Arti Tabarakallah

Arti Tabarakallah – Kamu pasti sudah sering mendengar teman atau sahabat mengucapkan kata Tabarakallah, baik melalui ucapan langsung ataupun teks. Benar, kan? Lalu bagaimana harus merespon atau menjawab teman berucap Tabarakallah? Sebagai sesama muslim, tentu kamu harus mengetahui apa arti Tabarakallah dan bagaimana cara menjawabnya.

Untuk informasi, Tabarakallah merupakan kalimat yang umumnya diucapkan ketika seseorang mendapatkan kebahagiaan ataupun rezeki dari Allah. Ucapan ini memiliki kandungan makna yang dalam jika kamu mengetahuinya. Untuk itulah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang arti Tabarakallah serta waktu tepat untuk mengucapkannya.

Arti Tabarakallah

Arti Tabarakallah

Sebelum membahas lebih jauh mengenai arti Tabarakallah, kamu perlu tahu perbedaan antara MasyaAllah dan Tabarakallah. Hal ini karena tak jarang muslim yang mengatakan Tabarakallah dengan diiringi oleh kata MasyaAllah. Seperti MasyaAllah Tabarakallah.

Padahal MasyaAllah dan Tabarakallah sebenarnya memiliki makna yang berbeda meskipun kedua kata tersebut menunjukkan rasa kagum terhadap Allah ﷻ. Ungkapan MasyaAllah lebih mengarah kepada rasa kagum terhadap hal, peristiwa, ataupun kejadian yang ada di luar orang yang mengucapkannya.

Sedangkan istilah Tabarakallah mengarah pada rasa kagum, mensyukuri, ataupun mendapatkan keberkahan dari Allah ﷻ yang dialami oleh orang yang mengucapkannya. Jadi meskipun MasyaAllah Tabarakallah sering diucapkan oleh muslim sebagai rasa syukur, dua istilah tersebut memiliki makna yang berbeda.

Baca juga:

Arti Tawadhu

Arti Bacaan Tabarakallah secara Bahasa dan Istilah

Arti Tabarakallah sendiri sebenarnya merujuk pada ungkapan rasa kagum yang ditujukan untuk semua makhluk ciptaan Allah ﷻ seperti pada manusia, hewan, tumbuhan, benda-benda, dan sebagainya. Kata Tabarakallah dapat ditemukan pada ayat-ayat yang terdapat di dalam Al-Qur’an.

Secara bahasa, dalam kitab Tafsir Ibnu Katsir, Tabarakallah diterjemahkan “Maha Berkah, Maha Suci, dan Maha Tinggi”. Ungkapan ini ditujukan kepada satu-satunya Dzat yakni Allah ﷻ. Sedangkan secara istilah, Tabarakallah berarti ucapan pujian dan rasa syukur kepada Allah ﷻ atas segala kenikmatan yang diberikan pada diri manusia.

Arti Tabarakallah dan Cara Menjawab Orang yang Mengucapkannya

Arti Tabarakallah dan Cara Menjawab Orang yang Mengucapkannya

Setelah mengetahui tentang arti Tabarakallah, maka kamu juga harus memahami bagaimana menjawab atau membalas ketika seseorang mengucapkan Tabarakallah. Ini karena sebagai sesama muslim, ketika kamu mendengar orang mengucapkan Tabarakallah, sebaiknya kamu membalas ucapannya tersebut sebagai bentuk doa.

Secara umum, balasan untuk orang yang mengucapkan Tabarakallah adalah “Jazakallah bi Khoir” atau “Jazakallah Khoiron” yang artinya semoga Allah ﷻ membalas kebaikanmu.

Selain itu, ada juga cara membalas Tabarakallah secara spesifik. Maksudnya adalah dengan melihat apakah si pengucap tersebut laki-laki atau perempuan.

Menjawab Tabarakallah untuk Laki-Laki

Apabila yang mengucapkan Tabarakallah adalah teman, keluarga, sahabat laki-laki, maka jawabannya adalah:

وَ فِيْكَ بَارَكَ اللَّه

“Wa Fiika Barakallah”

Artinya: Dan semoga Allah ﷻ memberkahimu

Menjawab Tabarakallah untuk Perempuan

Jika yang mengucapkan adalah wanita, maka jawabannya adalah:

وَ فِيْكِ بَارَكَ اللَّه

 “Wa Fiiki Barakallah”

Artinya: Dan semoga Allah ﷻ memberkahimu

Itulah bagaimana cara menjawab orang yang mengucapkkan Tabarakallah. Jadi terserah kamu ingin menggunakan kata yang mana.

Arti Tabarakallah dan Kapan Waktu yang Tepat Mengucapkannya

Arti Tabarakallah dan Kapan Waktu yang Tepat Mengucapkannya

Lalu kapankah waktu yang tepat untuk mengucapkan Tabarakallah? Seperti yang kami jelaskan di atas, kata Tabarakallah adalah sebuah ungkapan kagum terhadap segala sesuatu yang dialami oleh manusia yang mengucapkannya. Misalnya ketika kita mendapatkan rezeki atau kebahagiaan dari Allah ﷻ, maka kamu dapat mengucapkan Tabarakallah.

Dengan kata lain, Tabarakallah tepat diucapkan untuk mengungkapkan kekaguman dan syukur kepada Allah ﷻ atas segala nikmat yang kamu peroleh. Apabila nikmat dan kebahagiaan tersebut dialami oleh orang lain, maka kata Tabarakallah kurang tepat digunakan.

Arti Tabarakallah dan Keutamaan di Dalamnya

Bagi seorang muslim yang selalu senantiasa mengingat Allah ﷻ, tentu tidak akan ragu-ragu mengucapkan Tabarakallah sebagai rasa syukur kepada-Nya. Terlebih mengucapkan Tabarakallah juga memiliki keutamaan luar biasa, terlebih bagi mereka yang belum mengetahuinya.

1. Jauh dari Sifat Takabur

Tak perlu dipungkiri bahwa terkadang kita bersifat sombong terhadap segala sesuatu yang kita terima. Kita tidak menyadari bahwa di balik semua nikmat tersebut, ada Dzat Maha Tinggi yang memberikannya pada kita yakni Allah ﷻ. Terlebih Allah ﷻ sangat tidak menyukai orang yang sombong dan tidak bersyukur.

Dengan mengucapkan Tabarakallah, maka diharapkan manusia dapat terjauh dari sifat sombong dan egois. Hal ini karena terkadang kita tidak menyadari bahwa semua kenikmatan yang diperoleh semerta-merta karena Allah ﷻ. Dengan begitu, maka kita akan sadar bahwa ada Dzat Maha Tinggi yang memberikan itu semua.

2. Ditambah Kenikmatan dan Rezeki

Saat kamu mengucapkan syukur kepada Allah ﷻ, maka Ia akan menambah rezeki serta kenikmatan yang kamu peroleh. Hal ini terangkum dalam Al-Qur’an surat Ibrahim ayat 7:

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (QS. Ibrahim : 7)

Dengan kata lain, semakin kamu bersyukur kepada Allah ﷻ, maka akan semakin ditambah nikmatmu. Sebaliknya, ketika kamu mengingkari nikmat yang telah diberikan oleh Allah ﷻ, maka Allah Dzat Maha Besar tidak akan segan-segan memberikan azab-Nya yang sangat pedih kepadamu.

Demikian apa yang dapat kami sajikan mengenai arti Tabarakallah, bagaimana cara menjawabnya, serta manfaat mengucapkan Tabarakallah ketika merasakan nikmat. Semoga apa yang kami jabarkan di atas dapat bermanfaat untuk kamu.

Leave a Reply