Arti Hamasah

Arti Hamasah – Tahukah kamu apa arti Hamasah? Lalu bagaimana cara menjawab orang yang mengucapkan Hamasah kepadamu? Kapan waktu yang tepat untuk menggunakan kata Hamasah? Mengingat belakangan kata Hamasah memang sering digunakan, khususnya bagi muslim dan muslimah.

Sebagai seorang muslim/muslimah, tentu kamu juga harus mengetahui tentang apa arti kata Hamasah. Dengan begitu, kamu dapat lebih mudah berbaur dengan orang-orang di sekitarmu yang lebih menguasai ungkapan-ungkapan berbahasa Arab.

Arti Hamasah

Arti Hamasah

Seperti yang kita tahu, Hamasah merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab. Hamasah (حَمَاسَة) memiliki arti gairah, keinginan, minat, ambisi, hasrat, dan ketekunan. Namun dalam prakteknya, kata Hamasah lebih sering digunakan sebagai kata penyemangat.

Tujuan seseorang mengucapkan ini tentu agar orang lain yang mendapatkan ucapan Hamasah dapat lebih bersemangat dalam melakukan sesuatu. Dengan begitu, maka diharapkan orang tersebut selalu mengupayakan agar tindakan yang dilakukan berhasil mencapai tujuan yang diharapkan.

Dalam penggunaannya, kata Hamasah juga kerap digabung dengan kata keep (bahasa Inggris) menjadi keep Hamasah yang berarti tetap semangat. Kata ini dapat ditemukan di kalangan muslim/muslimah modern. Tentu hal tersebut tidak masalah mengingat Hamasah hanyalah kata berbahasa Arab, bukan doa, sehingga dapat diimbuhi kata berbahasa lain.

Baca juga:

Arti Biidznillah

Arti Hamasah dan Jawabannya

Setelah mengetahui apa arti Hamasah, kamu tentu perlu tahu juga bagaimana cara menjawab atau membalas orang yang mengucapkan kata tersebut padamu. Apabila kamu mendapatkan ucapan Hamasah, maka ada beberapa kalimat jawaban yang dapat kamu berikan, seperti:

  • شُكْرًا (syukron) artinya ‘terimakasih’
  • شُكْرًا كَثِيْرًا (syukron katsiron) artinya ‘terimakasih banyak’
  • نَعَمْ، شُكْرًا (na’am, syukron) artinya ‘iya, terimakasih’
  • شُكْرًا يَا أَخِي (syukron ya akhi) artinya ‘terimakasih saudaraku (laki-laki)’
  • شُكْرًا يَا اُخْتِي (syukron ya ukhti) artinya ‘terimakasih saudaraku (perempuan)’
  • شُكْرًا وَانْتَ كَذَالِك (syukron wa anta kadzalika) artinya ‘terimakasih, dan semoga kamu (laki-laki) juga demikian’

Itulah beberapa variasi jawaban apabila temanmu mengucapkan Hamasah padamu. Kamu dapat memilih salah satunya. Intinya semua balasan Hamasah di atas adalah ucapan terimakasih karena telah menyemangatimu. Dengan begitu, kamu dapat terlihat lebih percaya diri saat mendapatkan ucapan tersebut.

Namun sebagai penambah wawasan, ada variasi balasan Hamasah lain yang juga dapat kamu gunakan. Contohnya adalah:

  • اَسْتَعِد (asta’id) artinya ‘saya siap’
  • نَعَم، اَسْتَعِد (na’am, asta’id) artinya ‘ya, saya siap’
  • اَسْتَعِدّ، اِنْ شَاألله (asta’id, insyaAllah) artinya ‘saya siap, insyaAllah’

Arti Hamasah dan Penggunaannya dalam Kalimat

Selanjutnya kami akan menjelaskan bagaimana penggunaan kata Hamasah sebagai kata untuk memotivasi dan menyemangati diri sendiri ataupun orang lain.

Saat kamu ingin menggunakan kata Hamasah, agar tidak terdengar ‘kering’ dan terlalu singkat, ada beberapa frasa dan penggunaan Hamasah dalam sebuah kalimat. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • بِسم الله، حَمَاسَة (Bismillah, hamasah) artinya, ‘Bismillah, semangat!’
  • حَمَاسَة في الله (hamasah fillah) artinya ‘Semangat karena Allah ﷻ’ atau ‘Semangat di jalan Allah ﷻ’
  • حَمَاسَة لله (hamasah lillah) artinya ‘Semangat karena Allah ﷻ’
  • حَمَاسَة لله بالله وَفي الله (Hamasah lillah, billah, wa fillah) artinya ‘Semangat karena Allah ﷻ, atas nama Allah ﷻ, dan di jalan Allah ﷻ
  • حَمَاسَة يا اخي (Hamasah, ya akhi) artinya ‘Semangat saudaraku (laki-laki)’
  • حَمَاسَة يا اختي (Hamasah, ya ukhti) artinya ‘Semangat saudaraku (perempuan)’
  • حَمَاسَة ِاخوة في الله (Hamasah Ikhwati fillah) artinya ‘Semangat saudaraku karena Allah ﷻ’

Itulah beberapa variasi kalimat dengan kata Hamasah yang dapat kamu gunakan untuk memberikan semangat baik untuk teman, keluarga, ataupun rekan kerja.

Semoga apa yang kami jelaskan pada kesempatan kali ini mengenai apa arti Hamasah serta cara penggunaannya di atas membawa manfaat bagi kamu.

Leave a Reply