Arti Tafadhdhal

Arti Tafadhdhal – Salah satu ungkapan Bahasa Arab yang cukup populer di kalangan masyarakat adalah tafadhdhal. Ia kan? Bahkan mungkin, Anda juga sering mendengar dan mengungkapkannya.

Namun, apa arti tafadhdhal sebenarnya? Bagaimana penulisannya? Simak penjelasannya berikut.

Arti Tafadhdhal

Arti Tafadhdhal

Selain sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, kata tafadhdhal juga kerap digunakan dalam berbagai macam kegiatan. Mulai dari acara isra’ mi’raj, kemudian mauled nabi, pengajian, dan lain sebagainya.

Kata tafadhdhal berasal dari Bahasa Arab, yang artinya adalah silahkan. Yakni, sebuah kata atau ungkapan yang digunakan untuk mempersilahkan seseorang ataupun memerintahkan seseorang dengan sangat lembut dan santun.

Misal, ketika ingin mempersilahkan kepala sekolah untuk menyampaikan smbutan ke depan, mempersilahkan ustadz menyampaikan tausiyah saat pengajian, mempersilahkan qari membacakan ayat suci al-Quran, dan masih banyak yang lainnya.

Meskipun diungkapkan dalam bentuk perintah, namun kalimat yang di dalamnya terdapat kata ‘tafadhdhal’, maka kesannya akan menjadi lebih baik dan lebih santun loh.

Maka, jika Anda akan mempersilahkan seseorang untuk melakukan sesuatu, mulailah untuk menggunakan kata ini. Karena arti tafadhdhal sendiri tergolong sangat baik.

Baca juga:

Arti Tabarakallah

Penulisan Kata Tafadhdhal

Untuk penulisannya sendiri cukup sederhana. Yang mana, kata tafadhdhal ini terdiri dari beberapa huruf. Yaitu, ta, fa, dha, dan la. Ingat ya, terdapat tasydid pada huruf dha nya. Jika ingin menuliskan versi Arabnya mungkin akan kecil kemungkinan salahnya.

Berbeda halnya ketika Anda justru meuliskan versi transliterasinya. Karena memang, cukup banyak yang hanya menuliskan tafadhdhal ini dengan tafadhal. Dalam artian, sama sekali tidak memberikan tasydid pada bagian huruf dha nya.

Maka jika ditanya bagaimana tulisan tafadhdhal yang benar ialah, tafadhdhal. Yakni dengan mendouble huruf dhanya.  Dan sebenarnya, untuk saat ini kita sudah dimudahkan dengan perkembangan teknologi yang luar biasa.

Di mana, jika ingin menuliskan tafadhdhal dalam versi bahasa Arab, Anda sudah ngagk perlu lagi kok repot-repot mengetiknya sendiri. Karena selain bisa salah, Anda juga bakalan kesulitan ketika akan membuat harakatnya. Ia kan?

Manfaatkan saja teknologi. Yaitu dengan cara mencari atau mensearching kata rafadhdhal versi bahasa Arab pada Google. Di sana, Anda dapat menggunakan versi apapun yang diinginkan. Karena memang semudah itu.

Yang nantinya, ketika akan menggunakannya, tinggal dicopy saja, kemudian dipaste ke penerima pesannya. Gampang banget kan?

Dan perlu Anda tahu, bahwa untuk versi transliterasinya, terdapat beberapa perbedaaan. Sebab, ada yang menuliskan tafadhdhol, dan ada yang menuliskan tafadhdhol. Dan keduanya memang bisa digunakan. Hanya saja, untuk versi transliterasi yang baru, itu bisa menggunakan yang tafadhdhal ya.

Sesuaikan saja dengan keinginan Anda. Sesederhana itu kan?

Demikian pembahasan seputar arti tafadhdhal yang meski Anda perhatikan. Yuk mulai gunakan bahasa Arab, meski dari hal sederhana. Dengan mulai menggunakan kata tafadhdhal misalnya.

Leave a Reply