ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah

4 min read

Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah gambar

Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah [مَافِي قَلْبِي غَيْرُ الله] Sebelumnya kalian pasti pernah atau bahkan sering mendengar kalimat tersebut, akan tetapi kalian tidak tahu apa arti dari kalimat ma fi qalbi ghairullah tersebut, mau bertanya tapi malu.

Nah langsung saja mari kita simak dan pelajari arti, makna, kandungan dan berbagai penjelasan kalimat thayyibah atau kalimat baik yakni Ma Fi Qalbi Ghairullah di bawah ini.

Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah

Ma-fi-Qalbi-Ghairullah
sinauislam.com

Kalimat ma fi qalbi ghairullah adalah sebuah ungkapan bahasa arab yang memiliki makna yang sangat luar biasa. Lantas apa arti dari kalimat tersebut? Berikut artinya:

“Tiada Sesuatu apapun di Hatiku Kecuali Allah SWT”

Kalimat ini merupakan bentuk pengakuan dari seorang hamba terhadap keteguhan hatinya untuk selalu mengingat dan hanya berharap kepada Allah, dan hanya ada Allah saja di dalam hatinya.

Dia sadar, bahwa target dia di dunia ini hanyalah untuk beribadah kepada Allah semata. Dengan dia mengucapkan kalimat ma fi qalbi ghairullah, maka berarti dia berharap membuang jauh jauh hal yang sifatnya duniawi, seperti tahta, harta, wanita, atau yang lain di hatinya. Hanya Allah saja di hatinya.

Kesadaran hatinya yang berpegang tegah “Cukuplah Allah di dalam hatinya” akan memberikan efek yang positif. Dia akan merasa hatinya terhalang dari segala hal-hal yang bisa melalaikan untuk mengingat Allah, yang seharusnya diingat setiap waktu.

Baca juga dong: Arti Barakallah Fii Umrik

Pengertian Ma Fi Qalbi Ghairuullah

gambar maa fii qalbi ghairullah
ytimg.com

Sudah jelas bahwa kalimat ma fi qalbi ghairullah berasal dari bahasa Arab. Terdapat beberapa suku kata dalam kalimat ini yaitu 5 suku kata:

  1. Ma (مَا) “Perkara”
  2. Fii (فِي) “Di”
  3. Qalbi (قَلْبِي) “Hati”
  4. Ghairu (غَيْرُ) “Selain”
  5. Dan Allah (الله) “Allah”

Apabila seluruh kata ini digabung, maka akan menghasilkan makna “Tidak ada perkara apapun di hatiku selain Allah” atau “Tiada Sesuatu apapun di Hatiku Kecuali Allah SWT”.

Membaca arti dari kalimat ma fi qalbi ghairullah dalam bahasa Indonesia tentu saja bisa menolong kita menyimpulkan makna yang dimaksud dari kalimat tersebut. Ternyata, kalimat ini adalah penegasan dan pengecualian terhadap hal-hal selain Allah yang ada di hatinya. tiada yang lain, hanya Allah semata.

Baca juga: Arti Ghibah

Penjelasan Ma fi Qalbi Ghairullah

Kalimat ma fi qalbi ghairullah merupakan pengakuan seorang hamba yang memang tidak ada di dalam hatinya kecuali Allah sebagai Tuhannya.

Umat Islam wajib mengucapkan dan mengamalkan apa yang dimaksud dari kalimat ini dalam kehidupan sehari-hari. Karena godaan dunia tidak akan pernah berhenti menggoda manusia. Godaan ini terkadang akan menyebabkan hati manusia lupa kepada Allah SWT.

Oleh sebab itu dengan ucapan ma fi qalbi ghairullah ini, kita akan membuang segala sesuatu yang akan membuat kita lupa kepada Allah SWT. Jika kita selaku umat Islam mampu mengamalkan ini. Maka insyaAllah kita akan semakin dekat dengan Allah SWT.

Allah SWT mencintai hamba yang selalu ingat kepada-Nya. Allah akan memberikan balasan setimpal kepada hamba-Nya yang tidak pernah lupa dengan kebesaran Allah SWT. InsyaAllah dengan seringnya kita mengamalkan kalimat ini, hati kita akan dipenuhi dengan kasih sayang, dan mendapat kasih sayang Allah SWT.

Makna Ma Fi Qalbi Ghairullah

Kita sebagai seorang muslim harus mengetahui bahwa ungkapan ma fi qalbi ghairullah memiliki makna penegasan iman kepada Allah Swt. Muslim yang mengaku beriman kepada Allah Swt merupakan muslim yang bersedia mengutamakan Allah di dalam setiap langkah kehidupannya. Kita harus istiqomah dengan pengakuannya itu, diawali dengan mengucapkannya di dalam hati dan mengamalkannya dengan perbuatan.

Karena, sempurna nya iman belum lengkap jika tanpa diiringi dengan perbuatan nyata.  Allah akan memberikan pahala kepada hambanya berdasarkan amal perbuatan yang dia lakukan. Karena, bisa saja seseorang mengucapkan kalimat tersebut di dalam hatinya, tetapi ucapan tersebut tidak konsisten dengan perbuatannya. Dia masih sibuk dengan hal-hal selain Allah.

Baca juga dong: Bacaan Istighfar

Tulisan Arab Ma Fi Qalbi Ghairullah

Nah untuk tulisan arab ma fi qalbi ghairullah sendiri sebagai berikut:

مَافِي قَلْبِي غَيْرُ الله

Berikut ini beberapa gambar tulisan arab ma fi qalbi ghairullah:

Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah
yuksinau.co.id
Arti gambar
jumanto.com
Tulisan Arab dan Arti Maa Fii Qalbi Ghairullah
blogspot.com
arti
blogspot.comblogspot.com

Pengucapan Ma Fi Qalbi Ghairullah

Untuk seorang hamba yang ingin mendekatkan diri kepada Allah, kalimat ucapan ini mengandung makna sebuah penegasan bahwasanya segala sesuatu yang ada di dunia ini, yang bergerak dan diam, yang ada di alam semesta ini merupakan campur tangan Allah.

Allah akan selalu ada dalam kehidupan kita sehari-hari, baik dalam melakukan sesuatu dan juga yang lainnya.

Karena kalimat ini termasuk tanda iman, maka kita harus mewujudkan atau mengamalkannya dalam perbuatan.

Waktu Penggunaan

Ungkapan kalimat ma fi qalbi ghairullah ini bisa kita ucapkan dalam beberapa waktu tertentu. Berikut ini beberapa contoh situasi penggunaan ucapan ma fi qalbi ghairullah, yaitu:

  • Ketika seorang teman mengajak Anda untuk bermaksiat, agar tidak mudah tergoda dengan ajakan tersebut, maka segera ucapakan dalam hati ma fi qalbi ghairullah
  • Ketika ada kesempatan untuk korupsi, di mana kemungkinan besar tidak ada orang yang akan mengetahuinya, maka segera kita lawan perasaan tersebut dengan mengucapkan ma fi qalbi ghairullah.
  • Keitka di depan kita ada wanita cantik yang menggoda, agar hati kita tidak condong kepadanya, maka segera ucapkan ma fi qalbi ghairullah.
  • Dan seterusnya.

Makna Kandungan Ma Fi Qalbi Ghairullah

Makna
doagama.com

Selain dari arti dan makna yang sudah dijelaskan di atas, ma fi qalbi ghairullah ini mempunyai beberapa kandungan yang sangat luar biasa yang akan diperoleh setiap muslim yang selalu mengamalkannya.

Berikut ini beberapa kandungan mengucapkan kalimat ma fi qalbi ghairullah yang telah kami rangkum, yaitu:

  1. Seorang muslim yang selalu mengamalkan kalimat ini, dia akan senantiasa mengingat Allah Swt
  2. Akan semakin teguh imannya kepada Allah Swt
  3. Membentengi hati atau diri dari berbagai hal selain Allah Swt
  4. Hatinya tidak akan mudah untuk melakukan maksiat

Baca juga: Arti Fii Amanillah

Tips Mendekatkan diri Kepada Allah SWT

Ada beberapa cara supaya kita bisa menanamkan rasa ma fi qalbi ghairullah di hati kita. Nah berikut ini ada beberapa tips untuk kalian supaya bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berikut diantaranya:

  1. Mendirikan Sholat
  2. Membaca Al-Qur’an
  3. Selalu bersyukur
  4. Selalu berprasangka baik kepada Allah
  5. Sabar dan ikhtiar
  6. Tawakal kepada Allah
  7. Selalu mengingat kematian dan tidak tergiur dengan dunia
  8. Berdzikir dan mengerjakan amalan sunah
  9. Dahulukan cinta kepada Allah SWT
  10. Selalu berkumpul dengan orang-orang soleh

Dengan melakukan tips di atas, insyaAllah kita akan bisa menanamkan rasa ma fi qalbi ghairullah di hati kita.

Penutup

Nah demikianlah teman teman pembahasan kita mengenai arti ma fi qalbi ghairullah telah selesai kita bahas. Mudah mudahan bermanfaat. Terimakasih.

ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Arti Jazakallah Khairan

ujio
7 min read

Arti Istiqomah

ujio
4 min read

Arti Ghibah

ujio
5 min read

One Reply to “Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *