal, Filipina, Timor leste dan Laos

ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Manusia dan Kebudayaan

ujio
5 min read

Kebudayaan Jawa Tengah

ujio
7 min read

Letak Astronomis Asia Tenggara

ujio
5 min read

2 Replies to “Bentang Alam Benua Asia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *