ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Arti Fii Amanillah

5 min read

Tulisan Arab Fii Amanillah

Arti Fii Amanillah- Fii Amanillah akhir-akhir ini sangat sering kita dengar, terutama dikalangan kaum muslim. Kali ini kami akan membahas nya, mulai dari fii amanillah artinya, tulisan arab, keutamaan beserta hal lain yang bersangkutan dengan kata fii amanillah.

Kalimat ini lumayan familiar dan selalu dipakai ketika seseorang hendak berpamitan. Orang-orang pada umumnya ketika hendak berpamitan yaitu “hati-hati di jalan”, atau “semoga kamu selamat sampai tujuan” atau ada yang lebih gaul seperti “see you” atau Tt Dj dan lain sebagainya.

Nah untuk kita umat muslim, kita bisa menggunakan kalimat fii amanillah ini sebagai ucapan ketika hendak pergi berpamitan.

Arti Fii Amanillah

Arti Fii Amanillah
id-static.z-dn.net

Fii Amanillah Artinya yaitu kalimat bahasa arab yang mengandung makna “Semoga engkau ada dalam lindungan Allah”.

Kalimat ini biasa dipakai orang-orang ketika hendak berpisah atau berpamitan dan lain sebagainya.

Akan tetapi jika kita lihat makna dari kata fii amanillah tersebut, bisa saja kita pakai kalimat itu dalam beberapa kondisi seperti:

  • Mengetahui seseorang sedang menghadapi masalah
  • Orang yang sedang menduduki jabatan tertentu
  • Bertemu orang yang terkena musibah
  • Orang yang sedang mengerjakan sesuatu yang sangat berbahaya
  • Menutup pembicaraan di telpon, sebelum ucapan salam

Arti Fii Amanillah Untuk Laki-Laki dan Perempuan

Sebenarnya arti dari kata fii amanillah untuk laki-laki dan perempuan itu sama saja, yaitu “Semoga engkau ada dalam lindungan Allah” Tidak ada perbedaan arti dan makna dari kata fii amanillah baik untuk laki-laki dan perempuan.

Fii Amanillah Untuk Dua Orang Atau Banyak

Lalu, bagaimana pengucapan kata fii amanillah yang ditujukan untuk dua orang, atau orang banyak? Sejatinya untuk pengucapan kata ini tidak ada perbedaan. Ketika dihadapan dua orang atau rombongan yang hendak pergi, maka tinggal kita ucapkan saja, dan mereka akan langsung mengerti bahwa yang dimaksud yaitu untuk mereka masing-masing.

Sebelumnya kami juga sudah membahas arti barakallah fii umrik dalam artikel Arti Barakallah Fii Umrik. jangan lupa untuk membacanya juga ya! 🙂

Tulisan Arab Fii Amanillah

Tulisan Arab Fii Amanillah
islamidia.com

Adapun untuk tulisan arab fii amanillah yaitu sebagai berikut:

في امان الله

Menurut beberapa sumber, penulisan kalimat fii amanillah ini ada beberapa versi, berikut diantaranya:

  1. Fii Amanillah
  2. Fee Amanillah
  3. Fi Aman Allah
  4. Fi Amanillah
  5. Fi Aman illah

Dengan beberapa versi tersebut tentu apa yang dimaksud dari kata tersebut tetap sama yakni “”Semoga dalam lindungan Allah”.

Doa fii amanillah ini jika kita ucapkan dengan ikhlas, bisa menghasilkan perlindungan bagi yang mendengar. Sementara bagi yang mengucapkan akan menghasilkan kebaikan. Tentu dengan se-ijin Allah SWT.

Jawaban Ucapan Fii Amanillah

Jawaban Fii Amanillah
yuksinau.co.id

Jika ada seseorang yang mengucapkan fii amanillah maka akan lebih baik jika kita membalasnya juga dengan ucapan atau do’a yang baik. Seperti kalimat Ma’assalamah.

مَعَ السَّلاَمَة

Kata atau kalimat ma’assalamah adalah kalimat bahasa arab yang bermakna “Semoga keselamatan selalu menyertaimu”.

Kita sebagai seorang muslim diisyaratkan untuk memberikan jawaban terbaik kepada orang yang memberikan doa kepada kita. Seperti apa yang sudah Allah SWT sampaikan dalam firmannya di Qur’an Surat An-Nisa ayat ke 86 yang bermakna:

Apabila kita dihormati dengan sebuah salam penghormatan, maka kita dianjurkan untuk membalasnya dengan yang lebih baik, minimal sepadan dengannya.

Cara Mengucapkan Fii Amanillah

Arti Fii Amanillah
nasihatsahabat.com

Lalu bagaimana cara pengucapan fii amanillah yang benar? Yah, masalah pengucapan kalimat bahasa arab memang penting untuk kita perhatikan, karena salah satu kata saja akan merubah makna kata tersebut, sehingga berakibat fatal.

Contohnya ketika kita mengucapkan kalimat Allahu Akbar yang berarti ~Allah Maha Besar~, akan tetapi jika kita mengucapkannya dengan panjang dibagian huruf alif menjadi Aaalahu Akbar maka akan merubah artinya menjadi “Apakah Allah Maha Besar?”

Nah makna nya jadi salah fatal bukan? Oleh karena itu kita harus benar-benar hati-hati dalam mengucapkan kata atau ungkapan bahasa arab.

Begitu juga dengan cara mengucapkan kata fii amanillah ini, kata fii harus kita baca agak panjang, dengan 2 huruf (i) di dalam kalimat fii amanillah tersebut.

Variasi Ucapan Fii Amanillah

Berikut ini ada beberapa variasi ucapan Fii Amanillah yang bisa kita ucapkan kepada saudara atau kerabat kita:

  • Ma’assalamah fii amanillah: yaitu semoga keselamatan menyertaimu, semoga engkau selalu ada dalam lindungan Allah SWT.
  • Alhamdulillah fii amanillah: yaitu segala puji hanya bagi Allah, semoga engkau selalu ada dalam lindungan Allah SWT.
  • Barakallah fii amanillah: yaitu semoga Allah memberkahi, semoga engkau selalu ada dalam lindungan Allah SWT.
  • Fii amanillah wassalamah: yaitu semoga engkau selalu ada dalam lindungan Allah dan selamat.
  • Kuntum fii amanillah: yaitu kamu, semoga engkau selalu ada dalam lindungan Allah SWT.
  • Safe flight fii amanillah: yaitu semoga penerbangannya aman, semoga engkau selalu ada dalam lindungan Allah SWT.

Baca juga dong: Bacaan Istighfar

Adab Bepergian Dalam Islam

Adab Bepergian Dalam Islam
nusagates.com

Ketika hendak bepergian dalam agama islam ada beberapa adab yang harus kita perhatikan, hal itu semata-mata untuk mendapat ridha dari Allah SWT. Berikut ini beberapa adab ketika hendak bepergian, yaitu:

Memilih Waktu

Waktu yang baik untuk bepergian yaitu hari Selasa, Kamis, atau Sabtu. Hari yang tidak baik yaitu hari Jumat, Senin, dan Rabu, tepatnya sebelum sholat Jumat. Dan juga kurang baik bepergian pada tanggal 3, 4, dan 5 bulan Hijriyah.

Jika kita tetap harus bepergian pada hari atau tanggal yang kurang baik, maka kita dianjurkan untuk bersedekah lalu membaca Surat Fatihah, Surat Falaq dan An-Nas, ayat Kursi, Al-Qadar, dan Ali-Imran dari ayat: “Inna fii khalqis samawati wal ardhi, dibaca sampai akhir Surat.”

Istikharah

Ketika hendak bepergian terutama untuk haji atau umroh, setiap muslim dianjurkan  melakukan Istikharah. Doa yang paling utama dibaca dalam Istikharah yaitu:

اَسْتَخِيْرُ اللهَ بِرَحْمَتِهِ خِيَرَةً فِي عَافِيَةٍ

Astakhirullaha bi rahmatihi khiyaratan fi ‘afiyatin.

Yang berarti: “Aku memohon pilihan kepada Allah dengan rahmat-Nya pilihan dalam keselamatan”

Baca doa ini sebaiknya 3 kali, 7 kali, 10 kali, 50 kali, 70, atau sampai 100 kali.

Bersedekah

Sebelum bepergian kita dianjurkan untuk bersedekah agar diberi keselamatan, dan bersedekah lagi ketika kembali sebagai ungkapan syukur. Setelah bersedekah ucapkan doa ini:
Ya Allah, aku membeli dengan sedekah ini keselamatanku serta keselamatan perjalanan-ku dan apa saja yang bersamaku. Sampaikan aku serta apa yang bersamaku dengan cara penyampaian-Mu yang indah serta baik.

Berpamitan

Nabi Muhammad saw pernah bersabda yang inti dari hadits tersebut yaitu: Jika seorang muslim akan bepergian, maka dia harus memberitahukan kepada saudara-saudaranya. Begitu pula wajib bagi saudara-saudaranya untuk menemui saat dia kembali.

Wasiat

Setiap orang yang akan bepergian, terutama untuk haji dianjurkan untuk menyampaikan wasiat kepada keluarganya. Wasiat itu dapat berkenaan dengan urusan yang harus dilakukan, hutang, atau kewajiban, Ia juga bisa menyampaikan amanat yang harus dilaksanakan oleh anggota keluarganya.

Mandi Sunnah dan Lakukan Shalat Safar Dua Rakaat

Rakaat pertama, setelah Al-Fatihah dianjurkan membaca Surat Al-Ikhlash. Di rakaat kedua setelah Al-Fatihah dianjurkan membaca Surat Al-Qadar. Lalu setelah shalat, sujudlah lalu baca doa “Astakhîrullâha bi-rahmatihi khiyara-tan fîi ‘âfiyatin” 100 kali.

Lalu dianjurkan juga untuk membaca membaca: Ayat Kursi, tahmid, dan shalawat kepada Nabi saw dan keluarganya. Lalu membaca doa berikut ini:

اَللَّهُمَّ اِنِّي اَسْتَوْدِعُكَ نَفْسِي وَاَهْلِي وَمَالِي وَذُرِّيَّتِي وَدُنْيَايَ وَآخِرَتِي وَاَمَانَتِي وَخَاتِمَةَ اَعْمَالِي

Allâhumma inniî astauwdi`uka nafsî wa ahlî wa mâlî wa dzurriyyatî wa dun-yâya wa âkhiratîi wa amânatîi wa khâtimata a`malîi.

Ya Allah, aku titipkan kepada-Mu diriku, keluargaku, hartaku, keturunanku, duniaku dan akhiratku, amanatku, dan penutup amalku.

Kemudian baca juga Surat Al-Fatihah, Al-Falaq, Al-Nas, AL-Qadar, ayat kursi dan akhir surat Ali-Imran dimulai dari Inna fii Khalqis samawati wal ardhi.

Ketika mengendarai kendaraan, bacalah doa berikut ini

سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ

Subhânalladzî sakhkhara lanâ hâdzâ wamâ kunnâ lahu muqrinîn.

Mahasuci Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. (Az-Zukhruf: 13).

Lalu membaca dzikir ini:

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ للهِ وَلاَ اِلَهَاِلاَّ اللهُ

Subhânallâh wal-hamdulillâh wa lâa ilâha illâh.

Makna Kandungan Kata Fii Amanillah

Makna Fii Amanillah
islampos.com

Fii amanillah adalah kalimat yang jika kita ucapkan mengandung arti atau makna yang sangat luar biasa baiknya. Oleh sebab itu kita dianjurkan untuk membiasakan mengucapkan doa kalimat tersebut untuk orang yang mau bepergian, atau dalam suatu kondisi yang telah di sebut di atas. Berikut ini beberapa kandungan makna dari kalimat fii amanillah:

Bentuk Rasa Kepedulian

Ketika kita mendoakan seseorang, itu menandakan adanya sikap peduli kita terhadap orang tersebut. Kita meminta keselamatan orang tersebut selamat dari segala mara bahaya ketika dia hendak bepergian hingga dia sampai ke tempat yang dia tuju.

Mendoakan Keselamatan

Kalimat Fii Amanillah ini bermakna doa keselamatan bagi siapa saja yang kita ucapkan kepadanya. Kita meminta kepada Allah SWT agar orang yang kita doakan tersebut mendapatkan pertolongan dari Allah berupa keselamatan dari segala mara bahaya, musibah, atau hal yang buruk lainnya.

Allah SWT adalah satu-satunya harapan kita untuk meminta perlindungan. Pada hakikat nya segala apapun yang terjadi itu berdasarkan kehendak Allah SWT.

Rasa Cinta Sesama Muslim

Kalimat fii amanillah ini mengandung makna adanya rasa cinta atau rasa kasih sayang kita terhadap saudara kita, dan juga saudara kita sesama muslim. Cinta atau kasih sayang inilah yang mendorong kita untuk mendoakan saudara kita tersebut. Kita ingin supaya tidak akan ada musibah atau keburukan lain yang akan menimpa saudara kita.

Apa Makna Fii Amanillah?

  • Bentuk atau Rasa Kepedulian
  • Mendoakan Keselamatan
  • Rasa Cinta Sesama Muslim

Penutup

Nah demikianlah pembahasan kita mengenai arti fii amanillah telah selesai. Mudah mudahan bermanfaat untuk kalian semua. Jangan lupa bagikan artikel ini. Terimakasih.

ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Aamiin Ya Robbal Alamin

ujio
4 min read

Sholawat Nuril Anwar

ujio
2 min read

Sholawat Syifa

ujio
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *